10 Masjid Besar di Bali

Dipublikasikan oleh Lea Lyliana ∙ 5 May 2022 ∙ 5 menit membaca

Bali merupakan salah satu kawasan di Indonesia yang terkenal dengan wisatanya, baik wisata alam maupun budayanya. Setiap saat kawasan ini ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia ataupun luar negeri. Walau kebanyakan penduduk Bali bukan beragama Islam tapi dini terbanyak beberapa masjid besar yang terkenal. Masjid di Bali ini memiliki interior yang menarik dan lekat dengan budayanya. Lokasi masjid besarnya tersebar di beberapa kawasan, bahkan dekat dengan area rumah dijual di Bali.

Bagi umat muslim yang sedang mencari masjid di Bali, berikut beberapa pilihan yang bisa dikunjungi. Bisa jadi salah satu tujuan wisata juga lo!

1. Masjid At-taqwa

Masjid At-taqwa terletak di kawasan Jalan WR Supratman Denpasar. Tepatnya di kawasan Komplek Polda Bali, dekat dengan Universitas Mahasaraswati dan Pasar Kreneng. Walau merupakan fasilitas Polda tapi masjid ini dibuka untuk umum. Oleh sebab itu wajar jika banyak wisatawan yang mampir ke masjid ini untuk salat atau sekadar istirahat.

2. Masjid Raya Ukhuwah

Masjid ini berlokasi di Jalan Kalimantan Denpasar. Letaknya tak jauh dari pusat pertokoan Gajah Mada dan Pasar Kumbasari. Beberapa wisatawan dari luar daerah sering mampir ke masjid ini untuk salat. Khususnya mereka yang berbelanja oleh-oleh di sekitarnya. Kendati demikian jamaah utama masjid ini kebanyakan adalah pedagang dan pemilik toko di sekitar masjid.

3. Masjid Agung Sudirman

Masjid Agung Sudirman merupakan salah satu masjid besar di Bali yang terkenal. Lokasinya ada di kompleks Kodam Udayana Bali. Masjid ini memiliki desain yang unik dengan dinding terbuka. Hal tersebut membuat bagian dalamnya sejuk karena sirkulasi udaranya cukup baik. Kalau lagi jalan-jalan di sekitar Udayana kamu bisa mampir ke masjid ini untuk salat atau sekadar istirahat.

4. Masjid Baitul Makmur

Walau tak berada di pinggir jalan besar, masjid ini cukup sering dikunjungi wisatawan. Khususnya mereka yang jalan-jalan atau menginap di sekitar Denpasar Barat. Salah satu hal populer dari masjid ini yakni jamaah salat subuhnya yang banyak. Bahkan ada sekitar 700 jamaah subuh setiap harinya. Setiap akhir pekan, jumlah jamaah subuh di masjid ini pun meningkat, biasanya hingga sampai halaman masjid.

5. Masjid Agung Palapa

Lokasi Masjid Agung Palapa tak jauh dari Dreamland, Bali. Tak heran jika banyak wisatawan dari Dreamland yang sering mampir masjid ini untuk salat dan istirahat. Terlebih lokasinya pun tepat berada di pinggir jalan.

6. Masjid Muhammad

Masjid besar di Bali ini kerap dikunjungi wisatawan untuk ibadah, istirahat, ataupun wisata. Lokasinya ada di Jalan Imam Bonjol, Pemecutan Klod, Denpsar Barat. Walau tak kelihatan dari jalan utama tapi masjid ini cukup luas dan fasilitasnya lengkap. Interior masjidnya pun apik serta mirip dengan masjid di Timur Tengah.

7. Masjid Besar Al Hidayah

Masjid ini ramai dikunjungi oleh wisatawan yang berkunjung ke Bedugul karena letaknya tak jauh dari sana. Masyarakat sekitar biasa menyebut masjid ini dengan nama Masjid Candi Kuning. Sebab arsitektur masjid dan interiornya didominasi warna emas yang cantik. Hal tersebut pun membuat masjid ini tampak mewah sehingga cocok untuk berfoto. Dari samping masjid kamu pun bisa melihat keindahan danau Ulun Danu serta menikmati udaranya yang sejuk.

8. Masjid Agung Ibnu Batutah

Masjid Agung Ibu Batutah terletak di komplek Puja Mandala. Di komplek ini terdapat Pura Jagat Natha, Vihara Budina Ghuna, Gereja Bunda Maria Segala Bangsa, dan Gereja Protesta Bukit Doa. Karena di dalamnya terdapat tempat ibadah dari berbagai agama, masyarakat menyebut bahwa komplek ini memiliki kerukunan antar umat yang tinggi. Keunikan tersebut pun membuat wisatawan tertarik untuk datang ke tempat ini.

9. Masjid Nurul Huda

Buatmu yang suka wisata sejarah, bisa datang ke Masjid Nurul Huda. Masjid ini merupakan masjid pertama yang ada di Bali. Lokasinya ada di Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung. Walau sudah dilakukan pemugaran berkali-kali tapi bentuk khas dari masjid ini masih terlihat jelas. Bahkan tinggi masjidnya pun tak berubah, mencapai 17 meter.

10. Masjid Ar-Rahmat Kuta Bali

Kalau lagi jalan-jalan di sekitar Kuta, kamu bisa mampir ke Masjid Ar-Rahmat untuk salat atau istirahat. Meski berada di kawasan ramai, masjid ini memiliki suasana yang tenang dan sejuk. Setiap saat banyak wisatawan yang mampir ke sini untuk sekadar duduk atau bersantai. Setelah salat, kamu pun mencicipi aneka kuliner halal yang ada di sekitarnya.

Nah itu tadi daftar masjid di Bali yang bisa Pins kunjungi saat berada di sana. Bisa jadi alternatif untuk umat muslim yang sering kesulitan mencari tempat ibadah saat wisata ke Bali.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: 

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai | KPR Panin Bank | KPR Bank Permata

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.