Info Area

Denpasar

Denpasar

Kota Denpasar adalah ibu kota Provinsi Bali. Dalam sejarah, kota ini adalah sebuah taman. Namun taman tersebut bukanlah taman biasa, melainkan tempat kesayangan Raja Badung, Kyai Jambe Ksatrya. Nama Denpasar sendiri diambil dari kata 'den' yang berarti utara dan 'pasar' yang artinya artinya. Nama ini diberikan kepada taman tersebut mengingat lokasinya yang terletak di utara utara.

Secara administratif, Kota Denpasar diresmikan sebagai sebuah kota pada 1788. Pembentukan kota melalui mengalami proses panjang, bahkan sejak Pulau Bali masih ditinggali oleh kerajaan-kerajaan. Pendirinya sendiri adalah I Gusti Ngurah Made Pemecutan yang merupakan keturunan dari Puri Pemecutan.

Dewasa ini Kota Denpasar dikenal salah satu kawasan wisata yang populer di Bali. Di kota ini terdapat banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti taman budaya hingga museum. Beberapa waktu terakhir Kota Denpasar juga tengah dipersiapkan sebagai kota metropolitan baru, bersama dengan Kota Medan dan Makasar. Hal tersebut lantas membuat kota ini semakin berkembang dari segi fasilitas umum serta sarana transportasi. Kendati demikian, sebetulnya Kota Denpasar pun dapat dikatakan sebagai salah satu kota maju walau letaknya berada di luar Pulau Jawa.

Jika kamu sedang mencari tempat tinggal yang nyaman dan memiliki fasilitas umum yang lengkap agaknya Kota Denpasar dapat menjadi pilihan. Bahkan berkat kemajuannya yang cukup pesat beberapa artis ibukota yang kini menetap di kawasan ini. Lebih jauh mengenai Kota Denpasar, simak dalam ulasan ini.

Tertarik membeli rumah di Denpasar?

Populasi897.300 jiwa (2017)
Luas Wilayah124 km2
Plat kendaraanDK

Fasilitas Umum di Denpasar