Info Area

15 Makanan Khas Bali yang Wajib Kamu Coba

Bali merupakan sebuah daerah yang sangat populer untuk wisatanya. Berbagai tempat indah dan menarik bisa dikunjungi di sini. Namun, selain dari segi wisata, Bali juga dikenal memiliki banyak makanan khas yang lezat dan menggugah selera.

Makanan khas dari tempat ini sangat beragam dan dapat ditemukan di berbagai lokasi. Kamu bisa menemukan banyak tempat yang menjual makanan khas Bali seperti di sekitar Rumah Dijual di Denpasar. Berikut ini beberapa makanan yang perlu kamu coba saat berkunjung ke Bali.

Nasi Campur Bali

Nasi campur Bali merupakan makanan pilihan yang dapat kamu coba di Bali. Nasi ini terdiri dari beberapa isian seperti nasi putih, suwiran ayam, sayur urap, sate lilit, dan luwar ayam. Isian ini sangat lengkap sehingga kamu akan mendapatkan berbagai rasa yang berbeda. Makanan ini tentunya juga cocok kamu coba saat sedang merasa lapar.

Ayam Betutu

Saat berkunjung ke Bali, tentunya kamu perlu untuk mencoba salah satu makanan asli daerah ini yang sudah dikenal banyak orang yaitu ayam betutu. Sajian ini dibuat menggunakan bumbu betutu yang terdiri dari berbagai rempah-rempah pilihan. Bumbu ini pun dimasukkan ke rongga dalam ayam sebelum dimasak sehingga rasanya akan meresap.

Serombotan

makanan khas bali
(Kompas)

Jika kamu termasuk sebagai seseorang yang menyukai sayuran, bisa mencoba makanan khas Bali yaitu serombotan. Kamu akan mendapatkan sajian berupa campuran sayuran yang telah dipotong dan dicampur dengan bambu bernama kalas. Bumbu ini seperti menyatukan rasa aneka sayuran yang ada di menu ini.

Sate Lilit

Berbagai jenis sate bisa kamu temukan di tiap wilayah di Indonesia, termasuk di Bali. Sate khas yang asli dari daerah ini yaitu sate lilit. Sate ini bisa dibuat dari daging ayam atau ikan yang telah digiling. Daging tersebut lalu dicampur dengan berbagai bumbu seperti kelapa parut. Setelah itu, makanan ini akan dililitkan pada batang bambu atau batang sereh.

Lawar

Lawar juga dapat menjadi pilihan jika kamu ingin makan makanan yang berisi aneka sayuran. Kamu pun dapat memesan berbagai jenis lawar seperti lawar ayam, lawar babi, dan lawar kuwir. Pembagian ini juga bisa dilakukan berdasarkan namanya yaitu lawar putih dan lawar merah. Tertarik mencoba hidangan ini, Pins?

Laklak

(Travel – Tempo.co)

Bagi kamu yang menyukai hidangan berupa serabi, tentu akan menyukai laklak. Makanan ini merupakan versi Bali dari serabi. Pengolahannya dilakukan menggunakan kendi tradisional sehingga menghasilkan cita rasa unik. Selain itu, teknik memasak yang digunakan membuat Laklak memiliki ukuran yang lebih tebal dan kecil.

Nasi Jinggo

Nasi Jinggo juga termasuk sebagai salah satu makanan khas dari Bali yang sudah terkenal dan disukai banyak orang. Makanan ini berisikan nasi dan beberapa lauk asli Bali. Bahan makanan tersebut pun kemudian dikemas menggunakan daun pisang. Biasanya, makanan ini memiliki porsi yang tidak terlalu besar dan harganya pun sangat terjangkau.

Bubur Mengguh

Berasal dari daerah Buleleng, Bubur Mengguh bisa kamu coba saat sedang berada di Bali. Hidangan dengan cita rasa gurih ini dibuat menggunakan aneka bahan rempah-rampah, seledri, ayam suwir, dan lainya. Bubur ini akan terasa lebih nikmat jika kamu santap saat masih panas. Kamu pun akan mendapatkan sajian khas Bali yang terasa lebih lezat.

Rujak Buleleng Bali

makanan khas bali
(detikFood)

Kombinasi buah-buahan dan bumbu rujak memang tak pernah mengecewakan, Pins. Di Bali, kamu bisa mencoba rujak Buleleng Bali yang memiliki rasa, tekstur, serta bumbu yang berbeda. Rasa yang dihasilkan pun akan berbeda dari rujak yang biasa kamu coba di daerah lain. Rasanya gurih, asin, dan pedas, Pins!

Komoh

Komoh merupakan salah satu makanan khas Bali yang biasanya disajikan pada acara upacara adat. Isi dari makanan ini sendiri yaitu daging mentah yang dicincang. Bahan tersebut lalu diberi bumbu khusus untuk menambah cita rasa serta kenikmatan dan makanan ini. Biasanya, kamu bisa menikmati makanan ini bersama makanan lainnya seperti muluk goreng.

Tum Ayam

Tum Ayam adalah menu berupa olahan daging yang telah dibumbui oleh rempah tertentu. Makanan ini kemudian dibungkus rapi menggunakan daun pisang sehingga terlihat menarik. Kamu pun bisa memilih hidangan dari ayam atau sapi cincang sesuai selera.

Nasi Tepeng

(Lifestyle Okezon)

Ketika kamu sedang mengunjungi daerah Gianyar, bisa mampir ke tempat-tempat makan yang menyediakan makanan khas daerah ini yaitu Nasi Tepeng. Meskipun memiliki nama nasi, makanan ini memiliki tekstur yang mirip dengan bubur. Makanan ini pun terasa lebih lengkap jika kamu santap bersama terong, kacang-kacangan, nangka, ayam goreng, dan lainnya.

Babi Guling

babi Guling juga termasuk sebagai makanan khas Bali yang sudah disukai banyak orang. Sesuai namanya, makanan ini terbuat dari babi yang dimasak dengan cara diputar-putar. Pemutaran ini dilakukan supaya babi bisa matang dengan sempurna dan merata. Kamu pun dapat menikmati hidangan ini dengan memakannya bersama nasi atau yang lainnya.

Sambal Matah

Pecinta makanan khas Bali tentunya sudah tidak asing lagi dengan sambal matah. Sesuai dengan namanya, makanan ini merupakan sajian khas berupa sambal yang biasa dipakai sebagai side dish. Sambal ini terbuat dari berbagai campuran bahan seperti bawang merah dan cabai. Kombinasi yang dilakukan pun menghadirkan rasa yang unik dan lezat.

Tipat Blayag

makanan khas bali
(Guideku.com)

Makanan asli Bali berikutnya yang patut untuk kamu coba yaitu tipat blayag. Makanan ini terbuat dari ketupat yang telah dimasak dan dibumbui secara khusus. Hasilnya, kamu akan mendapatkan sajian ketupat dengan rasa yang lezat. Makanan ini pun biasanya disajikan bersama bahan lain seperti urap, telur rebus, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa makanan khas Bali yang bisa kamu coba saat berkunjung ke daerah ini. Berbagai makanan lezat bisa kamu temukan di sini, Pins, tertarik?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: 

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.