BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiApa Itu Analisis SWOT? Ini Pengertian, Unsur, dan Manfaatnya!
0
0

Apa Itu Analisis SWOT? Ini Pengertian, Unsur, dan Manfaatnya!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
analisis swottop-right-banner

Analisis SWOT atau strength, weakness, opportunity, dan threat merupakan suatu bentuk analisa terkait strategi atau langkah yang harus diperhatikan saat akan menjalankan usaha dan penelitian. Ketika Pins akan membuat suatu jenis usaha, ada baiknya jika kamu melakukan analisa SWOT terlebih dahulu. Analisis Swot adalah suatu bentuk analisa yang dapat membantu Pins untuk menemukan suatu potensi keuntungan dan tantangan saat akan membuat usaha dan penelitian.

Manfaat analisis SWOT juga sangat banyak, Pins bisa menemukan sisi baik dan buruk dari menjalankan suatu usaha. Kamu juga akan mampu untuk melakukan evaluasi usaha agar lebih maju dan berkembang. Apa itu analisis swot? Ini penjelasan selengkapnya!

Baca juga:

Pengertian Analisis SWOT

Source : Nexight Group

Melakukan analisa tentu tidak bisa sembarangan Pins! Kamu perlu mengetahui konsep dan cara kerjanya terlebih dahulu. Seperti saat akan membangun rumah, semua hal juga perlu direncanakan, bahkan kamu bisa menerapkan SWOT ini untuk membangun bangunan. Berikut pengertian SWOT secara umum dan menurut ahli:

Pengertian Secara Umum

SWOT merupakan sebuah metode perencaan yang akan digunakan untuk menilai sebuah bisnis. Di dalamnya sendiri berisi dari segi kekuatan atau strength, yang kedua adalah kelemahan atau weaknesses, di ikuti dengan yang ketiga adalah peluang atau opportunities, dan yang terahir adalah ancaman atau threats. Jika Pins perhatikan maka akan membentuk kata SWOT = S (trenghs) – W (weaknesses) – O (pportunities) – T (threats) untuk menganalisa suatu perencanaan.

Pengertian Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui pengertian secara umum, untuk menambah pemahaman Pins perlu mengetahui penjelasannya menurut para ahli. Peluang bisnis atau usaha perlu dianalisa dengan sangat baik. Berikut pengertian menurut para ahli:

  • Philip Kotler, penilaian di seluruh segi kekuatan atau strenghs, kelemahan atau weaknesses, peluang atau opportunities, dan ancaman atau threats pada setiap organisasi atau individu.
  • Pearce dan Robinson, bagian strategik pada proses manajemen suatu badan usaha dengan tujuan mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan usaha tersebut. Kekuatan dan kelemahan tersebut akan dibandingkan dengan ancaman dan peluang yang ada agar bisa menghasilkan strategi bisnis yang baru dan lebih baik.
  • Freddy Rangkuti, sebuah usaha yang dilaksanakan dengan dasar logika sehingga dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang usaha, sekaligus meminimalkan ancaman dan kelemahan usaha tersebut.

Pada intinya, apa itu analisis SWOT? Adalah suatu bentuk analisa untuk meminimalisir ancaman dan kelemahan dari suatu usaha yang akan dilakukan dengan memperhatikan opportunity. Sangat penting bagi Pins sebelum melakukan usaha untuk membuat suatu bentuk SWOT yang kuat.

Baca juga:

Unsur-Unsur Analisis SWOT

Source : Scientific Editing

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahka SWOT memiliki 4 komponen pembangun yaitu SWOT = S (strenghs) – W (weaknesses) – O (opportunities) – T (threats). Berikut adalah pembahasan dari Unsur-Unsur Analisis SWOT :

Kekuatan (Strenght)

Unsur pertama yang ada di dalam SWOT adalah Strenght, seperti namanya yang memiliki arti kekuatan. Strenght ini merupakan bagian unsur dari SWOT yang menganalisa mengenai kekuatan dari obyek yang di analisis (umumnya berupa obyek dalam bentuk barang hasil produksi). Unsur strenght ini harus di tanamkan ke dalam produk sebanyak-banyaknya agar produk yang di hasilkan semakin berkompeten untuk bersaing di pasar.

Kelemahan (Weakness)

Kebalikan dari Strenght, weakness atau kelemahan ini merupakan unsur SWOT yang menunjukan analisis kelemahan dari suatu obyek yang dianalisa. Faktor kelemahan ini harus bisa disiasati dan dipikirkan untuk meminimalkan jumlah faktor weakness di dalam suatu produk atau perusahaan tertentu. Kelemahan ini akan menentukan langkah apa yang harus dihasilkan agar dapat bersaing dengan baik di pasar.

Peluang (Opportunity)

Unsur SWOT yang ketiga adalah opportunity atau peluang, merupakan faktor yang paling besar mempengaruhi usaha agar bisa berjalan sukses di pasaran. Pins harus mampu melihat faktor opportunity pada produk sebelum diterjunkan ke pasar. Semakin besar dan semakin banyak faktor opportunity yang dimiliki suatu produk atau perusahaan maka akan semakin besar kemungkinan suksesnya.

Ancaman (Threats)

Selain weakness, unsur SWOT Threats atau ancaman ini harus diminimalisir dan harus dihindari atas usaha atau produk yang dikelola. Seperti namanya sendiri Threats atau ancaman, merupakan faktor yang mengancam suksesnya usaha, dapat berupa pesaing, pasar yang kurang tepat, ataupun hal yang lainnya. Buatlah produk dan usaha yang unik dan berguna bagi masyarakat agar faktor ancaman ini semakin sedikit.

Baca juga:

Faktor Analisis SWOT

Source : The Vimana

Di dalam analisa SWOT memiliki dua faktor yang dapat mempengaruhinya, yaitu berupa faktor dari dalam atau faktor internal, dan faktor dari luar atau faktor eksternal. Berikut pembahasannya:

Faktor Internal

Faktor internal SWOT ini merupakan faktor yang berasal dari dalam obyek yang dianalisa atau diteliti. Bentuk faktor internal SWOT berupa strenght atau kekuatan dan weakness atau kelemahan. Contoh faktor internal analisis SWOT :

  • Teknologi yang canggih atau kuno.
  • Kredibilitas produk atau perusahaan yang sangat bagus atau buruk.
  • Sumber daya yang berkualitas atau tidak berkualitas.
  • Modal yang cukup atau kurang.

Faktor Eksternal Analisis SWOT

Kebalikan dari faktor internal, faktor eksternal merupakan faktor yang mempengaruhi objek yang kita analisis namun bersifat dari luar (faktor dari luar). Faktor eksternal analisa SWOT ini berupa opportunity atau peluang dan juga threats atau ancaman. Berikut ini contoh faktor eksternal analisis SWOT:

  • Persaingan antar perusahaan.
  • Sifat konsumtif masyarakat.
  • Budaya masyarakat.
  • Produk kita ditiru oleh orang lain.

Contoh Analisis SWOT

Source : Neil Patel

Pins mungkin akan membutuhkan analisa SWOT ini untuk membuka suatu usaha atau bisnis, seperti ketika akan membuat suatu perumahan tentu perlu memperhatikan SWOT agar laris di pasaran. Berikut contoh analisis menggunakan SWOT:

Analisis SWOT Bakso Daging Rusa

Faktor Internal Analisis SWOT Strengths (kekuatan) :

  • Produk sangat terkenal di Masyarakat.
  • Harga yang cukup terjangkau.
  • Memiliki marketing di online.
  • Menggunakan bahan-bahan makanan yang aman untuk di konsumsi manusia

Faktor Internal Analisis SWOT Weakness (kelemahan) :

  • Keuntungan yang minim.
  • Sedikit asing di telinga masyarakat karena umumnya bakso adalah sapi atau ayam.
  • Harga daging rusa yang mahal.

Faktor Eksternal Analisis SWOT Opportunity (peluang) :

  • Produk yang unik dan jarang ada.
  • Bisa membuat masyarakat penasaran.
  • Banyak orang ingin mencoba produk bakso daging rusa.

Faktor Eksternal Analisis SWOT Threats (ancaman) :

  • Produk yang mudah ditiru.
  • Pasokan daging rusa yang sulit ditemukan.
  • Harga bahan pembuatan bakso rusa yang cukup mahal.

Itulah beberapa hal yang perlu Pins ketahui mengenai analisis SWOT, mulai dari pengertian, unsur, serta contoh untuk membuatnya. Sekarang Pins sudah lebih paham kan, bagaimana cara menganalisa suatu rencana usaha menggunakan SWOT? Selamat mencoba!

Baca juga:

Featured image source: C2 Recruitment


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Cahyya Residence Ngemplak dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download