Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Fungsi Analisis SWOT untuk Mengembangkan Bisnis Sendiri

Finansial

Fungsi Analisis SWOT untuk Mengembangkan Bisnis Sendiri

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 17 November 2021 ∙ 6 menit membaca

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga kegiatan yang mempengaruhi jalannya bisnis tersebut. Salah satu hal yang perlu dilakukan dalam sebuah bisnis yaitu menjalankan berbagai analisis baik dalam tahap perencanaan maupun evaluasi. Analisis yang sering digunakan dalam bisnis contohnya yaitu SWOT.

Pinhome – Analisis ini merupakan salah satu yang paling populer digunakan dalam sebuah perusahaan. Baik itu usaha dalam skala kecil maupun sudah multinasional, analisis ini masih bisa diterapkan dan apabila digunakan dengan baik akan sangat membantu bisnis yang dijalankan.

Baca Juga: 6 Tips Menjadi Agen Properti Yang Sukses Ini Penting Dicoba

Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai analisis SWOT. Yuk, Pins, baca artikel ini sampai selesai supaya bisa lebih memahami teknikini!

Pengertian Analisis SWOT

(Owl Labs)

Analisis ini merupakan singkatan dari unsur-unsur pokok dalam menjalankan sebuah bisnis yaitu Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (kesempatan), dan Threats (ancaman). Seorang pelaku usaha bisa menggunakan teknik analisis ini untuk mengetahui, membandingkan, atau menghubungkan unsur-unsur tersebut.

Analisis ini sendiri dikembangkan oleh Albert Humphrey pada tahun 1960-an sampai 1970-an. Kala itu, ia memimpin sebuah proyek penelitian Universitas Stanford yang mengkaji berbagai data dari perusahaan besar dunia yang masuk ke daftar Fortune 500. Melalui riset tersebut, ia kemudian berhasil mengembangkan teknik analisis yang sangat populer dalam dunia bisnis.

Sebagai informasi, Fortune 500 merupakan daftar perusahaan-perusahaan teratas dunia baik milik swasta maupun pemerintah yang diurutkan berdasarkan pendapatan bruto mereka. Daftar tersebut dibuat oleh majalah Fortune dan telah diterbitkan sejak tahun 1955.

Faktor-faktor dalam Analisis Ini

(Work Life and Beyond)

Baca Juga: Pelajari Tips Ini Sebelum Memulai Bisnis Properti

Ke empat unsur dalam analisis ini dikelompokkan menjadi dua jenis faktor yaitu internal dan eksternal. Faktor internal merupakan hal-hal yang berasal dari dalam perusahaan yaitu strength dan weakness. Sedangkan opportunities dan threats bukan bagian dari perusahaan sehingga menjadikannya faktor eksternal.

  • Strength

Faktor pertama dari analisis ini yaitu kekuatan yang dimiliki perusahaan. Hal ini bisa merupakan hal-hal tak terlihat seperti kepemimpinan yang baik atau sumber daya nyata seperti misalnya fasilitas yang dimiliki. Mengetahui poin-poin kekuatan milik perusahaan tentunya penting supaya bisa memaksimalkan potensi yang ada.

  • Weakness

Selain kekuatan, setiap perusahaan juga memiliki kelemahan masing-masing. Kelemahan ini merupakan berbagai hal yang bisa menghambat kinerja seperti misalnya dana yang kurang. Tentunya kelemahan-kelemahan ini perlu untuk diketahui supaya bisnis tetap bisa berjalan dengan baik.

  • Opportunities

Faktor berikutnya yaitu peluang atau kesempatan yang ada di pasaran. Sebuah perusahaan harus mengerti peluang baik yang sudah ada maupun sebuah perkiraan. Contoh dari peluang yang ada yaitu membuat bisnis kos-kosan di sekitar wilayah kampus atau mungkin perkantoran.

  • Threats

Elemen yang terakhir dari teknik ini yaitu ancaman atau segala sesuatu yang berpengaruh terhadap kelancaran proses bisnis. Salah satu contoh dari ancaman ini yaitu adanya pesaing dengan produk yang sama sehingga bisa mempengaruhi pangsa pasar milik perusahaan.

Mengapa Analisis SWOT Penting?

(Trends Magazine)

Analisis ini penting untuk digunakan dalam sebuah perusahaan baik itu yang bertujuan untuk memperoleh laba maupun tidak, seperti organisasi non-profit atau lembaga pemerintah. Melalui analisis yang telah dilakukan, sebuah organisasi bisa menemukan strategi efektif guna mencapai tujuannya.

Teknik analisis ini berfokus pada empat hal yang esensial sehingga bisa membantu perusahaan merencanakan berbagai hal. Misalnya saja, sebuah perusahaan bisa mengembangkan lini produk baru karena adanya peluang pasar.

Penerapan teknik ini akan membuat perusahaan bisa lebih adaptif dengan perubahan di sekitarnya. Perusahaan yang rutin melakukan analisis bisa mengetahui berbagai hal misalnya hilangnya sumber daya, berkurangnya pangsa pasar, atau naiknya permintaan akan suatu produk. 

Hal-hal yang Perlu Dilakukan

(Meetings Net)

Supaya analisis bisa dilaksanakan dengan tepat dan lancar, ada beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu:

  • Membuat matrik atau diagram analisis

Langkah pertama dalam melakukan analisis ini yaitu membuat diagram sesuai dengan 4 faktor. Pembuatan diagram ini akan membantu tim untuk mengorganisir ide.

  • Menentukan tujuan

Setiap analisis harus memiliki tujuan yang ingin dicapai. Hal ini dilakukan supaya tim memiliki arah dan pembahasan atau analisis tidak melebar.

  • Bertukar pikiran dengan anggota tim

Setelah melakukan persiapan tersebut, langkah berikutnya yaitu melakukan brainstorming atau bertukar pikiran dengan anggota tim. Pins bisa menganalisisnya sendiri, namun akan lebih baik jika memiliki orang lain yang mungkin bisa melihat suatu hal dari perspektif berbeda.

  • Mengelompokkan analisis sesuai faktor-faktor yang ada

Setelah melakukan rapat, hasil yang didapatkan kemudian bisa dimasukkan ke diagram yang sebelumnya telah dibuat. Pengelompokkan itu akan memperjelas hal-hal yang berkaitan dengan analisis.

  • Menggunakan hasil untuk menyusun strategi

Langkah selanjutnya setelah melakukan analisis yaitu mulai menyusun strategi guna mencapai tujuan. Hasil analisis akan menjadi acuan bagi tim guna bisa membuat rencana dan strategi yang sesuai dengan 4 faktor penting.

  • Lakukan secara berkala

Supaya perusahaan tetap bisa bersaing, ada baiknya untuk selalu mengadakan analisis ini secara berkala. Perusahaan bisa melakukannya setiap beberapa bulan sekali guna mengetahui perubahan yang terjadi di sekitar sehingga bisa menyusun strategi yang adaptif.

Menerapkannya dalam Bisnis Pribadi

(My Best)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, analisis SWOT bisa digunakan baik itu untuk perusahaan besar, kecil, organisasi non-profit, maupun lembaga pemerintahan. Apabila Pins sedang merintis sebuah usaha, analisis ini tentunya akan sangat berguna dalam kelangsungan bisnis tersebut.

Analisis ini juga bisa dilakukan untuk segala jenis usaha. Misalnya Pins ingin memulai bisnis tas khusus anak remaja, berikut ini contoh analisis yang bisa dilakukan.

Strengths:

  • Desain tas simpel
  • Menawarkan fitur seperti tambahan kantong dan resleting
  • Melayani pemesanan custom baik jumlah kecil maupun besar
  • Bisa dibeli secara online maupun offline

Weaknesses:

  • Pembuatan tas bergantung pada pesanan
  • Modal yang ada kurang jika ingin membuat tas dalam jumlah yang lebih besar
  • Jumlah tenaga kerja masih kurang

Opportunities:

  • Pasar yang luas
  • Masih belum banyak pesaing produk tersebut
  • Teknologi memudahkan penjualan

Threats:

  • Ketersediaan bahan yang kurang
  • Harga produksi yang tinggi

Berangkat dari poin-poin tersebut, Pins kemudian bisa menentukan langkah yang harus diambil guna mengembangkan usaha. Misalnya yaitu mencari supplier lain sehingga bahan baku selalu tersedia. Pins juga bisa menambah pekerja sehingga produksi tas bisa berjalan lebih cepat yang akan berpengaruh juga pada profit perusahaan.

Analisis SWOT penting untuk dilakukan karena bisa menentukan keberlangsungan perusahaan atau organisasi. Pins jangan lupa untuk aktif melakukan analisis ini supaya usaha milikmu semakin berkembang.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel