Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Yang Dinanti Akhirnya Rilis! Apa Saja Fitur Baru iOS 14?

Lifestyle

Yang Dinanti Akhirnya Rilis! Apa Saja Fitur Baru iOS 14?

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 6 menit membaca

Di tanggal 16 September, Apple akhirnya meluncurkan sistem operasi terbarunya, iOS 14. Nah, setelah dinanti-nanti cukup lama, sebenarnya apa saja fitur baru iOS 14?

Menurut Craig Federigh, sebagai wakil Presiden Senior Apple untuk bidang Rekayasa Perangkat Lunak menyatakan bahwa sistem operasi iOS 14 mengubah elemen paling menonjol saat kita memakai iPhone dan iPad, yaitu di bagian Home Screen.

Ke depannya, setiap widget dari iOS 14 akan didesain ulang di dalam Home Screen, selayaknya app library yang secara otomatis bisa mengatur tampilan dari aplikasi dalam iPhone dan iPad. Ada juga fitur App Clips yang akan memudahkan kita sebagai pengguna untuk menemukan aplikasi tertentu. Tidak hanya mengubah total tampilan Home Screen, Apple juga memasukkan fitur Cleaner App yang berfungsi untuk menghapus bugs yang biasanya bermunculan di berbagai aplikasi pengirim pesan instan.

Pembaruan sistem operasi iOS 14 sendiri mengundang banyak antusiasme dari fans berat Apple. Ketika akhirnya rilis pada tanggal 16 September, update yang dilakukan oleh Apple dirasa sangat layak dan mendapatkan respon yang baik. Yuk, kita bahas satu per satu!

1. Tampilan desain baru dari widget
Dalam sistem operasi iOS 14, tampilan widget dari produk Apple seperti iPhone dan iPad  akan mengalami perubahan yang cukup signifikan. Desain ulang yang dilakukan oleh Apple membuat tampilan widget menjadi jauh lebih menarik dan tentunya menjadi lebih mudah untuk diakses. Selain itu, sebagai pengguna kita juga bisa menempatkan widget yang ada di Home Screen dengan mengubah beberapa pengaturan.

Sekian lama dinanti, iPhone dan iPad kini dapat memuat wdget di iOS 14 (Unsplash)

2. Upgrade dari asistensi Siri
Sebagai salah satu fitur yang paling disayang oleh para pecinta produk Apple, Siri tentunya tidak luput dari update iOS 14. Sebagai aplikasi asisten virtual, Siri bisa membantu kita mengirimkan pesan berbentuk audio. Tampilan baru yang ada dalam iOS 14 pun membuatnya 20 kali lebih cepat diakses dari tampilan versi sebelumnya.

iOS 14
Siri kini hadir dengan tampilan baru (The Verge)

3. Kita bisa nonton sambil melakukan banyak hal melalui fitur Picture in Picture
Fitur Picture in Picture dari sistem operasi iOS 14 memungkinkan pengguna iPhone dan iPad untuk memutar video sambil mengakses dan mengaktifkan aplikasi lainnya. Dengan menggunakan fitur Picture in Picture ini, otomatis kita tidak perlu membuka layar dalam mode penuh lagi saat melakukan video call.

Apple meningkatkan fungsi multitasking di iOS 14 dengan menghadirkan fitur Picture in Picture (Apple Insider)

4. Atur tampilan menu dan aplikasi dengan menggunakan App Library
Dengan menggunakan fitur App Library, para pengguna iPhone ataupun iPad dapat mengatur beberapa aplikasi sekaligus dalam satu grup yang diinginkan. Fitur App Library ini juga memungkinkan kita untuk mendaftarkan aplikasi secara otomatis, hal ini tentunya akan memudahkan kita sebagai pengguna ya, Pins.

iOS 14
Tak perlu lagi swipe kanan-kiri untuk mencari aplikasi di home screen, Apple kini menghadirkan fitur App Library! (Macworld)

5. Lebih mudah berkomunikasi dengan fitur Translate
Fitur yang merupakan bawaan baru dari iOS 14 ini mampu membantu kita menerjemahkan percakapan audio secara real time. Hal ini bisa dilakukan pada percakapan yang bersifat offline ataupun online, ya!

6. Lebih nyaman bergerak dengan fitur Maps
Fitur Guides yang ada dalam iOS 14 ini akan memberi kita panduan mengenai informasi paling terupdate tentang suatu tempat atau lokasi. Tidak hanya itu, dalam fitur Maps pun dilengkapi dengan fitur Cycling, yang akan sangat membantu Pins yang sering melakukan kegiatan bersepeda. Kenapa? Karena fitur Cycling ini memberikan panduan dan juga informasi terbaru tentang jalur sepeda kepada penggunanya.

7. Mengakses aplikasi menjadi lebih mudah
Fitur App Clips membuat akses kita terhadap aplikasi-aplikasi yang kita miliki menjadi jauh lebih cepat dan lebih ringan.

8. Fitur Messages yang lebih terstruktur
Perubahan yang dilakukan pada fitur Messages lumayan signifikan untuk upgrade iOS 14 ini. Dengan fitur Messages terbaru, kita sebagai pengguna bisa menyelipkan chat-chat yang dirasa penting di bagian paling atas. Kontrol iOS 14 juga lebih ketat karena Apple hanya akan menampilkan emoji sesuai dengan umur kita.

iOS 14
Kini pesan dari orang-orang terdekat dapat diakses secara langsung di fitur terbaru Messages (Apple Insider)

Selain itu, kita pastinya sering tidak sengaja mengirim pesan atau lupa mengoreksi ulang konten dari pesan yang telah dikirim. Kini, dengan salah satu fitur baru iOS 14, Pins bisa menggunakan fitur retract yang memungkinkan penggunanya untuk menarik kembali pesan yang telah dikirimkan sebelumnya. Meski pemberitahuan akan pesan retract ini tetap akan terlihat pada pengirim dan penerima pesan, selain itu juga ada fungsi “tandai belum dibaca” pada iMessage untuk membantu mengingatkan akan prioritas pesan dan menghindari kejadian melupakan pesan penting ketika sedang sibuk atau ingin beristirahat sejenak.

9. Berkendara menjadi lebih menyenangkan dengan fitur CarPlay
Ada banyak upgrade yang dilakukan Apple yang bisa kita pakai saat berkendara, yaitu fitur CarPlay dimana kita bisa menampilkan wallpaper khusus. Tampilan wallpaper ini sendiri bisa diubah menjadi mode terang ataupun mode gelap secara otomatis karena sudah dihubungkan langsung dengan waktu. Fitur selanjutnya yaitu CarKey, fitur baru yang memungkinkan pengguna iPhone untuk mengunci & membuka kunci mobil serta menyalakan mobil dengan bantuan fitur NFC. Bisa dibilang fitur CarKey bisa digunakan sebagai pengganti kunci mobil fisik. Sampai saat ini, BMW berperan sebagai salah satu rekanan Apple dalam menerapkan teknologi CarKey. Jadi, pengguna iOS 14 yang memiliki mobil BMW Seri 5 keluaran tahun 2021 juga bisa menggunakan iPhone mereka sebagai pengganti kunci mobil!

Seri apa saja yang bisa mengakses iOS 14?

Sampai saat ini, sistem operasi terbaru dari Apple ini bisa dinikmati oleh pengguna iPod touch (7th Generation), iPhone SE (2nd Generation), iPhone SE (1st Generation), iPhone 6s Plus, iPhone 6s, iPhone 7 Plus, iPhone 7, iPhone 8 Plus, iPhone 8, iPhone X, iPhone XR, iPhone XR Max, iPhone XS Max, iPhone XS, iPhone 11 Pro Max, iPhone 11 Pro dan iPhone 11.

Sedangkan untuk Pins yang pengguna iPad, kita bisa menikmati fitur terbaru dari iOS 14 kalau kita memiliki iPad Pro 12.9-inch (4th Generation), iPad Pro 12.9-inch (3rd Generation), iPad Pro 12.9-inch (2nd Generation), iPad Pro 12.9-inch (1st Generation), iPad Pro 11-inch (2nd Generation), iPad Pro 11-inch (1st Generation), iPad Pro 10.5-inch, iPad Pro 9.7-inch, iPad (7th Generation), iPad (6th Generation), iPad (5th Generation), iPad mini (5th Generation), iPad mini 4, iPad Air (3rd Generation) dan iPad Air 2.

Hal yang sama berlaku untuk pengguna produk MacBook (2015 and later), MacBook Air (2013 ke atas), Macbook Pro (Late 2013 ke atas), Mac mini (2014 ke atas), iMac (2014 ke atas), iMac (2014 ke atas), iMac Pro (2017 ke atas), Mac Pro (2013 ke atas).

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel