BlogLifestyleTeknologiCara Kalibrasi Baterai iPhone dengan Mudah dan Persiapannya
0
0

Cara Kalibrasi Baterai iPhone dengan Mudah dan Persiapannya

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 10, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara kalibrasi baterai iphonetop-right-banner

Pins mengalami masalah pada kesehatan baterai iPhone yang sering nge drop? Bisa jadi kamu perlu melakukan cara kalibrasi baterai iPhone agar performa baterainya kembali stabil. Biasanya, kalibrasi ini dilakukan ketika Pins merasa jika kesehatan baterai iPhone mulai menurun dan cepat habis. Perangkat juga akan memberikan notifikasi jika memang baterai perlu dikalibrasi.

Proses kalibrasi baterai iPhone mungkin akan memakan waktu cukup lama, karena Pins perlu menggunakan sisa baterai sampai habis. Nantinya, setelah baterai habis kamu perlu melakukan pengecasan dan mengulangi hal yang sama. Mengapa demikian? Hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa baterai masih dalam keadaan sehat. Berikut cara kalibrasinya!

Apa Itu Kalibrasi Baterai iPhone?

Source : Slash Gear

Kalibrasi baterai HP iPhone merupakan suatu cara untuk melakukan pengecekan terhadap kesehatan baterai ponsel. Pins tidak perlu khawatir untuk mencari tahu kapan harus melakukan kalibrasi karena sistem akan memberikan laporan kesehatan batetai di pengaturan. Kamu perlu mengakses menu di pengaturan kemudian pilih baterai dan cek kesehatan baterai di sana.

Keadaan baterai yang perlu di kalibrasi ulang bukan hanya terjadi karena pemakaian yang ceroboh, Pins juga perlu melakukan cara kalibrasi baterai iPhone selama siklus pengisian daya. Proses kalibrasi ini akan membantu Pins untuk mendapatkan persentase atau kapasitas maksimum dari baterai selama di kalibrasi. Jika status kalibrasi selesai, kinerja baterai akan mencapai puncaknya serta notifikasi kalibrasi baterai juga akan dihapus. Berikut beberapa persiapan dan caranya!

Persiapan untuk Kalibrasi Baterai

Source : Info Guide Nigeria

Sebelum Pins melakukan kalibrasi baterai, sebaiknya kamu melakukan beberapa persiapan agar prosesnya dapat selesai dengan lancar. Untuk melakukan kalibrasi baterai, berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

Matikan Location Service (GPS)

Langkah pertama sebelum Pins melakukan cara kalibrasi baterai iPhone adalah nonaktifkan location service atau GPS pada sistem iPhone. Hal ini dilakukan agar saat proses kalibrasi tidak ada background aplikasi yang memakan banyak kapasitas baterai. Berikut caranya:

  • Pertama, buka menu Settings.
  • Kemudian, scroll kebawah dan pilih menu Privacy.
  • Lalu klik Location Service.
  • Klik tombol On/Off pada location service tersebut.
  • Setelah itu, klik Turn Off pada HP tersebut.

Baca Juga:

Matikan Background Refresh

Background refresh berfungsi agar sistem bisa melakukan update konten bawaan di iPhone. Proses update ini akan tetap berlangsung meskipun layar iPhone dalam keadaan mati. Maka dari itu, kamu perlu mematikan proses pembaharuan tersebut saat melakukan pengecekan baterai di HP iPhone. Langkah ini berlaku pada semua seri iPhone termasuk kalibrasi baterai iphone 11. Berikut caranya:

  • Pertama-tama, buka menu Settings.
  • Selanjutnya, pilih opsi General.
  • Kemudian, pilih Background App Refresh.
  • Lalu pilih kembali menu Background App Refresh.
  • Setelah itu pilih Off.

Kurangi Brightness

Proses kalibrasi di semua seri iPhone termasuk kalibrasi iphone 5 harus disertai dengan pengaturan brightness yang rendah. Hal ini dilakukan untuk mengurangi pemakaian daya berlebih dari suatu background atau aplikasi. Berikut caranya:

  • Pertama, buka menu Settings.
  • Kemudian geser ke bawah dan pilih opsi Display and Brightness.
  • Lalu, geser ke kiri pengaturannya sampai benar-benar mentok dan warnanya redup.

Matikan Update Otomatis

Biasanya pengaturan update otomatis pada iPhone secara default akan selalu menyala, untuk memudahkan perangkat dalam melakukan pembaharuan. Pins perlu nonaktifkan pembaharuan otomatis ini sebelum melakukan cara kalibrasi baterai iPhone. Berikut langkahnya:

Caranya:

  • Pertama-tama, buka menu Settings.
  • Kemudian cari dan klik opsi iTunes & App Store.
  • Pada kategori Automatic Downloads, pilih opsi yang Updates lalu slide ke kiri untuk menonaktifkannya.

Cara Kalibrasi Baterai iPhone

Source : Verified.org

Setelah Pins mempersiapkan semua langkah untuk melakukan kalibrasi baterai iPhone, sekarang kamu dapat melakukan kalibrasi sesuai dengan prosedur. Proses kalibrasi ini dilakukan sebelum Pins akhirnya bisa melakukan servis baterai yang disediakan oleh Apple. Mungkin saja Pins mengalami HP iPhone tiba-tiba mati karena baterainya rusak. Berikut langkahnya:

Pakai dan Habiskan Baterai Terlebih Dahulu

Langkah pertama untuk cara kalibrasi baterai iPhone adalah dengan menggunakan perangkat sampai baterainya benar-benar habis atau drop. Cara ini berlaku untuk semua seri iPhone, termasuk untuk melakukan kalibrasi baterai iPhone 11. Pastikan bahwa tidak ada daya yang tersisa pada perangkat dan kamu tidak mematikannya secara langsung.

Tunggu Sampai 3 Jam

Sebenarnya, untuk cara kalibrasi di iPhone sama saja dengan smartphone Android, yaitu dengan menghabiskan baterai dan menyalakannya kembali. Setelah Pins menghabiskan baterai sampai drop, tunggu hingga 3 jam untuk memastikan bahwa daya yang tersimpan sudah benar-benar terpakai. Biasanya, perangkat akan menyimpan sisa daya ketika sudah drop.

Cas HP Sampai Penuh

Saat Pins sudah memastikan bahwa baterai sudah habis dan menunggu sampai 3 jam, lakukan pengisian daya sampai penuh. Pastikan jika Pins menggunakan charger ori dari iPhone, kemudian lakukan pengecasan sampai kurang lebih 2 jam. Langkah ini berlaku juga untuk kalibrasi iphone 5.

Habiskan Kembali Baterai

Setelah melakukan pengecasan sampai full, Pins bisa menggunakan perangkat sampai baterainya benar-benar habis kembali. Cara kalibrasi baterai iPhone ini dilakukan agar dapat mengetahui bahwa kesehatan baterai pada perangkat memang mengalami penurunan. Lakukan seperti cara di atas dengan menunggu kurang lebih 3 jam saat baterai sudah benar-benar habis.

Cas Kembali Sampai Penuh

Sama seperti sebelumnya, setelah Pins menghabiskan sisa baterai dan mendiamkannya selama 3 jam. Saatnya Pins melakukan pengisian daya sampai penuh dan diamkan kurang lebih 2 jam dalam keadaan dicas. Jangan mainkan ponsel untuk kebutuhan apapun selama proses ini berlangsung.

Aktifkan Semua Fitur Kembali

Setelah melakukan semua langkah di atas, Pins bisa menghidupkan kembali semua fitur yang telah dimatikan sebelumnya. Saat proses kalibrasi selesai, perangkat tidak akan bermasalah jika ada background aplikasi yang dijalankan dan memakan baterai.

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Kalibrasi Baterai iPhone

Source : Apple Insider

Ketika cara kalibrasi baterai iPhone di atas berhasil dilakukan, Pins akan mendapatkan notifikasi pesan di menu pengaturan pada opsi baterai. Tulisannya adalah “Kalibrasi ulang sistem pelaporan kesehatan baterai tidak berhasil. Penyedia Servis Resmi Apple dapat mengganti baterai secara gratis untuk memulihkan kinerja dan kapasitas penuh. Selengkapnya mengenai pilihan servis“. Jika pesan ini muncul, tandanya Pins dapat membawa ponsel ke tempat servis untuk mengganti baterainya secara gratis. Hal ini akan terjadi jika kondisi baterai memang sudah harus diganti.

Pins bisa menghubungi Apple Authorized Service Center untuk melakukan servis dan penggantian baterai. Biasanya, Apple akan memberikan garansi sehingga penggantian baterai masih gratis. Setelah menghubungi Service Center kamu bisa membawa iPhone ke tempat servis.

Itulah beberapa cara kalibrasi baterai iPhone yang bisa Pins lakukan dengan mudah. Selama proses kalibrasi, agar tetap berhasil usahakan ketika dalam keadaan dicas perangkat tidak digunakan sama sekali untuk keperluan apapun. Selamat mencoba!

Baca juga:

Featured image source: ZDNET


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download