BlogLifestyleHobi4 Cara Mengatasi iPhone Dinonaktifkan dan Penyebabnya
0
0

4 Cara Mengatasi iPhone Dinonaktifkan dan Penyebabnya

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 6, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
cara mengatasi iphone dinonaktifkantop-right-banner

iPhone milik Pins muncul pesan “iPhone is disabled” atau dinonaktifkan? Bisa saja hal itu terjadi karena Pins lupa password dan mencoba berkali-kali menggunakan passcode yang salah. Cara mengatasi iPhone dinonaktifkan sebenarnya mudah, Pins bisa memanfaatkan iTunes untuk memulihkannya. iPhone dalam keadaan mati dan mode nonaktif tidak akan bisa dioperasikan sama sekali.

Selain karena lupa password, ketika iPhone di nonaktifkan bisa saja terjadi karena beberapa hal lainnya seperti orang yang mencoba masuk ke HP kamu atau layar yang tertekan berulang kali. Cara mengatasi iPhone nonaktif selain bisa menggunakan iTunes, kamu juga bisa melakukan restore atau recovery mode. Berikut beberapa cara untuk mengatasinya!

Baca juga:

Cara Mengatasi iPhone Dinonaktifkan atau Disabled

Saat HP iPhone dalam kondisi dinonaktifkan, Pins tidak akan bisa melakukan aktivitas apapun pada ponsel. Kondisi ini sering terjadi ketika muncul tulisan iPhone dinonaktifkan sambungkan ke iTunes. Ketika keadaan tersebut terjadi, Pins bisa melakukan beberapa langkah berikut ini!

Tunggu Sampai Periode Passcode Hilang

Source : Apple.com

Mode disabled iPhone biasanya terjadi dalam kurun waktu beberapa menit. Biasanya, ketika Pins salah memasukan pascode hal itu bisa menyebabkan iPhone masuk ke dalam mode nonaktif. Untuk cara mengatasi iPhone disabled tanpa itunes bisa dilakukan dengan menunggu sampai waktu tunggu passcode hilang. Peringatan salah memasukan kata sandi biasanya akan muncul setelah Pins mencoba berulang kali dengan pascode yang salah. Tunggu hingga 1 jam sampai waktu tunggu tersebut hilang, kemudian cobalah untuk memasukan kembali password setelah kamu mengingatnya.

Restore Melalui iTunes

Source : Apple Support

Setelah Pins menunggu sampai waktu tunggu memasukan passcode hilang, biasanya kamu akan diminta untuk menghubungkan iPhone ke iTunes. Mengapa demikian? Pins akan diminta untuk melakukan restore agar ponsel dapat berjalan normal kembali. Namun, kamu perlu menghubungkannya melalui laptop atau PC maupun perangkat dari produk Apple lainnya agar proses dapat berlangsung. Berikut cara mengatasi iPhone dinonaktifkan dengan restore:

  • Hubungkan terlebih dahulu iPhone ke Mac atau komputer pribadi melalui iTunes.
  • Jalankan Aplikasi iTunes di perangkat tersebut.
  • Setelah ponsel terdeteksi, pilih restore untuk memulai prosesnya.
  • Tunggu hingga proses restore selesai.
  • Selesai.

Baca juga:

Menggunakan Fitur Find MyPhone

Source : Liputan6

Cara mengatasi iphone nonaktif yang selanjutnya adalah menggunakan fitur Find My Phone dari iPhone. Selain mudah, cara mengatasi iPhone disabled tanpa iTunes ini juga tidak membutuhkan bantuan dari perangkat lain. Pins cukup menggunakan aplikasi Find My Phone dari perangkat iPhone lain untuk melakukannya. Fitur ini akan memanfaatkan iCloud untuk melakukan beberapa pengaturan pada iPhone yang masuk ke dalam mode dissabled. Berikut caranya:

  • Masuk ke aplikasi Find my Phone melalui perangkat iPhone lain.
  • Setelah masuk, input ID Apple milik Pins dan kata sandi yang telah dinonaktifkan.
  • Klik Devices yang berada di bagian bawah.
  • Scroll ke bawah kemudian klik Erase This Device.
  • Setelah itu, Pins bisa memulihkan cadangan sebelumnya yang pernah di buat.
  • iPhone akan kembali ke keadaan semua.
  • Selesai.

Melalui Mode Recovery

Source : iPhone Hacks

Recovery mode merupakan cara alternatif untuk memperbaiki HP yang mati total atau iPhone yang dinonaktifkan. Cara ini dilakukan jika kamu lupa passcode dari iPhone tersebut. Pins bisa melakukan cara ini untuk mengatasi beberapa masalah pada iPhone selain mode dissabled. Apalagi jika Pins lupa password dan iPhone dinonaktifkan, kamu bisa mengatasinya dengan mudah. Berikut langkahnya:

  • Buka iTunes terlebih dahulu, kemudian tekan tombol Home and Power secara bersamaan.
  • Jika sudah, lepaskan tombol Power sambil tetap menekan tombol Home.
  • Sambungkan kembali iPhone ke komputer.
  • Tetap tahan tombol Home sampai muncul pemberitahuan di iTunes.
  • Jika sudah masuk ke mode recovery klik restore.
  • Tunggu hingga proses download dan install ulang selesai.
  • Selesai.

Penyebab iPhone Dinonaktifkan

Source : iTech Post

Apakah Pins tidak merasa salah memasukan passcode iPhone namun pesan “iPhone is Disabled Connect to iTunes” tetap muncul, bisa saja penyebabnya karena hal lain. Setelah mengetahui cara mengatasi iPhone dinonaktifkan, berikut beberapa penyebab iPhone dinonaktifkan!

Terlalu Banyak Memasukkan Passcode

Penyebab pertama kamu telah memasukkan passcode yang salah berulang kali yang akhirnya berujung jadi dinonaktifkan. Ketika kamu salah passcode biasanya diberi beberapa kesempatan dan peringatan pesan, contohnya seperti ini:

Salah memasukkan passcode 5 kaliTampil notifikasi yang berisikan “Iphone is disabled, try again in 1 minuteatau “iPhone dinonaktifkan, coba lagi dalam 1 menit.”
Salah memasukkan passcode 7 kaliTampil notifikasi yang berisikan “Iphone is disabled, try again in 5 minuteatau “iPhone dinonaktifkan, coba lagi dalam 5 menit.”
Salah memasukkan passcode 8 kaliTampil notifikasi yang berisikan “Iphone is disabled, try again in 15 minuteatau “iPhone dinonaktifkan, coba lagi dalam 15 menit”
Salah memasukkan passcode 9 kaliTampil notifikasi yang berisikan “Iphone is disabled, try again in 60 minuteatau “iPhone dinonaktifkan, coba lagi dalam 60 menit.”
Salah memasukkan passcode 10 kaliTampil notifikasi yang berisikan “Iphone is disabled connect to iTunesatau “iPhone dinonaktifkan sambungkan ke iTunes.”

Ketika kamu sudah salah memasukkan passcode sampai 10 kali dan diminta untuk menghubungkan iPhone ke iTunes. Semua data yang berada di iPhone otomatis akan hilang. Kamu bisa menggunakan cara mengatasi iPhone dinonaktifkan di atas untuk memulihkannya.

Touchscreen Rusak

Touchscreen HP yang error bisa juga mempengaruhi iPhone kamu menjadi dinonaktifkan. Mungkin saja ketika kamu ingin memasukkan passcode ternyata sebagian angka tersebut pada layar iPhone tidak berfungsi dengan baik, akhirnya membuat passcode salah.

Ada yang Mencoba Membuka iPhone

Penyebab selanjutnya bukan disebabkan oleh kamu sendiri yang salah memasukkan passcode. Yaitu ada orang lain mencoba membuka iPhone tersebut. Contoh ada orang menebak-nebak dengan sengaja lalu memasukkan passcode yang salah berulang kali.

Layar Tertekan di Dalam Saku

Banyak orang terbiasa menaruh iPhone-nya di dalam saku, baik itu saku celana depan atau belakang, jacket, atau sebagainya. Di sini bisa saja iPhone tidak sengaja tertekan layarnya dalam keadaan menyala, dan mengaktifkan passcode salah berkali-kali hingga akhirnya dinonaktifkan.

Itulah beberapa cara mengatasi iPhone dinonaktifkan yang bisa Pins lakukan dengan atau tanpa menggunakan iTunes. Untuk penyebabnya sendiri, bisa saja terjadi karena beberapa hal yang tidak sengaja dilakukan oleh kamu. Jika iPhone tidak kunjung pulih, kamu bisa membawanya ke tempat servis. Selamat mencoba!

Baca juga:

Featured image source: Candid.Technology


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download