BlogLifestyleGadgetJangan Panik! Ini 5 Cara Memperbaiki iPhone Mati Total dan Penyebabnya
0
0

Jangan Panik! Ini 5 Cara Memperbaiki iPhone Mati Total dan Penyebabnya

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Okt 16, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
Jangan Panik! Ini 5 Cara Memperbaiki iPhone Mati Total dan Penyebabnyatop-right-banner

Pins bingung bagaimana cara mengatasi iPhone mati total? Jangan panik, saat ini terdapat beberapa cara menghidupkan iPhone yang mati total dengan mudah. Kamu juga bisa dengan mudah membeli Rumah Ekslusif di Pinhome seperti The Icon Acropolis dan Ruma Prana. Kamu juga dapat menemukan rumah di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung. iPhone yang mati total secara tiba-tiba bisa saja terjadi karena Pins kurang memperhatikan keadaan baterai dari HP iPhone tersebut. Selain karena masalah pada baterai, gangguan pada sistem OS juga bisa menjadi penyebab iPhone mati sendiri.

Sebagai solusi terbaik saat Pins mengalami kejadian iPhone tiba-tiba mati adalah dengan membawanya ke service center. Di sana Pins akan menemukan penyebab serta solusi kenapa iPhone tiba-tiba mati.

Namun, sebelum membawa ke tempat servis, Pins bisa melakukan beberapa cara mengatasi iPhone mati total berikut ini!

Baca juga:

Penyebab Umum iPhone Mati Total

Sebelum kita beranjak ke pembahasan cara mengatasi HP iPhone mati total, Pins harus mengetahui terlebih dahulu apa sih yang menyebabkan iPhone milik kamu itu mati total? Penyebab umum HP kamu mati total yang pertama adalah dikarenakan daya baterai yang tersisa pada iPhone kamu sangat rendah, sehingga menjadi otomatis mati sendiri atau mati total. Solusinya kamu harus segera melakukan pengisian baterai tersebut.

Penyebab umum HP iPhone mati total yang kedua adalah karena terjadinya bug atau kesalahan sistem pada perangkat lunak (software) HP Pins. Hal ini dapat terjadi ketika melakukan pembaruan pada software di HP. Namun, setelah instalasi selesai layar iPhone kamu malah terjebak menjadi hitam dan tidak bisa hidup.

Terakhir, HP yang mati total bisa diseabkan oleh masalah pada perangkat keras akibat dari terjatuh, terkena benturan keras, terkena air, yang kemudian menyebabkan bagian-bagian di dalam HP Kamu menjadi rusak.

Cara Mengatasi HP iPhone Mati Total

iPhone yang mati total bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah battery health yang tidak terurus dan masalah pada sistem. Berikut beberapa cara untuk mengatasi iPhone mati total!

1. Lakukan Restore Data

Source : Apple Support

Restore data pada iPhone akan mengembalikan semua data di HP seperti waktu terakhir kali di-backup. Jika Pins terakhir kali melakukan backup data 1 tahun yang lalu, berarti semua data yang muncul setelah iPhone kembali nyala adalah data 1 tahun lalu.

Jika kamu belum pernah backup data sama sekali, data yang tersisa hanyalah data ketika HP tersebut pertama kali dibuat. Berikut cara untuk restore data melalui iTunes:

  • Langkah pertama, sambungkan iPhone ke PC menggunakan kabel data.
  • Kemudian, buka aplikasi iTunes di komputer.
  • Klik pilihan “File” lalu pilih “Perangkat” atau “Devices“.
  • Selanjutnya klik “Restore Backup“.
  • Tunggu hingga prosesnya benar-benar selesai dan pastikan kabel data tetap terpasang.

2. Melakukan Recovery Mode

Source : Disk Drill

Ketika smartphone iPhone mati total dan mencoba diatasi dengan melakukan restore data serta gagal, kamu bisa melakukan recovery mode. Jika kabel sudah tersambung antara komputer dan iPhone namun HP belum juga nyala, kamu perlu melakukan restore data melalui recovery mode. Caranya adalah seperti di bawah ini.

  • Sambungkan dulu iPhone yang mati ke charger dock.
  • Lalu tekan tombol “Home” selama beberapa detik.
  • Selanjutnya baru sambungkan iPhone ke komputer setelah iTunes sudah terbuka
  • Sedangkan untuk mengembalikan data-nya, kamu cukup ikuti langkah seperti restore data biasa atau mengembalikan iPhone ke pengaturan pabrik.

3. Charge iPhone Sampai Penuh

Source : SlashGear

Dalam kebanyakan kasus, iPhone tiba-tiba mati dan tidak bisa dinyalakan sama sekali disebabkan karena baterai HP sudah nge-drop dan langsung mati meskipun masih ada sisa sekitar 20% di layar. Hal ini dikarenakan iPhone menggunakan sisa daya di baterai untuk melindungi data dan pengaturan sebelum sistem benar-benar mati. Sehingga resiko ada data yang membuat sistem operasi corrupt jadi lebih kecil.

Jadi untuk memastikan baterai iPhone terisi dan punya daya yang cukup untuk menyalakan kembali semua mesinnya, kamu perlu melakukan charge selama minimal 6 jam penuh. Selain itu, usahakan juga untuk menggunakan kabel charger dan adapter atau connector dock resmi dari Apple atau dari bawaan.

4. Lakukan Force Restart

Source : iPhone Hacks

Cara mengatasi iPhone mati total yang berikutnya adalah dengan metode force restart. Sesuai dengan namanya, dalam metode ini kamu akan menyalakan ulang iPhone yang mati secara paksa.

Cara melakukan force restart sendiri berbeda-beda di setiap seri iPhone. Untuk seri iPhone 6 dan 7 kamu bisa menekan tombol Home + Sleep/wake secara bersamaan kemudian tunggu beberapa detik hingga logo Apple muncul. Jika Pins menggunakan seri iPhone 8 ke atas, bisa melakukannya dengan menekan dan tahan tombol power sambil menekan volume naik dan turun secara bergantian masing-masing 1 kali sampai muncul logo Apple.

Baca juga:

5. Tekan Tombol Hold dan Home

Source : Jurnal Appls

Tombol Hold dan tombol Home pada iPhone berfungsi untuk melakukan refresh sistem, kurang lebih mirip seperti force restart. Untuk caranya, kamu bisa ikuti langkah berikut:

  • Tekan tombol Home dan Hold secara bersamaan.
  • Tahan selama beberapa detik dan lepaskan ketika logo Apple muncul di layar.

6. Hubungi Apple Center dan bawa ke Service Center

Source : Mitra Care

Jika semua cara memperbaiki iPhone mati total di atas tidak ada yang berhasil kamu lakukan, cara terakhir adalah dengan menghubungi Apple Center. Nomor customer service Apple Center resmi di Indonesia adalah 0800-1-027753.

Silahkan hubungi nomor tersebut, untuk mencari solusi atau mungkin biaya service iPhone yang mati. Setelah mengetahui estimasi biayanya, kamu bisa membawa iPhone tersebut ke Service Center.

Penyebab iPhone Mati Total dan Tidak Mau Menyala

Source : Kempark.com

Sebenarnya, terdapat banyak penyebab kenapa HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa di-charge, bahkan ketika baterai masih ada. Baik itu karena masalah komponennya seperti baterai yang sudah nge-drop, atau pun masalah yang berhubungan dengan sistem operasi seperti ketika gagal memperbarui iOS. Berikut beberapa penyebabnya:

  • Jatuh atau terbanting hingga salah satu komponen di dalam HP rusak.
  • Baterai habis mendadak tanpa notifikasi.
  • Gagal ketika melakukan upgrade iOS karena baterai habis.
  • iPhone kena air.
  • Tidak melakukan proses jailbreak hingga selesai.
  • Gagal melakukan upgrade iOS karena internet putus.
  • Komponen IC charger rusak.
  • Baterai iPhone sudah rusak dan tidak bisa di-charge.
  • LCD iPhone pecah atau rusak.
  • Hardware iPhone sudah usang.
  • Terlalu sering cabut pasang kabel data charger.
  • Menggunakan ponsel iPhone sambil di cas.
  • Penggunaan baterai seringkali sampai 0%.
  • Pengisian daya baterai yang berlebihan.

Tips Pencegahan dan Perawatan

Untuk mencegah dan memberikan perawatan agar HP iPhone yang kita miliki menjadi awet dan terhindar dari mati total, maka Kamu dapat mengikuti tips berikut ini Pins:

1. Gunakan Charger Baterai Orisinil

Tips pertama untuk mencegah dan merawat iPhone Kamu dari mati total adalah dengan menggunakan charger baterai yang orisinil. Dengan menggunakan charger baterai yang orisinil, maka hal ini dapat menghindari HP Kamu dari masalah konsleting dan arus listrik yang terkirim ke iPhone lebih stabil.

Selain itu, Kamu harus menghindari penggunaan powerbank dan melakukan pengisian baterai menggunakan usb dari mobil ataupun laptop. Hal ini dikarenakan kedua hal tersebut memiliki tegangan listrik yang tidak sesuai dengan batas arus listrik yang aman. Ketahui cara menghemat baterai iPhone supaya lebih awet.

2. Jangan Melakukan Pengisian Baterai Sambil Dimainkan

game offline terbaik android

Tips kedua untuk mencegah dan merawat iPhone Kamu dari mati total adalah dengan menghilangkan kebiasaan memainkan HP bersamaan saat pengisian baterai tengah berlangsung. Saat Kamu memainkannya otomatis kinerja baterai Kamu sedang bertambah, apalagi jika memainkan game, tentu kinerja baterai Kamu akan semakin berat. Hal ini dapat menyebabkan baterai Kamu menjadi panas, dan terjadi penurunan daya baterai.

3. Jangan Sampai Terpapar Suhu Tinggi dan Basah

Tips ketiga untuk mencegah dan merawat iPhone Kamu dari mati total adalah dengan menjauhinya dari paparan suhu tinggi dan basah. Paparan sinar matahari atau berada di tempat yang suhunya sangat panas dan terkena basahan. Ini bisa membuat kinerja HP kamu menurun dan bahkan bisa langsung mati total. Suhu yang panas akan merusak komponen mesin iPhone terutama baterai karena mendapat suhu panas yang berlebih.

Walaupun iPhone sudah teruji anti air, lebih baik kita tetap menjaga HP kita dari berendam di air yang secara disengaja ataupun tidak. Hal ini bertujuan untuk menimalisir terjadinya kerusakan pada HP Kamu. Jika HP Kamu terkena air, ketahui cara mengeluarkan air dari iPhone dengan mudah

4. Lindungi iPhone dengan Case dan Layar Pelindung Tambahan

Tips terakhir untuk mencegah dan merawat iPhone Kamu dari mati total adalah dengan melindunginya dengan case dan layar pelindung tambahan. Penambahan aksesoris seperti yang telah disebutkan akan meminimalisir terjadinya kerusakan komponen bagian dalam yang disebabkan oleh benturan-benturan dari luar.

Itulah beberapa cara mengatasi HP iPhone mati total yang bisa Pins lakukan dengan mudah dan penyebabnya. Apabila beberapa cara di atas tidak dapat dilakukan untuk menyalakan HP, kamu bisa membawa iPhone ke Apple Service Center terdekat dengan menghubungi Call Center terlebih dahulu. Selamat mencoba!

Seperti dalam servis iPhone, jika tidak dilakukan dengan benar, ini akan berdampak pada kinerja iPhone yang semakin buruk atau bahkan mati total. Hal yang sama juga berlaku dalam jual beli properti. Jika tidak dilakukan dengan tepat, ini bisa berdampak pada kerugian finansial atau bahkan kehilangan kesempatan untuk membeli properti yang diinginkan, seperti rumah di daerah Bandung Kidul.

Oleh karena itu, penting untuk memilih layanan ahli yang tepercaya dan berpengalaman dalam melakukan servis iPhone maupun jual beli property. Di Pinhome, kamu bisa menemukan berbagai pilihan rumah eksklusif dengan harga yang terjangkau, seperti Cimanggis Golf Estate

Baca juga:

Source Feature Image: 123RF


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Cluster Pesona Cihanjuang dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download