BlogLifestyleInspirasi Undangan Pernikahan Unik dan Elegan
0
0

Inspirasi Undangan Pernikahan Unik dan Elegan

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan

Apr 10, 2023

16 menit membaca

Copied to clipboard
Desain Undangan Pernikahan Elegantop-right-banner

Undangan pernikahan adalah salah satu elemen persiapan pernikahan yang cukup membingungkan. Tak heran jika banyak orang yang mencari referensi untuk membuat undangan pernikahan yang unik, kreatif dan eyecatching.

Selain menentukan berapa jumlahnya dan siapa saja yang diundang, menentukan desain undangan juga merupakan hal yang harus dipertimbangkan dengan baik. Tentunya Pins ingin memberikan undangan pernikahan dengan desain yang bagus dan mengandung informasi lengkap mengenai acara pernikahan, bukan?

Sebagai referensi, berikut adalah contoh undangan pernikahan yang bisa Pins jadikan inspirasi desain untuk undangan pesta kamu dan pasangan. Simak sampai habis ya!

Baca juga: 8 Contoh Surat Cuti Menikah, Karyawan Wajib Tahu!

Inspirasi Undangan Pernikahan Unik

Source : Pinterest.com

Untuk membuat surat undangan pesta pernikahan yang bagus, pada bagian sampul sebaiknya langsung disebutkan nama pengantin yang akan melangsungkan pernikahan.

Kemudian pada bagian bawahnya dicantumkan tanggal acara resepsi sehingga penerima undangan bisa langsung tahu kapan harus menyiapkan waktu agar bisa menghadiri acara pernikahan.

Kemudian bagian paling bawah berikan ruang untuk nama penerima undangan yang sebaiknya dituliskan lengkap dengan gelarnya. Berikut ini contoh desain undangat pernikahan yang bisa Pins tiru:

Baca juga: Contoh Surat Pengantar Nikah, Begini Cara Mengurusnya!

Undangan Pesta Pernikahan Lucu

Undangan Pesta Pernikahan Lucu
Source : Pinterest.com

Ingin undangan pernikahan yang memberikan kesan lucu namun tetap romantis dan memiliki kesan yang berbeda dibandingkan yang lain? Pins bisa menambahkan ilustrasi gambar pada bagian depan undangan seperti yang tampak pada gambar.

Memberikan ilustrasi gambar yang sesuai dengan profil pasangan yang akan menikah akan membuat undangan tampak lebih spesial dan orang yang menerima undangan pun bisa merasakan kegembiraan yang dirasakan oleh calon pengantin.

Undangan Pernikahan Sederhana

Source : Pinterest.com

Makin banyak jumlah lembar undangan pernikahan yang kamu buat biasanya harganya pun makin mahal apalagi jika menggunakan jenis kertas yang halus dan tebal. Untuk menghemat biaya cetak undangan sebaiknya usahakan informasi mengenai pesta pernikahan bisa disampaikan hanya dalam satu lembar saja.

Informasi yang penting untuk dicantumkan tentu saja adalah nama calon pengantin, nama orang tua calon pengantin, waktu dan tempat dilaksanakannya upacara pernikahan dan resepsi.

Baca juga: 7 Simulasi Biaya Resepsi Pernikahan! Kamu Wajib Tahu!

Undangan Resepsi Modern

Undangan Resepsi Pernikahan Modern
Source : Pinterest.com

Bentuk klasik dari undangan pernikahan biasanya kertas yang berisikan informasi pesta pernikahan dimasukkan ke dalam amplop. Selain mahal, undangan seperti ini juga akan menggunakan terlalu banyak kertas yang kurang bagus bagi lingkungan.

Pins bisa memilih undangan berupa kertas yang cukup dilipat kemudian ditutup dengan menggunakan tali akar seperti yang tampak pada gambar. Dengan demikian, undangan pun bisa terlihat lebih simpel tanpa mengurangi kesannya yang elegan.

Undangan Resepsi Elegan

Source : Pinterest.com

Ide lain untuk membuat undangan pernikahan yang memberikan kesan berbeda bisa tampak dari gambar. Undangan tersebut menggunakan bahasa Inggris sebagai narasinya namun masih dengan kata-kata yang mudah dimengerti sehingga siapa saja masih bisa memahami isinya.

Di undangan pun tampak dituliskan akan adanya makanan dan minuman yang disajikan kepada para tamu plus acara dansa yang biasanya menjadi budaya pernikahan ala Barat. Undangan terlihat memiliki desain yang modern, indah, dan terlihat lebih spesial.

Baca juga: 7 Aturan Debat Sehat dalam Pernikahan Agar Tetap Langgeng

Undangan Pernikahan Tanpa Nama Gelar

Undangan Pernikahan Tanpa Nama Gelar
Source : Pinterest.com

Dalam undangan pesta pernikahan yang disebar ke tamu-tamu biasanya mencantumkan gelar akademis pada nama calon pengantin bahkan pada nama orang tua.

Jika gelar akademis bukan hal yang ingin kamu pamerkan dan ingin memiliki kesan yang lebih down to earth, cukup hanya tuliskan nama lengkap saja tanpa embel-embel gelar akademis yang dimiliki.

Dengan demikian pesta pernikahan yang digelar merupakan pesta untuk saling berbagi kebahagiaan bukan malah memamerkan prestige maupun kedudukan sosial.

Undangan Pernikahan Kekinian

Source : Pinterest.com

Untuk undangan acara resepsi yang lebih unik dan menarik, Pins bisa mencontoh seperti desain undangan yang ada pada gambar di atas. Desain undangan dibuat seperti amplop untuk mengirim surat pos, lengkap dengan perangko yang menggunakan gambar ilustrasi calon pengantin.

Amplop surat undangan bahkan juga dibubuhi dengan stempel ala surat pos untuk memberikan kesan yang lebih mirip dengan desain tipikal surat pos.

Undangan Resepsi Unik

Undangan Resepsi Pernikahan Unik
Source : Pinterest.com

Dengan desain yang mirip dengan buku rekening tabungan dari salah satu bank nasional mulai dari sampul depan hingga ke bagian dalamnya. Tentu tidak berisi mengenai informasi rekening yang asli melainkan informasi mengenai acara resepsi pernikahan yang akan diselenggarakan.

Undangan dengan desain yang unik seperti ini pasti akan langsung menarik perhatian orang dan membuat acara pernikahanmu menjadi lebih mudah untuk diingat.

Undangan Pernikahan Desain Terbaik

Undangan Pernikahan Desain Terbaik
Pinterest.com

Dalam sebuah undangan biasanya dicantumkan tempat dilangsungkannya acara resepsi, bisa di gedung bisa juga di alamat rumah pengantin. Tentu tidak semua orang tahu di mana letak dan arah menuju tempat dilangsungkannya resepsi pernikahan.

Maka dari itu sebaiknya cantumkan gambar peta sederhana yang bisa jadi acuan bagi tamu undangan untuk bisa menghadiri acara pernikahanmu. Bisa juga dilengkapi dengan QR code untuk aplikasi Google Map sehingga tamu undangan bisa dengan mudah mencari lokasi resepsi menggunakan smartphone.

Undangan Resepsi Cantik

Undangan Resepsi Pesta Pernikahan Cantik
Pinterest.com

Warna apa yang ingin kamu pilih untuk menjadi tema nuansa undangan? Warna putih adalah pilihan warna yang klasik namun tidak pernah kuno untuk dijadikan warna nuansa untuk mencetak undangan.

Pins bisa memilih warna putih gading dengan cetakan tulisan berwarna emas untuk memberikan kesan yang lebih elegan dan mewah, dan tetap mudah untuk dibaca isinya. Warna undangan juga bisa disesuaikan dengan warna tema pesta pernikahan agar keseluruhan acara bisa salin berharmoni.

Undangan Pernikahan Desain Terbaru

Undangan Pernikahan Desain Terbaru
Pinterest.com

Untuk desain undangan pernikahan yang memberikan kesan dan akan selalu diingat oleh para tamu yang hadir, Pins bisa menambahkan foto preweeding-mu bersama dengan pasangan di halaman depan, sebagai background isi undangan, atau diselipkan di lembaran terpisah sehingga bisa jadi kenang-kenangan bagi para tamu.

Undangan Pesta Pernikahan Murah

Undangan Pesta Pernikahan Murah
Pinterest.com

Undangan pernikahan identik dengan penggunaan font atau karakter tulisan yang bernuansa elegan, menggunakan huruf bersambung untuk memberikan kesan yang lebih mewah.

Pins bisa bereksperimen menggunakan jenis-jenis font yang lain untuk membuat desain undangan yang tampak lebih indah.

Menggunakan karakter font yang unik bisa hanya pada bagian-bagian tertentu misalnya pada nama calon pengantin, atau jika ingin membubuhkan kata mutiara yang manis dan romantis di undangan.

Undangan Resepsi Tradisional

Undangan Resepsi Pernikahan Ala Tradisional
Pinterest.com

Konsep pernikahan seperti apa yang kamu inginkan? Jika ingin konsep yang lebih tradisional menyesuaikan dengan latar belakang budaya dan adat dari keluarga pengantin, maka Pins bisa memilih desain undangan dengan motif ukiran tradisional pada bagian pinggir maupun bagian pojoknya.

Motif-motif ukiran tradisional pada undangan akan tampak lebih elegan jika menggunakan tinta warna emas dan sedikit bertekstur, misalnya dengan tekstur timbul atau embossed.

Undangan Resepsi Minimalis

Undangan Resepsi Pernikahan Minimalis
Pinterest.com

Kadang sesuatu yang minimalis dan tidak terlalu banyak detail justru bisa terlihat artistik dan membuat orang jadi perhatian langsung ke bagian intinya.

Begitu juga halnya dengan undangan, Pins bisa membuat desain undangan yang minimalis dan hanya mengandung informasi yang paling penting seperti misalnya nama pengantin, waktu dan tempat pelaksanaan, serta peta lokasi menuju tempat diadakannya resepsi.

Undangan Untuk Tamu Luar Kota

Undangan Pernikahan Untuk Tamu Luar Kota
Pinterest.com

Sering kali tamu-tamu yang akan diundang untuk ke acara pernikahan adalah orang yang berasal dari luar kota. Jika kamu juga memiliki tamu dari luar kota, mungkin contoh undangan ini bisa kamu tiru.

Pada contoh undangan pernikahan di atas disebutkan bahwa untuk tamu yang berasal dari luar kota sudah disediakan penginapan dengan terlebih dahulu menghubungi pihak WO (Wedding Organizer) untuk reservasi tempat.

Tempat yang disediakan untuk menginap tentu tidak jauh dari tempat diselenggarakannya acara resepsi.

Undangan Pernikahan Desain Paling Unik

Undangan Pernikahan Desain Paling Unik
Pinterest.com

Undangan pada gambar di atas memiliki desain yang unik yang bisa kamu jadikan inspirasi. Menggunakan desain gulungan kertas ala dokumen pengumuman jaman dahulu yang di dalamnya terdapat sedikit cerita mengenai pertemuan antara kedua calon pengantin.

Gulungan undangan kemudian diikat dengan menggunakan tali pita Jepang atau menggunakan tali akar untuk memberikan kesan yang lebih kuno.

Baca juga: 7 Contoh Undangan Pernikahan Unik Ini Akan Membuat Kamu Pengen Cepet Kawin

Undangan Pernikahan Box Putih

Inspirasi Desain Undangan Pernikahan
Pinterest.com

Ada banyak macam cara yang bisa Pins pilih untuk desain undangan yang berkesan saat para tamu membuka undangan yang mereka terima. Salah satunya adalah dengan membuka tali pita yang menutup lembaran undangan seperti ketika membuka kado.

Desain undangan yang cantik ditambah dengan ikatan tali pita yang harus dibuka membuat undangan tampak seperti pesan penting yang ditujukan bagi tamu-tamu terhormat untuk hadir di pestamu.

Desain Undangan Elegan Minimalis

Desain Undangan Pernikahan Elegan
Pinterest.com

Undangan pernikahan identik dengan nuansa yang elegan bahkan cenderung mewah. Bagi setiap pasangan tentunya momen pernikahan adalah momen yang paling dinantikan seumur hidup maka dari itu desain undangan pun bisa dibuat dengan lebih spesial.

Misalnya dibuat dengan model photobook, di mana di dalamnya terdapat foto pasangan yang akan menikah, kemudian lembar lainnya berisi mengenai info lokasi, tempat dan waktu pelaksanaan, dan sebagainya.

Undangan dengan Hiasan Bunga Kertas

Desain Undangan Pesta Resepsi Pernikahan
Pinterest.com

Bunga adalah objek yang paling banyak digunakan sebagai motif untuk membuat undangan pernikahan baik yang harganya paling murah hingga yang paling mahal sekalipun.

Selain memberikan kesan visual yang memang nampak cantik, bunga pun sering dijadikan dekorasi pelaminan dan menjadi lambang dari pernikahan karena mengharapkan pernikahan pasangan pengantin bisa harum dan indah seperti bunga.

Baca juga: Mau Nikah? Kenali Dulu Jenis Kertas Undangan yang Satu ini

Desain Undangan Pernikahan Vintage

Desain Undangan Pernikahan Modern
Pinterest.com

Jika Pins ingin mengatur tempat duduk bagi tamu, siapa duduk satu meja dengan siapa, maka Pins membutuhkan informasi siapa saja yang bisa hadir dalam acara pernikahan nanti.

Untuk itu, Pins bisa menyelipkan kartu RSVP di undangan yang disebarkan sehingga penerima undangan bisa membalas undangan tersebut dengan status kehadirannya setidaknya dikirim satu bulan sebelum hari H.

Undangan Pernikahan Desain Keren

Undangan Pernikahan Desain Keren
Pinterest.com

Bagaimana cara membuat undangan yang murah tapi tetap bagus? Pins bisa membuat undangan pernikahan hanya satu lembar saja sehingga harganya tidak terlalu mahal terutama jika Pins mengundang banyak tamu.

Kemudian buat desain undangan tampak menarik dengan menggunakan warna latar belakang yang gelap, lalu tulisannya menggunakan warna yang kontras, dihiasi dengan ornamen-ornamen warna warni yang membuat undangan jadi tampak lebih meriah.

Gambar Undangan Pernikahan Terbaru

Gambar Undangan Pernikahan Terbaru
Pinterest.com

Selain memberikan informasi yang dasar pada sebuah undangan pernikahan, Pins bisa memberikan informasi tambahan yang bisa jadi perhatian bagi para tamu undangan yang akan hadir. Misalnya menghimbau para tamu agar tidak perlu memberikan sumbangan dalam bentuk apapun saat mengisi buku tamu.

Dengan demikian tamu yang hadir benar-benar bisa menikmati acara resepsi tanpa harus merasa terbebani atau hitung-hitungan dengan uang sumbangan. Khusus untuk pernikahan pejabat biasanya tidak disertai dengan penerimaan sumbangan.

Baca juga: Cara Membuat Label Undangan Dengan Mudah

Undangan Pernikahan Hitam Putih

Contoh Undangan Pernikahan Terbaru
Pinterest.com

Mengundang tamu untuk datang ke acara pernikahan tentunya dengan harapan mendapatkan lebih banyak doa dan ucapan selamat agar bisa menjadi berkah.

Di undangan pun kamu bisa mencantumkan doa-doa yang indah agar bisa diamini oleh penerima undangan, seperti contoh doa yang terdapat pada gambar undangan di atas.

Undangan Pesta Resepsi Pernikahan

Undangan Pesta Resepsi Pernikahan
Pinterest.com

Fungsi undangan pernikahan selain digunakan sebagai pemberitahuan kepada para kerabat dan keluarga bahwa akan ada pernikahan, juga bisa difungsikan menjadi yang lainnya.

Misalnya sebagai tiket masuk tempat resepsi terutama untuk pernikahan pejabat dengan pengamanan yang tinggi, sebagai kupon untuk mengambil souvenir atau untuk mendapatkan foto gratis di photoboth yang disediakan.

Baca juga: Cara Membuat Denah Lokasi Undangan Pernikahan

Contoh Undangan Pesta Resepsi Pernikahan

Pinterest.com

Ada cara lain bagi Pins yang ingin hemat biaya cetak undangan . Pins bisa membuat undangan menggunakan template gratis yang bisa diunduh di internet kemudian isi sesuai dengan informasi acara resepsi.

Lalu cetak di tempat percetakan digital sesuai dengan jumlah undangan yang diinginkan. Cara ini lebih murah karena Pins tidak harus bayar jasa desain di tempat percetakan undangan.

Undangan Pernikahan yang Menarik

Pinterest.com

Kebanyakan undangan akan dibuang setelah tanggalnya sudah lewat dari acara, sayang bukan? Pins bisa membuat orang menyimpan undangan lebih lama dengan menjadikannya benda yang fungsional. Seperti misalnya undangan berikut ini yang bisa difungsikan sebagai tas atau tempat penyimpanan barang sederhana.

Baca juga: 81 Desain Undangan Pernikahan Gratis

Contoh Undangan Resepsi Unik

Pinterest.com

Ingin sedikit bermain dengan tamu undangan? Kamu bisa meniru desain undangan di atas yang memiliki bentuk permainan puzzle. Penerima undangan harus menyatukan pecahan puzzle agar bisa menjadi undangan yang utuh. Tapi tentu tingkat kesulitannya tidak terlalu sulit!

Undangan Pernikahan Desain Elegan

Undangan Pernikahan Desain Elegan
Pinterest.com

Ketika memilih desain untuk undangan jangan lupa dengan desain amplop atau pembungkusnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan tetap cantik pada saat penerima undangan membukanya.

Baca juga: Kumpulan Contoh Surat Undangan Terbaru

Desain Undangan Pernikahan Anti Mainstream

Pinterest.com

Desain yang unik dan ekonomis berikut ini bisa membuatmu irit biaya karena undangan bisa sekaligus menjadi suvenir tamu. Dengan demikian ketika di resepsi pernikahan nantinya tamu tidak perlu lagi mendapatkan souvenir, cocok untuk konsep pernikahan yang lebih sederhana tanpa mengurangi nuansa kebahagiaan.

Undangan Pesta Pernikahan Simpel

Source : Pinterest.com

Apapun desain undangan pernikahan yang kamu pilih, yang paling penting adalah disesuaikan dengan dana yang kamu miliki. Jangan sampai overbudget ya, Pins!

Tidak perlu terlalu mewah jika memang budget yang kamu miliki tidak besar karena yang penting adalah niat baik untuk mengundang keluarga dan juga kerabat untuk saling berbagi hari bahagia dan masa depan yang baru bagi kamu dan pasangan. Sekian ulasan Pinhome kali ini, semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download