7 Aturan Debat Sehat dalam Pernikahan Agar Tetap Langgeng

Dipublikasikan oleh Julia Anggraini ∙ 21 February 2022 ∙ 4 menit membaca

Sebuah perdebatan didalam rumah tangga merupakan sesuatu yang lumrah. Meski saling mencintai, akan tetapi perbedaan pendapat yang dapat memicu perdebatan selalu ada didalam hubungan suami dan istri. Namun, tak semua debat memiliki artian yang buruk. Ada 7 aturan debat sehat dalam pernikahan yang bisa kamu lakukan untuk menjaga rumah tangga tetap langgeng.

Tak perlu menyikapinya berlebihan, adanya perdebatan justru akan menunjukkan jika masing-masing pihak sedang berusaha untuk saling menyesuaikan diri, saling memahami satu sama lain dan ini tentu menjadi sesuatu yang baik. Tanpa sebuah perdebatan, seseorang tak akan pernah dapat memahami jati diri pasangan sebenarnya.

Akan tetapi perdebatan yang terjadi hingga berlarut-larut juga bukan hal yang baik. Apabila ini terjadi, maka sudah waktunya masing-masing pihak menahan diri sebentar dan mengkoreksi diri untuk bersama-sama mencari bagaimana solusi yang tepat.

Diskusi merupakan salah satu cara paling baik untuk bisa mengatasi perdebatan yang tidak kunjung menemukan titik temu. Melalui forum diskusi diharapkan semua bentuk kesalahpahaman dapat dihindari dan sebuah keputusan yang diambil pun merupakan sebuah keputusan bersama tanpa ada seorangpun yang merasa dirinya dirugikan.

Baca juga: 81 Desain Undangan Pernikahan Gratis

7 Aturan Debat Sehat Dalam Pernikahan

Berikut ini adalah 7 aturan debat sehat dalam pernikahan, sebagaimana dituturkan oleh Psikolog, dr. Adriana S. Ginanjar M.S:

1. Terima setiap perbedaan dengan lapang dada

debat sehat dalam pernikahan
keluarga sakinah

Sebuah perdebatan yang dijalankan secara sehat akan dapat membuka pandangan, bahwa tak ada satupun individu yang sama. Semakin memahami dengan bagus pribadi pasanganmu, maka kamu tak akan menjadikan perbedaan tersebut sebagai sesuatu yang bisa menghancurkan rumah tangga.

Sadari juga bahwa terkadang dalam suatu perdebatan tak harus menemukan titik terang, justru sesudah melewati masa perdebatan rasa kasih sayangmu kepada pasangan akan semakin bertambah kuat.

2. Tahu kapan harus mengakhiri perdebatan

Jika perdebatan yang sedang terjadi tak kunjung menemukan titik terang, maka masing-masing individu wajib bersedia menghentikan perdebatan tersebut sejenak dan bersedia dengan segala kerendahan hati untuk segera menyudahi “diskusi” agar dapat menenangkan diri.

3. Dengarkan pasangan

Dalam forum diskusi, tahan diri untuk tidak menjadi sosok yang sering mendominasi pembicaraan. Untuk bisa memahami situasi dan kondisi yang sedang terjadi, kamu tak diperkenankan mementingkan diri sendiri. Tapi juga bersedialah mendengarkan apa-apa yang menjadi keluh kesah pasanganmu selama ini.

Sangat tidak mungkin penyebab perdebatan dapat diselesaikan apabila masing-masing individu bersikeras tak mau mengalah dan memahami apa yang diinginkan oleh pasanganmu.

4. Pahami isu utama yang akan dibahas

debat sehat dalam pernikahan

Setiap perdebatan sudah pasti ada sumber penyebabnya, apakah itu sekedar perbedaan pendapat atau ada rasa-rasa tidak puas dari salah satu pihak. Pahami terlebih dahulu isu utama yang hendak dibahas, kamu dan pasanganmu akan bisa lebih fokus untuk menyelesaikan masalah itu tanpa harus mencampur aduknya dengan masalah-masalah lainnya.

Baca juga: Susunan Panitia Pernikahan

5. Jangan membesar-besarkan masalah

Dalam suatu situasi dan kondisi yang kesal ataupun marah, seseorang biasanya sering membesar-besarkan masalah sampai tidak bisa melihat dimana sumber penyebab persoalan yang sebenarnya.

Jika seseorang telah dibutakan oleh sikap seperti itu, ia akan selalu beranggapan bahwa persoalan yang sebenarnya sederhana menjadi sesuatu yang besar dan sangat sulit untuk diselesaikan. Sikap seperti itu tentu sangat membahayakan karena bisa membuat rumah tangga berada di ujung tanduk perceraian.

6. Bersedia meminta maaf dan mengakui kesalahan

debat sehat dalam pernikahan

Jangan pernah menjadi sosok individu yang ‘keras hati’. Jika telah sadar melakukan sebuah kesalahan, alangkah baiknya Anda berani mengakui kesalahan anda dan sesegera mungkin meminta maaf. Bersedia untuk mengakui kesalahan bisa meredam ketegangan dan mengembalikan kemesraan yang sempat hilang bersama pasangan.

7. Jangan pernah menyimpan dendam

Pada saat salah satu individu lepas kendali dan tak dapat mengendalikan emosinya, jadilah sosok individu yang dapat meredam amarah. Jangan gampang terprovokasi oleh situasi dan kondisi yang sedang kurang kondusif, apalagi melakukan pembalasan dengan cara yang sama seperti yang apa dilakukan pasangan kepadamu.

Perasaan dendam tak pernah menyelesaikan suatu masalah, ibaratkan sebuah rantai setan yang akan terus bergulir menuntut balas dan tak pernah menemukan rasa puas. Alangkah baiknya untuk menghindari perdebatan.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia