7 Simulasi Biaya Resepsi Pernikahan! Kamu Wajib Tahu!

Dipublikasikan oleh Mahardhika Gilang ∙ 5 April 2022 ∙ 4 menit membaca

Membicarakan pernikahan, bukan saja kesiapan fisik serta mental namun juga perlu pertimbangan finansial. Mulai akad hingga biaya resepsi pernikahan, semua memerlukan perencanaan matang. Upaya untuk mewujudkan pernikahan yang sesuai harapan dapat dibicarakan sejak dini sehingga bisa menemukan tujuan bersama. Hal ini diperlukan agar biaya tidak melenceng dari budget yang disiapkan, apalagi sampai berhutang.

Perkara biaya untuk melangsungkan pernikahan, setiap pasangan tentu berbeda. Ada yang ingin resepsi megah karena hanya sekali seumur hidup, ada pula yang menginginkan resepsi sederhana. Semua pilihan harus diimbangi dengan usaha nyata dan tentunya tidak merugikan di masa mendatang. Mari simak rincian biaya untuk resepsi pernikahan berikut ini:

1. Wedding Organizer

Dimulai dari perencanaan resepsi, saat ini mayoritas pengantin menggunakan bantuan jasa dari wedding organizer (sering disebut WO). Keberadaan jasa ini sangat penting terutama bagi pengantin yang memiliki kesibukan sehingga waktunya terbatas. WO akan mengurus berbagai hal terkait resepsi seperti konsep, dekorasi, gedung, catering, dan sebagainya.

Keunggulan memakai WO yaitu meminimalisir stres karena banyaknya hal yang harus diurus. WO juga akan mendiskusikan perencanaannya dengan klien sehingga bisa mencapai target yang diinginkan. Estimasi biaya untuk WO umumnya mulai 8 juta, tergantung layanan yang dipilih. Sekarang banyak WO menawarkan paket bundling dengan harga bersahabat, namun pastikan memeriksanya secara lengkap untuk menghindari penipuan.

2. Gedung

Gedung wajib masuk dalam daftar biaya resepsi pernikahan yang paling krusial, karena ini merupakan tempat resepsi dilangsungkan. Enam bulan hingga satu tahun sebelum hari H adalah waktu ideal untuk booking gedung atau venue.

Perkiraan biayanya termasuk tinggi, untuk gedung biasanya mematok harga mulai 30 juta, sedangkan hotel berada di angka mulai 50 juta. Jika ingin yang lebih sederhana, masjid juga seringkali dijadikan tempat untuk resepsi dengan biaya mulai 5 hingga 10 juta.

3. Catering dan Dekorasi

Setelah menemukan gedung yang sesuai, calon pengantin sudah dapat membayangkan katering serta dekorasi seperti apa yang akan digunakan. Persiapan ini tentu menyesuaikan dengan konsep yang diinginkan serta jumlah tamu undangan. Sebagai gambaran biayanya, paket termurah untuk katering umumnya 50 ribu. Anggap ada 500 undangan, berarti 25 juta. Sedangkan bujet untuk mendekorasi gedung dimulai dari 10 juta.

4. Undangan dan Souvenir

Persiapan gedung, katering, serta dekorasi sudah ada. Biaya resepsi pernikahan selanjutnya bisa berfokus pada undangan serta souvenir. Saat ini semakin banyak vendor yang menawarkan undangan dalam bentuk digital, apalagi dengan adanya pandemi. Meski begitu, undangan cetak juga masih cukup digemari.

Umumnya biaya mencetak undangan standar adalah 5.000, jika dikalikan 500 undangan berarti 2.5 juta. Versi digital umumnya lebih hemat karena tidak memerlukan biaya cetak. Sedangkan biaya souvenir tergantung jenis yang dipilih. Contohnya memilih dompet serbaguna dengan harga 10.000, atau yang sedang beken seperti botol minum tumbler dengan kisaran harga 25.000.

5. Tata Rias dan Busana Pengantin

Biaya resepsi selanjutnya adalah tata rias serta busana yang dikenakan pengantin adalah hal penting dan tidak dapat diremehkan, sehingga perlu persiapan dari jauh hari. Mulai cari informasi terkait persewaan baju pengantin dari berbagai sumber terpercaya. Selain menyesuaikan selera, budget juga harus menjadi pertimbangan utama.

Estimasi biaya untuk paket rias serta menyewa baju pengantin biasanya dimulai dari harga 8 juta. Namun jika ingin membuat sendiri baju pengantinnya, tentu biaya yang diperlukan lebih besar. Begitu juga jika menggunakan jasa dari make up artist (MUA) yang profesional.

6. Dokumentasi

Dokumentasi merupakan daftar biaya resepsi pernikahan yang tidak boleh dilewatkan. Pemilihan jasa dokumentasi perlu dilakukan dengan cermat karena berkaitan dengan menyimpan berbagai momen berharga sepanjang pernikahan.

Dari jauh hari, melakukan riset untuk membandingkan harga serta hasil dari berbagai fotografer maupun videografer. Paket standar dokumentasi umumnya dimulai dari harga 8 juta, namun bisa bertambah bila request konsep tertentu atau memakai jasa yang jam terbangnya lebih tinggi.

7. Biaya Tambahan

Biaya tambahan juga perlu dipertimbangkan, karena akan selalu ada hal-hal di luar resepsi utama yang perlu disiapkan. Beberapa di antaranya seperti biaya seragam dari keluarga pengantin, kue pengantin, mobil pengantin, hingga hiburan (entertainment) selama acara.

Diskusikan bagian mana yang menjadi prioritas, contohnya memakai jasa hiburan profesional atau mengajak teman, apakah perlu mobil pengantin atau memakai kendaraan pribadi yang dihias. Sebagai permisalan, biaya seragam keluarga biasanya dimulai dari 200.000 per baju. Untuk kue pengantin umumnya berkisar mulai angka 3 juta, kemudian menyewa mobil dimulai dari 1 juta.

Itulah simulasi untuk membantu penyusunan biaya resepsi pernikahan. Daftar serta angka yang disebutkan tadi merupakan estimasi berdasarkan data di lapangan sebagai gambaran. Meski begitu, calon mempelai dapat menyesuaikan sendiri dengan apa yang dibutuhkan serta sudah disepakati bersama.

Pada intinya, hal yang penting adalah mendiskusikan bagian mana yang menjadi prioritas sehingga bisa membuat penyesuaian budget agar tidak membengkak. Tentunya tidak hanya menyenangkan keluarga pengantin, tamu sebagai pihak yang turut berdoa dan berbahagia perlu dijamu dengan baik.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kantor
Kantor Daftar Harga Lift Kantor Terbaru Beserta Kapasitasnya

Untuk memudahkan mobilitas biasanya gedung perkantoran dilengkapi dengan lift. Harga lift kantor ya

Kantor
Kantor Model & Jenis Pintu Kaca Kantor Serta Plus Minusnya

Pintu kaca kantor membuat interior ruangan nampak lebih bersih. Pilihan model beragam dan jenisnyap

Kamar Tidur
Kamar Tidur Posisi dan Standar Ukuran Meja TV Kamar Tidur Ideal

Di kamar tidur biasanya diletakan TV agar lebih leluasa menikmati acar TV di atas kasur. Hadirnya m

Fasad
Fasad 8 Inspirasi Rumah Atap Cor Sederhana Untuk Konsep Minimalis

Keunggulan rumah atap cor sederhana adalah memiliki atap datar dan mudah untuk perombakan bangunan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Keramik Dinding Kamar Mandi Biru yang Menenangkan

Keramik dinding kamar mandi biru sering dianggap pilihan terbaik karena mendukung rasa tenang dan a

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia