BlogLifestyleEdukasi8 Contoh Surat Cuti Menikah, Karyawan Wajib Tahu!
0
0

8 Contoh Surat Cuti Menikah, Karyawan Wajib Tahu!

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Apr 13, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
Pernikahantop-right-banner

Merencanakan pernikahan tentu diperlukan perhitungan yang matang, terutama menikah di hari kerja. Untuk itu pentingnya seorang karyawan mengajukan surat cuti menikah. 

Tujuan seorang karyawan mengajukan surat cuti menikah tidak hanya memberitahu ketidakhadiran di kantor. Namun untuk membantu atasan dalam melakukan penyesuaian yang dibutuhkan selama Pins tidak dapat menjalankan tugas di hari-hari tersebut. 

Hendaknya pengajuan cuti Pins lancar, berikut ulasan mengenai format dan cara membuat surat cuti menikah serta contoh surat cuti menikah yang bisa dijadikan referensi bagi Pins.

Baca juga: 4 Pengertian Pernikahan Dini Menurut Para Ahli, Faktor, dan Dampaknya

Apa Itu Surat Cuti Menikah?

Source : pexels.com

Surat cuti menikah adalah surat resmi yang berisi keterangan bahwa seorang pegawai ingin melaksanakan pernikahan terutama di hari kerja. Surat ini bukan hanya sebagai tanda tidak hadir di kantor, tetapi juga sebagai informasi kepada perusahaan atau instansi.

Pada dasarnya, cuti menikah bukan menjadi hak yang wajib diterima karyawan dalam UU Ketenagakerjaan No 13 Tahun 2003. Namun, pada bagian yang menjelaskan pengupahan dalam pasal 93 ayat 4 UU Ketenagakerjaan No 13 Tahun 2003, disebutkan bahwa perusahaan dapat memberikan izin libur selama 3 hari kepada pekerja yang akan melangsungkan pernikahan. 

Cuti menikah bisa jadi melebihi waktu yang dijelaskan dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan jika perusahaan memiliki aturan yang berbeda.

Maka dari itu, Pentingnya mengajukan surat cuti menikah dan mengetahui format surat tersebut. Berikut ulasannya.

Struktur Format dan Cara Membuat Surat Cuti Menikah

Source : pexels.com

Sebelum menuju pada contoh surat cuti menikah. Pins perlu memahami juga struktur format dari surat cuti menikah yang memenuhi standar perusahaan atau instansi. Berikut beberapa struktur format komponen yang harus ada di dalamnya:

  • Tanggal penulisan surat
  • Perihal surat, yang isinya merupakan permohonan cuti menikah
  • Penerima Surat, Dapat ditujukan kepada atasan maupun divisi HR
  • Data personal, dimulai dari nama, jabatan, dan juga divisi orang yang mengajukan cuti
  • Isi surat, berisikan informasi seputar acara pernikahan, seperti tanggal nikah dan berapa lama pengajuan cutinya
  • Rekan kerja yang mengambil alih selama orang yang bersangkutan cuti
  • Penutup, berisikan ucapan terima kasih

Baca juga: 8 Contoh Surat Cuti Melahirkan, Lengkap untuk Semua Karyawan

Contoh Surat Cuti Menikah

Source : pexels.com

Melansir dari berbagai sumber, Berikut Contoh Surat Cuti Menikah yang bisa Pins ikuti.

Contoh Surat Cuti Menikah Dalam Bahasa Indonesia I

Jakarta, 11 Oktober 2022

Perihal: Permohonan Cuti Menikah

Kepada Yth, 

Supervisor HRD PT Puting Beliung

Di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Amalia

NIK : 1235********

Jabatan : Marketing Leader

Divisi : Marketing 

Bersamaan dengan surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan cuti menikah selama tiga (3) hari, terhitung mulai tanggal 21 Oktober 2022 sampai dengan 24 Oktober 2022. Demikian surat permohonan cuti ini saya buat. Terima kasih atas waktu dan perhatiannya.

Salam,

Amalia

Contoh Surat Cuti Menikah Dalam Bahasa Indonesia II

Jakarta, 1 Januari 2022

Kepada Yth,

Cecillia Yaohan 

Head of Digital Marketing at Pinhome

Di tempat,

Dengan Hormat,

Melalui surat ini bermaksud mengajukan permohonan cuti menikah selama 3 hari terhitung pada tanggal 10 Januari 2022 hingga 12 Januari 2022. Pernikahan saya sendiri akan berlangsung pada tanggal 11 Januari 2022 mendatang.

Demikian surat permohonan cuti ini saya sampaikan. Atas izin serta perhatian yang Ibu berikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya 

Agung Septyanto

Contoh Surat Cuti Menikah Instansi PNS I

Jakarta, 11 Oktober 2022

Kepada Yth,

Bapak Ibnu Sina

Kepala Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung

Di tempat

Dengan Hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan permohonan cuti menikah, terhitung dari tanggal 20 Oktober 2022 hingga 23 Oktober 2022. Acara pernikahan saya sendiri akan berlangsung pada tanggal 21 Oktober 2022. 

Demikian permohonan izin ini saya buat dan sampaikan, atas izin serta perhatian yang diberikan oleh Bapak Kepala, saya ucapkan terima kasih. 

Salam saya,

Anwar

Contoh Surat Cuti Menikah Untuk PNS II

Padang, 2 September 2022

Kepada

Kepala Bagian Personalia

Dinas Kesehatan

Jalan Sisingamaraja No 12

Kota Padang

Dengan hormat,

Melalui Surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan izin tidak masuk kerja dalam rangka melangsungkan acara pernikahan. Saya memohon izin untuk cuti pada tanggal 13, 14, 15, 18, 19 September 2022. Acara Pernikahan sendiri akan berlangsung pada hari Sabtu, 16 September 2022 dan Minggu, 17 September 2022.

Demikian permohonan izin cuti menikah ini saya sampaikan. Atas izin, restu, serta perhatian yang Bapak berikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Nikita Zubir

Baca juga: Contoh Surat Keterangan Sakit yang Benar

Contoh Surat Cuti Menikah Untuk Guru I

Palembang, 1 Agustus 2022

Kepada Yth,

Kepala SMP Negeri 24 Palembang

Jalan Nagaswidak No 23-25

Di tempat,

Dengan hormat,

Saya bermaksud mengajukan izin cuti untuk tidak mengajar selama 1 (satu) minggu penuhi terhitung mulai tanggal 14 Agustus 2022 hingga 21 Agustus 2022. Pengajuan izin tersebut terkait acara pernikahan saya yang akan diselenggarakan pada tanggal 16 Agustus 2022.

Demikian surat permohonan cuti tersebut saya ajukan. Atas izin serta perhatian yang Ibu berikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Dian Palupi

Contoh Surat Cuti Menikah Untuk Guru II

Prabumulih. 2 Juli 2022

Perihal: Permohonan Cuti Menikah

Kepada Yth, 

Ibu Ari Darmastuti, S.IP. M.A

Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Prabumulih

Di tempat

Dengan Hormat, 

Melalui surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan cuti untuk keperluan pernikahan pada tanggal 14, 15, 16. 17, 19, 20 Juli 2022 yang akan datang. Permohonan cuti ini terkait dengan acara pernikahan saya yang akan diadakan pada tanggal 17 Juli 2022.

Demikian surat izin untuk cuti menikah ini saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas izin serta perhatian yang Ibu Ari berikan, saya ucapkan terima kasih. 

Hormat Saya, 

Irwan Saputra

Baca juga: Contoh Surat Kuasa yang Baik dan Cara Membuatnya

Contoh Surat Cuti Menikah Dalam Bahasa Inggris I

Semarang, 4th June 2022

Abdul Khalifah

Marketing Manager

PT. IndoGrammar

Re: Request for leave of absence on the occasion of my marriage

Dear Mr. Abdul,

I’m glad to inform you that I’m getting married on 18th June 2022, at Kulon Progo Park, Semarang. I’m writing to you to request some time off as I enter this new phase of my life.

With due respect, it is to state that I would like to request a one-week leave from 14th June 2022, to 20th June 2022. I will be back at the job on 22nd June 2022.

I have asked the team members if they would be comfortable in my absence working on the ATK project, and they have agreed. I will make sure that I meet all the essential tasks before the leaving date and give a proper handover to Mr. Iko to take care of any urgency in my absence. I would also like to extend an invitation to all my colleagues. 

I hope you would approve my request and grant me leaves for the said dates. Thank you so much for the patience and consideration of my request.

Warm Regard,

Jenica Silvia

Assistant Marketing Manager

Contoh Surat Cuti Menikah Dalam Bahasa Inggris II

Palembang, 2nd October 2022

Subject: Leave application for my wedding

Dear Mr. Fawzan,

My name is Abdul Aziz working in the marketing department, and it is joyful to update you that I am getting married on 15th October 2022. This is an imperative instance of my life, and I wish to apply for a week’s leave starting on 11th October 2022. The ceremony is taking place on 15th October 2022 at Kambang Iwak Park, Palembang at 10 am as mentioned on the wedding invitation enclosed herewith. I also surpassed an invitation to all co-members.

I wish to take this time off to formulate the necessary arrangement for the wedding and the honeymoon. I will resume my duties on 18th October 2022. Before leaving I will email you the re-organized reports of the projects in process. I have discussed my situation with Mr. Iko, and he agreed to cover my work in my absence.

I hope that you will believe my application and it would be great to see you there as well/


Thank you in advance

Regards,

Abdul Aziz

Itulah beberapa ulasan mengenai cuti menikah sekaligus contoh surat cuti menikah untuk karyawan yang dapat Pins gunakan sebagai referensi.

Ikuti semua ketentuan pengajuan cuti yang ada di perusahaan sehingga Pins dapat menjalankan hari bahagia dengan tenang dan lancar. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download