Tugas Kepala Tukang Bangunan yang Perlu Kamu Ketahui! - Pinhome

Pinhome


Deprecated: Elementor\Scheme_Color is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Color instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

Deprecated: Elementor\Scheme_Typography is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Typography instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

Tugas Kepala Tukang Bangunan yang Perlu Kamu Ketahui!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 6 November 2021 ∙ 3 menit membaca

Dalam pelaksanaan proyek konstruksi baik itu rumah maupun gedung dibutuhkan banyak tukang dengan spesialisasi masing-masing sehingga dapat bekerjasama, serta bahu membahu dalam mewujudkan bangunan yang indah, kuat, dan murah.

Banyaknya jumlah tukang bangunan yang diperlukan, membuat pelaksana atau pemilik proyek kesulitan dalam mengatur dan mengarahkan. Oleh karena itu perlu ditunjuk kepala tukang bangunan untuk mempermudah dalam mengelola tukang.

Nah, di sini kita bahas beberapa tugas kepala tukang bangunan, sehingga kegiatan proyek dapat berjalan dengan baik.

Baca juga: Kelebihan Menggunakan Jasa Desain Rumah Tukang Bangunan dan Arsitek

Tugas Kepala Tukang Bangunan

tugas kepala tukang bangunan
(Shutterstock)

Macam-macam Kepala Tukang Bangunan

  • Kepala tukang batu.
  • Kepala tukang besi.
  • Kepala tukang kayu.
  • Kepala tukang cor.
  • Kepala tukang bekisting.
  • Kepala tukang mekanikal dan elektrikal ( ME ).

Baca juga: 5 Perbedaan Upah Tukang Bangunan Harian

Tugas Kepala Tukang Bangunan

tugas kepala tukang bangunan

  1. Memimpin para tukang bangunan agar bisa memahami dan bekerja sesuai dengan arahan pelaksana atau pemilik bangunan.
  2. Sebagai tempat penitipan gaji tukang secara keseluruhan untuk kemudian membagikanya kembali kepada para tukang sesuai dengan pendapatan masing-masing.
  3. Merupakan tukang senior yang telah ahli dibidangnya jadi bisa menjadi tempat bertanya dan belajar bagi tukang dengan kemampuan dibawahnya. Apabila kepala tukang tidak bisa menjawab maka dapat disampaikan kepada pelaksana untuk diberikan penjelasan.
  4. Memberikan contoh bagaimana cara mengerjakan suatu pekerjaan yang baik dan cepat.
  5. Melaporkan kepada pelaksana mengenai kesulitan atau kendala dalam pelaksanaan untuk diberikan jalan keluar.
  6. Memegang keuangan harian untuk operasional tukang seperti uang makan, pembelian minuman, dan lainya sesuai dengan kebijakan manajemen kontraktor.
  7. Memberitahukan daftar alat yang dibutuhkan oleh tukang dalam melaksanakan pekerjaan.

Baca juga: Tukang bangunan mempengaruhi biaya bangun rumah

Pada proyek skala kecil, seringkali keberadaan kepala tukang bangunan ditiadakan karena jumlah tukang yang sedikit justru akan lebih baik jika dikelola secara langsung oleh pelaksana atau pemilik bangunan.

Kepala tukang yang rajin belajar dan disiplin dalam bekerja maka mempunyai nilai lebih yang sangat berguna untuk diri sendiri, maupun tim yang dipimpinya.

Karena bisa jadi suatu saat berdiri sendiri menjadi mandor atau pemborong dengan memulai karir dari borongan upah tenaga selanjutnya ditambah borong material. 

Demikianlah ulasan seputar macam-macam dan tugas kepala tukang bangunan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel