BlogPemilik PropertiFinansialTips Bisnis Jual Beli Mobil Bekas Untuk Pemula Terampuh!
0
0

Tips Bisnis Jual Beli Mobil Bekas Untuk Pemula Terampuh!

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
tips bisnis jual beli mobil bekastop-right-banner

Jual beli mobil bekas kini memang telah banyak dilakukan. Bahkan, aktivitas ini bisa jadi bisnis yang menguntungkan. Bagi Pins yang sangat suka dengan dunia otomotif, tentu paham berbagai detail tentang kendaraan roda empat ini. Jika Pins tertarik dengan bisnis mobil bekas, Pinhome ingin membagikan beberapa tips jual beli mobil bekas untuk pemula terampuh.

Pinhome – Tidak ada salahnya kan berawal dari hobi justru menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan? Pasalnya dari penjualan satu unit mobil saja, Pins bisa mengantongi keuntungan hingga puluhan juta rupiah. Tidak heran banyak sekali orang yang saat ini mencoba peruntungan di dunia jual beli mobil bekas. 

Baca Juga:

Tips Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

jual beli mobil
Source : Carro

Tidak hanya bisnis motor bekas, bisnis mobil bekas memang cukup banyak saat ini. Namun dalam melakukannya, Pins tidak bisa langsung serta merta memulainya. Banyak hal yang harus direncanakan dan dipertimbangkan dengan sangat matang. Salah satunya menemukan tips bisnis jual beli mobil bekas yang tepat.

Baca Juga:

Pilih Mobil yang Diminati di Pasaran

tips bisnis jual beli mobil bekas
Source : Jpost.com

Bagi Pins yang ingin memulai bisnis jual beli mobil bekas, tips pertama yang perlu Pins terapkan adalah selektif dalam memilih mobil yang akan dijual. Sebaiknya, Anda memilih mobil yang banyak diminati di pasaran. Karena dengan menjual mobil-mobil yang kurang diminati di pasaran hanya akan membuat bisnis Anda tidak berjalan lancar. 

Jika Pins kebingungan bagaimana caranya mencari tahu mobil apa saja yang sangat diminati oleh pasar, cara pertama yang dapat Pins lakukan adalah melakukan riset dengan melihat mobil-mobil yang ada di lingkungan sekitar. Selain itu, Pins juga dapat melakukan riset dengan berselancar di internet untuk mencari tahu mobil apa saja yang sangat diminati oleh pasar. 

Penting juga untuk memilih mobil dengan tahun pembuatan yang tidak terlalu lama. Karena mobil dengan tahun pembuatan yang terlalu lama memiliki risiko kerusakan dan biaya perawatan yang besar.

Hal yang tidak boleh dilupakan ialah memilih mobil dengan sparepart yang mudah dicari. Terdapat beberapa jenis mobil yang sparepart nya sulit untuk dicari. Hal inilah yang menjadi pertimbangan calon pembeli. Jadi Pins perlu pintar-pintar dalam memilih mobil bekas yang akan dijual.

Baca Juga:

Beli Mobil dari Pemiliknya

Source : EasiFleet

Jika Pins ingin melakukan bisnis jual beli mobil bekas ada baiknya Pins membeli mobil dari pemiliknya langsung. Hindarilah membeli mobil dari makelar karena kebanyakan makelar akan menawarkan harga mobil yang lebih tinggi dibandingkan harga sebenarnya. 

Selain itu, dengan membeli mobil langsung dari pemiliknya, Pins jadi dapat melihat unit secara langsung. Jadi, Pins tahu apa saja kelebihan dan kelemahan mobil sebelum membelinya. Negosiasi harga juga dapat dilakukan dengan lebih mudah karena Anda berhadapan langsung dengan pemilik mobil.

Baca Juga:

Periksa Kelengkapan Surat

tips bisnis jual beli mobil bekas
Source : Tribunnews

Memeriksa kelengkapan surat adalah hal yang sangat penting sebelum Pins membeli sebuah unit mobil untuk dijual kembali. Kelengkapan surat tentu akan menjadi pertimbangan utama calon pembeli untuk membeli mobil yang dijual. 

Karena kelengkapan surat akan menentukan apakah mobil tersebut masih dapat digunakan dan legal secara hukum. Jadi sebelum membelinya pastikan Pins telah memeriksa kelengkapan surat-surat unit mulai dari Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) hingga Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Baca Juga:

Perbaiki Mobil

Source : Freedom Warranty

Terkadang unit mobil bekas yang dibeli tidaklah selalu mulus dan memiliki mesin yang masih baik. Oleh karena itu, penting bagi Pins untuk memperbaiki bagian-bagian yang rusak dan mempercantik mobil agar dapat menarik minat calon pembeli. Usahakan mobil dalam keadaan baik dan layak untuk digunakan. 

Saat membeli, pastikan Pins memeriksa kondisi mobil, sehingga Pins sudah tahu apa saja yang harus diperbaiki ketika mobil sudah di tangan. Jika mobil sudah diperbaiki dan dipercantik, tentu ini akan menaikkan harga jual dari mobil.

Baca Juga:

Pilih Lokasi Showroom yang Strategis

tips bisnis jual beli mobil bekas
Source : Caixing Global

Lokasi memang selalu menjadi pertimbangan penting dalam berbagai bidang bisnis. Jika Pins ingin membuka showroom untuk bisnis jual beli mobil bekas, usahakan memilih lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis akan membuat showroom mudah terlihat dan ditemukan oleh calon pembeli. 

Bahkan, jika memungkinkan, usahakan showroom terletak di pinggir jalan sehingga membuat showroom semakin mudah untuk ditemukan. Lokasi yang strategis juga akan membuat showroom menarik perhatian pengguna jalan. Lakukanlah riset ke beberapa daerah sebelum Pins memilih lokasi untuk membuka showroom. Hal ini untuk mempelajari daerah yang akan menjadi lokasi showroom.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Rizko Fatra

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download