BlogLifestyleHobi5 Tips Melakukan Olahraga di Rumah untuk Pemula
0
0

5 Tips Melakukan Olahraga di Rumah untuk Pemula

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Jul 4, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
olahraga di dalam rumahtop-right-banner

Berolahraga adalah salah satu hal penting yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan. Namun, ada kalanya Pins kesulitan mencari waktu luang karena padatnya aktivitas bekerja. Tidak perlu cemas karena kini kamu bisa berolahraga di dalam rumah, misalnya ketika tinggal di Avoria Estate. Walau begitu, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika melakukan olahraga di rumah untk pemula.

Selain itu, kamu bisa melihat apa saja jenis olahraga ideal yang jadi rekomendasi di rumah yang nyaman. Terlebih lagi, kamu tidak perlu alat khusus untuk melakukan beberapa jenis olahraga ini. Simak informasi lengkapnya di sini!

Tips Melakukan Olahraga di Rumah

Padatnya aktivitas bekerja untuk melunasi cicilan KPR bank dan memenuhi kebutuhan hidup memang menyita waktu banyak. Walau begitu, hal tersebut bukan menjadi alasan Pins untuk tidak berolahraga.

Berkat teknologi saat ini, kamu bisa melakukan apa saja dari rumah, mulai dari memasarkan iklan properti secara gratis, hingga berolahraga tanpa alat-alat khusus. Nah, supaya olahraga kamu berjalan efektif dan nyaman meski di rumah saja, ada beberapa tips yang bisa diikuti.

Baca juga: 5 Olahraga Penurun Berat Badan Paling Efektif Dengan Biaya Murah

1. Siapkan Ruangan Khusus

olahraga di dalam rumah
Source : Pexels

Pins tidak perlu takut jika tidak memiliki ruangan yang besar untuk olahraga di dalam rumah. Pins cukup menyediakan ruangan kecil beberapa meter saja. Pastikan juga ruangan yang disediakan memiliki ventilasi atau sirkulasi udara yang bagus agar bau dari keringat yang keluar tidak mengendap di dalam ruangan.

2. Siapkan Peralatan Pendukung Ringan

olahraga di dalam rumah
Source : Pexels

Hal kedua yang harus dipersiapkan adalah peralatan pendukung olahraga ringan. Hal-hal seperti barbel, handgrip serta peralatan gymnastic ringan lainnya bisa Pins persiapkan. Tetapi jangan memilih peralatan berat seperti treadmill, spinning bike serta pendukung gymnastic berat lainnya. Persiapkan hanya bila memang ruangan sangat memungkinkan.

3. Hindari Gerakan Yang Terlalu Sulit

olahraga di dalam rumah
Source : Pexels

Pada dasarnya berolahraga adalah melakukan gerak badan. Gerakan paling rutin sekalipun bisa digolongkan olahraga bila memang dilakukan dengan cara yang intensif serta tepat dari segi gerakannya. Oleh karena itu, olahraga di dalam ruangan sangat mungkin untuk dilakukan dengan memusatkan gerakan tertentu yang ringan dan sederhana.

Misalnya gerakan ringan sit up untuk mengecilkan perut atau melakukan gerakan harvard (naik turun anak tangga) dengan bantuan kursi kecil.

Bagi yang masih pemula mungkin tidak perlu mencoba gerakan-gerakan yang terlalu sulit. Ini tentu bisa menimbulkan cedera dan sakit-sakit badan. Bila sudah begitu, Pins bisa memesan jasa Full Body Massage & Reflexology lewat Pinhome Service. Tanpa harus bersusah-payah ke luar, Rekan Jasa akan datang membantu meredakan rasa pegal usai olahraga di rumah.

4. Lakukan Olahraga Dalam Tempo yang Ringan Namun Rutin

olahraga di dalam rumah
Source : Pexels

Tips olahraga di dalam rumah selanjutnya adalah melakukannya dengan rutin dan teratur. Lakukan secara terjadwal dan dalam tempo sedikit tetapi rutin. Hal ini untuk menjaga konstansi otot serta kebugaran sehingga meski olahraga dilakukan dalam ruangan dengan gerakan terbatas tapi karena intensitas terjaga kebugaran tetap bisa tercapai.

5. Pakai Pakaian Olahraga

Source : Rupa Rupa

Mengenakan pakaian khusus olahraga bisa membantu kamu untuk semakin semangat berolahraga. Ya, dengan memakai pakaian olahraga, kamu akan lebih nyaman untuk bergerak. Misalnya saja jika kamu memakai kaos khusus olahraga, umumnya bahan yang digunakan mampu menyerap keringat secara maksimal. Atau menggunakan sepatu olahraga dengan fitur anti licin sehingga kamu mudah dalam melakukan gerakan.

Baca juga: Segudang Manfaat Olahraga Angkat Beban untuk Wanita

Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Setelah mengetahui apa saja tips melakukan olahraga di rumah, kali ini Pinhome akan merekomendasikan apa saja jenis olahraga yang pas untuk dilakukan di rumah.

1. Jalan dan Jogging di Tempat

Source : Kompas

Olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah dan cukup mudah ialah jalan dan jogging di tempat. Kamu bisa mengawalinya dengan jalan di tempat terlebih dahulu supaya detak jantungmu bisa beradaptasi untuk melakukan pemanasan. Setelah itu, baru kamu bisa melakukan jogging di tempat.

Ketika jalan di tempat, disarankan untuk Pins menaikkan posisi lutut lebih tinggi supaya intensitas olahraga semakin meningkat. Lalu saat jogging, kamu cukup melangkahkan kaki di tempat secara ringan namun cepat.

2. Jumping Jacks

Source : Better Me

Berikutnya jenis olahraga yang ideal dilakukan di rumah adalah jumping jacks, yakni merupakan jenis olahraga ringan dan termasuk pelatihan kardio dengan intensitas rendah. Gerakan ini juga baik untuk meningkatkan detak jantung dan menurunkan berat badan.

Berikut adalah beberapa cara melakukan jumping jacks:

  • Mulai dengan posisi kedua kaki rapat dan kedua tangan lurus ke bawah
  • Setelah itu, lompat secara ringan sambil membuka kedua kaki selebar bahu.
  • Saat melompat, ayun kedua lengan hingga lurus di atas kepala dan kembali turun saat kaki kembali rapat

Baca juga: 8 Jenis Latihan Fisik Bulu Tangkis agar Kamu Makin Handal

3. Peregangan Dada

Source : Freepik

Selanjutnya ada lagi jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan kapan saja, baik di pagi atau sore hari yaitu peregangan dada. Gerakan ini selain menyehatkan, bisa juga untuk membuat postur tubuh lebih baik.

Namun untuk melakukannya, Pins memerlukan kursi tanpa roda atau tanpa lengan. Berikut langkahnya:

  • Duduk tegak, tapi tidak bersandar pada punggung kursi
  • Lemaskan pundak dan rentangkan tangan ke samping
  • Busungkan dada hingga Anda merasa ada tarikan di bagian tersebut
  • Tahan 5-10 menit, kemudian ulangi gerakan tersebut.

4. Naik Turun Tangga

Source : Freepik

Jika rumah Pins memiliki tangga di dalamnya, Pins bisa lho memanfaatnya untuk berolahraga. Pins bisa melakukan olahraga naik turun tangga beberapa kali supaya melatih jantung serta otot kaki agar lebih kuat.

Untuk menambahkan intensitasnya, Pins bisa menambah kecepatan ketika naik ataupun turun tangga.

5. Angkat Dumbbell

Source : Freepik

Mengangkat dumbbell juga termasuk sebagai olahraga ringan. Namun kamu memerlukan alat berupa barbel kecil misalnya dengan bobot 1 kg. Atau bisa juga menggunakan botol berisi air yang kemudian digenggam dengan tangan.

Berikut adalah langkah latihan mengangkat dumbbell yang benar:

  • Genggam dumbbell dan buka kaki lebar-lebar.
  • Letakkan kedua tangan sejajar di sisi badan, kemudian angkat dumbbell hingga menyentuh pundak.
  • Perlahan, turunkan tangan hingga kembali ke posisi semula..
  • Olahraga ringan ini merupakan bentuk latihan kekuatan yang dapat Pins praktikkan dengan mudah di rumah..

Nah Pins, itu dia beberapa tips melakukan olahraga di rumah, sekaligus beberapa rekomendasi jenis olahraganya yang bisa kamu coba.

Berolahraga dalam ruangan bukanlah hal yang tidak mungkin. Bahkan bila dilakukan dalam ruangan sempit sekalipun asal insitas gerakan terjaga, bukan berarrti kebugaran tubuh tidak bisa dicapi.

Tips utama tentunya melakukan setiap gerakan dengan sungguh-sungguh. Bila perlu, carilah masukan untuk senam aerobik dalam ruangan lewat panduan di internet atau sumber-sumber lainnya yang bisa dirujuk.

Dengan melakukan jenis olahraga dalam rumah melalui cara ini, kebugaran tubuh tetap akan terjaga. Ini berarti bahwa kebugaran tubuh tetap bisa terjaga meski tinggal di daerah Jakarta Pusat yang identik dengan lahan sempit. Semoga artikel kali ini bermanfaat. Selamat menjaga kebugaran tubuh!

Baca juga: 13 Jenis Peralatan Gym di Rumah

Source feature image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download