Pinhome

  • Blog
  • Kesehatan
  • Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut yang Baik Untuk Pemula

Kesehatan

Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut yang Baik Untuk Pemula

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 12 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Perut Anda terlihat buncit dan tidak sedap dipandang? Anda jangan takut, dengan melakukan olahraga mengecilkan perut buncit secara rutin, maka perut anda akan kembali rata dan menarik. Seperti apa gerakan mengecilkan perut yang baik bagi pemula? Simak yuk ulasannya di bawah ini!

Pinhome – Penimbunan lemak pada salah satu organ tubuh merupakan hal yang tidak baik. Bila anda mengalami hal tersebut berarti anda telah mengkonsumsi makanan melebihi jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh. Ini merupakan salah satu tanda bahwa anda kurang berolahraga.

Salah satu contohnya adalah memiliki penumpukan lemak pada area perut. Hal ini akan membuat seseorang mulai tidak percaya diri. Nah, cara terbaik adalah mulai mengkonsumsi makanan bergizi secara tidak berlebih dan mulai untuk melakukan gerakan ringan olahraga mengecilkan perut. Seperti apa gerakannya? Lihat yuk ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Badan Agar Tetap Sehat?

Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengatasinya

Pins, bila tidak diambil tindakan lebih lanjut, perut buncit juga dapat mengancam kesehatan lho! Salah satu penelitian yang berjudul Why Visceral Fat is Bad: Mechanisms of the Metabolic Syndrome mengemukakan bahwa penumpukan lemak pada perut merupakan ciri utama dari penyakit diabetes, hipertensi dan juga penyakit lainnya. Ini merupakan beberapa efek dari memiliki perut buncit. 

Baca Juga: Ini Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Bagi Pins yang masih bertanya-tanya mengapa perut buncit bisa timbul? Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah memiliki kebiasaan hidup yang tidak baik. Tidak memiliki waktu cukup untuk tidur, makan-makanan yang tidak bergizi seimbang, mengkonsumsi banyak alkohol dan juga jarang berolahraga. Padahal Pins, bila Pins memiliki pola hidup yang lebih sehat sekaligus memiliki cara benar olahraga mengecilkan perut, perut Pins tidak akan buncit ataupun bergelambir. 

Baca Juga: Ragu Ingin Sikat Gigi Saat Puasa? Simak Penjelasan Lengkapnya!

Beberapa Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut

Berikut ini beberapa gerakan olahraga mengecilkan perut yang bisa Anda coba lakukan di tempat gym dan bahkan di rumah.

Sit-Up

(Pexels.com)

Cara mengecilkan perut dengan olahraga ringan dapat Pins lakukan dengan gerakan sit up. Gerakan olahraga satu ini tergolong ringan dengan efek maksimal untuk mengecilkan perut bila dilakukan secara rutin. Anda hanya perlu menyiapkan alas, setelahnya berbaring mengarah ke depan, lipat tangan di depan dada ataupun memegang tengkuk kepala dan mulai menekuk lutut anda. Latihan ini bisa dibantu rekan maupun sendiri. 

Lakukan gerakan mendekati lutut lalu kembali ke posisi semula dengan hitungan bertahap ya Pins. Minggu pertama Pins bisa 10 kali gerakan dalam satu hari, minggu kedua bertambah dan seterusnya sesuai kemampuan.

Plank

(Pexels.com)

Gerakan mengecilkan perut buncit selanjutnya adalah plank. Olahraga ini baik untuk tubuh karena menggunakan beberapa otot dalam tubuh untuk mempertahankannya. Selain itu hasilnya pun maksimal. 

Berbaring pada sisi tubuh menghadap ke bawah layaknya gerakan push up. Selanjutnya tekuk tangan seperti halnya saat berdoa dan kaki sejajarkan dengan tangan. Olahraga ini memang pada awalnya sulit, tapi bila Pins sering berlatih, selanjutnya akan terasa mudah. Bila Pins sudah berhasil dengan gerakan olahraga mengecilkan perut satu ini, Pins bisa mencoba side plank untuk mengecilkan perut bagian samping.

Crunches

(Pexels.com)

Olahraga mengecilkan perut buncit memang mudah bila dilakukan dengan niat yang kuat. Selain cara di atas, Pins pun bisa mencoba gerakan crunches. Gerakan ini bisa Pins modifikasi sesuai dengan kemampuan.

Berbaringlah dengan kaki menekuk pada bidang yang datar dan tidak menimbulkan cedera. Selanjutnya angkat kepala dan bagian tubuh atas secara perlahan. Gunakan otot perut untuk menarik dan otot punggung untuk mendorong. Lakukan gerakan secara bertahap dalam satu kali sesi dan jangan lupa untuk mengatur nafas dengan baik.

Corkscrew

(Afuza.co.id)

Mengencangkan otot perut juga bisa dengan gerakan olahraga corkscrew. Caranya adalah dengan membaringkan seluruh badan Pins pada bidang datar, selanjutnya angkat kaki dengan posisi lutut menekuk sedikit. Setelah posisi dirasa baik dan cukup, mulai angkat pinggul ke atas dengan aturan nafas yang benar. Putar ke kanan ataupun ke kiri dan kembalikan ke posisi semulal. Ulang hingga beberapa kali dan lakukan secara rutin.

Heel Touch

(popsugar.com)

Nah, untuk kaum rebahan yang agak berat untuk melakukan olahraga. Anda bisa mencoba gerakan olahraga untuk mengecilkan perut dengan heel touch. Saat tubuh dalam posisi berbaring, naikkan kepala anda dan coba untuk meraih ujung tumit di kanan dan kiri dengan tangan anda. Lakukan semampunya sampai otot perut terasa terbakar. Cukup ringan bukan Pins?

Bila Pins sudah melakukan gerakan di atas dan ingin lebih cepat lagi untuk pembakaran lemak tubuh, Pins bisa melakukan penambahan beberapa olahraga menarik seperti renang, pilates atau yoga, senam aerobik maupun jogging ringan. Apalagi bila dilakukan bersama dengan rekan, pasti akan menambah semangat olahraga anda. Hal terpenting adalah selalu luangkan sedikit waktu Pins setiap hari untuk melakukan gerakan olahraga ringan.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel