Yuk Olahraga Senam Erobik dan Ketahui Manfaat Baiknya

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 9 September 2021 ∙ 6 menit membaca

Senam aerobik sering kali dipilih sebagai salah satu olahraga sederhana yang bisa dilakukan kapan saja. Gerakannya juga sangat menyenangkan, terlebih lagi diiringi dengan irama musik yang tidak akan membuat Pins bosan. Jika Pins sedang mencari olahraga untuk mengisi waktu luang, senam aerobik wajib dicoba.

Pinhome – Pada periode tahun 2000-an, banyak televisi swasta di Indonesia yang menayangkan acara senam aerobik yang bisa Pins tirukan di rumah. Ketika melakukan olahraga ini, Pins akan mendapat arahan dari instruktur senam yang energik. Terlepas dari hal tersebut, apakah Pins sudah tahu asal-usul senam aerobik?

Sejarah senam aerobik

Melansir dari beragam sumber, senam aerobik diinisiasi oleh seorang ahli fisiologi bernama Dr. Kenneth Cooper pada tahun 1960-an. Ia mencari cara untuk menjaga kesehatan dengan efektif dan mudah. Hingga akhirnya Cooper menemukan aerobik yang ternyata bisa membakar kalori dan membuat tubuh lebih bugar.

Setelah digunakan oleh para astronot untuk menjaga kesehatan tetap baik, akhirnya Cooper yang juga seorang pegawai Angkatan Udara ini menjelaskan apa itu aerobik yang ia maksud. Aerobik adalah metode sederhana yang terdiri dari bersepeda, berenang, berjalan, dan berlari.

Aerobik mengandalkan kekuatan jantung dan paru-paru serta pengaturan pernapasan sehingga termasuk ke dalam golongan olahraga kardiovaskular. 

Sedangkan itu, senam aerobik adalah beberapa gerakan yang melibatkan seluruh anggota tubuh yang kemudian dirangkai kemudian dilakukan secara beriringan, serta tidak lupa ada irama musik dan dilakukan dalam durasi waktu tertentu, Pins.

Baca Juga: Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut Yang Baik Untuk Pemula

Gerakan senam

manfaat senam aerobik
(Freepik)

Senam aerobik tak sesulit yang dibayangkan. Pins bisa melakukan senam ini di rumah sendiri atau bersama teman-teman. Tak perlu kebingungan, sekarang banyak tutorial di media sosial yang bisa Pins jadikan bahan belajar senam. Selain itu, beberapa langkah di bawah ini juga dapat menjadi pedoman senam aerobik:

Pemanasan

Tidak hanya senam, pemanasan wajib dilakukan dalam segala jenis atau cabang olahraga apapun. Pemanasan dimaksudkan untuk menghindari risiko cedera. Selain itu, juga bisa meningkatkan suhu tubuh, meningkatkan detak jantung, dan menjadi sinyal untuk otot-otot serta persendian yang akan menjalankan aktivitas berat.

Latihan inti

Setelah pemasan, Pins akan memasuki latihan inti yang terdiri dari beberapa macam gerakan senam aerobik. Latihan inti dianjurkan untuk dilakukan selama kurang lebih 25 hingga 55 menit, Pins. Nah, berikut Pinhome beri bocoran apa saja gerakan dalam latihan inti:

  • Marching: Marching merupakan gerakan jalan di tempat dengan mengangkat kaki sampai kurang lebih setinggi betis atau 90 derajat. Lakukan dalam hitungan delapan kali tiga.
  • Jogging: Gerakan selanjutnya yaitu jogging yang bisa dilakukan seperti gerakan jogging pada umumnya, hanya saja dilakukan di tempat. Pins bisa melakukan gerakan ini dengan menekuk kaki ke arah belakang kemudian lutut mengarah ke lantai atau bisa juga tegak lurus ke arah bawah memakai sendi engkel dan lutut. Lakukan dalam hitungan delapan kali tiga.
  • Kicking: Gerakan ini mirip posisi menendang. Pins dapat mengayunkan tungkai ke depan atau ke samping tapi masih dalam keadaan lurus dengan tinggi sejajar dengan pinggang atau lebih. Lakukan dalam hitungan delapan kali tiga.
  • Doublet step: Sudah bukan gerakan permulaan. Double step merupakan gerakan senam yang dilakukan dengan melangkahkan kaki sebanyak dua langkah ke kanan ataupun ke ke kiri dengan gerakan terakhir merapatkan kaki. Pastikan menyentuhkan mata kaki kanan dan kiri, Pins. Lakukan dalam hitungan delapan kali tiga.
  • Grapevine: Grapevine adalah gerakan senam yang nyaris mirip double step. Gerakan ini mengharuskan Pins melangkahkan kaki sebanyak dua langkah ke kanan dan ke kiri secara menyilang. Lakukan dalam hitungan delapan kali tiga.
  • Leg curl: Gerakan senam menjelang pendinginan. Leg curl merupakan gerakan menekuk kaki ke arah belakang dan Pins bisa menahannya. Lakukan dalam hitungan delapan kali tiga.
  • Heel touchHeel touch merupakan gerakan menyentuhkan jari tangan ke arah tumit kaki kiri, lakukan dengan sedikit menekuk lutut. Posisikan berat badan berada di kaki yang menjadi tumpuan, Pins. Lakukan dalam hitungan delapan kali tiga.

Pendinginan

Jika senam sudah dibuka dengan pemanasan, maka olahraga ini juga ditutup dengan pendinginan, Pins. Seperti diketahui, pendinginan tidak bisa lepas dari rangkaian olahraga apapun.

Pendinginan dimaksudkan untuk mengembalikan detak jantung supaya kembali normal. Gerakan pendinginan juga bertahap, Pins. Setidaknya Pins membutuhkan waktu 10 menit untuk mengembalikan denyut jantung dan meregangkan otot seperti dalam kondsi normal.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Fitness Di Jabodetabek Dengan Desain Yang Paling Menarik

Manfaat senam aerobik

manfaat senam aerobik
(Freepik)

Pada umumnya olahraga akan membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Begitu juga dengan senam aerobik yang dilakukan secara rutin, Pins. Manfaat senam aerobik yang bisa Pins dapatkan yaitu sebagai berikut:

  • Menurunkan berat badan berlebih atau obesitas
  • Membantu membakar kalori tubuh
  • Menjaga kesehatan jantung dan paru-paru
  • Melatih otot untuk selalu aktif
  • Mencegah risiko stroke
  • Mengurangi peluang terkena osteoporosis
  • Mengontrol tekanan darah

Persiapan senam aerobik

Manfaat senam aerobik bisa Pins dapatkan apabila sudah melakukan persiapan sebaik mungkin. Bukan tanpa alasan, senam termasuk kegiatan fisik yang harus menyesuaikan dengan kemampuan gerak, Pins.

Apalagi jika Pins sudah lama tidak melakukan olahraga di rumah.  Selain pemanasan dan rangkaian gerakan lain,  ada beberapa poin yang wajib Pins lakukan untuk memulainya. Berikut GudangMama rangkum cara memulai atau persiapan senam:

  • Konsultasi pada dokter untuk melakukan skrining pra-olahraga sebelum memulai lagi melakukan senam.
  • Mantapkan tujuan latihan senam untuk apa supaya Pins bisa mengukur hasilnya.
  • Persiapkan diri dan mental supaya bisa 100 persen maksimal dan fokus.
  • Dianjurkan supaya tidak langsung mengambil kelas senam tingkat tinggi, mulailah dari gerakan yang lembut.
  • Siapkan baju khusus senam yang nyaman.
  • Perlu selalu sedia air minum untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.
  • Lakukan pemanasan dengan baik guna menghindari risiko cedera.
  • Konsentrasi pada reaksi otot apakah ada indikasi yang tidak sesuai dan mengganggu, jika ada segera hentikan gerakan senam.
  • Sangat penting melakukan pendinginan setelah senam maupun olahraga jenis lainnya.

Senam aerobik adalah olahraga yang wajib dicoba, Pins! Dengan segudang manfaat senam aerobik yang sudah dipaparkan di atas seharusnya menjadi bukti jika olahraga ini bisa memberikan efek baik bagi kesehatan. Gerakan senam juga mudah, Pins bahkan dapat mengikuti kelas senam atau menyewa instruktur, bahkan dapat melakukan senam mandiri di rumah. Selamat berolahraga, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia