Teks Proposal | Pengertian, Jenis dan Contohnya

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan ∙ February 1, 2023 ∙ 10 menit membaca

Proposal merupakan laporan yang berisi rencana dan rincian terkait sebuah acara tertentu yang akan diselenggarakan. Biasanya isi teks proposal memuat informasi tentang nama acara, waktu dan tempat, tujuan acara, hingga rincian biaya yang dibutuhkan.

Ada banyak alasan mengapa seseorang membuat proposal, seperti untuk mendapatkan izin tertentu, mendapatkan bantuan biaya, dan masih banyak lagi. Apapun alasannya, sebuah teks proposal sangat penting untuk menjalankan sebuat acara atau kegiatan tertentu.

Jika pins sedang berencana untuk melaksanakan acara dan ingin membuat teks proposal kegiatan, di sini Pinhome akan menjelaskan pengertian, tujuan, cara membuat proposal, hingga contoh teks proposal yang bisa Pins tiru. Simak baik-baik ya!

Baca juga: 10 Contoh Teks Ulasan Beserta Penjelasannya!

Pengertian Teks Proposal

teks proposal
(canva)

Apa itu teks proposal? Proposal adalah rencana yang di buat dalam bentuk tulis dan di jelaskan secara terperinci dan sistematis. Umumnya, proposal digunakan sebagai pedoman kerja atau acuan dalam pelaksanaan suatu kegiatan yang telah direncanakan.

Sedangkan secara etimologis, kata proposal berasal dari bahasa inggris yaitu \\\”propose\\\” yang memiliki arti pengajuan atau permohonan. Salah satu pihak memberikan proposal rencana, ide, gagasan kepada pihak lain agar pihak tersebut memberi dukungan kepada acara yang akan berlangsung.

Adapun dukungan yang dimaksud dalam sebuat proposal tersebut dapat berupa izin, dana, persetujuan, dan masih banyak lagi. Selain itu, beberapa ahli juga mendefinisikan pengertian proposal sebagai berikut:

Menurut Hasnun Anwar

Hasnun Anwar mengatakan proposal adalah rencana yang disusun untuk kegiata tertentu.

Menurut Jay

Sedangkan menurut jay proposal adalah alat bantu menejemen  standar agar menejemen organisasi dapat berfungsi secara efektif dan efisien.

Menurut Kamus Bahasa Besar Indonesia

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI), proposal adalah suatu rencana yang dibuat dalam bentuk rancangan kerja, perancanagn secara sistematis dan matang dan terperinci yang dibuat peneliti sebelum melakukan penelitian baik penelitan di perpustakaan (ribrary research) maupun di lapangan (field reseach).

Baca juga: Metode Penelitian

Tujuan Proposal

(My Tech Blog)

Secara umum tujuan dibuatnya proposal adalah untuk mendapatkan persetujuan atau izin dari suatu pihak mengenai sebuah rencana atau rancangan yang akan dilaksanakan. Selain itu, tak sedikit yang menggunakan proposal sebagai pengajuan permohonan dana/sponsorship kerjasama dengan pihak lain.

Selain menjelaskan tentang rincian kegiatan yang akan dilakukan, umumnya di dalam proposal tertara jumlah dana yang di butuhkan dalam pelaksanaannya. Sehingga isi dari sebuah proposal harus dimengerti pihak yang diminta persetujuan/izin ataupun dana.

Baca juga: 14 Contoh Teks Eksplanasi dengan Penjelasannya

Fungsi Proposal

Sebuah proposal tentu memiliki fungsi dan tujuannya, baik bagi pihak pengaju proposal dan pihak yang menerima proposal. Di bawah ini merupakan beberapa fungsi dibuatnya proposal:

  • Dalam bidang penelitian umum, proposal dapat berfungsi sebagai dasar pelaksanaan penelitian  yang berhubungan dengan budaya, sosial, ekonomi, agama dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Dalam bidang bisnis atau usaha, proposal dapat jua berfungsi sebagai proyeksi dan gambaran dalam mendirikann suatu usaha
  • Proposal berfungsi untuk memberikan sebuah informasi yang mendetail tentang kegiatan pengajuan dana dalam pelaksanaan sebuah kegiatan contohnya seminar, perayaan, pelatihan dll.
  • Sedangkan  dalam suatu proyek, proposal dapat pula berfungsi sebagai dasar melakukan tender, baik perusahaan swasta maupun perusahan pemerintah.

Jenis Teks Proposal

teks proposal
(Shutterstock)

Mengacu dalam pengertian teks proposal di atas, secara umum proposal dapat dibedakan menjadi empat jenis, di antaranya:

Proposal Kegiatan

Ini adalah sebuah proposal untuk melakukan suatu kegiatan. Jenis proposal kegiatan bertujuan untuk pengajuan rencana sebuah kegiatan, baik yang sifatnya kelompok maupun individu, contohnya pentas seni dan budaya.

Tak jarang juga proposal kegiatan ini juga digunakan sebagai permohonan pengajuan dana dari salah satu pihak yang bersangkutan. Sebagai kompensansi, penyelenggara kegiatak akan menawarkan suatu hal yang bermanfaat bagi donatur, contohnya saja iklan.

Proposal Bisnis

Jenis proposal usaha atau bisnis sangat berhubungan dengan kegitan dunia bisnis atau usaha. Baik kelompok maupun perorangan, misalnya proposal kerjasama antar berbagai usaha atau juga proposal pendirian suatu usaha.

Proposal Penelitian

Jenis yang seperti ini biasanya berhubungan erat dengan bidang akademis. Misalnya proposal penelitian untuk membuat tesisi, skripsi dan masih banyak lagi. Proposal penelitian dibuat untuk pengajuan pelaksanaan suatu penelitian.

Proposal Proyek

Proposal proyek hampir sama dengan proposal bisnis karena saling berhubungan dengan dunia bisnis. Namun sedikit berbeda karena isinya tentang rencana kegiatan misalnya proposal sebuah proyek pembangunan.

Baca juga: 16 Contoh Surat Pribadi untuk Orang Tua dan Guru, Lengkap!

Bentuk-bentuk Proposal

(Freepik)

Proposal dapat dibagi menjadi tiga bentuk, di antaranya:

Proposal Formal

Proposal formal biasanya memiliki tiga bagian utama yaitu:

  • Pendahuluan (Sampul, Judul, Kata pengantar, ikhtisar, Daftar isi, Lembar pengesahan)
  • Isi proposal (Latar belakang, Pembatasan masalah, Tujuan, Ruang lingkup, Susunan panitia, Waktu, Biaya)
  • Data pelengkap (Lampiran, Tabel, Daftar pustaka dan lain lain).

Proposal Semi Formal

Umumnya proposal ini tidak selengkap proposal formal, namun masih berbentuk baku. Di dalam proposal ini biasanya terdapat berbagai informasi tentang masalah, saran, pemecahan dan permohonan.

Proposal Non Formal

Pada umummnya proposal non formal hampir mirip dengan proposal semi formal namun disampaikannya lewat surat. Di dalam proposal non formal juga terdapat berbagai hal tentang masalah, saran, pemecahan dan permohonan.

Baca juga: 10 Contoh Surat Jalan Barang Beserta Definisi & Fungsinya

Unsur-unsur Proposal

teks proposal
(iStock)

Di dalam proposal pastinya terdapat berbagai unsur dimana isinya tergantung proposal apa yang dibuat. Hal ini karena unsur proposal bisnis tidak akan sama dengan proposal penelitian. Di bawah ini merupakan berbagai unsur unsur dalam proposal penelitian.

  • Latar belakang masalah
  • Rumusan masalah
  • Tujuan penelitian
  • Hipotesis
  • Asumsi penelitian
  • Manfaat penelitian
  • Ruang lingkup penelitian
  • Kajian pustaka
  • Definisi operasional

Baca juga: Contoh Surat Pengantar yang Baik dan Formatnya

Cara Membuat Teks Proposal

Cara Membuat Proposal Kegiatan
(Shutterstock)

Faktanya, membuat proposal sangatlah mudah, namun perlu dengan ketelitian agar bisa mengajukannya dengan baik. Hal ini sering terjadi sehingga proposal tersebut tidak diterima oleh pihak yang berkepentingan terutama pihak sponsor atau pihak pendanaan.

Lantas, bagaimana cara membuat proposal? Di bawah ini adalah cara membuat proposal yang bisa Pins lakukan:

Judul Proposal

Judul pada proposal harus mencerminkan isi dari proposal tersebut misalnya, \\\”PROPOSAL KEGIATAN MASA BIMBINGAN MAHASISWA (MABIM)\\\”. Maka dari itu, isi dari juga harus sesuai dengan judul.

Sub Judul Proposal

Sub judul proposal adalah keterangan tentang isi dari sebuah proposal yang dibuat. Ini akan membuat si pembaca/penerima proposal mengerti tentang isi proposal tersebut.

Surat Pengantar Proposal

Biasanya surat pengantar proposal ini diberikan saat akan mengirim proposal ke suatu pihak. Isi dari surat pengantar proposal ini adalah penjelasan singkat tentang tujuan proposal yang dikirim/diberikan.

Kata Pengantar / Muqoddimah

Kata Pengantar/Muqoddimah adalah suatu kata pembuka dalam sebuah proposal, biasanya kata pengantar proposal ini terletak bada bagian deban proposal.

Latar Belakang

Isi dari latar belakang proposal merupakan isi dasar atau alasan mendasar tentang kegiatan yang perlu dilakukan.

Tujuan Proposal

Tujuan merupakan hasil dari yang diharapkan dari kegiatan yang akan diadakan tersebut.

Rincian Kegiatan

Di sini menjelaskan beberapa kegiatan pokok beserta jadwal kegiatannya secara lengkap, dan juga mudah dipahami.

Rincian Anggaran

Anggaran proposal merupakan suatu yang terpenting karena dengan anggaran tersebut kegiatan akan segera dilaksanakan. maka dari itu, rincian kegiatan harus ditetapkan dan sedetail mungkin.

Penutup

Penutup adalah bagian yang isinya ucapan terimakasih dan juga kata peutup, selain itu di dalamnya juga terdapat nama panitia pelaksana dan tak lupa pula ada tanda tangannya.

Lampiran

Lampiran adalah bagian terakhir dari proposal yang di dalamnya berisi tentang informasi pendukung proposal. Didalam lampiran juga bisa ditambah gambar pendukung, susunan panitia kegiatan, serta informasi lainnya sebagai pelengkap proposal yang dibuat.

Baca juga: 2 Contoh Pelaksanaan Proposal Penelitian dan Jadwalnya

Contoh Teks Proposal

Contoh Teks Proposal
(WorldCC)

Berikut ini adalah contoh teks proposal lengkap mulai dari judul, pendahuluan, isi, hingga penutup proposal yang bisa kamu jadikan inspirasi:

Judul

PROPOSAL PELAKSANAAN PENTAS SENI DALAM ACARA PERPISAHAN SISWA-SISWI KELAS XII SMKN 1 KEPUH

I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Kesenian merupakan suatu kreatifitas yang harus selalu berkembang, terutama kesenian tradisional Indonesia yang patut dilestarikan. Pentas Seni atau lebih dikenal Pensi, salah satu kegiatan pengembangan dalam kreatifitas lewat seni. OSIS SMKN 1 Kepuh akan memberikan sajian dalam kegiatan pensi ini yaitu berupa pertunjukan drama yang dipentaskan oleh siswa dan siswi dari masing-masing kelas. Kegiatan pentas seni ini merupakan suatu apresiasi siswa dalam seni drama atau seni teater yang sekarang ini kian mengalami penurunan.

Selain itu seni drama, dalam kegiatan pensi diadakan juga tarian tradisional dari siswa dan siswi yang memiliki keahlian dalam menari tarian tradisional. Selain tarian tradional terdapat juga modern dance, parade band antar kelas, dan juga pertunjukan menyanyi solo. Pentas seni ini bukan hanya menghibur, namun semata untuk mengekspresikan kreatifitas siswa siswa SMKN 1 Kepuh. Pentas seni ini menjadi suatu hiburan dalam rangka perpisahan siswa dan siswi kelas XII.

B. Tujuan Kegiatan

Tujuan dari kegiatan ini adalah:

1. Memperat tali persaudaraan diantara para siswa dan siswi SMKN Kepuh.
2. Semangat dalam menggapai mimpi
3. Lebih kreatif terutama di bidang seni.
4. Sebagai hiburan untuk lingkungan sekolah.

Baca juga: Contoh Proposal Usaha

II. ISI PROPOSAL

A. Tema

Tema yang diusung dari kegiatan ini yaitu “Panggung Bintang\\\\\\\\\\\\\\\” dimana para siswa merasakan menjadi seorang aktor atau lakon dalam sebuah drama pertunjukan.

B. Macam-macam Kegiatan

Adapun kegiatan yang akan kami laksanakan yaitu :
1. Pentas Drama
2. Tarian Tradisional
3. Modern Dance
4. Parade Band
5. Menyanyi Solo

C. Peserta

Peserta yang terlibat dalam acara kegiatan pentas seni ini yaitu siswa dan siswi SMKN 1 Kepuh dan para staf SMKN 1 Kepuh.

D. Peralatan yang Dibutuhkan

1. Panggung
2. Microfon
3. Speaker/pengeras suara
4. Kostum
5. Atribut
6. Spanduk

E. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Adapun waktu dan tempat pelaksanaan Pentas Seni ini adalah :

1. Pentas Drama:

Tanggal: Sabtu, 4 Juni 2016
Waktu: Pukul 09.00 WIB – 12.00 WIB
Tempat: GOR SMKN 1 Kepuh

2. Tarian Tradisional:

Tanggal: Sabtu, 4 Juni 2016
Waktu: Pukul 12.30 WIB – 14.00 WIB
Tempat: GOR SMKN 1 Kepuh

3. Modern Dance:

Tanggal: Sabtu, 4 Juni 2016
Waktu: Pukul 14.00 WIB – 16.00 WIB
Tempat: GOR SMKN 1 Kepuh

3. Parade Band:

Tanggal: Sabtu, 4 Juni 2016
Waktu: Pukul 16.00 WIB “ 17.30 WIB
Tempat: GOR SMKN 1 Kepuh

3. Menyanyi Solo:

Tanggal: Sabtu, 4 Juni 2016
Waktu: Pukul 18.30 WIB – 20.00 WIB
Tempat: GOR SMKN 1 Kepuh

Baca juga: Contoh Proposal Skripsi

III. SUSUNAN ACARA

1. 07.00-07.30: Kumpul siswa di GOR SMKN 1 Kepuh: Fina Nafilih
2. 08.00-08.30: Pembukaan di Panggung PENSI. Kordinator: Kopaji
3. 08.30-09.00: Sambutan oleh Ketua Panitia, Ketua OSIS, Kepala Sekolah di Panggung Pensi. Kordinator: Kopaji
4. 09.15-20.00: Acara Kegiatan Pentas Drama, Tarian Tradisional, Dance, Band, Menyanyi. Kordinator: Bagus A Akbar
5. 20.00-20.30: Penutup. Kordinator: Kopaji

IV. SUSUNAN KEPANITIAN

Pelindung: Lusi Purwanti M.pd (Kepala Sekolah)
Pengarah: Anto Siswanto S.pd
Penanggung Jawab: Rayhan Abdul hadi (Ketua OSIS)
Ketua Panitia: Roro Wulan Sari
Sekretaris: Mia Mulan Sari
Bendahara: Nana Suryana
Seksi acara: Purwati Dewi
Seksi Dana Usaha: Nisah
Seksi Humas: Kosim
Seksi Keamanan: Maman Abdurahman
Seksi Dokumentasi: Wiwi Caswiyah
Seksi peralatan: Tri Putu Sungai Baru

Baca juga: Contoh Proposal PKM Pengabdian Masyarakat (PKM M)

V. ANGGARAN DANA

Dalam kegiatan Pensi ini, dibawah ini ada beberapa anggaran dana yang dikeluarkan untuk berjalannya acara pentas seni ini, yakni:

1. Dana kas sekolah: Rp. 1000.000,-
2. Dana partisipasi siswa: Rp. 1.500.000,-
3. Dana sponsor 3: Rp.5.000.000,-
4. Dana Sponsor Sosro: Rp.5.000.000,-
5. Dana pastisipasi guru: Rp. 500.000,-

Total: Rp13.000.000,-

Biaya pengeluaran:

1. Sewa Kostum: Rp2.000.000,-
2. Penyewaan Panggung: Rp4.000.000,-
3. Penyewaan Alat Musik: Rp3.000.000,-
4. Biaya Penataan Panggung: Rp1.500.000,-
5. Konsumsi: Rp500.000,-
6. Spanduk: Rp500.000,-
7. Lain-lain: Rp500.000,-

Total: Rp12.000.000,-

Baca juga: Contoh Kata Pengantar Proposal, Makalah, Laporan, Skripsi yang Baik dan Benar

VI. PENUTUP

Dengan demikian proposal ini dibuat. Kami berharap apa yang telah mendukung kami dan telah memberikan partisipasi dari sekolah maupun pihak luar. Agar kegiatan ini dapat terlaksana sebagaimana yang diharapkan. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

PROPOSAL PELAKSANAAN PENTAS SENI DALAM ACARA PERPISAHAN SISWA-SISWI KELAS XII SMKN 1 KEPUH

Disahkan di:
Kepuh, 1 Juni 2016

Mengetahui,

Ketua Panitia Ketua OSIS

Roro Wulan Sari Rayhan Abdul Hadi
Kepala Sekolah

Lusi Purwanti M.pd

Nah, itulah pengertian, tujuan, jenis, fungsi dan contoh teks proposal. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasanmu ya, Pins!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 10 Aplikasi Menghapus Watermark Pada Foto dan Video

Ada banyak aplikasi menghapus watermark untuk menghapus atau menghilangkan watermark dari foto dan

Properti
Properti Apa Itu Kota Mandiri? Ini 5 Rekomendasi Perumahan di Kota Mandiri

Untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat akan hunian yang nyaman, tidak hanya dinilai dari

Gadget
Gadget 5 Cara Cek Baterai Health Samsung dengan Cepat

Sejak beberapa tahun terakhir, Samsung membekali gawai rilisan terbarunya dengan kapasitas yang bes

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Oppo 3 Jutaan

Mengumpulkan uang berjumlah Rp4 jutaan untuk membeli handphone memang terasa banyak dan berat. Deng

Gadget
Gadget 8 Cara Reset HP Xiaomi Semua Tipe Secara Otodidak

Sebagai salah satu brand gawai pintar ternama di dunia, produk dari Xiaomi juga tak luput dari erro

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia