BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Desain Tata Letak Glass Block yang Tepat
0
0

5 Desain Tata Letak Glass Block yang Tepat

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Des 7, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Tata Letak Glass Blocktop-right-banner

Glass block adalah material yang banyak dimanfaatkan sebagai elemen dekorasi ruangan. Material yang juga disebut bata kaca ini bisa diaplikasikan di depan, dalam, maupun ruangan-ruangan tertentu di rumah. Lalu bagaimana sih desain tata letak glass block yang tepat?

Pemasangan glass block sebenarnya cukup mudah dan bisa diaplikasikan di berbagai sudut hunian, termasuk glass block di kamar mandi. Desain tata letak glass block pun bisa dibuat sesuai keinginan untuk menambah nilai estetika ruangan.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Panorama Bekasi Residence atau rumah second di Kab Bandung bisa juga memasang elemen dekoratif ini. Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa pasang iklan properti di Pinhome. 

Baca juga: 9 Cara Mengaplikasikan Partisi Ruangan dengan Maksimal, Dijamin Keren dan Indah

Mengenal Glass Block

Tata Letak Glass Block
Source : iStock Photo

Sebelum membahas desain tata letak, sebaiknya kamu mengetahui lebih dulu tentang apa itu glass block. Melansir banyak sumber, glass block adalah material dari kaca yang dibuat untuk menciptakan pencahayaan alami pada sebuah bangunan. 

Awalnya, bata kaca ini dipasang pada area kamar mandi atau ruangan lain yang minim pencahayaan. Namun seiring berjalannya waktu, glass block juga dipasang pada area lain untuk menambah nilai estetika. 

Glass block diproduksi dengan berbagai ukuran layaknya keramik lantai. Namun glass block yang paling umum ditemukan di pasar adalah yang berukuran 20 x 20 cm dengan ketebalan sekitar 11 cm. 

Secara fungsi, bata kaca ini memiliki fungsi utama yaitu memaksimalkan pencahayaan alami pada rumah. Dengan pencahayaan yang bisa masuk ke dalam, maka sebuah ruangan akan terhindar dari suasana lembab yang membuat tidak nyaman. 

Selain itu, glass block juga bisa dijadikan sebagai pengganti jendela atau ventilasi. Dengan adanya glass block di tempat jendela atau ventilasi, maka cahaya dari luar akan disalurkan ke dalam ruangan tanpa membuat silau penghuni. 

Di sisi lain, glass block juga bisa digunakan bagi kamu yang ingin membuat rumah ramah lingkungan yang hemat energi. Dengan pencahayaan yang disalurkan glass block, kamu tidak perlu lagi menghidupkan lampu pada siang hari.

Baca juga: Siapa Itu Arsitek? 9 Pekerjaan Utama Arsitek dalam Dunia Konstruksi

Desain Tata Letak Glass Block

Tata Letak Glass Block
Source : iStock Photo

Pemasangan glass block sebenarnya tidak terlalu sulit. Ia bisa dipasang layaknya memasang bata untuk dinding. Namun demikian, seorang tukang tetap harus memperkirakan ukuran serta memastikan material ini dipasang dengan rata dan rapi. 

Buat kamu yang bingung, berikut adalah beberapa inspirasi desain tata letak glass block yang tepat dan bisa dijadikan referensi. 

1. Glass Block untuk Ventilasi

Tata Letak Glass Block
Source : Pinterest

Ventilasi memang difungsikan untuk memastikan kelancaran sirkulasi udara dalam sebuah ruangan. Namun ventilasi rumah biasanya akan dibongkar atau ditutup ketika kamu beralih menggunakan air conditioner (AC) di rumah. 

Setelah ditutup, maka akan muncul masalah baru, yaitu ruangan menjadi gelap sehingga harus menyalakan lampu meski saat siang hari. Tentu saja hal ini membuat rumah tidak hemat energi yang berakibat buruk bagi lingkungan dan iklim.

Untuk mengatasi itu, kamu bisa mengganti ventilasi yang berlubang itu dengan glass block. Pasang material ini di dinding bagian atas ruangan secara memanjang agar cahaya tetap bisa masuk ke dalam ruangan tanpa ada udara yang mengikuti. 

2. Pengganti Jendela

Tata Letak Glass Block
Source : Pinterest

Seperti yang dijelaskan di atas, glass block juga bisa dijadikan sebagai pengganti jendela. Kasus penggantian ini biasanya juga mirip dengan permasalahan yang timbul ketika beralih ke pendingin ruangan. 

Sebagaimana diketahui, pemasangan AC menuntut ruangan dalam kondisi tertutup sehingga udara dari luar tidak masuk ke dalam. Alih-alih menutup jendela yang membuat ruangan jadi gelap, kamu bisa menggantinya dengan glass block

Dalam hal ini, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memastikan ukuran, apakah glass block yang dipasang sama seperti ukuran jendela sebelumnya atau lebih kecil dan lebih besar. Menghitung ukuran ini juga berguna untuk menentukan berapa jumlah glass block yang diperlukan. 

Baca juga: 9 Fakta Material Bahan HPL Beserta Kelebihan dan Kekurangan dalam Desain Ruangan

3. Partisi Ruangan

Tata Letak Glass Block
Source : Pinterest

Partisi ruangan adalah salah satu cara yang efektif untuk memaksimalkan ruang dalam sebuah rumah atau kantor. Dengan menggunakan partisi yang tepat, kamu dapat menciptakan area yang terpisah secara fungsional dan estetis. 

Untuk menciptakan pembatas ruangan ini kamu juga bisa menggunakan material glass block. Kamu bisa membatasi ruang tamu dan ruang tengah dengan partisi ruangan dari glass block

Dengan menggunakan glass block sebagai partisi ruangan, maka ruang tengah yang dibatasi itu tidak gelap seperti ketika menggunakan pembatas dinding atau pembatas tertutup lainnya. Cahaya tetap bisa masuk ke ruang tengah dan privasi keluarga tetap terjaga saat ada tamu. 

4. Glass Block di Pintu

Tata Letak Glass Block
Source : Pinterest

Biasanya pintu utama rumah diapit dengan jendela kaca yang tingginya bisa ⅓ dari tinggi pintu. Tentu kaca yang mengapit pintu ini berfungsi sebagai meneruskan cahaya ke dalam rumah sekaligus elemen dekorasi depan rumah. 

Namun kaca memiliki kekurangan yaitu mudah pecah, apalagi jika diletakkan di depan rumah mengapit pintu. Untuk itu, kamu bisa menggantinya dengan material glass block yang menawarkan kekuatan lebih baik. 

5. Dinding Glass Block

Tata Letak Glass Block
Source : Pinterest

Glass block merupakan material multifungsi. Kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai salah satu sisi dinding rumah. Misalnya, pasang glass block memenuhi salah satu sisi dinding ruang keluarga. 

Adanya dinding glass block ini tidak hanya membuat ruangan menjadi terang dan estetik, Pins. Dinding glass block rupanya juga memberikan ilusi optik yang membuat ruangan terasa lebih lega dan luas. 

Itulah beberapa desain tata letak glass block yang bisa kamu jadikan inspirasi dan referensi. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: iStock Photo


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Intan Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download