Pinhome

Pagar Tanaman Hidup Untuk Mempercantik Rumah

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 19 October 2021 ∙ 4 menit membaca

Pinhome – Pagar adalah salah satu elemen penting untuk keseluruhan konsep hunian. Selain fungsinya sebagai bagian dari pengamanan dan keamanan rumah, pagar juga menjadi satu bagian dari dekorasi lanskap yang menambah keindahan lingkungan sebuah bangunan.

Belakangan semakin banyak orang yang menyukai penggunaan tanaman perdu yang dibentuk cantik untuk menjadi pagar rumah.

Meski dari segi fungsional, pagar tanaman hidup mungkin tak mampu menjadi bagian pengamanan serta keamanan lingkungan rumah. Namun kombinasi antara pagar permanen yang terbuat dari tembok atau material lain dengan pagar tanaman hidup juga masih sering ditemukan.

Baca Juga:

Hal ini untuk memenuhi dua fungsi dari pagar itu sendiri, yaitu fungsi pembatas dan pengamanan juga fungsi estetis dari segi keindahan rumah. Namun penggunaan pagar kombinasi sebenarnya tak perlu bila memang lingkungan rumah sudah memiliki petugas keamanan atau security yang berjaga dari waktu ke waktu.

Dengan adanya petugas keamanan seperti ini maka penggunaan pagar tanaman murni bisa diimplementasikan. Artikel kali ini akan memberikan ulasan tanaman apa saja yang mungkin bisa menjadi pagar rumah dengan karakter lingkungan rumah.

Tanam dengan rapat bila ingin pagar tanaman hidup terkesan rapi. Banyak sekali jenis tanaman yang bisa dijadikan sebagai bagian dari pagar hidup. Beberapa berbentuk sulur atau merambat, sementara beberapa adalah tumbuhan perdu yang sangat cantik dengan daun yang indah.

Di beberapa daerah di Indonesia pagar tanaman hidup sudah dikenal turun temurun. Beberapa bahkan menggunakan tanaman yang juga bermanfaat sebagai obat, apa saja? Berikut adalah rangkumannya.

Baca Juga:

1. Pucuk Merah, Tanam Rapat Agar Bisa Dibentuk

Belakangan tanaman dari bangsa perdu-perduan yang hampir mirip dengan tumbuhan cengkeh ini jadi populer. Selain karena mudah dibudidaya dengan perawatan yang relatif tak menyita perhatian, pucuk merah jadi primadona tanaman pagar karena keindahan ujung daunnya yang berwarna merah akan berkilauan diterpa matahari pagi.

Bila mengharapkan tumbuhan ini bisa dibentuk, tanam dengan jarak yang rapat, lakukan pula pemangkasan setidaknya 2 minggu sekali.

Baca Juga:

2. Morning Glory, Si Tanaman Sulur Dengan Bunga Warna-Warni Nan Cantik

Jika mengharapkan aplikasi tanaman sulur untuk pagar kombinasi antara pagar tanaman hidup dengan pagar permanen baik dari kayu atau material lainnya, Morning glory bisa jadi pilihan.

Jenis tanaman semak yang tumbuh menjalar ini akan tampak cantik menghiasi frame dan pagar rumah. Terlebih bila sedang berbunga tentu akan membawa keindahan tersendiri, ragam jenis bunga yang bisa dipilih sesuai selera juga adalah alasan sisi lain untuk menanam tanaman ini.

pahar tanaman
(Ilmu Budidaya)

3. Bambu Kuning, Bangsa Bambu Dengan Rumpun Rapat Yang Indah

Jenis bambu-bambuan juga bisa dipilih, bambu kuning adalah yang populer. Bangsa bambu dengan warna kuning kombinasi hijau ini bisa ditanam sebagai pagar hidup untuk hunian. Tumbuhan yang juga dipercaya punya daya untuk menolak hal buruk dengan nuansa mistis ini akan jadi pagar hidup yang rapat dan kuat.

Terlepas dari kepercayaan dan tradisi semacam itu, bambu kuning adalah pilihan jenis tanaman pagar hidup yang mudah untuk dibudidaya serta gampang dirawat.

Selain tanaman diatas, beluntas adalah salah satu tanaman pagar hidup yang bisa dicoba. Jenis tanaman ini juga bisa dipergunakan sebagai jamu dan telah ditanam turun temurun oleh masyarakat Indonesia. Pagar tanaman hidup bisa menjadi alternatif pagar rumah yang cantik dan menarik.

Baca Juga:

—————————————

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Perjanjian Kerjasama dan Cara Benar Membuatnya

Sebuah perusahan tentu tak bisa berdiri sembari. Untuk memperluas cangkupan bisnis diperlukan kerja

Edukasi
Edukasi 3 Contoh Surat Rekomendasi dan Cara Membuatnya yang Benar

Surat rekomendasi kerap dibutuhkan dalam berbagai keperluan, seperti melamar pekerjaan serta mencar

Edukasi
Edukasi 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Semua Posisi!

Pinhome - Sebagai lulusan tenaga ahli medis, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja ke rumah s

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap! 

Pinhome - Ingin bekerja sebagai pegawai bank yang ada di Indonesia? Bank di Indonesia biasanya memb

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan dan Contohnya

Walau zaman sudah modern, tapi masih ada perusahan tertentu yang memilih untuk menggunakan surat la

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia