BlogPemilik PropertiFinansial11 Daftar Saham Properti Terbaik di Indonesia untuk Investasi
0
0

11 Daftar Saham Properti Terbaik di Indonesia untuk Investasi

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Sep 25, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai jumlah penduduk terbanyak dan menjadi negara terluas ke-14 di dunia. Hal ini lah yang membuat kebutuhan properti di Indonesia, seperti apartemen, perkantoran, pertokoan, dan perumahan, terus meningkat dan diminati oleh para konsumen ataupun investor. Nah pada artikel kal ini, Pinhome akan memberikan beberapa daftar saham property terbaik di Indonesia untuk investasi.

Tingginya kebutuhan properti di Indonesia membuat tingkat permintaan juga meningkat. Hal ini berarti, berinvestasi pada saham sector properti termasuk salah satu peluang yang dipercaya menjanjikan karena tingkat keuntungan dan keberlangsungannya yang terbilang tinggi.

Bagi Kamu yang sedang berniat untuk berinvestasi pada sektor properti pastinya akan mencari contoh emiten saham properti yang baik agar keuntungan yang di dapat bisa maksimal. Bursa Efek Indonesia (BEI) biasanya akan membantu para investor untuk menentukan perusahaan terbaik di setiap sektor, termasuk sektor property, dengan menerbiktkan indeks saham IDX sectors property & real estate setiap tahunnya.

Cek juga penjelasan soal simulasi KPR dan cara cek estimasi harga rumah di Pinhome. Kamu juga bisa cek daftar rumah dijual di bogor dan rumah second di kota Jakarta Pusat di sini, lho. 

Baca juga: Dokumen Penting Dalam Proses Jual Beli Rumah #MulainyaDariSini

Daftar Saham Properti Terbaik di Indonesia untuk Investasi

Kamu tidak perlu susah-susah untuk mencari saham di sektor properti yang terbaik, karna Pinhome telah merangkum pada artikel ini. Berikut beberapa daftar saham properti terbaik di Indonesia untuk investasi.

1. Pakuwon Jati Tbk (PWON)

Source : Pakuwon Jati

Saham properti yang satu ini adalah salah satu perusahaan developer yang terkenal sebagai raja mal karena telah mendirikan dan mengelola banyak mal di Surabaya dan Jakarta. Perusahaan yang satu ini tidak hanya beroperasi di bidang property komersial saja, akan tetapi juga bergerak di bidang property residensial, perhotelan, perkantoran, dan masih banyak lagi. Menariknya, PWON juga adalah salah satu saham Syariah terbaik yang dapat dijadikan pertimbangan bagi para investor yang ingin menanamkan modalnya di saham Syariah.

Harga saham PWON pada tahun 2022 juga sempet mengalami kontraksi sehingga menyentuh titik terendah di harga Rp426 sebelum akhirnya naik kemabli menjadi Rp442.

2. Ciputra Development Tbk. (CTRA)

Sesuai dengan Namanya, saham sektor property ini telah dikembangkan pada 1981 oleh Ir. Ciputra, yaitu seorang konglomerat yang berasal dari Sulawesi Tengah. Hingga saat ini, perusahaan yang satu ini dikelola secara langsung oleh keturunannya.

Sepanjang tahun 2022, harga saham CTRA tercata fluktuatif dan sempat dijual dengan harga terendah Rp830 per lembar dan harga tertinggi Rp1.120 per lembar. Per Januari 2023, harga saham dari perusahaan ini telah berada di angka Rp910 per lembar dengan nilai kapitalisasi pasar mencapai Rp16,9 Triliun.

3. Maha Properti Indonesia Tbk. (MPRO)

Saham property terbaik berikutnya yaitu PT Maha Properti Indonesia. Proyek utama yang dijalankan oleh perusahaan yang satu ini yaitu The Kahyangan di Solo dan Simprug Signatur di Jakarta Selatan. Sepanjang pertengahan awal tahun 2022, saham perusahaan tersebut mengalami sideways dengan harga saham berada di kisaran Rp760-820 per lembar.

Pada Juli 2022, barulah saham yang satu ini mengalami kenaikan secara perlahan-lahan hingga akhirnya mencetak harga tertinggi pada Januari 2023 dengan harga saham Rp.1.750 per lembar.

4. Lippo Karawaci Tbk. (LPKR)

Source : Pixabay

Nama perusahaan property yang satu ini pastinya tidak asing lagi di telinga Kamu. Perusahaan developer tersebut dikenal karena sudah mengembangkan banyak mal, rumah sakit, hotel, hingga apartemen popular di Indonesia. Beberapa contoh property yang telah dikembangkan oleh perusahaan ini antara lain Lippo Cikarang, Lippo Malls, dan Taman Bunga Residence.

Pada periode Januari hingga Juli 2022, saham emiten tersebut tercatat stabil sebelum akhirnya mengalami penurunan sampai mencapai angka Rp74 per lembar atau turun 42% jika dibandingkan dengan satu tahun sebelumnya. Hal ini membuat pemberitaan negatif di dunia saham yang berimbas pada kerugian keuangan di bulan September sampai Rp1,9 Triliun.

Baca juga: Yuk, Kenali 5 Biaya Pajak Penjualan Rumah!

5. Plaza Indonesia Reakty Tbk (PLIN)

Plaza Indonesia Realty termasuk ke dalam kategori daftar saham property terbaik di Indonesia. Perusahaan yang bisnis utamanya bergerak di bidang pengelola hotel dan mal tersebut dikenal karena pembangunan kompleks Plaza Indonesia. Emiten berkode PLIN ini telah terdaftar di bursa sejak 1992.

6. PT Pollux Property Indonesia Tbk (POLL)

Perusahaan pengembang property internasional satu ini telah terkenal karena membangun apartemen komersial, hotel di kota-kota besar Indonesia, dan pusat belanja. Salah satu proyek yang mereka kerjakan yaitu Pollux Amarsvati di Lombok dan Pollux Skysuites di Mega Kuningan. Walaupun pada awal 2022 sempat mengalami penurunan, namun pada Januari 2023 kapitalisasi pasar saham perusahaan POLL mencapai angka Rp 1,6 triliun.

7. Metropolitan Kentjana Tbk (MKPI)

Source : Pixabay

Perusahaan pengembang property, PT Metropolitan Kentjana Tbk (MKPI), merupakan emiten pemilik dan pengelola dari perumahan elite rumah Pondok Indah dan Mall Pondok Indah. Perusahaan yang satu ini sudah beroperasi sejak 1972 dan masih aktif dalam mengelola kedua asset utama tersebut dan beberapa asset pendukung lainnya.

8. Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE)

Tangerang Selatan juga mempunyai Kawasan property, yaitu Bumi Serpong Damai (BSD) City yang terletak di Serpong. PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSD) tidak hanya mengembangkan kompleks perumahan elite, akan tetapi juga mempunyai proyek perkantoran, kawansan komersial, dan bahkan Kawasan industry.

9. Puradelta Lestari (DMAS)

Emiten Puradelta Lestari merupakan sebuah perusahaan yang merupakan hasil kolaborasi antara PT Sinarmas Land dan Sojitz Corporation. Perusahaan ini berfokus pada pengembangan dan pengelolaan property di Kota Deltamas, sebuah Kawasan perumahan, perkantoran, dan industry yang terletak di Cikarang, Bekasi.

10. Summarecon Agung Tbk (SMRA)

Summarecon Agung Tbk (SMRA) bisa dianggap merupakan salah satu perintis dalam pembangunan di Jakarta. Perusahaan yang satu ini didirikan oleh Soetjipto Nagaria pada 1975 dan telah mengembangkan Kawasan Kelapa Gading sampai saat ini.

Baca juga: Tips Renovasi Rumah Tua yang Perlu Kamu Ketahui!

11. Agung Podomoro Landa (APLN)

Source : Agung Podomoro Land

Kamu tahu Agung Podomoro Land? Ia adalah bagian dari Agung Podomoro Group yang berpengalaman lebih dari 50 tahun di bidang property. Perusahaan yang satu ini dikenal karena mempunyai beberapa proyek terkenal, seperti Neo Soho, Senayan City, dan mal Central Park. Pada akhir 2020, APLN mencatatkan penjualan dan pendapatan usaha sebesar Rp 4,95 trilitun, yang meningat sebesar 30,7 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Itu dia beberapa daftar saham property di Indonesia. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga: Ingin Merenovasi Rumah? Ini Estimasi Biaya Renovasi Rumah Selengkapnya!

Source Feature ImagePixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Dewe Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download