BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Tips Mendesain Dapur di Bawah Tangga Menurut Feng Shui
0
0

8 Tips Mendesain Dapur di Bawah Tangga Menurut Feng Shui

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mar 15, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
dapur-di-bawah-tangga-menurut-feng-shuitop-right-banner

Memiliki rumah dengan luas terbatas bukan berarti kamu memiliki penghalang besar dalam merancang rumah sebaik mungkin lho! Salah satu ruangan yang tak jarang diabaikan adalah dapur. Padahal ruangan yang satu ini memiliki lalu lintas yang sangat tinggi untuk menghasilkan hidangan-hidangan lezat bagi keluarga. Tidak sembarangan di design, ada lho kiat-kiat membangun dapur dibawah tangga menurut feng shui!

Dapur cantik bisa tetap tercipta meski kamu memiliki luas rumah yang tidak begitu besar. Salah satu spot yang bisa dimanfaatkan sebagai dapur jika kamu memiliki rumah mungil adalah area bawah tangga. Area ini bisa membuat dapur kamu terlihat lebih unik meski menempel pada bagian bawah tangga. 

Tak sedikit pula iklan jual rumah yang menampilkan interior dapur tepat di bawah tangga yang tak kalah menarik. Pinhome membantu kamu menemukan properti sesuai budget dan keinginanmu. Misalnya hunian dekat Universitas Pasundan, sewa apartemen di Tebet bahkan rumah dijual di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa.

Desain Dapur Dibawah Tangga Menurut Feng Shui

Mendesain dapur di bawah tangga juga memiliki feng shuinya tersendiri. Hal ini adalah kepercayaan yang dianut dari budaya Tiongkok kuno. Bagi kamu yang penasaran simak yuk tips mendesain dapur dibawah tangga menurut feng shui!

1. Pintu Utama Tidak Menghadap Dapur

Source : Pinterest

Menurut feng shui posisi pintu utama sebaiknya tidak menghadang dapur. Jadi, ketika masuk ke dalam rumah, Pins tidak menghadap langsung ke dapur.

Karena, jika saat masuk ke dalam rumah dan kamu langsung menghadap ke dapur, hal ini dipercaya dapat menyebabkan kamu diserang oleh energi api yang dipancarkan oleh kompor dan membawa pengaruh negatif terhadap diri kamu lho!

Baca juga: Inspirasi Model Dapur Minimalis Sederhana

2. Posisi Kompor dan Wastafel Tidak Boleh Berdekatan

Source : Pinterest

Hal kedua yang harus kamu perhatikan dalam menata dapur di bawah tangga menurut feng shui adalah posisi kompor dan wastafel yang tidak boleh berdekatan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa kompor memiliki energi api sedangkan wastafel memiliki energi air. 

Energi air ini dapat memadamkan api, namun api juga bisa mendidihkan air sehingga dapat menimbulkan masalah dapur di bawah tangga menurut feng shui. Oleh karena itu, kamu harus menghindari penataan posisi kompor dan wastafel yang bersebelahan atau saling berdekatan. 

Usahakan menempatkan kompor dan cara pasang wastafel cuci tangan/bak cuci piring dengan jarak minimal satu lengan. Gunakan pengukuran feng shui untuk menentukan kedua alat masak ini ya! Kamu juga bisa menempatkan pembatas supaya penempatan kedua barang ini semakin jelas terpisah.

3. Buat Dapur dengan Konsep Terbuka

Source : Pinterest

Aturan feng shui selanjutnya adalah tidak membuat pintu dapur yang menghadap ke arah toilet. Jadi dapur di bawah tangga ini bisa dibuat dengan konsep terbuka sehingga tidak memiliki pintu. 

Hal ini juga akan memudahkan kamu lalu lalang saat memasak, terutama jika luas rumah tidak terlalu besar. Konsep dapur terbuka ini bisa kamu gabung dengan ruang makan atau ruang bersantai sehingga memiliki kesan yang lebih luas.

4. Tambahkan Satu Anak Tangga Pada Lantai Dapur

Source : Pinterest

Pemberian satu anak tangga pada lantai dapur ini akan membuat dapur semakin jelas. Hal ini akan menegaskan spot dapur dengan area lain meski dapur dibuat dengan konsep terbuka. Jadi pemberian anak tangga feng shui ini cukup membantu bagi rumah dengan luas yang mungil.

5. Hindari Warna Merah Pada Dekorasi Dapur

Source : Pinterest

Tips mendesain dapur di bawah tangga menurut feng shui selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah dengan menghindari warna merah pada dekorasi dapur. Ya, karena dapur memancarkan energi api yang kuat, tentu penggunaan warna merah akan menambah bahan bakar pada energi api sehingga energi api ini akan semakin besar.

Menurut feng shui, hal ini dipercaya dapat menyebabkan kebakaran. Jadi, sebaiknya gunakan warna-warna yang soft supaya dapur lebih aman.

Baca juga: Tips Desain Dapur Terbaik Untuk Keluarga

6. Pilihan Warna Interior

Source : Pinterest

Dalam ilmu feng shui, warna interior juga diatur lho! Tidak mengada-ngada, namun pilihan warna-warna ini juga disesuaikan dengan posisi dapur di bawah tangga kamu. Jika dapur bawah tangga terletak di sisi selatan rumah, maka pilihlah warna oranye dan kuning sebagai warna desain interior

Namun jika dapur berada di sisi barat rumah, maka kamu bisa menggunakan warna putih dan abu-abu. Jika dapur terletak di barat daya rumah, gunakan warna-warna api seperti merah terang dan ungu.

Lalu jika dapur terletak di utara rumah, maka kamu bisa menggunakan warna biru, hitam dan abu-abu. Terakhir, jika dapur terletak di timur rumah, maka kamu bisa menggunakan warna hijau, coklat dan biru muda pada dapur.

7. Posisi Memasak

Source : Pinterest

Dapur di bawah tangga menurut feng shui selanjutnya, adalah posisi masak yang tepat. Posisi masak ini tidak bisa sembarangan, karena kamu sebaiknya menghindari posisi masak yang mengarahkan punggung ke pintu utama. Karena, hal ini dipercaya dapat membuat energi dan aura pribadi kamu rentan selama memasak karena berfokus pada makanan. 

Tidak hanya itu, energi api juga dapat menyebabkan energi personal milik kamu berkedip. Hal ini mirip seperti udara yang terdistorsi di hadapan benda yang panas. Oleh karena itu, saluran energi dalam posisi masak yang salah bisa berbahaya.

8. Posisi Kompor

Source : Pinterest

Hal terakhir yang harus Pins perhatikan dalam mendesain dapur menurut feng shui adalah posisi kompor. Pastikan dinding yang menjadi sandaran kompor adalah dinding solid. Dalam ilmu feng shui, dinding solid diumpamakan sebagai sandaran (rezeki). Jadi jika dinding kokoh, maka keharmonisan akan selalu bertahan di dalam rumah.

Itulah 8 tips mendesain dapur dibawah tangga menurut feng shui yang bisa kamu implementasikan di rumah. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 7 Desain Dapur Mini Bar di Bawah Tangga yang Hemat Ruang


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Orchard Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download