Pinhome

Tips Properti

Ide Renovasi Kamar Kecil dan Perkiraan Biayanya

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 14 September 2021 ∙ 6 menit membaca

Ketika berbicara soal renovasi kamar kecil, yang sering ada dalam pikiran adalah biayanya yang mahal. Padahal renovasi kamar tidak harus mahal, asalkan kamu teliti ketika melakukan prosesnya. Budget minim juga bisa membuat kamu tetap merenovasi kamar kecil kesayangan agar semakin nyaman.

Pinhome- Tahukah kamu bahwa agar tidak membosankan, interior ruangan sebaiknya diganti setiap 5 tahun sekali? Renovasi dilakukan pada berbagai bagian rumah, misalnya dapur, kamar tidur dan ruang tamu. Renovasi juga dapat memiliki banyak alasan. Contohnya seperti adanya kerusakan pada beberapa bagian rumah, terjadi bencana, hingga menambah kenyamanan penghuni. Nah, khusus untuk Pins yang ingin renovasi kamar kecil, beberapa idenya ada di bawah ini beserta kisaran harganya.

Baca Juga: Baca Ini Terlebih Dahulu Sebelum Melakukan Renovasi Rumah Minimalis

Renovasi Kamar Kecil Secara Realistis

renovasi kamar kecil
(Pinterest)

Kamar tidur kecil dipakai penghuni sebagai ruang istirahat. Inilah mengapa pentingnya kenyamanan dalam kamar. Dekorasi berlebihan dapat membuat Pins sulit tidur, sebab terlalu banyak fokus yang ditonjolkan dalam kamar. Kamu bisa memilih dekorasi esensial yang menarik agar ruang tetap nyaman.

Contohnya kolase bingkai foto untuk memajang foto keluarga atau tirai cantik yang digunakan sebagai penghalau sinar dari matahari. Salah satu hal terpenting adalah barang-barang dekor yang kamu pilih ketika melakukan renovasi kamar harus fungsional dan memang diperlukan. Kini pun sudah banyak paket dekorasi menarik barang aesthetic yang dibanderol dari harga Rp100.000 – Rp300.000. Cukup terjangkau bukan Pins?

Gunakan Furniture yang Masih Berguna

renovasi kamar kecil
(House Beautiful)

Renovasi kamar tidak berarti kamu harus mengganti semua furniture dan dekorasi. Hal tersebut dilakukan, jika kamu ingin melakukan renovasi kamar simple dengan tujuan mendapatkan suasana yang baru. Kamar baru pun pada akhirnya juga memerlukan hal-hal yang mendasar, seperti meja, kasur, dan lemari pakaian.

Jika furniture minimalis yang Pins punya masih dapat digunakan, atau kamu punya lampu LED masih dapat menyala dengan baik. Usahakan untuk tidak menggantinya dengan yang baru. Kamu bisa juga menerapkan ide kreatif pada furnitur lama menjadi hiasan kamar yang dekoratif atau hanya mengecat ulang kayu cantik milikmu. Harga cat kayu yang dijual dipasaran tidak mencapai Rp150.000/ kg nya.

Perhatikan Kombinasi Warna Interior Kamar

renovasi kamar kecil
(Medium)

Hal utama yang ditangkap pada mata ketika menentukan suasana ruang yaitu warna ruangnya. Hal ini juga berlaku ketika merenovasi kamar simple milik mu. Jika kamu mempunyai budget minim, maka tidak perlu melakukan renovasi kamar dengan menyeluruh. Cukup cermati perpaduan warna elemen pada kamar. Seperti penggantian warna sprei, menggunakan model tirai kamar yang bervariasi, atau penggantian warna cat rumah sesuai favoritmu.

Warna mempunyai peran penting pada setiap ruang. Pilihlah ragam warna yang lembut bagi kamar ukuran kecil milikmu. Kamu bisa mengecat dinding kamar tidur dengan warna putih, abu-abu atau biru muda yang bisa membuatnya tampak lebih segar dan besar. Apalagi bila dikombinasikan menggunakan jendela besar yang memberikan akses cahaya alami masuk, tentu kamar tidur Pins tampak semakin sempurna. 

Bila kamu memiliki modal minim, kamu bisa renovasi kamar simple jadi lebih modern dengan style minimalis. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan pengecatan pada seluruh dinding kamar memakai cat warna muda. Langkah pengecatan dilakukan sendiri, membuat Pins tidak harus mengeluarkan biaya untuk tukang. Diperlukan 3,5 liter cat putih harga sekitar Rp120.000 untuk mengecat seluruh dinding dengan ukuran 3×4. Dengan memakai cat warna putih saja, kamar bisa terlihat lebih cerah dan luas daripada sebelumnya.

Cermati Struktur Bangunan dalam Merenovasi Kamar Tidur Kecil

renovasi kamar kecil
(Family Handyman)

Saat kamu ingin renovasi kamar, cermati baik-baik kamar kamu sebelumnya. Apa alasan kamu ingin renovasi kamar? Beberapa furniture atau dekorasi apa yang mengalami kerusakan? Contohnya kamu ingin merenovasi kamar disebabkan dinding yang lembab, karpet berjamur, atau disebabkan banyak serangga. Sebelum fokus pada penggantian dekorasi atau furniture, ada baiknya jika kamu fokus untuk membenahi masalah dan kerusakan yang ada di dalam kamar. Tidak hanya dapat lebih hemat energi, kamu juga dapat menghemat biaya renovasi secara keseluruhan.

Sebelum direnovasi, lantai kamar yang memakai lantai keramik putih saja bisa dilapisi karpet bermotif kayu agar tampilan semakin keren. Karpet dengan motif kayu ini memiliki harga sekitar Rp185.000 – Rp300.000 sesuai bahan yang dipilih. Namun, warnanya tidak glossy dan terlihat seperti lantai kayu asli.

Biarkan Kamu Bebas Berkreasi untuk Desain Kamar Tidur

(Pinterest)

Ingin mendapatkan dekorasi baru, namun terasa berat biayanya? Jika begitu, kamu bisa membuatnya sendiri. Misalnya memanfaatkan kayu palet bekas menjadi kreasi headboard unik, membuat frame foto unik yang berbeda dari yang lain, atau memakai berbagai kardus bekas yang tidak terpakai di gudang menjadi rak buku sederhana.

Cermin besar dapat memantulkan cahaya dan kesan mendalam pada kamar kamu. Oleh sebab itu, kamu bisa memasukkan cermin besar dalam kamar tidur kecil. Kamu dapat menggantungnya pada dinding, atau menyamarkannya di dinding. Lebih dari itu, bisa lebih baik bila kamu meletakkan cermin pada depan jendela. Sebagai alternatif, Pins bisa berkreasi pada lemari kamar memakai pintu cermin yang bisa menonjolkan detail kamar. Harga cermin sendiri dengan ketebaln 3 mm dibaderol seharga Rp180.000/meter.

Lantai Kamar Tetap Bersih Agar Kamar Tidur Kecil Tampak Luas

(My Move)

Salah satu cara agar mengakali sebuah ruangan kecil yaitu dengan mempunyai lantai bersih. Kamu dapat mewujudkannya dengan membuat rak gantung yang dapat digunakan untuk pajangan aksesoris atau barang dekoratif milikmu. Trik ini sudah terbukti berguna khususnya bila kamar tidur kamu mempunyai langit-langit tinggi.

Proses membuat rak gantung ini sangat mudah. Pertama, siapkan sejumlah rak kayu dengan ukuran bervariasi. Kamu bisa memberikan warna latar yang berbeda untuk kotak seperti putih, kuning, hijau dan merah memakai cat atau kertas warna. Setelahnya, gantung rak tersebut pada dinding sesuai pola yang Pins mau. Sebagai masukan tambahan, pakai gantungan gigi gergaji bila memiliki rencana untuk mengubah rak di kemudian hari. Harga rak ini juga cukup terjangkau, mulai dari Rp29.000 hingga Rp200.000.

Itulah beberapa ide cerdas yang bisa kamu terapkan dalam merenovasi kamar simple mungilmu. Tidak hanya membuat kesan ruangan terlihat tambah luas, kamu juga semakin nyaman untuk istirahat di sana. Jadi, luangkan weekend Pins untuk menerapkan berbagai ide yang cukup mudah ini. 

Baca Juga: Tips Menggunakan Kontraktor Untuk Renovasi Rumah Minimalis


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel