BlogPemilik PropertiFinansial5 Ide Renovasi Kamar Kecil dan Perkiraan Biayanya
0
0

5 Ide Renovasi Kamar Kecil dan Perkiraan Biayanya

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Sep 4, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
interior, bedroom, bedtop-right-banner

Jika berbicara soal ide renovasi kamar kecil, beberapa orang mungkin berpikir biaya renovasi cukup mahal. Padalah renovasi kamar tidak harus mahal, asalkan kamu teliti ketika melakukan prosesnya. Budget minim juga bisa membuat kamu tetap merenovasi kamar kecil kesayangan agar semakin nyaman. Hal ini terutama berlaku ketika Pins beli rumah seken di Bekasi via pengajuan KPR.

Renovasi dilakukan pada berbagai bagian rumah, misalnya dapur, kamar tidur dan ruang tamu. Renovasi juga dapat memiliki banyak alasan. Contohnya seperti adanya kerusakan pada beberapa bagian rumah, terjadi bencana, hingga menambah kenyamanan penghuni, terutama saat beli rumah di Orchard Village.

Nah, khusus untuk Pins yang ingin ide renovasi kamar kecil, beberapa idenya ada di bawah ini beserta kisaran harganya.

Beragam Ide Renovasi Kamar Kecil yang Kekinian

Mempunyai kamar dengan ukuran kecil? Tidak perlu bingung, kamu bisa menggunakan beragam ide renovasi kamar kecil yang kekinian berikut ini!

Baca juga: 19 Desain Kamar Tidur, Mulai dari yang Minimalis hingga Mewah

1. Renovasi Kamar Kecil Secara Realistis

ide renovasi kamar kecil
Source : Pinterest

Kamar tidur kecil dipakai penghuni sebagai ruang istirahat. Inilah mengapa pentingnya kenyamanan dalam kamar. Dekorasi berlebihan dapat membuat Pins sulit tidur, sebab terlalu banyak fokus yang ditonjolkan dalam kamar. Kamu bisa memilih dekorasi esensial yang menarik agar ruang tetap nyaman.

Contohnya kolase bingkai foto untuk memajang foto keluarga atau tirai cantik yang digunakan sebagai penghalau sinar dari matahari. Salah satu hal terpenting adalah barang-barang dekor rumah yang kamu pilih ketika melakukan renovasi kamar harus fungsional dan memang diperlukan.

Kini pun sudah banyak paket dekorasi menarik barang aesthetic yang dibanderol dari harga Rp100.000 – Rp300.000. Cukup terjangkau bukan Pins?

2. Gunakan Furniture yang Masih Berguna

Source : House Beautiful

Renovasi kamar tidak berarti kamu harus mengganti semua furniture dan dekorasi. Hal tersebut dilakukan, jika kamu ingin melakukan renovasi kamar simple dengan tujuan mendapatkan suasana yang baru. Kamar baru pun pada akhirnya juga memerlukan hal-hal yang mendasar, seperti meja, kasur, dan lemari pakaian.

Jika punya furniture minimalis yang bisa digunakan atau lampu LED yang masih bisa menyala dengan baik, usahakan untuk tidak menggantinya dengan yang baru.

Kamu bisa juga menerapkan ide kreatif pada furnitur lama menjadi hiasan kamar yang dekoratif atau hanya mengecat ulang kayu cantik milikmu. Harga cat kayu yang dijual dipasaran tidak mencapai Rp150.000/ kg nya.

3. Perhatikan Kombinasi Warna Interior Kamar

ide renovasi kamar kecil
Source : Medium

Hal utama yang ditangkap pada mata ketika menentukan suasana ruang yaitu warna ruangnya. Hal ini juga berlaku ketika merenovasi kamar simple milik mu. Jika kamu mempunyai budget minim, maka tidak perlu melakukan renovasi kamar dengan menyeluruh.

Cukup cermati perpaduan warna elemen pada kamar. Seperti penggantian warna sprei, menggunakan model tirai kamar yang bervariasi, atau penggantian warna cat rumah sesuai favoritmu.

Warna mempunyai peran penting pada setiap ruang. Pilihlah ragam warna yang lembut bagi kamar ukuran kecil milikmu. Kamu bisa mengecat dinding kamar tidur dengan warna putih, abu-abu atau biru muda yang bisa membuatnya tampak lebih segar dan besar.

Apalagi bila dikombinasikan menggunakan jendela besar yang memberikan akses cahaya alami masuk, tentu kamar tidur Pins tampak semakin sempurna. 

Bila kamu memiliki modal minim, kamu bisa renovasi kamar simple jadi lebih modern dengan style minimalis. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan pengecatan pada seluruh dinding kamar memakai cat warna muda.

Langkah pengecatan dilakukan sendiri, membuat Pins tidak harus mengeluarkan biaya untuk tukang. Diperlukan 3,5 liter cat putih harga sekitar Rp120.000 untuk mengecat seluruh dinding dengan ukuran 3×4. Dengan memakai cat warna putih saja, kamar bisa terlihat lebih cerah dan luas daripada sebelumnya.

Baca juga: 7 Tips Desain Kamar Tidur dengan Kamar Mandi Dalam

4. Cermati Struktur Bangunan dalam Merenovasi Kamar Tidur Kecil

Source : Family Handyman

Saat kamu ingin renovasi kamar, cermati baik-baik kamar kamu sebelumnya. Apa alasan kamu ingin renovasi kamar? Beberapa furniture atau dekorasi apa yang mengalami kerusakan? Contohnya kamu ingin merenovasi kamar disebabkan dinding yang lembab, karpet berjamur, atau disebabkan banyak serangga. 

Sebelum fokus pada penggantian dekorasi atau furniture, ada baiknya jika kamu fokus untuk membenahi masalah dan kerusakan yang ada di dalam kamar. Tidak hanya dapat lebih hemat energi, kamu juga dapat menghemat biaya renovasi secara keseluruhan.

Sebelum direnovasi, lantai kamar yang memakai lantai keramik putih saja bisa dilapisi karpet bermotif kayu agar tampilan semakin keren. Karpet dengan motif kayu ini memiliki harga sekitar Rp185.000 – Rp300.000 sesuai bahan yang dipilih. Namun, warnanya tidak glossy dan terlihat seperti lantai kayu asli.

5. Biarkan Kamu Bebas Berkreasi untuk Desain Kamar Tidur

ide renovasi kamar kecil
Source : Pinterest

Ingin mendapatkan dekorasi baru, namun terasa berat biayanya? Jika begitu, kamu bisa membuatnya sendiri. Misalnya memanfaatkan kayu palet bekas menjadi kreasi headboard unik, membuat frame foto unik yang berbeda dari yang lain, atau memakai berbagai kardus bekas yang tidak terpakai di gudang menjadi rak buku sederhana.

Cermin besar dapat memantulkan cahaya dan kesan mendalam pada kamar kamu. Oleh sebab itu, kamu bisa memasukkan cermin besar dalam kamar tidur kecil. Kamu dapat menggantungnya pada dinding, atau menyamarkannya di dinding.

Lebih dari itu, bisa lebih baik bila kamu meletakkan cermin pada depan jendela. Sebagai alternatif, Pins bisa berkreasi pada lemari kamar memakai pintu cermin yang bisa menonjolkan detail kamar. Harga cermin sendiri dengan ketebaln 3 mm dibaderol seharga Rp180.000/meter.

6. Lantai Kamar Tetap Bersih Agar Kamar Tidur Kecil Tampak Luas

Source : My Move

Salah satu cara agar mengakali sebuah ruangan kecil yaitu dengan mempunyai lantai bersih. Kamu dapat mewujudkannya dengan membuat rak gantung yang dapat digunakan untuk pajangan aksesoris atau barang dekoratif milikmu. Trik ini sudah terbukti berguna khususnya bila kamar tidur kamu mempunyai langit-langit tinggi.

Proses membuat rak gantung ini sangat mudah. Pertama, siapkan sejumlah rak kayu dengan ukuran bervariasi. Kamu bisa memberikan warna latar yang berbeda untuk kotak seperti putih, kuning, hijau dan merah memakai cat atau kertas warna.

Setelahnya, gantung rak tersebut pada dinding sesuai pola yang Pins mau. Sebagai masukan tambahan, pakai gantungan gigi gergaji bila memiliki rencana untuk mengubah rak di kemudian hari. Harga rak ini juga cukup terjangkau, mulai dari Rp29.000 hingga Rp200.000.

Itulah beberapa ide cerdas yang bisa kamu terapkan dalam merenovasi kamar simple mungilmu. Tidak hanya membuat kesan ruangan terlihat tambah luas, kamu juga semakin nyaman untuk istirahat di sana. Jadi, luangkan weekend Pins untuk menerapkan berbagai ide yang cukup mudah ini. 

Baca juga: 10 Cara Membuat Kamar Tidur Nyaman Maksimal


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download