BlogPemilik PropertiDesain HunianPunya Akuarium Unik Sendiri Bukan Mustahil, Ikuti Tips Ini!
0
0

Punya Akuarium Unik Sendiri Bukan Mustahil, Ikuti Tips Ini!

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Mei 16, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
tips membuat akuariumtop-right-banner

Tips membuat aquarium – Membuat dan menata akuarium sendiri memang hal yang bisa memuaskan hati, Pins.

Tapi bagi sebagian orang, prosesnya bisa sedikit menantang, memikirkan ikan apa yang sebaiknya dipilih, tanaman air apa yang akan menghiasi akuarium, penyaringan airnya harus bagaimana sampai ke aksesoris apa yang akan dipakai untuk memperindah akuarium.

Terkadang memikirkan hal ini membuat kita hilang fokus dan malah pusing sendiri. Hei, tenang, Pins! Kamu tidak sendirian. Pinhome punya beberapa tips membuat akuarium unik sendiri di rumah.

Kalau Pins belum siap memelihara kucing atau anjing sebagai hewan peliharaan, mungkin memelihara ikan dalam akuarium bisa kamu jadikan pilihan.

Tidak hanya menemani hari-hari yang melelahkan dan menghibur Pins saat bosan, memelihara ikan dalam akuarium juga bisa bantu mendekorasi rumah lho!

Tapi, apakah kamu sudah bosan dengan akuarium yang biasa-biasa saja? Ingin punya akuarium unik yang menghiasi dan membuat suasana rumah kamu semakin “hidup”?

Pinhome punya tips membuat akuarium unik dan menarik agar kamu bisa memiliki aquarium yang tidak hanya indah dipandang mata, namun juga fungsional dan memenuhi standar kesehatan ikan! Siap-siap catat, ya!

Baca juga: Kamu Pecinta Ikan Hias? Bikin Akuarium Unik di Rumah, Yuk!

Tips Membuat Akuarium

tips membuat akuarium

1. Jangan ragu untuk eksplor bentuk akuarium

Memang, akuarium berbentuk kotak sangat populer. Tapi, bukan berarti harus menjadi pilihan terbaikmu. Ada berbagai bentuk akuarium yang bisa kamu coba loh, dari mulai heksagonal, bentuk letter L, bulat dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hal ini bisa terjadi karena memelihara ikan di akuarium saat ini tidak hanya menjadi sekedar hobi, tapi juga sudah menjadi gaya hidup baru.

Jangan lupa, kamu juga perlu menyesuaikan bentuk dan ukuran akuarium dengan jenis dan jumlah ikan yang ada. Sesuaikan juga warna, corak hias dan bentuknya dengan keadaan dekorasi rumahmu saat ini.

Bentuk dan luas akuarium juga berpengaruh langsung dengan ruang gerak ikan. Akuarium dengan permukaan yang lebih luas otomatis mampu menampung lebih banyak ikan dan juga semakin memperlancar pertukaran udara di dalam air.

Hal ini menjadi faktor penting karena ikan perlu memproses oksigen dalam air yang bersentuhan langsung dengan udara bebas. Akuarium yang lebih luas berarti lebih banyak kontak langsung dengan udara dan meningkatkan jumlah oksigen untuk ikan.

Tipe ikan juga mempengaruhi bentuk akuarium unik pilihanmu. Beberapa tipe ikan lebih menyenangi kedalaman air yang berbeda-beda.

Bisa jadi ada ikan yang lebih suka berada di dekat permukaan, berenang bebas di tengah – tengah aquarium atau ada juga yang lebih suka berada di bagian bawah.

Contohnya, akan tidak cocok kalau kamu memilih bentuk akuarium yang tinggi dan memanjang kalau kamu ingin memelihara ikan tipe perenang aktif, akan lebih baik kalau kamu memilih ikan yang tidak terlalu aktif dan suka berada di tengah – tengah akuarium seperti ikan mas atau angel fish.

Baca juga: Ingin Rumah Tampak Unik? Yuk, Lihat Beberapa Desain Akuarium Untuk Rumahmu!

2. Mulai memilah-milah ikan

tips membuat akuarium

Pemilihan ikan yang akan dipelihara nantinya tidak hanya tentang jenis apa yang cocok untuk akuariummu, Pins, tapi juga tingkat ketahanannya. Pertimbangkan kemampuan kamu mengurus akuarium juga.

Memang sih, memelihara ikan di akuarium tidak memakan waktu sebanyak memelihara hewan peliharaan rumah lain seperti anjing atau kucing, tapi bukan berarti Pins bisa menelantarkan akuariumnya dalam waktu panjang.

Sangat penting untuk memberikan perhatian secara berkala pada akuarium unik kita nantinya agar menjaga akuarium tetap sehat dan juga cantik.

Baca juga: Ingin Rumah Tampak Unik? Yuk, Lihat Beberapa Desain Akuarium untuk Rumahmu!

3. Selalu sesuaikan temperatur akuarium

Perubahan sekecil apapun pada suhu temperature akuarium akan sangat berpengaruh pada ikan lho, Pins. Akan sangat baik kalau kamu mengecek suhu air setiap hari agar ekosistem mereka tetap terjaga.

Dalam keadaan normal, suhu air tidak banyak berubah, namun kalau terjadi perubahan cuaca, suhu air pun bisa ikut berubah. Ikan sangat sensitif akan hal ini dan dapat terdampak akibat fatal seperti jatuh sakit atau malah mati.

Baca juga: 8 Ide dalam Membuat Zen Garden di Rumah untuk Penghilang Stres

4. Ingat, seimbangkan pH!

Kadar pH di air akuarium memberi tahu kita akan kadar keasaman yang ada di dalamnya. Kadar pH juga menentukan apakah air akuarium kamu sudah cukup asam atau malah tawar/normal saja.

Hal ini menjadi penting karena beberapa jenis ikan lebih menyukai air bersifat basa, sedangkan ikan tipe jenis lainnya menginginkan ekosistem air yang lebih asam kandungan pHnya.

5. Jangan sampai kebanyakan memberikan makanan!

tips membuat akuarium

Masalah ini paling banyak ditemukan di pemelihara ikan pemula. Rajin memberikan makanan bukan berarti bisa membuat ikan-ikan dalam akuarium tumbuh besar lebih cepat.

Salah-salah, ikannya malah jadi mati, Pins! Kenapa? Karena kelebihan makanan yang tinggal di kolam akan mengapung dan menyebar di seluruh permukaan air. Air akuarium malah jadi kotor dan gak layak ditempati ikan!

Peraturan sederhananya, jangan sampai kamu memberi makanan yang kira-kira tak akan dimakan dalam waktu 5 menit.

Jika ada lebih dari satu jenis ikan, terumbu karang ataupun tanaman air di dalam akuarium, kamu sebaiknya membuat suatu menu yang cocok untuk dihidangkan bersamaan dengan keseluruhan ekosistem.

Lagipula, akan lebih baik jika kamu membuat beberapa menu sehat yang membawa dampak positif kepada ikan. Memberi makan sembarang tanpa memikirkan kondisi ikan lain bukanlah keputusan yang bijak.

Baca juga: Jenis Ikan Hias Aquarium yang Mudah Dirawat untuk Mempercantik Rumah

6. Kebersihan tetap nomor satu!

Apalah gunanya kita mempunyai akuarium unik namun terlihat kotor dan suram? Salah satu aspek terpenting dalam tips membuat akuarium unik adalah rajin membersihkannya, Pins.

Dibanding hewan peliharaan lainnya, ikan jauh lebih rentan tertular penyakit, apalagi jika mereka memang tidak bisa menyesuaikan diri terhadap perubahan suhu, kotornya ekosistem mereka ataupun makanan yang dikonsumsi.

Ikan juga bisa dengan mudah sakit saat ada ikan baru yang dimasukkan ke dalam akuariumm. Jadi, perhatikan baik-baik ekosistem ikan!

Segera pindahkan ikan yang menunjukkan tanda-tanda terinfeksi penyakit tertentu, karena mereka bisa dengan mudah menulari ikan lainnya dalam satu akuarium.

Jika ada ikan yang tiba-tiba berdiam diri, atau selalu berada di salah satu pojok akuarium, besar kemungkinan ikan ini sedang sakit.

Bersihkan akuarium secara berkala agar kemungkinan ikan sakit jadi semakin menipis. Lagipula, akuarium yang bersih dan sehat pastinya akan memberikan pesona yang berbeda dong saat dilihat.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa Pins terapkan untuk mendapatkan akuarium unik, akuarium yang bisa mencerminkan kepribadian kamu sebagai pemilik.

Saran yang Pinhome berikan ini sangat mudah untuk kamu terapkan sehari-hari, Pins. Jadi, jangan ragu untuk menerapkan tips membuat akuarium ini ya!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download