Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Jenis Tanaman Aquascape yang Mudah Untuk Dirawat

Hobi

Jenis Tanaman Aquascape yang Mudah Untuk Dirawat

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 8 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Taman hias di dalam aquarium memang selalu mencuri perhatian mata. Keindahannya yang mempercantik tampilan aquarium membuat siapa saja yang memandangnya jatuh hati. Namun pernahkah Pins melihat tanaman hias hidup di dalam aquarium? Ya, tanaman hias hidup ini dinamai dengan tanaman aquascape.

Pinhome – Tanaman ini berfungsi sebagai filtrasi alami untuk air di dalam aquarium, sehingga dapat menjaga kualitas air dan kesehatan ikan. Sayangnya tanaman ini tidak mudah untuk dipelihara. Jika tidak paham dan telaten, tanaman aquascape dapat mati dengan mudah. Bagi Pins yang tertarik untuk merawat tanaman air ini, Pinhome akan membagikan informasi tentang jenis tanaman apa saja yang mudah untuk dirawat.

Baca Juga: Rekomendasi Model Rak Bunga Kayu Sederhana Agar Tanaman Tertata Rapi

Jenis Tanaman Aquascape yang Mudah untuk Dirawat

Tanaman aquascape memang selalu mencuri perhatian orang yang melihatnya. Kecantikannya dan fungsinya yang sangat bermanfaat membuat para pecinta ikan hias ingin merawat jenis tanaman ini. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sayang tanaman ini tidak mudah untuk dirawat. Berikut jenis-jenis tanaman air yang dapat Anda rawat dengan mudah.

Java Moss

(Pinterest)

Java Moss adalah salah satu jenis tanaman aquascape yang banyak sekali dirawat dalam aquascape. Tanaman Java Moss ini adalah tanaman aquascape yang sangat cocok untuk pemula karena perawatannya yang cukup mudah. Tanaman ini dapat hidup di air dengan suhu 21-24°C dan tidak membutuhkan pencahayaan khusus. Selain itu, tanaman yang dikenal juga dengan pakis lidah ini dapat tumbuh dengan sangat cepat. Selain itu, Java Moss adalah tanaman aquascape tanpa CO2. Java Moss adalah tanaman yang sangat cocok untuk diletakkan pada batu atau kayu, karena dapat merambat mengikuti bentuk batu dan kayu. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Merawat Tanaman Yang Benar Untuk Pemula

Lilaeopsis

 Tanaman Aquascape
(Pinterest)

Rekomendasi tanaman air aquascape yang mudah dipelihara selanjutnya adalah lilaeopsis. Tanaman aquascape yang satu ini berbentuk mirip rumput ditambah dengan warnanya yang hijau. Berbeda dengan rumput biasa, tanaman lilaeopsis dapat tumbuh dengan cepat dan tinggi, bahkan hingga mencapai 5 cm. Jadi jika Pins ingin memelihara tanaman aquascape yang satu ini, Anda harus rajin-rajin untuk memangkas tanaman ini.

Baca Juga: Tips Mudah Membuat Taman Dengan Tanaman Hidroponik Di Rumah Untuk Anda Yang Ingin Berkebun

Dwarf Baby Tears

(Pinterest)

Tanaman Dwarf Baby Tears adalah salah satu tanaman air aquascape yang mudah dirawat. Tanaman ini hanya membutuhkan pearling untuk memenuhi kebutuhannya. Hal ini terjadi ketika baby tears memproduksi oksigen. Biasanya akan muncul gelembung-gelembung kecil yang muncul pada daun tanaman dwarf baby tears ini.

Java Fern

 Tanaman Aquascape
(Pinterest)

Java Fern adalah jenis tanaman aquascape lainnya yang mudah dipelihara, sehingga memungkinkan Pins untuk merawatnya. Java fern adalah tanaman yang tumbuh dengan cahaya rendah dan secara bertahap. Namun, tanaman ini dapat merambat menyebar di seluruh aquarium hingga mencapai tinggi 30-35 cm.

Java fern dapat tumbuh dengan cepat ketika di bagian bawah akuarium diberi kerikil atau tanaman dibiarkan mengapung di dalam akuarium, sehingga tanaman ini akan menemukan objek untuk mengikat akar-akarnya. Meski mudah untuk dirawat, perlu diingat bahwa tanaman yang satu ini tidak boleh mendapat pencahayaan yang intens.

Moneywort

 Tanaman Aquascape
(Pinterest)

Tanaman air aquascape selanjutnya yang dapat Pins coba rawat di rumah selanjutnya adalah moneywort. Tanaman yang satu ini adalah tanaman merayap yang memiliki daun berukuran kecil dan berwarna hijau. Tanaman ini memiliki batang kuat yang tumbuh ke atas, sehingga akan sangat mencolok jika terdapat tanaman lain di sekitarnya. Tanaman ini dapat tumbuh secara vertikal hingga mencapai 15-20 cm. Pencahayaan yang dibutuhkan oleh tanaman ini juga cenderung sedang dan dapat tumbuh subur dengan mudah, sehingga Pins tidak perlu memberikan pencahayaan khusus. 

Rotala Indica

 Tanaman Aquascape
(Pinterest)

Rotala Indica adalah pilihan tanaman yang dapat Pins rawat di rumah. Tanaman ini memiliki daun yang agak bulat dan cenderung berwarna hijau. Namun, hal ini bergantung pada kondisi pencahayaan dari akuarium. Meski memiliki daun berwarna hijau, batang tanaman ini berwarna merah. Tanaman yang satu ini memang mudah dirawat, namun tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat sehingga Pins harus rajin-rajin memangkasnya. Tanaman ini juga tidak memerlukan cahaya yang terlalu intens, jadi Pins tidak perlu mempersiapkan pencahayaan khusus bagi tanaman ini.

Green Hygro

 Tanaman Aquascape
(Aquaridise)

Green hygro adalah jenis tanaman aquascape lainnya yang dapat menjadi pilihan Pins. Tanaman ini memiliki daun yang panjang dan dapat tumbuh dengan cepat. Daun tanaman ini dapat berwarna hijau, merah dan coklat, namun hal ini tergantung dari pencahayaan yang tersedia. Green hygro adalah tanaman yang suka substrat besar, karena dengan substrat yang besar dapat mempermudah tanaman ini untuk mengikat akarnya.

Tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat tanpa diberikan perlakuan khusus. Namun jika Pins ingin mempercepat pertumbuhannya, Pins dapat meningkatkan kadar CO2. Kemudian, jika Pins ingin tanaman ini memiliki daun berwarna hijau, usahakan untuk memberikan cahaya dengan intensitas rendah. Selain pencahayaan, perawatan tanaman ini tidak memerlukan perawatan khusus.

Itulah informasi tentang apa jenis-jenis tanaman aquascape yang mudah untuk dirawat oleh pemula. Jika Pins tertarik ingin merawat tanaman aquascape, pertimbangkan tanaman mana yang paling sesuai dengan ukuran akuarium dan substrat yang akan Pins gunakan.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Rizko Fatra

Tags :

Bagikan Artikel