Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Kamu Pecinta Ikan Hias? Bikin Akuarium Unik di Rumah, Yuk!

Hobi

Kamu Pecinta Ikan Hias? Bikin Akuarium Unik di Rumah, Yuk!

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 21 April 2021 ∙ 4 menit membaca

Siapa di sini yang menyukai ikan hias? Bagi Pins yang senang ikan hias, kamu bisa memeliharanya di rumah lho! Selain sebagai penghias ruangan, akuarium juga bisa menjadi penyalur hobi. Supaya beda dari yang lain, ada beberapa hal yang bisa dilakukan supaya akuariummu menarik perhatian. Yuk, simak tips membangun akuarium unik di rumah!

Pinhome – Tahukah kamu, ternyata mempunyai akuarium di rumah bermanfaat juga bagi kesehatan psikologis. Hasil penelitian menyebutkan bahwa memiliki akuarium unik dalam rumah bermanfaat untuk kesehatan penghuni rumah. Sifat lembab air memberikan efek sejuk dan bisa mengurangi kekeringan terutama untuk ruangan ber-AC.

Berikut ini beberapa manfaat lain dari akuarium bagi kesehatan psikologis kita:

  • Menjernihkan pikiran dan menetralkan perasaan serta obat stress.
  • Terapi bagi penderita alzheimer, hiperaktif dan autis.
  • Memberikan efek menenangkan.
  • Dapat memberi inspirasi.
  • Menjernihkan pikiran dan menetralkan perasaan.

Tips Membangun Akuarium Unik di Rumah

sumber: Tribun

Wah menarik sekali, kan, Pins! Ternyata selain dekorasi dan saluran hobi, akuarium juga memiliki manfaat positif bagi kesehatan mental Pins maupun keluarga. Pastinya Pins jadi semakin semangat nih untuk membangun akuarium di rumah. Yuk, coba bangun akuarium di rumah dengan menyimak beberapa tips berikut!

  • Pilihlah Ikan yang Pins mau

Sebelum memilih akuarium, Pins harus terlebih dahulu memilih jenis ikan yang Pins mau. Karena jenis ikan akan menentukan akuarium yang Pins butuhkan. Apakah Pins ingin jenis ikan laut, atau ikan air tawar? Lalu apakah ikan yang Pins pilih berukuran kecil seperti ikan mas, atau malah berukuran besar seperti ikan arwana?

  • Pilih ukuran dan bentuk akuarium

Akuarium memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda, sesuai dengan jenis ikan yang Pins mau. Jika Pins tertarik untuk memiliki akuarium air asin, maka akuarium yang dipilih harus memiliki kapasitas 20 sampai 30 galon air untuk menjaga keseimbangan kadar garam bagi ikan. Lain halnya dengan akuarium air tawar yang bisa menggunakan ukuran akuarium kecil dan bentuk bulat untuk ikan-ikan kecil seperti ikan mas.

Untuk menambah kesan unik, Pins bisa mencari supplier pembuat akuarium yang bisa membuat secara desain tersendiri, sesuai desain yang Pins mau.

Baca juga: Ingin Rumah Tampak Unik? Yuk, Lihat Beberapa Desain Akuarium Untuk Rumahmu!

  • Pilih sistem penyaring yang kamu butuhkan

Ada berbagai macam jenis sistem penyaring lho, Pins. Salah satunya sistem penyaring under gravel. Under gravel adalah sebuah filter yang terdapat dibawah lapisan kerikil atau pasir yang berada di dasar akuarium. Filter under gravel biasanya digunakan terutama dalam akuarium laut. Pada sistem filter ini, partikel-partikel organik yang terjebak pada permukaan gravel akan menjadi sumber pakan bagi plankton. Selanjutnya, plankton ini akan menjadi sumber pakan bagi penghuni laut lain yang dipelihara, khususnya dari golongan pemakan plankton.

  • Pilihlah kerikil  atau pasir yang sesuai

Kerikil atau pasir tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi akuarium saja, tapi juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai penyaring. Pasir atau kerikil menjaga sisa – sisa makanan ikan tidak melayang di air, sehingga menjaga akuarium kamu menjadi tetap bersih. Kerikil juga dapat menjadi jangkar untuk tanaman atau dekorasi yang ada di dalam akuarium kamu. Pilihlah kerikil atau pasir yang khusus untuk akuarium ya Pins. Dan jangan lupa untuk membilas kerikil sebelum ditempatkan di akuarium agar kotoran dan debunya menghilang.

  • Taruhlah di tempat yang tepat

Pins harus memilih tempat yang tepat. Bayangkan jika akuarium kamu berukuran besar dan tempat penyimpananmu sempit! Kamu akan kesulitan saat mengganti air. Tapi lain halnya jika akuarium kamu kecil, Pins bisa mengisi air di wastafel. Taruhlah akuarium di tempat yang mudah terlihat, misalnya ruang tamu.

  • Pilihlah dekorasi yang sesuai dengan selera kamu

Pins bisa memilih dekorasi yang sesuai dengan selera kamu. Ikan menggunakan dekorasi atau tanaman untuk bersembunyi. Ini memberikan mereka waktu “jauh” dari ikan lain. Pins bisa menambahkan dekorasi seperti kayu driftwood, tanaman hias, atau Pins juga bisa gunakan dekorasi berbahan plastik.

Supaya akuarium Pins makin unik, Pins juga bisa menambahkan dekorasi seperti mainan plastik milik Pins. Tapi sebelum itu pastikan Pins sudah membersihkannya terlebih dahulu ya supaya tidak mengotori air di akuarium.

Itulah beberapa tips untuk membangun akuarium di rumah. Bagaimanapun akuarium yang kamu bangun, pilih yang cocok dengan desain rumah juga ya supaya semakin unik. Semoga bermanfaat ya Pins!


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel