BlogPemilik PropertiDesain Hunian12 Tips Desain Interior Rumah Minimalis Makin Cantik
0
0

12 Tips Desain Interior Rumah Minimalis Makin Cantik

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mar 31, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
desain interior rumah minimalistop-right-banner

Rumah sebagai tempat pemiliknya memulai dan mengakhiri hari setelah seharian bekerja. Dengan demikian, penting untuk membuat desain interior rumah minimalis senyaman mungkin agar penghuni menjadi lebih rileks setelah seharian melakukan pekerjaannya.

Rumah dengan konsep minimalis telah banyak digunakan orang-orang modern saat ini. Meskipun desain rumah minimalis hanya memberikan sedikit ruang bagi pemiliknya untuk menata furnitur dalam ruangan.

Rumah minimalis tetap dapat menjadi hunian yang indah untuk sang pemilik. Berikut beberapa cara membuat desain interior rumah minimalis menjadi lebih indah dan berestetika tinggi.

Baca juga: Tips Menata Rumah Mungil Agar Nyaman dan Luas

Membuat Desain Interior Rumah Minimalis

Membuat Desain Interior Rumah Minimalis
Source : Orami

Memilih Tema Tertentu

Pemilihan tema pada interior rumah sangat penting. Dengan memilih tema tertentu, kamu akan mudah untuk memilih berbagai perabotan yang senada. Misalnya dengan tema klasik, maka kamu akan memilih furnitur dari bahan kayu dengan mempertahankan warna aslinya.

Baca juga: Tips Menata Rumah Kecil Nyaman, Gampang Banget!

Tata Setiap Ruangan Secara Bergantian

Jika kamu tidak menggunakan bantuan konsultan, kamu dapat menata ruangan secara bergantian. Hal ini akan membuatmu lebih fokus dan hasil akan lebih memuaskan.

Menata ruangan juga tidak hanya bermanfaat pada estetika. Dengan menata ruang secara bergantian, Pins juga bisa membuat rumah menjadi bersih terutama pada sela-sela furnitur.

Penerapan Aksesoris

Penerapan Aksesoris
Source : Ikea

Saat anda memilih aksesories untuk rumah minimalis modern anda, yang paling cocok adalah aksesoris yang tegas, bersih, dan bentuk geometris yang sederhana. Hal ini selaras dengan prinsip minimalis, yaitu tidak berlebihan. Dengan begitu, interior rumah anda akan terlihat lebih  cantik. Jika anda menyukai lukisan, gunakanlah frame yang simpel.

Pilih Furnitur yang Fungsional dan Efisien

Pilih Furnitur yang Fungsional dan Efisien
Source : Unsplash

Dalam konsep minimalis, perabotan dan seluruh furnitur yang digunakan harus dipilih berdasarkan fungsinya. Benda-benda dan perabotan yang hanya mengutamakan unsur estetika sebaiknya dikurangi penggunaannya.

Kamu dapat memilih furnitur yang multi fungsi agar tempat yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Perabotan multi fungsi sangat cocok untuk rumah minimalis yang memiliki lahan terbatas.

Baca juga: Furnitur Ramah Lingkungan | Ciri, dan Fungsinya

Singkirkan Benda yang Kurang Fungsional

Barang-barang yang memiliki fungsi minim atau tidak terlalu penting lebih baik disingkirkan. Benda-benda ini biasanya tidak akan menimbulkan masalah jika tidak ada benda tersebut di ruangan. Dengan menyingkirkan barang yang kurang penting maka ruangan akan lebih lega.

Baca juga: Tips Mendesain Ruangan Multifungsi

Bersihkan Dinding dan Lantai dari Benda yang Tidak Diperlukan

Source : Interiordesign.id

Kamu tetap dapat memasang hiasan pada rumah, namun jangan terlalu banyak. Cukup satu atau dua hiasan saja. Jangan biarkan benda yang ada di lantai saling menutupi. Hal ini akan member kesan berantakan pada rumahmu.

Pilih furnitur Dengan Desain Indah

Furnitur salah satu elemen paling penting untuk interior rumah. Saat ini ada banyak pilihan furnitur dengan berbagai macam gaya atau style yang bisa Pins beli.

Dengan memilih desain yang indah, maka kamu tidak akan terlalu banyak memasang hiasan. Maka meskipun hunianmu adalah hunian minimalis, rumah tetap memiliki estetika dan keindahan.

Baca juga: Tips Menghilangkan Bau Furniture Baru di Dalam Rumah

Gunakan Hiasan Pada Beberapa Sudut Ruangan

Meskipun tidak memiliki fungsi yang berarti, memasang vas bunga atau pot kecil bisa kamu lakukan untuk mengurangi kesan kaku pada rumah. Hiasan yang kamu pilih juga harus sasuai dengan tema ruangan dan rumah.

Hiasan pada ruangan juga akan membuat rumah menjadi lebih menarik. Jika Pins ingin memuat ruang menjadi lebih sejuk, coba gunakan hiasan tumbuhan hijau agar udara pada ruangan menjadi segar.

Baca juga: Tips Memilih Sofa Sebagai Dekorasi Rumah

Pilih Warna yang Lembut

Warna yang lembut akan membuat penghuni lebih nyaman dan tenang. Kamu dapat memilih warna-warna pastel yang cantik. Warna terang dan mencolok dapat kamu gunakan sebagai aksen, namun jangan terlalu dominan.

Baca juga: Architecture Interior Design

Pastikan Cahaya dan Ventilasi Udara Cukup

Jangan sampai ruangan yang telah kamu tata dengan konsep yang bagus menjadi sesak dan gelap karena kurangnya cahaya yang masuk. Sirkulasi udara juga harus lancar agar ruangan tidak terasa sesak dan kurang nyaman.

Tirai dan Karpet

Tirai dan Karpet
Source : Aca.co.id

Tirai yang cocok dengan model rumah anda adalah tirai yang menggunakan roller ataupun basic blind, baik horizontal maupun vertikal. Pemilihan ini terlihat simpel sehingga coocok dengan rumah minimalis anda. Selain itu, dalam pemilihan warna tirai, anda disarankan untuk memilih warna yang netral, seperti putih, abu-abu, beige, ataupun kuning gading.

Selain tirai, karpet juga memegang peranan penting untuk interior design suatu rumah. Karena ada begitu banyak jenis karpet dengan motif yang berbeda-beda, Pins harus pintar menentukan pilihan. Pilihlah warna solid tanpa motif. Dengan begitu, rumah anda bisa terlihat lebih menarik.

Itulah 12 tips untuk membuat desain interior rumah minimalis menjadi lebih indah dan menarik. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa Pins jadikan referensi untuk membangun hunian impian Pins.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download