BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli Properti15 Daftar Pertanyaan Saat Membeli Rumah Bekas Agar Tak Menyesal
0
0

15 Daftar Pertanyaan Saat Membeli Rumah Bekas Agar Tak Menyesal

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Apr 8, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pembeli perlu lebih berhati-hati saat membeli rumah bekas. Saat membeli rumah bekas, ada beberapa pertanyaan saat membeli rumah bekas yang harus ditanyakan. Ini karena rumah bekas biasanya tidak bisa diprediksi karena telah dihuni sebelumnya.

Sebagai pembeli, harus berhati-hati saat memilih rumah bekas yang masih dalam kondisi baik saat ini. Pasalnya, ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan tetapi tidak terlihat saat melihat tentang rumah, seperti legalitas rumah atau keamanan lingkungan. Hal-hal seperti ini tidak dapat diketahui hanya melalui survei ke lokasi.

Ketika memutuskan untuk membeli rumah bekas, dibawah ini beberapa pertanyaan yang harus ditanyakan untuk membantu memilih rumah bekas yang paling sesuai dengan kebutuhan  dan kemampuan.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Pertanyaan Saat Membeli Rumah Bekas

pertanyaan saat membeli rumah bekas
Source : Pixabay

Berikut ini adalah pertanyaan yang perlu Kamu tanyakan, Pins!

1. Apa Alasan Rumah Dijual?

Tanyakan alasan penjual rumah tersebut. Dengan informasi ini, pembeli dapat menentukan apakah ada masalah tersembunyi atau alasan khusus untuk penjualan. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa beberapa penjual mungkin tidak benar-benar menjawab pertanyaan ini, jadi pembeli masih perlu memeriksa rumah dengan teliti.

2. Sudah Berapa Lama Rumah Ini Tidak Dihuni?

Rumah bekas yang dijual kadang-kadang telah ditinggal oleh pemiliknya untuk waktu yang lama. Karena rumah kosong lebih rentan terhadap masalah struktural dan kelembapan, kemungkinan besar diperlukan perbaikan dan perawatan tambahan jika rumah sudah lama tidak digunakan. Hal ini pasti akan berdampak pada bujet untuk pembelian rumah.

3. Apa Status Kepemilikan Rumah Saat Ini?

pertanyaan saat membeli rumah bekas
Source : Pixabay

Sangat penting untuk menanyakan pertanyaan ini untuk memastikan bahwa orang yang dibeli rumahnya adalah pemilik yang sah, sehingga pembeli dapat menghindari masalah hukum di masa depan. Ada tiga jenis hak kepemilikan atas tanah dan bangunan, yaitu

  • Hak kepemilikan
  • Hak guna konstruksi
  • Hak paten

Jenis sertifikat kepemilikan yang paling kuat adalah hak milik yang dibuktikan dengan sertifikat hak milik (SHM), yang menunjukkan bahwa pemegang sertifikat memiliki hak atas tanah dan bangunan yang menyertainya. Hak guna bangunan dan hak pakai, di sisi lain, hanya memberikan hak untuk menggunakan tanah dan bangunan secara temporer, dan harus diperpanjang secara berkala dengan persetujuan pemilik sah.

4. Apakah Semua Surat-surat yang Ada di Rumah Lengkap?

Melanjutkan ke pertanyaan sebelumnya, pembeli harus memastikan bahwa penjual memiliki semua surat-surat rumah yang sah dan lengkap. Beberapa dokumen rumah yang diperlukan termasuk sertifikat kepemilikan tanah dan bangunan (SHM), akta jual beli (AJB), sertifikat izin mendirikan bangunan (IMB), bukti pajak bumi dan bangunan (PBB), dan bukti pembayaran tagihan rumah seperti air, listrik, internet, dan lain-lain.

5. Apakah Ada Sengketa Hukum?

Source : Pixabay

Dalam hal legalitas properti, pembeli harus melakukan pemeriksaan hukum, juga dikenal sebagai “due diligence”, untuk memastikan bahwa tidak ada beban atau sengketa hukum yang terkait dengan properti tersebut. Pembeli dapat meminta bantuan notaris untuk memastikan bahwa semua surat rumah sah dan lengkap, dan bahwa tidak ada sengketa terkait lahan dan bangunan.

6. Bagaimana Kondisi Bangunan?

Pembeli harus bertanya tentang hal-hal seperti atap, dinding, lantai, dan instalasi listrik dan pipa (saluran air) agar tahu apakah perlu merenovasi rumah setelah membelinya.

7. Kapan Terakhir Kali Merenovasi Rumah?

Berkaitan dengan pertanyaan sebelumnya, tanyakan kepada pemilik rumah kapan terakhir kali mereka merenovasi rumah mereka. Tanyakan juga bagian mana yang paling sering direnovasi dan mengapa. Ini akan memberikan gambaran lebih jelas tentang apa yang diperlukan untuk merenovasi rumah di masa mendatang, sehingga pembeli dapat membuat anggaran yang lebih baik.

8. Apakah Ada Masalah Rumah yang Perlu Diwaspadai?

Ketika membeli rumah bekas, pembeli harus memperhatikan masalah seperti rayap, kelembapan udara, banjir, dan tikus. Untuk menghindari “kejutan-kejutan” yang tidak menyenangkan di masa depan, beritahu pemilik rumah tentang hal ini. Dengan mengetahui kondisi ini di awal, pembeli dapat menyesuaikan ekspektasi dan mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

9. Bagaimana Kondisi di Lingkungan Rumah?

Source : Pixabay

Sebaiknya juga menanyakan pertanyaan ini kepada tetangga dekat rumah incaran. Saat memilih hunian, keamanan merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Pastikan rumah yang dipilih berada di tempat yang aman dari tindakan kriminal, memiliki sistem keamanan yang baik, dan, jika perlu, memiliki tim keamanan yang secara teratur mengawasi area sekitar.

10. Bagaimana Fasilitas dan Akses di Daerah Sekitar?

Saat membeli rumah, apakah itu baru atau bekas, akses ke hunian dan fasilitas sekitarnya sangat penting. Ini akan berdampak pada kualitas hidup selama tinggal di rumah tersebut. Rumah yang baik juga memiliki akses yang baik ke transportasi umum dan fasilitas umum seperti rumah sakit, sekolah, pusat perbelanjaan, ATM, dan lainnya.

11. Apa Bisa Nego Harga?

Jangan ragu untuk menanyakan harga dan berusaha untuk bernegosiasi sesuai dengan keadaan pasar properti saat ini. Negosiasikan harga rumah sepanjang angkanya masih masuk akal dan dilakukan dengan sopan.

12. Apa Rumah ini Sudah Lunas?

pertanyaan saat membeli rumah bekas
Source : Pixabay

Merupakan hal yang umum untuk menjual rumah yang masih dalam proses cicilan KPR atau kredit rumah. Ketika akan membeli rumah bekas, pastikan bagaimana status kredit rumah tersebut. Jika ternyata masih memiliki cicilan KPR, maka Kamu harus siap untuk mengambil alih KPR dari pemilik rumah lama dan memastikan bahwa keuangan Kamu aman untuk membayar besar cicilan setiap bulan.

13. Apa Rumah ini Sudah Memenuhi Kebutuhan dan Preferensi?

Pertanyaan terakhir ini perlu Kamu tanyakan kepada diri Kamu sendiri. Setelah memeriksa kondisi rumah dengan cermat, apakah rumah ini sudah memenuhi kebutuhan Kamu dan sesuai dengan preferensi Kamu?

14. Apakah Harganya Sebanding dengan Manfaat yang akan Didapatkan?

Jawab dulu pertanyaan-pertanyaan tersebut sebelum Kamu membuat keputusan agar tidak menyesal di kemudian hari.

15. Apakah Rumah ini Memiliki Keamanan 24 Jam?

Jawablah sesuai dengan kenyataan yang ada pada perumahan, atau jikalau ada plan kedepannya mengenai keamanan tentu bisa kamu jelaskan.

Itulah pertanyaan saat membeli rumah bekas, semoga bermanfaat Pins!

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download