BlogPemilik PropertiDesain HunianCatat! Tips dan Cara Pemasangan Bata Ringan dengan Tepat
0
0

Catat! Tips dan Cara Pemasangan Bata Ringan dengan Tepat

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Mar 14, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pemasangan bata ringan atau batu hebel harus dilakukan dengan benar untuk menjamin daya tarik estetika dan fungsionalitas yang optimal. Bata ringan sendiri merupakan bahan bangunan yang populer digunakan dalam konstruksi rumah dan bangunan lainnya. Batu bata ringan terbuat dari campuran pasir, semen dan bahan tambahan keringanan lainnya.

Bata ringan tidak hanya ringan, tetapi juga mudah dipotong dan dirakit. Lantas, apa saja teknik peletakan batu bata ringan yang rapi dan indah? Baca pernyataan selengkapnya di bawah ini.

Kamu juga bisa menata ulang rumah di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung dengan desain bergaya mezzanine. Lalu, jika Kamu ingin membangun rumah berselera minimalis di Pengajuan KPR.

Baca juga: 

Pengertian Bata Ringan

Source : Pixabay

Sebelum memahami cara pemasangan bata ringan, Kamu perlu mengetahui apa itu batu bata ringan. Batu bata ringan atau disebut juga hebel merupakan salah satu bahan konstruksi yang biasa digunakan dalam konstruksi rumah dan bangunan lainnya. Batu bata ini terbuat dari campuran bahan seperti pasir, semen, dan air dengan bahan tambahan seperti bubuk alumunium dan bahan pengisi lainnya.

Produksi batu bata ringan menghasilkan gas yang membentuk struktur berpori di dalam batu bata. Hal ini membuatnya lebih ringan dan kurang padat dibandingkan dengan batu bata tradisional. Sedangkan ketebalannya bervariasi antara 7 hingga 15 cm, dan ukuran bata ringan antara 60 cm x 20 cm. Saat ini berat jenis kering bata ringan kurang lebih 530 kg/m3.

Keistimewaan Bata Ringan 

Source : Pixabay

Berikut keistimewaan dari bata ringan yang perlu Kamu ketahui:

1. Bobot yang Lebih Ringan

Batu bata ringan terbuat dari bahan yang lebih ringan seperti beton ringan dan bahan kimia khusus. Hal ini memudahkan pengangkutan, pengangkatan, dan pemasangan. Bobot yang lebih ringan juga mengurangi beban pada struktur bangunan, sehingga mengurangi biaya konstruksi dan waktu pemasangan.

2. Isolasi Termal yang Baik 

Batu bata ringan memiliki sifat insulasi yang sangat baik. Terdapat gelembung udara di dalamnya untuk mengurangi perpindahan panas dan suara. Artinya, batu bata ringan membantu menjaga suhu ruangan yang nyaman di dalam gedung, mengurangi kebutuhan pemanasan dan pendinginan, serta mengurangi konsumsi energi.

3. Efisiensi Energi yang Tinggi

Source : Pixabay

Batu bata ringan membantu mengurangi konsumsi energi pada bangunan karena sifat insulasinya yang sangat baik. Membantu menjaga suhu internal tetap stabil, mengurangi kebutuhan sistem pendingin dan pemanas. Dalam jangka panjang, hal ini mengurangi biaya energi dan melindungi lingkungan.

4. Daya Tahan yang Baik

Batu bata ringan umumnya memiliki ketahanan yang baik terhadap kelembapan dan serangan rayap. Ini kurang rentan terhadap kerusakan air dan kelembapan serta tidak menyerap kelembapan dengan cepat. Tentu berbeda dengan bata merah yang terkenal cepat lembap dan rentan berjamur.

5. Kemudahan Dalam Pemasangan

Batu bata ringan mempunyai bobot yang ringan sehingga mudah dipasang dan ditempatkan. Mudah dipotong dengan menggunakan alat sederhana, sehingga memudahkan pemasangan. Selain itu, bata ringan memiliki permukaan yang rata dan presisi yang tinggi sehingga menghasilkan hasil akhir yang estetis.

Tahapan Cara Pemasangan Batu Bata Ringan

Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk cara pemasangan batu bata ringan:

1. Rendam Bata Ringan

Langkah pertama dalam memasang batu bata ringan adalah merendamnya dalam ember berisi air. Waktunya tidak harus terlalu lama atau cukup. Karena tujuan dari tindakan ini adalah untuk meningkatkan penyerapan air dari campuran perekat.

2. Buat Adukan untuk Perekat

Sebelum memasang batu bata ringan, Kamu harus terlebih dahulu menyiapkan campuran perekatnya. Mortar bata ringan sendiri terdiri dari mortar atau semen instan dengan perbandingan 40 kg semen dengan 6-7 liter air. Kemudian aduk campuran lem hingga benar-benar homogen.

3. Pasang Benang dengan Lurus

Source : Pixabay

Setelah campuran lem siap, Kamu harus memasang benang secara lurus agar ukuran hebelnya pas.Rephrase Kamu dapat membuat ukuran yang sesuai dengan  mengukurnya menggunakan penggaris atau besi chevron.

4. Pengaplikasian Adukan Perekat

Cara pemasangan batu bata ringan selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan perekat batu bata pada proyek. Gunakan sekop untuk memastikan lem rata dan bersih. Dengan trowel ini, Kamu dapat mengatur ketebalannya sesuai kebutuhan.

5. Pemasangan Bata Ringan

Setelah perekat terpasang, langkah terakhir adalah merakit hebel. Cara memasang batu hebel lurus sesuai ulir sekrup. Pukul hebel dengan palu karet  untuk menyelaraskannya dan itu akan menjadi bersih.

6. Pemasangan Bata Ringan Tambahan

Lanjutkan proses pemasangan bata ringan selanjutnya dengan cara yang sama. Pastikan  setiap bata ringan terpasang dengan kuat dan tidak ada ruang kosong di antara keduanya. Bila perlu, gunakan perekat hebel tambahan untuk menjamin kualitas dan kekuatan pemasangan.

7. Tahap Akhir Cara Pemasangan Bata Ringan

Setelah semua batu bata atau bata ringan terpasang dengan rapi, biarkan mortar mengering sesuai petunjuk pabrik. Setelah benar-benar kering, Kamu bisa mulai memplester dinding bata ringan. Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa dindingnya halus dan rata. Ikuti langkah berikut untuk mendapatkan hasil yang bersih dan memuaskan. Namun, harap pastikan Kamu memiliki pengalaman atau pengetahuan yang memadai mengenai prosedur instalasi.

Jika Kamu belum memiliki pengalaman, kami sarankan untuk menggunakan jasa pemasangan bata ringan. Tujuannya untuk memastikan pemasangan  dilakukan dengan benar dan menciptakan struktur bangunan yang stabil dan aman.

Itulah cara pemasangan bata ringan, semoga bermanfaat ya tipsnya!

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi sewa rumah Batam dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   


Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download