BlogPemilik PropertiDesain Hunian12 Inspirasi Model Atap Rumah Miring ke Depan
0
0

12 Inspirasi Model Atap Rumah Miring ke Depan

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Sep 18, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ingin memiliki atap rumah yang unik namun tetap fungsional? Model atap rumah miring ke depan cocok menjadi pilihan Kamu! Selain dapat memberikan kesan tampilan yang unik karena kemiringannya dari berbagai sudut, Kamu juga akan tetap mendapat fungsi yang bermanfaat, yaitu menjadi atap yang memudahkan turunnya aliran air ke bawah. Jadi tidak ada atap yang membuat genangan air yang kemudian bisa menyebabkan kebocoran rumah Kamu. Simak artikel ini untuk mendapatkan inspirasinya!

Kamu dapat menemukan rumah dengan model atap yang miring ke depan di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung. Kamu juga dapat membangun suatu rumah dengan model atap yang miring ke depan mengikuti keinginan Kamu di KPR rumah.

12 Inspirasi Model Atap Rumah Miring ke Depan

Atap rumah merupakan salah satu komponen yang tidak bisa dilupakan dalam arsitektur pembangunan rumah. Tanpa atap rumah, bangunan Kamu tidak tepat untuk disebut sebagai rumah, karena rumah adalah tempat berlindung bagi manusia dari kepanasan, kedinginan, bencana, hewan berbahaya, dan sebagai tempat beristirahat. Bagaimana rumah dapat mewujudkan hal-hal tersebut jika tidak memiliki atap perlindungan? Tentu menjadi hal yang kurang bermanfaat Pins.

Selain itu, arsitektur atap rumah juga dibutuhkan pada rumah kita sebagai pencegah radiasi berlebih dari sinar matahari dan meredam suara kebisingan yang berasal dari luar rumah agar tidak secara langsung masuk ke dalam. Kamu merasakan suhu yang dingin tetapi tidak berlebih dan panas juga tidak berlebih di rumah Kamu, ini adalah manfaat dari penggunaan atap sebagai bagian atas rumah. Atap akan menjaga kestabilan suhu pada setiap ruangan di dalam rumah.

Terdapat berbagai material yang tersedia untuk penggunaan atap di rumah Kamu dan terdapat juga berbagai model atap rumah yang dapat Kamu ikuti desainnya. Material dan model atap yang akan dipilih, tentunya keduanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi rumah. Terdapat atap dengan material tanah liat, material beton, material kaca, material metal, material keramik, dan lain-lain. Lalu, terdapat juga model atap rumah datar, miring ke kiri, miring ke kanan, miring ke kanan, ataupun miring ke belakang, bahkan ada yang seperti piramida, dan berbagai model atap unik lainnya.

Berikut ini beberapa inspirasi model atap rumah miring ke depan:

1. Model Atap Rumah Miring ke Depan Putih

model miring
Source : iStock

Model atap rumah yang pertama yang dapat Kamu jadikan inspirasi pembuatan atap rumah yang miring ke arah depan berwarna putih. Rumah satu ini berkonsep terbuka terlihat dari penggunaan kaca-kaca yang sangat banyak menempel di setiap dindingnya. 

Perpaduan rangka dinding berwarna hitam yang dibuat terekspos membuat rumah satu ini terlihat mewah. Material atap rumah yang digunakan terlihat sangat datar tidak bergelombang dan licin. Hal ini sangat membantu air hujan untuk langsung mengalir ke bawah. 

Baca juga: 15 Desain Rumah Atap Miring Untuk Hunian Lebih Modern!

2. Model Atap Rumah Miring Industrial

model miring
Source : iStock

Inspirasi model kedua untuk tampilan atap rumah miring ke depan dapat Kamu terapkan dengan gaya industrial seperti pada gambar. Rumah yang menggunakan material kayu sangat cocok dan futuristik dengan penambahan atap rumah yang hanya miring ke arah satu sisi, yaitu ke depan. 

Pemilik rumah mengonstruksikan bangunan rumahnya memiliki dua atap yang sama-sama miring ke depan. Atap pertama yang paling atas memiliki kemiringan curam untuk memudahkan turunnya air ke bawah. Lalu, dilanjutkan dengan atap kedua yang memiliki kelandaian yang cukup untuk mengalirkan air ke bawah. Ketahui bagaimana cara menghitung kebutuhan atap genteng rumah untuk menentukan jumlah genteng Kamu!

3. Rumah Kontemporer dengan Atap Miring ke Depan

model miring
Source : iStock

Inspirasi model atap miring ke depan selanjutnya adalah pada rumah bergaya kontemporer. Rumah bergaya kontemporer satu ini memiliki model atap yang miring ke depan, kemiringannya cukup bermanfaat untuk memudahkan aliran air yang dihasilkan hujan tidak menggenang di bagian atas.

Dengan kombinasi rumah yang memiliki konsep terbuka, atap dengan kemiringan satu sisi ini dapat memberikan kesan yang luas pada rumah kontemporer tersebut.

4. Rumah Sederhana dengan Atap Miring ke Depan

model miring
Source : iStock

Inspirasi berikut ini dapat menjadi salah satu contoh untuk Kamu menerapkan atap miring ke depan di rumah sederhana. Dapat Kamu lihat, rumah satu ini memiliki desain warna eksterior monoton. Model atap miring ke depan seperti ini dapat membuat ruangan di dalamnya menjadi sejuk loh, karena terbentuk ventilasi dari bagian kosong kemiringan tersebut. Kamu dapat menyesuaikan material atap yang tepat dan berkualitas untuk rumah Kamu!

Pemilik rumah menggunakan material kayu sebagai rangka penopang atapnya, dapat terlihat balutan kayu yang menempel di bawah atap dan kaki penyangga yang menyentuh teras. Ketahui juga jenis atap rumah yang tidak panas.

5. Rumah Modern dengan Atap Miring ke Depan

model atap rumah
Source : iStock

Inspirasi kelima untuk mewujudkan hunian dengan atap miring ke depan dapat Kamu terapkan desainnya di rumah modern Pins. Seperti pada gambar, rumah tersebut menggunakan atap yang miring ke depan. Salah satu atapnya dibuat memanjang, hingga dapat menutupi bagian teras dari sinar matahari dan rintik hujan.

Hunian satu ini mengusung gaya terbuka, terlihat dari banyaknya kaca berukuran besar untuk menerima cahaya datang. Lalu uniknya, pada atap miring ke depan yang paling panjang, terdapat ruang terbuka berukuran persegi yang diperuntukkan sebagai tempat masuknya cahaya di ruang tengah rumah. Kamu dapat menghemat listrik di siang hari loh Pins!

6. Atap Miring ke Depan pada Rumah Minimalis

model atap rumah
Source : iStock

Di inspirasi berikut ini Kamu dapat menerapkan atap miring ke depan di rumah yang minimalis. Model atap seperti ini sangat cocok digunakan di rumah mungil seperti pada gambar. Warna atap dan bangunan dicat menggunakan warna yang netral. Bangunan mungil ini memiliki dua lantai, hanya di bagian kanan saja. Oleh karena itu, atapnya memiliki ketinggian yang berbeda, namun tetap bermodel sama yaitu miring ke arah depan.

7. Atap Miring ke Depan pada Rumah yang Elegan

model atap rumah
Source : iStock

Di urutan ketujuh ini, model selanjutnya yang akan memberikan Kamu ide saat membangun rumah beratap miring ke depan adalah membuat rumah Kamu semakin terlihat elegan. Rumah ini memiliki konsep natural terbukti dari penggunaan warna cat yang natural senada dengan warna kayu pada bangunan di sebelah kanan.

Uniknya rumah ini memiliki model atap selain miring ke depan, yaitu atap datar. Di dua pengaplikasian model atap, terdapat jendela yang dirancang untuk mengundang cahaya masuk agar penghematan listrik dapat dilakukan di siang hari.

8. Atap Miring ke Depan pada Rumah Kontemporer

model atap rumah
Source : iStock

Model atap miring ke depan selanjutnya adalah atap miring ke arah depan yang digunakan pada rumah kontemporer. Bentuk atap rumahnya sangat unik dan bagus loh Pins, di bagian atasnya terdapat atap datar yang kemudian menyambung dengan atap miring ke depan, mengikuti bentuk kemiringan bangunan rumah. 

Rumah kontemporer satu ini, di bagian atapnya dilengkapi dengan panel surya untuk menyerap energi matahari. Pada ujung bawah atapnya sengaja dilebihkan sedikit untuk meneduhkan jalan setapak di sebelah kolam renang. Kamu harus tahu plus minus penggunaan atap kaca belakang rumah!

9. Rumah bergaya Modern dengan Atap Miring ke Depan

model atap rumah miring ke depan
Source : iStock

Model atap miring kesembilan ini digunakan pada rumah dengan gaya modern terbuka. Material yang digunakan adalah material genteng yang terbuat dari metal berwarna abu-abu. Keunikan dari rumah satu ini dapat terlihat dari arsitektur rooftop yang berada di tengah-tengah arsitektur atap miring tersebut. Jadi air hujan yang membasahi rooftop tetap akan mengalir ke arah bawah, tidak menggenang di bagian atas.

10. Rumah berunsur Kayu dengan Atap Miring ke Depan

model atap rumah miring ke depan
Source : iStock

Model atap miring selanjutnya adalah atap miring ke depan yang digunakan pada rumah berunsur kayu. Dimulai dari fasad tangga depan, hingga kusen-kusen jendela, dan pintu menggunakan material kayu. Warna dinding yang digunakan pun memiliki warna netral. Terdapat juga setengah bangunan dibuat dengan ekspose batu bata. Hal tersebut semakin membuat rumah berunsur kayu satu ini semakin terlihat natural.

11. Rumah bergaya Modern dengan Atap Miring ke Depan #2

model atap rumah miring ke depan
Source : iStock

Model atap miring kesebelas ini dapat Kamu ikuti untuk hunian Pins yang menggunakan atap miring ke depan agar terlihat modern. Penggunaan atap miring ke depan digunakan hanya pada bagian rooftop, selain itu rumah ini terbilang menggunakan desain atap yang datar. Material yang digunakan untuk atap tersebut adalah genteng keramik dengan tingkat kemiringan yang cukup untuk membuat air mengalir ke bawah.

Baca juga: 10 Jenis dan Ragam Atap Transparan Terbaik untuk Melindungi Rumah

12. Rumah Sederhana dengan Halaman Luas Beratap Miring ke Depan

model atap rumah miring ke depan
Source : iStock

Rumah terakhir yang menggunakan atap miring ke depan dapat Kamu terapkan untuk rumah berhalaman luas dengan gaya sederhana seperti pada gambar. Penggunaan genteng bermaterial metal berwarna abu gelap, dipasangkan dengan dinding berwarna abu cerah.

Rumah dengan model atap seperti ini tidak menghalangi cahaya matahari yang masuk melalui jendela, karena bentuk atap yang tidak menutupi fasad bagian depan rumah. Kehadiran atap miring seperti ini juga dapat memberikan sirkulasi udara yang baik dari model kemiringannya.

Itulah dia beberapa inspirasi model atap rumah yang miring ke depan. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi Kamu dalam mendirikan rumah bermodel atap miring ke depan!

Baca juga12 Model Atap Rumah Minimalis Paling Banyak Digunakan

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Grand Sharon Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download