BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Inspirasi Keramik Backsplash Dapur yang Cantik
0
0

10 Inspirasi Keramik Backsplash Dapur yang Cantik

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Ramanda Salsa

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Keramik backsplash adalah salah satu solusi dapur tetap bersih dan estetik dipandang. Hal tersebut dikarenakan kini, dapur tidak hanya area yang digunakan untuk membuat masakan yang jadi kewajiban, tapi unsur kenyamanan dan dekoratifnya juga diperhatikan. Tujuannya agar aktivitas yang dilakukan terasa menyenangkan.

Salah satunya adalah dengan menggunakan keramik backsplash dapur, yaitu area yang biasa terdapat di bagian dinding tempat kompor diletakkan. Fungsinya tentu melindungi dapur dari cipratan minyak, kotoran dan lain-lain. 

Keramik tersebut dipilih karena material ini termasuk yang paling mudah dibersihkan, tapi memiliki banyak pilihan cantik untuk menunjang segi dekorasinya. Yuk di cek inspirasi keramik backsplash yang cantik ada apa saja!

Backsplash Artistik

Source : Decorilla

Kesan artistik di sini bisa dimunculkan dengan keramik mozaik berbagai gambar. Biasanya yang dipilih adalah gambar yang memang menunjang tema di dapur. Seperti buah-buahan, peralatan makan seperti piring, sendok atau garpu, sampai makanan lain seperti roti dan bahan-bahan masakan.

Tipe keramik mozaik akan sangat cantik dipasang di area backsplash, apalagi dengan tema buah-buahan yang berwarna-warni ceria akan menambah semangat aktivitas memasak di dapur!

Baca Juga: 12 Pilihan Keramik Lantai Dapur Tidak Licin

Backsplash Marmer

Source : Shutterstock

Motif marmer juga kerap jadi favorit untuk keramik di backsplash dapur karena selain mudah dibersihkan, motifnya mengangkat nuansa elegan dan mewah. Ingat, marmer tidak hanya cocok dipasang di lantai saja, tapi di dinding juga. Coba pasang juga marmer senada dengan backsplash sebagai material meja makan di bagian tengah dapur. Pasti cantik!

Backsplash Tradisional

Source : Pinterest

Siapa bilang tema tradisional selalu ketinggalan zaman dan tidak cocok dipasang di dapur? Keramik bermotif tradisional seperti batik atau motif lampau lainnya kini justru menambah nuansa klasik khas Indonesia.

Apalagi jika masakan dapurmu didominasi oleh masakan-masakan rumahan khas Indonesia, dijamin makanannya semakin lezat karena dimasak dengan perasaan senang karena dapurnya yang cantik sesuai tema.

Backsplash Floral

Source : Pinterest

Selain motif buah-buahan, gambar-gambar bunga di bagian backsplash dapur juga tidak kalah cantik untuk dipilih. Bunga utuh seperti mawar, tulip atau lily yang tergambar dalam keramik putih akan terlihat manis dengan warna-warna cantiknya.

Tapi jika tidak terlalu suka dengan permainan warna, coba pilih keramik dengan motif floral yang klasik dan berulang sehingga warna dan motif yang ditonjolkan senada. Serta pilih warna-warna netral atau kalem seperti peach dan krem.

Backsplash Mix White

keramik backsplash
Source : Bellissimocolors

Bosan dengan warna putih tapi tidak terlalu suka dengan permainan warna lain yang terlalu ramai? Coba terapkan perpaduan warna lain tapi tidak meninggalkan porsi warna putihnya pada keramik backsplash. Keramik kecil putih disusun di sebagian atas sisi backsplash, akan berpadu sempurna dengan keramik kecil warna lain di bagian bawahnya.

Mencoba memilih 2 warna lainnya juga tidak masalah asalkan cocok dan mungkin pilih warna pastel. Warna soft pink dan soft blue akan terlihat cantik di dapur tapi tidak akan terlalu feminim, justru menambah kenyamanan.

Backsplash Retro

keramik backsplash
Source : Retro Renovation

Backsplash dengan keramik motif retro yang tepat akan sangat manis dipasang di dapur. Tapi tetap harus perhatian dalam memilih polanya karena pola retro rata-rata cukup membuat mata ‘penuh’.

Kamu bisa mengakali dengan menambah manis motif retro dengan memasang gantungan panci atau sutil yang sesuai dengan polanya. Bisa juga menambah dekorasi yang agak antik di meja bagian memasak seperti teko antik, tempat bumbu sampai tempat makanannya.

Baca Juga: 24 Model Keramik Dapur Selera Para Desainer Interior 2022

Backsplash Minimalis

keramik backsplash
Source : Detik

Desain simpel dan minimalis nampaknya tidak akan pernah salah dipasang di dapur terutama di bagian backsplash sebagai pelindung dari kotoran dan noda memasak. Motif yang paling favorit dipilih adalah motif bata warna putih yang cantik dan simpel.

Tema minimalis ini sesuai dengan kata-kata mutiara kekinian less is more yang mengurangi ornamen tidak penting tapi ternyata bisa menambah kesan yang lain seperti lebih leganya sebuah ruangan dan lebih nyaman.

Backsplash Tema Laut

keramik backsplash
Source : Pinterest

Bukan berarti harus ada gambar pasir dan perahu di dapur atau bagian backsplash, tapi Kamu bisa memilih keramik yang memiliki motif geometris seperti ombak yang berwarna biru.

Agar tetap nyaman dilihat, coba pilih keramik yang berwarna biru muda, tidak biru yang terlalu tua. Keramik motif sisik ikan juga cantik dipilih agar kesan lautnya terasa tapi tidak frontal ditampilkan.

Backsplash Kayu

keramik backsplash
Source : Pinterest

Backsplash keramik motif kayu juga bisa mempercantik dapurmu agar terlihat lebih natural. Motif dan warna kayu yang ada pun bervariasi. Mulai dari asimetris dan warna-warna berbeda, sampai yang berulang dan berwarna senada pun ada.

Tapi yang sebaiknya diperhatikan, usahakan elemen penunjang di sekelilingnya tidak terlalu berwarna kontras agar tidak terlihat terlalu penuh dan berlebihan. Kamu bisa memilih kabinet dan meja masak warna putih misalnya untuk menyeimbangkan nuansa yang muncul dari backsplash kayu ini.

Backsplash Hexagonal

keramik backsplash
Source : Pinterest

Backsplash hexagonal juga sering dipilih karena motifnya yang simpel tapi tetap memunculkan rasa berbeda yang tidak terlalu monoton atau sepi seperti tema minimalis. Warna yang hadir pun beragam, dan kini tidak ada salahnya memilih keramik hexagonal warna hitam dengan list putih misalnya.

Selain kotoran lebih mudah terlihat, noda membandel juga tidak akan terlalu terlihat dan tidak membuatnya cepat menguning dibandingkan memilih keramik berwarna putih. Tapi tentu saja harus menyesuaikan dengan tema dapurnya agar terlihat lebih matching dan cantik.

Itu dia beberapa inspirasi keramik backsplash yang cantik untuk diterapkan di dapur sebagai teman aktivitas memasakmu. 

Featured Image Source: Freepik

Baca Juga: 9 Pilihan Keramik Lantai Dapur Rumah Anti Licin


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download