BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPASimak! Perbedaan KTA dengan Dana Tunai Kartu Kredit
0
0

Simak! Perbedaan KTA dengan Dana Tunai Kartu Kredit

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini dan Diperbarui oleh Yurinda Dini

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Simak! Perbedaan KTA dengan Dana Tunai Kartu Kredittop-right-banner

Kartu Kredit Dana Tunai dan Kredit Tanpa Agunan atau KTA menjadi dua bentuk yang makin populer beberapa waktu terakhir. Sayangnya, tak sedikit orang yang belum memahami apa yang menjadi pembeda antara KTA dengan kartu kredit dana tunai. 

Memang benar, melakukan pinjaman selalu menjadi cara yang paling praktis dan mudah untuk mendapatkan uang dalam kondisi mendesak, jumlah yang besar, dan waktu yang relatif singkat. Hanya, kamu sebaiknya melakukan pertimbangan dan memikirkan dengan cermat semua hal sebelum memutuskan meminjam. 

Baca juga: Apa Arti dan Fungsi-fungsi Nomor Pada Kartu Kredit? Begini Penjelasannya

Pengertian KTA dengan Kartu Kredit Dana Tunai

Source : Pixabay

Sebelum menentukan pilihan antara KTA dengan kartu kredit, kamu sebaiknya memahami pengertian keduanya. Kartu Kredit Dana Tunai adalah bentuk pinjaman dengan asal atau sumber dana dari batas atau limit kartu kredit. Ini akan membuat kamu bisa mendapat uang tunai dari limit kartu kredit yang kamu punya. 

Kemudian, kamu akan mengembalikan uang tunai tersebut dalam bentuk angsuran tetap yang tertulis pada lembar tagihan bulanan sampai tenor yang sudah ada. Sementara itu, KTA adalah layanan pinjaman milik perbankan yang bisa kamu pilih tanpa perlu meminjamkan suatu aset. 

Layanan ini menawarkan proses yang lebih mudah dan cepat, sehingga menjadi opsi pinjaman yang cukup menggiurkan bagi masyarakat yang memerlukan dana dalam jumlah besar saat kondisi mendesak. 

Batas Pinjaman dan Jatuh Tempo Pelunasan

Source : Freepik

Sebenarnya, kamu dapat mengajukan pinjaman kredit KTA sesuai dengan kebutuhan. Meski begitu, terdapat dua hal yang nantinya menjadi perhatian utama dari pihak bank ketika menentukan batas pinjaman, yaitu jumlah pendapatan dan batas kartu kredit. 

Biasanya, masing-masing bank punya standar sendiri perihal pemasukan minimal. Namun, bank rata-rata menentukan besar gaji minimal antara Rp2 juta sampai Rp10 juta setiap bulan. Sementara itu, batas kartu kredit seharusnya bisa kamu pakai dengan bijak tanpa melebihi alias over limit. 

Berbeda dengan Kartu Kredit Dana Tunai yang menawarkan batas pinjaman sesuai dengan batas kartu kredit yang kamu punya. Besar pinjaman mulai dari 40% sampai 50% dari total limit. Contohnya, kamu memegang kartu kredit dengan batas Rp30 juta, dan kamu baru memakai sebesar Rp10 juta dalam waktu satu bulan.

Ini berarti, kamu masih punya sisa batas pemakaian kredit sebesar Rp20 juta. Jika pihak bank menentukan batas pencairan maksimum sebesar 50%, maka kamu bisa mencairkan dana sampai Rp10 juta. Uang tersebut selanjutnya akan masuk pada rekening kamu, dan tagihannya masuk dalam tagihan kredit bulanan. 

Baca juga: Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit Untuk Berbelanja

Beban Bunga Pinjaman

Source : Freepik

Perbedaan selanjutnya antara KTA dengan Kartu Kredit Dana Tunai ada pada besar tingkat suku bunga pinjaman. KTA punya tingkat bunga pinjaman yang lebih tinggi daripada Kartu Kredit Dana Tunai. Meski begitu, tentu saja penetapan ini bukan tanpa alasan. 

Tingginya tingkat suku bunga pinjaman KTA terjadi karena tenor masa pinjaman dan nominal dana yang kamu dapatkan. Kebanyakan, bunga untuk Kartu Kredit Dana Tunai adalah 0,5% sampai 0,8% setiap bulan dengan lama cicilan mulai dari 12 hingga 18 bulan. 

Sementara itu, KTA umumnya punya tingkat suku bunga mulai dari 0,9% sampai 1,2% setiap bulan dengan tenor cicilan yang tidak berbeda dengan Kartu Kredit Dana Tunai. Perbedaan antara KTA dengan Kartu Kredit Dana Tunai ini juga terjadi karena pihak bank mengambil risiko tinggi ketika memberikan pinjaman KTA pada nasabah. 

Inilah sebabnya, menjadi masuk akal adanya jika suku bunga untuk KTA akan lebih besar daripada Kartu Kredit Dana Tunai. Akan tetapi, KTA sebagai bentuk pinjaman tentu dapat nasabah gunakan untuk kebutuhan yang sifatnya lebih besar. Misalnya, pinjaman guna memenuhi biaya pendidikan, rencana untuk menikah, hingga perbaikan rumah. 

Baca juga: Tips Memberikan Pinjaman Uang Agar Tidak Rugi!

Persamaan antara KTA dengan Kartu Kredit Dana Tunai

Source : Freepik

Tak hanya memberikan penawaran berupa peminjaman dana dalam jumlah tertentu, tenor dan tingkat suku bunga yang berbeda. KTA dan Kartu Kredit Dana Tunai ternyata memiliki beberapa persamaan. Pertama, baik KTA dengan Kartu Kredit Dana Tunai sama-sama memerlukan adanya kartu kredit untuk proses pencairan dananya. 

Kemudian, KTA dan Kartu Kredit Dana Tunai juga sama-sama tidak memerlukan adanya jaminan dalam bentuk aset dari para nasabah yang mengajukan pinjaman. Ketiga, meski suku bunga antara KTA dengan Kartu Kredit Dana Tunai tidak sama, besar bunga kedua bentuk pinjaman ini masih terbilang lebih ringan daripada bentuk pinjaman lain, seperti KPR atau KKB. Terakhir, tenor pembayaran untuk KTA maupun Kartu Kredit Dana Tunai terbilang standar karena tidak singkat, tetapi juga tidak terlalu lama. 

Itu tadi perbedaan mendasar yang perlu kamu ketahui antara KTA dengan Kartu Kredit Dana Tunai sebagai bentuk pinjaman yang cukup populer beberapa waktu terakhir ini. Pastikan kamu memenuhi kebutuhan terhadap dana yang mendesak dengan memilih bentuk pinjaman yang sesuai dan tepat, Pins. Jangan lupa untuk mempertimbangkan semua hal sebelum menentukan. Semoga bermanfaat!

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Kaisar Ciseeng dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download