BlogPemilik PropertiFinansialTips Memberikan Pinjaman Uang Agar Tidak Rugi!
0
0

Tips Memberikan Pinjaman Uang Agar Tidak Rugi!

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
cara bangun rumah murahtop-right-banner

Setiap orang memiliki kondisi ekonomi yang berbeda-beda. Tidak sedikit pula yang kemampuan ekonominya berubah dalam waktu cepat seperti mengalami musibah atau kebangkrutan. Akhirnya, banyak orang yang mencari pinjaman uang guna tetap bisa memenuhi kebutuhannya.

Sebenarnya, ada banyak cara untuk bisa mendapatkan uang secara cepat melalui utang. Seseorang bisa mengajukan pinjaman ke bank atau di masa seperti sekarang ini sudah banyak perusahaan fintech atau financial technology yang menyediakan pinjaman uang online. Namun, salah satu pilihan yang masih banyak digunakan yaitu meminjam dari orang terdekat seperti teman atau keluarga.

Pins sendiri, atau kerabat terdekat mungkin pernah mengalami kejadian tersebut. Namun sayangnya, sering terjadi permasalahan seperti, peminjam tidak mengembalikan uang disaat kita membutuhkannya, dan masih banyak lagi hal yang merugikan lainnya. Supaya tidak rugi, ikuti berbagai tips memberikan pinjaman uang di bawah ini, yuk!

Tips Memberikan Pinjaman Uang

Mungkin, pinjam meminjam uang ini sudah menjadi hal klise yang sering terjadi di kehidupan kita. Namun faktanya, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memberikan pinjaman uang agar tidak rugi. Apa saja pertimbangan tersebut? Simak di bawah ini ya!

Atur Dulu Keuanganmu

Source : Pexels

Sebelum Pins memberikan pinjaman ke orang lain, ada baiknya untuk terlebih dahulu mengatur keuangan milik diri sendiri. Kamu bisa mulai dengan mengalokasikan uang sesuai kebutuhan misalnya untuk keperluan sehari-hari, tabungan, cicilan, dan lain-lain. Setelah semua terbagi, barulah kamu bisa mengetahui sisa uang yang bisa digunakan secara bebas.

Total uang sisa yang sudah kamu hitung tersebut, barulah bisa digunakan sesuai keinginan seperti misalnya untuk dipinjamkan ke orang lain. Jika ternyata setelah dialokasikan kamu tidak memiliki uang bebas, lebih baik tidak memberikan pinjaman. Hal ini dilakukan supaya kamu tidak kesulitan setelah memberikan uang ke orang lain.

Baca juga: Ini Dia 8 Aplikasi Pinjaman Online Terbaik di Indonesia!

Diskusikan dengan Orang Lain

Source : Illnois Mutual

Tips yang kedua ketika ada orang yang ingin meminjam uang yaitu dengan mendiskusikannya dengan orang terdekat. Pins bisa meminta pendapat sekaligus pertimbangan dari orang terpercaya seperti misalnya orang tua atau pasangan. Hal ini akan sangat membantu terutama jika jumlah uang yang akan dipinjamkan terbilang besar.

Melalui diskusi tersebut, kamu akan mendapatkan pandangan lain atau hal-hal lain yang luput dari pertimbanganmu. Pembicaraan tersebut akan sangat berguna supaya Pins tidak gegabah atau tergesa-gesa ketika memberikan uang ke orang lain.

Baca juga: Mengenal Koperasi Simpan Pinjam dan Cara Bergabung

Berikan Pinjaman Uang yang Bisa Kamu Relakan

pinjaman uang
Source : Money.com

Tidak sedikit orang yang enggan ketika hendak meminta teman atau keluarga untuk melunasi utangnya. Banyak yang merasa hal tersebut bisa mengganggu dan akhirnya berakibat pada renggangnya hubungan. Apabila kamu sering merasakan hal tersebut, tips yang bisa dilakukan yaitu hanya memberikan pinjaman sejumlah yang bisa direlakan.

Misalnya, dari total uang yang dimiliki sekarang, kamu hanya bisa memberikan setengah dari yang diminta, maka pinjamkan sejumlah itu saja. Hal ini akan membuatmu tidak merasa terbebani dan jika di hari ke depannya peminjam tidak bisa mengembalikan utang tersebut, kamu tidak merasa berat hati.

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan Pinjaman Berjangka

Buat Perjanjian Secara Tertulis

Source : Unsplash

Banyak orang yang lebih memilih untuk meminjam uang ke teman atau keluarga karena prosesnya lebih cepat dan mudah. Peminjam tidak akan terikat dengan perjanjian tertentu dan juga tidak perlu membayar biaya tambahan berbentuk bunga yang berlaku ketika mengajukan kredit ke bank.

Kemudahan tersebut tentunya menguntungkan dari sisi peminjam. Namun, jika kamu berada pada posisi yang memberikan pinjaman, kebebasan tersebut bisa membuatmu rugi. Peminjam bisa saja mengulur-ulur waktu untuk melunasi utang atau bahkan menolak dengan berbagai alasan.

Supaya bisa terhindar dari situasi tersebut, salah satu langkah pencegahan yang bisa dilakukan yaitu membuat surat perjanjian tertulis. Pins bisa menuliskan berbagai hal terkait pinjaman seperti besarannya, jangka waktu pelunasan, serta jaminan. Melalui cara ini, akad pinjaman uang akan lebih jelas dan Pins bisa mengurangi risiko peminjam gagal melakukan pelunasan.

Belajar Untuk Menolak

Source : Wise Bread

Salah satu hal yang perlu diingat ketika ada yang ingin meminjam uang yaitu Pins selalu memiliki hak untuk menolak permintaan tersebut. Jika memang kondisi keuanganmu tidak memungkinkan untuk memberikan pinjaman, tidak ada salahnya untuk menolak. Kalau kamu kesulitan melakukannya ketika berada dalam situasi tersebut, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan.

Menanyakan Keperluan Peminjam

Ketika ada orang yang ingin meminjam uang, Pins bisa mulai dengan bertanya mengenai keperluannya. Apabila alasannya bukanlah suatu hal yang mendesak seperti misalnya untuk liburan, kamu bisa dengan lebih mudah menolak permintaannya tersebut.

Meminta Waktu Untuk Mempertimbangkan

Apabila Pins tidak bisa memberikan pinjaman, ada baiknya untuk tidak langsung menolak permintaan tersebut, terlebih jika peminjam memiliki alasan kuat. Kamu bisa meminta waktu untuk memikirkan hal tersebut. Selama jeda tersebut, kamu akan lebih bisa berpikir dan mempertimbangkan banyak hal. Selain itu, peminjam juga tidak akan tersinggung karena permintaannya langsung ditolak.

Memberikan Penjelasan

Hal yang perlu dilakukan ketika menolak permintaan orang lain yaitu dengan memberikan penjelasan logis. Sebutkan berbagai alasan yang membuatmu tidak bisa memberikan pinjaman tersebut. Misalnya, kamu memiliki keperluan untuk membayar renovasi rumah sehingga tidak bisa memberikan pinjaman.

Jangan Memberikan Janji

Tips terakhir ketika menolak untuk meminjamkan uang yaitu tidak memberikan janji kepada peminjam. Hal ini dilakukan supaya pihak peminjam tidak membangun harapan berlebih kepada Pins. Selain itu, cara ini akan menghindarkanmu dari cap ‘tukang ingkar janji’ sehingga hubunganmu dengan peminjam bisa tetap terjaga.

Nah sekarang Pins sudah paham kan, tentang berbagai tips ketika meminjamkan uang ke teman atau keluarga? Ikuti tips-tips tersebut supaya kamu tidak rugi ya Pins! Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download