Pinhome

Tips Memberikan Pinjaman Uang Agar Tidak Rugi!

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi ∙ 16 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Setiap orang memiliki kondisi ekonomi yang berbeda-beda. Tidak sedikit pula yang kemampuan ekonominya berubah dalam waktu cepat seperti mengalami musibah atau kebangkrutan. Akhirnya, banyak orang yang mencari pinjaman uang guna tetap bisa memenuhi kebutuhannya.

Pinhome – Sebenarnya, ada banyak cara untuk bisa mendapatkan uang secara cepat melalui utang. Seseorang bisa mengajukan pinjaman ke bank atau di masa seperti sekarang ini sudah banyak perusahaan fintech atau financial technology yang menyediakan pinjaman uang online

Namun, salah satu pilihan yang masih banyak digunakan yaitu dengan meminjam dari orang terdekat seperti teman atau keluarga. Pins sendiri, atau kerabat terdekat mungkin pernah mengalami kejadian tersebut. Supaya tidak rugi, ikuti berbagai tips di bawah ini, yuk!

Atur Dulu Keuanganmu

(Pexels)

Sebelum Pins memberikan pinjaman ke orang lain, ada baiknya untuk terlebih dahulu mengatur keuangan milik diri sendiri. Kamu bisa mulai dengan mengalokasikan uang sesuai kebutuhan misalnya untuk keperluan sehari-hari, tabungan, cicilan, dan lain-lain. 

Setelah semua terbagi, barulah kamu bisa mengetahui sisa uang yang bisa digunakan secara bebas. Total uang sisa yang sudah kamu hitung tersebut, barulah bisa digunakan sesuai keinginan seperti misalnya untuk dipinjamkan ke orang lain. 

Jika ternyata setelah dialokasikan kamu tidak memiliki uang bebas, lebih baik tidak memberikan pinjaman. Hal ini dilakukan supaya kamu tidak kesulitan setelah memberikan uang ke orang lain.

Diskusikan dengan Orang Lain

(Illnois Mutual)

Tips yang kedua ketika ada orang yang ingin meminjam uang yaitu dengan mendiskusikannya dengan orang terdekat. Pins bisa meminta pendapat sekaligus pertimbangan dari orang terpercaya seperti misalnya orang tua atau pasangan. Hal ini akan sangat membantu terutama jika jumlah uang yang akan dipinjamkan terbilang besar.

Melalui diskusi tersebut, kamu akan mendapatkan pandangan lain atau hal-hal lain yang luput dari pertimbanganmu. Pembicaraan tersebut akan sangat berguna supaya Pins tidak gegabah atau tergesa-gesa ketika memberikan uang ke orang lain.

Hanya Berikan Pinjaman Uang yang Bisa Kamu Relakan

pinjaman uang
(Money.com)

Tidak sedikit orang yang enggan ketika hendak meminta teman atau keluarga untuk melunasi utangnya. Banyak yang merasa hal tersebut bisa mengganggu dan akhirnya berakibat pada renggangnya hubungan.

Apabila kamu sering merasakan hal tersebut, tips yang bisa dilakukan yaitu hanya memberikan pinjaman sejumlah yang bisa direlakan. Misalnya, dari total uang yang dimiliki sekarang, kamu hanya bisa memberikan setengah dari yang diminta, maka pinjamkan sejumlah itu saja. 

Hal ini akan membuatmu tidak merasa terbebani dan jika di hari ke depannya peminjam tidak bisa mengembalikan utang tersebut, kamu tidak merasa berat hati.

Buat Perjanjian Secara Tertulis

(Unsplash)

Banyak orang yang lebih memilih untuk meminjam uang ke teman atau keluarga karena prosesnya lebih cepat dan mudah. Peminjam tidak akan terikat dengan perjanjian tertentu dan juga tidak perlu membayar biaya tambahan berbentuk bunga yang berlaku ketika mengajukan kredit ke bank.

Kemudahan tersebut tentunya menguntungkan dari sisi peminjam. Namun, jika kamu berada pada posisi yang memberikan pinjaman, kebebasan tersebut bisa membuatmu rugi. 

Peminjam bisa saja mengulur-ulur waktu untuk melunasi utang atau bahkan menolak dengan berbagai alasan. Supaya bisa terhindar dari situasi tersebut, salah satu langkah pencegahan yang bisa dilakukan yaitu membuat surat perjanjian tertulis. 

Pins bisa menuliskan berbagai hal terkait pinjaman seperti besarannya, jangka waktu pelunasan, serta jaminan. Melalui cara ini, akad pinjaman uang akan lebih jelas dan Pins bisa mengurangi risiko peminjam gagal melakukan pelunasan.

Belajar untuk Menolak

(Wise Bread)

Salah satu hal yang perlu diingat ketika ada yang ingin meminjam uang yaitu Pins selalu memiliki hak untuk menolak permintaan tersebut. Jika memang kondisi keuanganmu tidak memungkinkan untuk memberikan pinjaman, tidak ada salahnya untuk menolak. 

Kalau kamu kesulitan melakukannya ketika berada dalam situasi tersebut, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan.

Menanyakan Keperluan Peminjam

Ketika ada orang yang ingin meminjam uang, Pins bisa mulai dengan bertanya mengenai keperluannya. Apabila alasannya bukanlah suatu hal yang mendesak seperti misalnya untuk liburan, kamu bisa dengan lebih mudah menolak permintaannya tersebut.

Meminta Waktu untuk Mempertimbangkan

Apabila Pins tidak bisa memberikan pinjaman, ada baiknya untuk tidak langsung menolak permintaan tersebut, terlebih jika peminjam memiliki alasan kuat. Kamu bisa meminta waktu untuk memikirkan hal tersebut. 

Selama jeda tersebut, kamu akan lebih bisa berpikir dan mempertimbangkan banyak hal. Selain itu, peminjam juga tidak akan tersinggung karena permintaannya langsung ditolak.

Memberikan Penjelasan

Hal yang perlu dilakukan ketika menolak permintaan orang lain yaitu dengan memberikan penjelasan logis. Sebutkan berbagai alasan yang membuatmu tidak bisa memberikan pinjaman tersebut. 

Misalnya, kamu memiliki keperluan untuk membayar renovasi rumah sehingga tidak bisa memberikan pinjaman.

Jangan Memberikan Janji

Tips terakhir ketika menolak untuk meminjamkan uang yaitu tidak memberikan janji kepada peminjam. Hal ini dilakukan supaya pihak peminjam tidak membangun harapan berlebih kepada Pins. 

Selain itu, cara ini akan menghindarkanmu dari cap ‘tukang ingkar janji’ sehingga hubunganmu dengan peminjam bisa tetap terjaga.

Pins sudah paham, kan, tentang berbagai tips ketika meminjamkan uang ke teman atau keluarga? Ikuti tips-tips tersebut supaya kamu tidak rugi!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel