BlogPemilik PropertiDesain HunianKenapa Keramik Lantai Bisa Terangkat dan Pecah? Ini Penyebabnya!
0
0

Kenapa Keramik Lantai Bisa Terangkat dan Pecah? Ini Penyebabnya!

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Ade Ardian

Des 2, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Ilustrasi keramik lantai rusak.top-right-banner

Kenapa keramik lantai bisa terangkat dan pecah? Pertanyaan ini sering kali muncul di benak pemilik rumah yang menghadapi masalah tersebut.

Keramik lantai yang terangkat bukan hanya mengganggu estetika ruangan, tetapi juga menimbulkan risiko kecelakaan. Sebagai pemahaman awal, ada berbagai penyebab umum yang dapat menjelaskan fenomena yang satu ini.

Sementara itu, perlu diketahui bahwa warna keramik lantai yang tidak mudah kotor cocok dipasang di Rumah Ekslusif seperti Avoria Estate karena tampilannya yang kekinian. Jika Kamu mau mencari informasi lebih lanjut, Kamu dapat mengunjungi PinValue.

Sementara jika Kamu mencari lokasi lain, Kamu dapat mencari tahu rumah second di Kab Tangerang. Atau Kamu juga bisa mencari informasi terkait rumah dijual di Depok melalui fitur unggulan Pinhome.

Baca juga: Rekomendasi 10 Warna Keramik Lantai Terbaru 2023

Apa Saja Penyebab Keramik Lantai Bisa Terangkat dan Pecah?

Alasan kenapa keramik lantai bisa terangkat.
Source : Freepik

Berbagai faktor dapat menjadi pemicu kondisi dan memunculkan pertanyaan kenapa keramik lantai bisa terangkat dan pecah, dan pemahaman terhadap penyebabnya sangat penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat. Berikut adalah beberapa faktornya yang perlu diketahui:

1. Kualitas Adukan Semen dan Pasir Kurang Bagus

Adukan semen dan pasir yang kurang berkualitas dapat menjadi penyebab utama keramik lantai terangkat. Campuran semen yang tidak merata atau terlalu encer dapat mengakibatkan kurangnya daya rekat antara keramik dan lantai, sehingga rentan terhadap pemecahan. Karena itu, penting memahami cara pemakaian dan pencampuran semen yang baik.

2. Keramik Tidak Direndam Sebelum Dipasang

Pentingnya merendam keramik sebelum dipasang tidak boleh diabaikan. Keramik yang tidak direndam dengan baik cenderung menyerap terlalu banyak air dari adukan saat proses pemasangan, mengakibatkan perekatan yang lemah dan meningkatkan risiko terangkat.

3. Perubahan Temperatur Tanah

Perubahan suhu tanah di sekitar bangunan dapat memberikan tekanan pada keramik lantai. Terjadinya perubahan temperatur yang signifikan dapat menyebabkan pergeseran tanah di bawah lantai, menyebabkan keramik terangkat dan pecah.

4. Kualitas Keramik Buruk

Keramik yang berkualitas rendah atau cacat juga dapat menjadi penyebab terangkatnya lantai. Kekurangan dalam proses produksi atau bahan baku yang tidak baik dapat mengakibatkan keramik rentan terhadap keretakan dan pecah. Karena itu, penting mengetahui apa saja jenis keramik lantai yang tepat.

5. Masuknya Udara Melalui Garis Nat

Ketika udara dapat masuk melalui celah atau garis nat di antara keramik, hal ini dapat mengakibatkan pelepasan adukan dan menyebabkan terangkatnya keramik lantai. Penting juga memahami ukuran keramik sebelum memasangnya.

6. Lantai Pernah Terendam Banjir

Lantai yang pernah terendam banjir dapat mengakibatkan rusaknya lapisan dasar dan struktur bawah keramik. Hal ini dapat mengurangi daya rekat dan menyebabkan terangkatnya keramik.

7. Terdapat Rongga di Bawah Keramik

Ketika ada rongga atau ruang hampa di bawah keramik, baik karena instalasi yang tidak benar atau adanya retakan di lapisan dasar. Hal ini dapat menyebabkan keramik terangkat saat mendapat beban.

8. Beban Berlebih

Beberapa area yang sering kali mendapat beban berlebih, seperti lokasi yang sering dilalui oleh kendaraan berat. Hal itu dapat menyebabkan keramik lantai pecah atau terangkat akibat tekanan berlebih.

Baca juga: 8 Warna Keramik Lantai yang Tidak Mudah Terlihat Kotor

Tips Agar Keramik Lantai Tidak Mudah Terangkat dan Pecah

Tips agar keramik lantai tidak rusak.
Source : Freepik

Menghindari masalah terangkatnya dan pecahnya keramik lantai bukan hanya sekadar mempertahankan tampilan estetika, tetapi juga melibatkan pertimbangan keamanan dan kenyamanan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu agar keramik lantai tetap kokoh dan tahan lama:

1. Pemilihan Material Berkualitas Tinggi

Memastikan pemilihan keramik berkualitas tinggi sangat penting. Pilihlah keramik dengan daya serap air yang rendah dan ketahanan yang baik terhadap tekanan dan beban.

Material yang berkualitas tinggi akan memberikan kestabilan struktural yang diperlukan untuk mencegah terangkatnya lantai. Pastikan juga keramik lantai minimalis untuk rumah terbaik yang digunakan.

2. Penggunaan Adukan Semen dan Pasir yang Baik

Pastikan campuran semen dan pasir yang digunakan dalam pemasangan keramik memiliki kualitas yang baik. Adukan yang baik memberikan daya rekat yang optimal antara keramik dan lantai, mencegah terjadinya masalah terangkat.

3. Proses Rendam Sebelum Pemasangan

Merendam keramik sebelum dipasang dapat membantu mengurangi absorpsi air pada saat pemasangan. Proses ini meningkatkan daya rekat antara keramik dan adukan, sehingga mengurangi risiko terangkat dan keretakan.

4. Pemilihan Lokasi yang Tepat

Perhatikan lokasi pemasangan keramik. Hindari tempat-tempat yang sering terkena air berlebihan atau memiliki risiko banjir. Lokasi yang stabil dan tidak rentan terhadap perubahan suhu tanah dapat mengurangi risiko terangkatnya lantai.

5. Instalasi oleh Profesional Berpengalaman

Penggunaan jasa instalasi oleh tenaga profesional yang berpengalaman dapat menghindari kesalahan-kesalahan pemasangan yang dapat menyebabkan keramik terangkat. Profesional memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait cara pasang keramik dengan benar.

6. Pemeliharaan Lantai yang Rutin

Melakukan pemeliharaan lantai secara rutin dapat membantu mencegah masalah yang lebih serius. Bersihkan lantai secara teratur dan periksa apakah ada kerusakan atau retakan yang perlu segera diperbaiki.

7. Penempatan Pelat Penopang di Bawah Keramik Besar

Jika menggunakan merk keramik lantai dengan dimensi besar, pertimbangkan untuk menempatkan pelat penopang di bawahnya. Ini membantu mendistribusikan beban dengan merata, mengurangi tekanan pada lapisan dasar, dan mencegah keramik pecah atau terangkat.

8. Pemilihan Model Lantai yang Sesuai dengan Fungsi Ruangan

Memilih keramik lantai.
Source : Freepik

Pilih model keramik yang sesuai dengan fungsi ruangan, dan cek harga keramik lantai. Beberapa ruangan mungkin memerlukan keramik dengan ketahanan dan daya rekat yang lebih tinggi, terutama ruangan yang sering dilalui atau memiliki perubahan suhu yang signifikan.

Itulah berbagai penyebab yang membuat keramik lantai bisa terangkat dan pecah. Pastikan Kamu mengikuti tips-tips yang disebutkan untuk tindakan pencegahan agar memastikan keamanan dan kenyamanan dalam rumah.

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download