BlogLifestyleGadget11 Cara Mengatasi HP Mati Sendiri, Dijamin Berhasil!
0
0

11 Cara Mengatasi HP Mati Sendiri, Dijamin Berhasil!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Sep 27, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
cara mengatasi hp mati sendiritop-right-banner

Keadaan ketika HP tiba-tiba mati sendiri tentunya akan membuat Pins panik kan? Terdapat beberapa cara mengatasi HP mati sendiri yang bisa kamu lakukan terutama jika dalam keadaan mendesak. HP tiba-tiba mati bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti overheat, update Android HP yang tidak selesai, dan lain sebagainya.

Hp salah satu alat yang sangat penting di era saat ini. Karena hampir semua hal bisa dilakukan dengan HP. Misalnya saja seperti aplikasi Pinhome. Disana kamu bisa membeli rumah baru ataupun rumah secondary dengan harga yang kompetitif. Misalnya seperti salah satu perumahan di Kota Tangerang yaitu Bali Resort Tangerang yang cocok untuk kamu yang memilki keluarga kecil.

Itulah kenapa HP yang mati bisa menjadi salah satu masalah besar. Kondisi HP sering mati sendiri bisa diatasi dengan beberapa cara, seperti melakukan reboot, membersihkan cache, atau membawanya ke tempat servis. Sebelum kamu memutuskan untuk melakukan servis, cobalah untuk menggunakan beberapa cara mengatasi HP yang tiba-tiba mati.

Baca juga:

Cara Mengatasi HP Android Mati Sendiri

Sistem operasi Android memang terkadang mengalami masalah pada HP yang tiba-tiba overheat atau mati sendiri. Jika kondisi ini terjadi, kamu bisa mencoba untuk mengatasinya dengan beberapa cara agar HP tidak mati sendiri berikut ini!

Diamkan HP Jika Overheat

Source : Compare and Recycle

Pins merasakan suhu HP yang tiba-tiba panas? Kondisi overheat ini bisa mengakibatkan kerusakan pada software dan hardware HP lho. Ketika dalam keadaan overheat, kamu bisa mensiasatinya dengan mendiamkan ponsel tersebut dan tidak menggunakannya sama sekali untuk beberapa saat. Cobalah untuk menutup semua program yang berjalan agar prosesor atau dapur pacu HP tidak terlalu berat dan panas. Umumnya, suhu normal HP ketika digunakan adalah 40 derajat celcius.

Gunakan Mode Hemat Daya

Penyebab HP mati sendiri bisa jadi karena perangkat bekerja terlalu keras dan mengalami overheat, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan mode hemat daya. Fitur yang satu ini memungkinkan kamu untuk menggunakan daya pada ponsel dengan jumlah yang lebih sedikit. Hal itu membuat HP tidak bekerja terlalu keras dan suhunya bisa lebih mudah disesuaikan. Selain itu, kamu juga bisa mengurangi kecerahan pada layar.

Baca juga:

Gunakan Charger yang Original

Source : Teknologi.id

Solusi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan charger orsinil Pins! Meskipun harga casan HP yang ori lebih mahal, ternyata hal ini bisa mempengaruhi kondisi HP. Menggunakan charger secara asal-asalan dapat merusak baterai dan prosesornya. Usahakan untuk menggunakan casan dengan ukuran KWH yang sesuai.

Bersihkan Cache dan Sampah

Source : Voi

File sampah dan cache bisa menjadi penyebab HP mengalami masalah pada prosesor. Jika Pins masih bingung bagaimana cara mengatasi HP yang tiba-tiba mati, bisa mencoba untuk membersihkan sampah di ponsel. Umumnya, HP akan menyimpan beberapa file yang sudah tidak digunakan dan itu akan memberatkan kinerjanya. Parahnya lagi, jika dibiarkan HP akan terus menerus mengalami masalah mati dengan sendirinya.

Kurangi Penyimpanan

RAM atau penyimpanan yang overload akan membuat smartphone mengalami hang atau tiba-tiba tidak bisa dioperasikan. Cara mengatasi HP mati sendiri karena memori yang penuh, bisa dilakukan dengan mengurangi jumlah penyimpanan. Pins bisa menghapus file, media, atau dokumen yang tidak penting lainnya.

Baca juga:

Update Sistem Android

Source : Grid.id

Sistem Android pada smartphone merupakan komponen yang memiliki peranan penting Pins! Saat HP mengalami freeze atau mati secara tiba-tiba, bisa jadi terdapat kendala pada sistem Androidnya. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukan update sistem Android pada HP agar dapat berjalan normal kembali.

Unroot HP

Source : Gihosoft

Proses rooting pada smartphone bisa dilakukan sebagai cara agar HP tidak mati sendiri saat digunakan. Sistem rooting ini merupakan cara untuk mengubah sistem software yang ada. Namun, saat melakukan root pada HP, pastikan jika melakukannya dengan benar agar tidak terjadi crash pada sistem ya Pins!

Mengembalikan ke Stelan Pabrik

Solusi paling tepat jika HP sering mati sendiri adalah dengan mengembalikan ke stelan pabrik. Tindakan ini juga bisa dilakukan ketika proses rooting gagal dan sistem mengalami crash. Pins bisa melakukan flash ulang atau mengatur ke pengaturan pabrik dengan langkah berikut:

  • Buka Setelan pada smartphone Android.
  • Setelah itu, silakan masuk ke Setelan tambahan, kemudian masuk ke Cadangkan & Setel Ulang.
  • Selanjutnya, silakan tap Kembali ke setelan pabrik.
  • lalu pilih Setel ulang telepon.
  • Konfirmasi dengan pola kunci atau kata sandi ponsel.
  • Tunggu sampai proses reset berhasil dilakukan.
  • Selesai.

Ganti Komponen Bermasalah

Source : iStockphoto

Masalah tentang cara mengatasi HP mati sendiri bisa diatasi dengan mengganti komponen yang bermasalah. Langkah ini dilakukan agar Pins tidak mengalami masalah yang sama secara berturut-turut. Namun, jika ingin mengganti komponen yang bermasalah, cobalah untuk mengganti dengan perangkat yang original ya Pins. Kamu bisa datang ke tempat service center merk ponsel untuk menggantinya.

Lakukan Kalibrasi Baterai

Kalibrasi baterai bisa dilakukan jika kamu merasa bahwa HP tersebut sering mati karena pengaruh dari baterainya. Untuk melakukan kalibrasi, kamu perlu menggunakan ponsel sampai baterainya habis kemudian menyalakannya kembali. Berikut langkah mudahnya:

  • Gunakan smartphone hingga baterainya habis dan mati.
  • Nyalakan ulang HP sampai masuk ke sistem.
  • Tunggu hingga HP mati kembali saat baterai dalam keadaan nol.
  • Sambungkan kabel casan ke HP dalam keadaan mati.
  • Tunggu hingga daya mencapai 100 persen.
  • Nyalakan HP kemudian gunakan hingga baterainya habis dan tidak bisa dihidupkan.
  • Lakukan pengecasan kembali sampai penuh.
  • Selanjutnya, hidupkan HP kemudian masuk ke pengaturan dan pilih pengaturan perawatan perangkat.
  • Pilih baterai kemudian klik cek status dengan memilih penggunaan baterai.
  • Selesai.

Baca juga:

Bawa HP ke Tempat Service

Source : Justdial

Solusi terakhir untuk cara mengatasi HP yang tiba-tiba mati adalah membawa ke tempat servis. Kamu bisa mencari tahu apa yang sebenarnya menjadi penyebab HP sering mati sendiri. Namun, usahakan untuk membawanya ke tempat service center ya Pins!

Itulah beberapa cara mengatasi HP mati sendiri yang bisa Pins lakukan dengan mudah. Namun, jika beberapa cara mengatasi HP yang tiba-tiba mati di atas masih belum berfungsi, kamu bisa membawanya ke tempat servis. Selamat mencoba!

Baca juga:

Featured image source: Daily Hive


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Gryia Cibinong Asri dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download