BlogLifestyleGadget7 Perbedaan iPhone 7 dan 8, Siapa Yang Lebih Baik?
0
0

7 Perbedaan iPhone 7 dan 8, Siapa Yang Lebih Baik?

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sebagai pengguna iPhone yang selalu memiliki seri lain dengan tipe yang sama, Pins mungkin bingung antara perbedaan iPhone 7 dengan iPhone 8. iPhone adalah nama khusus untuk smartphone dari pembuat perangkat Apple.inc yang terkenal dan berkelas. 

Perusahaan ini kerap berinovasi dengan teknologi modern dan terkenal dengan kemewahannya. Oleh karena itu, setiap produk dari perusahaan ini selalu mencuri perhatian publik, terutama ketika seri beda iPhone 7 dan 8 dirilis pada awal tahun 2017. 

Karena iPhone biasanya hanya meriliis satu seri di setiap tahun rilis, ketika dua tipe seri ini muncul hampir pada saat yang sama. Pins yang mencari produk Apple cukup membandingkan spesifikasinya. Lantas seperti apa perbandingan iPhone 7 dan 8 dari segi spesifikasi smartphone yang selalu menyita perhatian para pemburu gadget tersebut? Yuk, mari simak artikel ini bersama-sama!

Baca juga:

Perbedaan iPhone 7 dan 8

Source : bukalapak.com

Ingin tahu apa saja bedanya iPhone 7 dan 8 dari berbagai aspeknya. Kamu bisa membandingkannya dari beberapa hal utama berikut ini. 

Perbedaan iPhone 7 dan 8 dari Prosesor Yang Dipakai

Source : gizmologi.com

Perbedaan pertama antara iPhone 7 dan iPhone 8 adalah terletak pada prosesor yang dipakai. iPhone 7 memiliki chip A10 Fusion dan iPhone 8 menggunakan chip A11 Bionic. Dalam hal kecepatan, iPhone 8 tentu memiliki kecepatan 25% lebih cepat. 

Tentu akan sangat disayangkan jika tidak ada penambahan performa ekstra dari iPhone 7 ke iPhone 8. Apple mengklaim bahwa iPhone 8 lebih cepat hingga 70% dari generasi sebelumnya. Tentunya performa grafis juga ditingkatkan sekitar 30%. 

Apabila Pins mempertanyakan multitasking, maka iPhone 8 tentu bekerja 70% lebih kencang. Kedua smartphone ini hadir dengan RAM 2GB baik di iPhone 7 maupun 8. Namun itu bukan masalah yang besar jika menyangkut iPhone. 

Kapasitas Baterai Yang Dimiliki iPhone 7 dan 8

Source : riaume.com

Masa pakai bedanya iphone 7 dan 8 memiliki pro dan kontra. Karena dari segi kapasitas, iPhone 7 lebih unggul. smartphone ini memiliki kapasitas sekitar 1960mAh dan berlangsung sekitar 7 jam. iPhone 8 hanya berkapasitas 1821mAh, jadi tidak bisa digunakan lebih dari 7 jam.

Tapi kalau bicara soal fitur, iPhone 8 lebih baik. Pasalnya iPhone 8 hadir dengan kemampuan pengisian cepat 15W, USB Power Delivery 2.0 dan Qi Wireless Charging. Fitur-fitur ini membantu mengisi daya baterai. Jadi baterai iPhone 8 dapat terisi penuh dalam waktu kurang dari satu jam. Tentunya penggantian bahan dari aluminium ke kaca bukan tanpa alasan. Hal ini agar iPhone 8 mampu mendukung pengisian baterai nirkabel.

Baca juga: 7 Perbedaan iPhone 13 dan 13 Pro dari Specs Hingga Harga

Fitur Kamera Yang di Pakai

Source : bukalapak.com

Walaupun kedua kamera tersebut memiliki fitur potrait yang sama, namun iPhone 8 unggul karena menawarkan fitur portrait lighting yang memungkinkan pengguna melihat efek bokeh dan depth of field saat mengambil gambar. Sementara iPhone 7 belum memiliki fitur tersebut. 

Untuk pengambilan gambar dalam bentuk video, iPhone 8 lebih cocok karena dapat merekam video hingga resolusi full HD atau 1080 piksel. Sementara iphone 7 gagal mencapai resolusi tersebut dan hanya terpaku pada 720 piksel saja. 

Bahan atau Material Bodi iPhone 7 dan 8

Source : apple.com

Apple merakit bodi perbedaan iPhone 7+ dan 8+ sama-sama dilengkapi dengan fitur tahan air dan debu. Karenanya, keduanya sudah bersertifikat IP67 dan smartphone ini aman untuk berpetualang.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa bahan bodi milik iPhone 8+ jauh lebih mewah dan berkilau dibanding iPhone 7+. Bagaimana tidak, iPhone 8+ dibalut material kaca yang diklaim Apple sangat kuat.

Tidak hanya material kaca yang kuat, Apple juga menggunakan material ini untuk mengimplementasikan fungsi wireless charging. Pins patut mengakui bahwa kaca bawaan membuat iPhone 8+ lebih berkilau dan berkualitas lebih premium.

Baca juga: 5 Cara Aktifkan Hotspot di iPhone Dengan Mudah

Ukuran Dimensi Yang iPhone 7 dan 8 Pakai

(droidlime.com)

Secara visual, iPhone 7 dan 8  hampir identik. Kameranya ada di pojok kiri atas  belakang, bentuknya bulat dan hanya ada satu. Desain iPhone 8  juga sama, terlihat minimalis dan elegan. Jadi jika ingin mencari perbedaannya harus memperhatikan ukuran dan warnanya. 

iPhone 7 berukuran 138,3 x 67,1 x 7,1 mm, sedangkan iPhone 8 berukuran sekitar 138,4x 67,3 x 7,3 mm. Jadi iPhone 8 ukurannya lebih besar. Perbedaan berat antara iPhone 7 dan iPhone 8 adalah sekitar 10 gram, iPhone 7 memiliki berat 138 gram, sedangkan iPhone 8 memiliki berat sekitar 148 gram. 

Untuk pilihan warnanya sedikit berbeda, namun serupa. iPhone 7 tersedia dalam warna Dark Black, Black, Silver, Gold, Rose Gold, Red. Sedangkan iPhone 8 tersedia dalam berbagai pilihan warna antara lain Silver, Space Grey, Gold dan Red.

Perbedaan iPhone 7 dan 8 Pada Display

Source : bukalapak.com

Untuk layarnya, kedua seri ini hampir sama yaitu menggunakan layar Retina HD dengan layar LCD seluas 4,7 inci. Layar ini menawarkan teknologi multitouch dan teknologi IPS. Kedua seri tersebut juga memiliki resolusi yang sama yaitu 1334 x 750 piksel pada 326 ppi dengan rasio kontras 1400:1. Hal ini membuat sangat sulit untuk membedakan kedua seri tersebut jika hanya memperhatikan layarnya saja. 

Dipadukan dengan teknologi 3D touch yang memungkinkan pengguna merasakan kemewahan dengan satu sentuhan. Layar kedua seri ini juga memiliki tingkat kecerahan maksimal 625 cd/m2, dimana kecerahannya disesuaikan dengan tingkat kenyamanan dan tingkat penglihatan manusia secara umum.

Perbedaan iPhone 7 dan 8 dari Harga

Untuk harga, Pins bisa menyimak tabel perbandingan harga iPhone 7 dan iPhone 8 ditahun 2022 berikut ini. 

Kapasitas PenyimpananHarga iPhone 7Harga iPhone 8
32GB2,2 juta
64GB3 juta
128GB2,4 juta3,3 juta
256GB2,7 juta3,5 juta

Perlu diingat bahwa harga iPhone 7 dan 8 diatas merupakan harga terbaru di tahun 2022. Oleh karena itu, apabila Pins ingin membeli smartphone tersebut, sekaranglah saatnya

Setelah mengetahui perbedaan antara kedua smartphone besutan Apple tersebut, Pins lebih suka yang mana? Semoga artikel ini membantu kamu yah!

Featured image: apple.com


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Cimanggis Golf Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download