BlogLifestyleGadget15 Cara Membedakan iPhone Asli dan HDC, Jangan Sampai Tertipu!
0
0

15 Cara Membedakan iPhone Asli dan HDC, Jangan Sampai Tertipu!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 10, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
cara membedakan iphone asli dan hdctop-right-banner

Pins ingin membeli HP iPhone tapi takut tertipu? Kamu tentunya harus mengetahui bagaimana cara membedakan iPhone asli dan HDC yang dijual di pasaran. Saat ini banyak sekali orang yang menjual produk Apple di black market, atau pasar yang tidak sah serta barangnya disebut dengan HDC. Selain harganya yang jauh berbeda dengan HP iPhone bergaransi, ternyata fitur di dalamnya juga sangat jauh berbeda dengan iPhone HDC.

Sebelum memutuskan untuk membeli HP iPhone, kamu perlu memahami beberapa perbedaan iPhone HDC dan ori agar tidak tertipu. Sebenarnya terdapat cara membedakan iPhone asli dan palsu yang bisa kamu ketahui dengan mudah untuk mengecek keasliannya. Yuk, simak perbedaan iPhone asli dan HDC berikut ini!

Baca juga:

Kelamahan iPhone HDC

Source : Antaranews

Karena iPhone jenis HDC merupakan barang tiruan, tentu saja akan memiliki banyak sekali kelemahan ketika digunakan. Selain garansinya yang tidak ori, Pins juga tidak akan bisa melakukan servis jika ada kerusakan ke Apple Service Center. Tentunya, kamu tidak ingin mengalami kerugian ketika membeli HP yang palsu kan? Berikut beberapa kelemahannya:

  • Sistem iOS yang digunakan iPhone hdc palsu.
  • Spesifikasi dan performa iPhone hdc sangat rendah sehingga lebih cepat mengalami kerusakan.
  • Fitur didalam nya kurang lengkap dan banyak kekurangan.
  • Memiliki kualitas kamera yang sangat buruk.
  • Menggunakan material body yang tidak berkualitas.
  • Baterai iPhone sangat boros dan tidak awet.
  • Sering mengalami error.
  • Sangat tidak cocok digunakan untuk bermain game.
  • Harga nya murah.

Baca juga:

Cara Membedakan iPhone Asli Dan HDC

Ketika akan membeli produk iPhone di tempat lain selain agen resmi seperti iBox, kamu tentunya akan merasa sedikit ragu kan Pins? Supaya tidak mudah tertipu, kamu bisa cek cara membedakan iPhone asli dan palsu berikut ini:

Cek Material yang Digunakan

Source : Processer.media

Hal pertama yang harus Pins lakukan untuk menemukan perbedaan iPhone HDC dan ori adalah dengan memastikan material yang digunakan nya terlebih dahulu. Jenis iPhone asli menggunakan material premium yang sangat kokoh memadukan material almunium dan juga kaca, sedangkan hdc menggunakan bahan yang lunak.

Cek Sistem Operasinya

cara membedakan iphone asli dan hdc
Source : IDS Digital College

Selanjutnya perbedaan iPhone asli dan HDC bisa dilihat dari sistem oprasi yang digunakan nya. Pada jenis iPhone asli tentu saja menggunakan sistem operasi berbasis iOS yang dibuat Apple. Sedangkan iPhone HDC, biasanya menggunakan sistem operasi Android. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada performa HP ketika digunakan nantinya, dan kamu tidak bisa merasakan manfaat dari fitur yang diberikan oleh Apple.

Baca juga:

Cek Kualitas Kameranya

cara membedakan iphone asli dan hdc
Source : Apple Insider

Perbedaan lain nya antara iPhone asli dan hdc adalah terletak pada kameranya. Jika Pins familiar dengan kamera iPhone pasti sudah tau kualitas nya, bahwa kamera iPhone yang asli memiliki berbagai macam fitur unggulan dengan resolusi yang tinggi. HP iPhone HDC merupakan jenis iPhone tiruan, tentu sudah bisa di pastikan jika kamera nya tidak sebagus asli nya.

Cek Harganya

cara membedakan iphone asli dan hdc
Source : Kompas

Harga dari HP iPhone di pasaran tentu memiliki kisaran yang sangat tinggi kan Pins? Cara membedakan iPhone asli dan HDC yang perlu kamu lakukan adalah mengecek harga jualnya di tempat yang kamu tuju. Misalnya, jika harga yang dijual di tempat tersebut berbanding jauh lebih murah dari harga aslinya, dapat dipastikan jika iPhone tersebut palsu. Untuk itu, kamu perlu berhati-hati dengan melakukan pengecekan harganya.

Cek Ketersediaan App Store

Source : Computerworld

Cara membedakan iPhone asli dan HDC yang selanjutnya adalah dengan memastikan keberadaan Apps Store yang ada di dalam iPhone. Jenis iPhone asli, sudah pasti memilik Apps Store di dalamnya. Sedangkan jenis iPhone HDC atau palsu, tidak akan memiliki Apps Store di dalam nya. Hal ini terjadi karna iPhone hdc menggunakan sistem oprasi Android.

Baca juga:

Cek Navigasi yang Digunakan

Navigasi yang digunakan pada iPhone HDC tentu tidak akan menggunakan sistem OS seperti iPhone pada umumnya. Pins bisa memastikannya dengan mengecek sistem navigasi yang digunakan. Perbedaan iPhone HDC dan ori ini sangat terlihat jelas karena jika barangnya palsu akan menggunakan sistem operasi Android. Pins bisa membuka pengaturan kemudian melihat sistem operasi atau navigasi yang digunakannya.

Cek Ketersediaan iTunes

Source : Techno.id

Ketika Pins ingin membeli HP iPhone, selain mengecek beberapa hal di atas kamu juga harus memastikan ketersediaan iTunes yang terdapat di dalamnya. Cara membedakan iPhone asli dan palsu ini cukup efektif untuk memastikan jika kamu tidak akan tertipu oleh penjual. Meskipun, untuk mengecek dalaman iPhone, mungkin kamu perlu membuka terlebih dahulu packaging HP.

Cek Garansinya

Saat akan membeli produk iPhone, kamu bisa melakukan pengecekan garansi melalui dus iPhone. Di setiap dus tentunya memiliki keterangan garansi yang terdapat pada IMEI. Kamu bisa mengecek keaslian IMEI sebelum memutuskan untuk membelinya, jika tidak sesuai dapat dipastikan bahwa barang tersebut palsu.

Cek Kualitas Tampilan Layarnya

Source : Detik

Tampilan layar pada HP iPhone asli seperti umumnya akan jauh lebih jernih dengan user interface versi OS atau Apple. Untuk itu, sebelum memutuskan membeli HP tersebut cara membedakan iPhone asli dan HDC ini bisa dijadikan sebagai opsi pilihan. Pins bisa melihat jika layarnya berbeda dengan HP iPhone pada umumnya, maka ponsel tersebut palsu.

Cek Tombol Screenshot

Cara membedakan iPhone asli dan palsu yang satu ini mungkin terkesan sepele namun cukup efektif Pins! Yaitu dengan melakukan cek tombol screenshot pada HP. Umumnya, pada HP iPhone kamu bisa melakukan screenshot dengan menekan tombol kunci dan home secara bersamaan, hal tersebut tentunya tidak bisa dilakukan pada iPhone palsu.

Cek Slot MicroSD

Setiap HP iPhone yang dijual di pasaran dengan kualitas ori atau asli tidak akan memiliki slot MicroSD. Ketika Pins membeli HP iPhone dan memiliki slot MicroSD, dapat dipastikan jika HP tersebut palsu atau HDC. Cobalah untuk memperhatikan lebih detail bagian ini ketika membeli ya Pins!

Baca juga:

Cek Apple ID dan iCloud

cara membedakan iphone asli dan hdc
Source : iMore

Ketika membeli smartphone dari brand Apple, kamu tentunya bisa mendapatkan fitur yang disediakan oleh iCloud dan Apple ID. Hal ini tentunya sangat penting, agar kamu bisa merasakan semua fitur yang diberikan oleh iPhone. Untuk itu, jika Pins membeli iPhone dan tidak bisa masuk ke Apple ID dan iCloud atau bahkan tidak bisa masuk ke dalamnya, maka HP tersebut adalah palsu.

Baca juga:

Cek Fitur Siri

Source : Tech Republic

Siri merupakan suatu fitur perintah yang bisa Pins gunakan untuk memberikan perintah pada iPhone dengan menggunakan voice order atau suara. Setiap HP iPhone tentu akan memiliki fitur Siri di dalamnya, jika tidak dapat dipastikan iPhone tersebut palsu. Pins bisa mengeceknya dengan mengucapkan “Hi Siri” jika tidak muncul popup, bisa dipastikan HP tersebut palsu.

Cek Garansi Melalui Laman Resmi Apple

Setiap produk Apple yang beredar di pasaran pastinya akan terdaftar pada garansi resmi Apple. Untuk menemukan cara membedakan iPhone asli dan HDC, Pins bisa cek garansinya melalui checkcoverage.apple.com. Jika HP yang akan dibeli tidak terdaftar, maka produk tersebut bisa dinyatakan tidak asli.

Membeli di Toko Resmi

Source : Kompas

Pins tentunya tidak mau kan jika terjebak membeli produk iPhone palsu? Untuk itu, demi mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya kamu membelinya melalui toko resmi. Di Indonesia, saat ini sudah banyak tersedia iBox yang merupakan tempat untuk membeli produk Apple bergaransi resmi. Di tempat tersebut dapat dipastikan jika produknya ori dan tidak akan palsu atau HDC.

Itulah beberapa cara membedakan iPhone asli dan HDC yang dijual di pasaran. Jika Pins menemukan beberapa tanda dari perbedaan iPhone asli dan HDC di atas, kamu perlu berhati-hati untuk membelinya. Jangan sampai tertipu ya Pins!

Baca juga:

Featured image source: Tech Online News


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download