Apa Itu iPhone Ex Inter? Ini Perbedaan Beserta Kekurangan dan Kelebihannya

Diperbarui oleh Voni Wijayanti ∙ December 5, 2022 ∙ 6 menit membaca

Produk iPhone dari Apple yang dijual dipasaran tentunya memiliki jenis garansi yang berbeda-beda kan Pins? Salah satu jenis garansi yang sering kali diperjual belikan adalah iPhone ex inter. Berbeda dengan HP iPhone yang dijual di Indonesia, seri ex inter ini memiliki garansi luar negeri lho Pins!

Kondisi ketika smartphone rusak, umumnya Pins akan melakukan servis di service center. Kerugian utama dengan membeli iPhone dengan garansi internasional ini adalah, saat melakukan cek IMEI atau Kode Seri HP menggunakan garansi internasional. Hal ini tentu akan menyulitkan Pins saat akan servis di Indonesia. Yuk, simak apa saja perbedaan iPhone ex inter dan iBox serta kekurangan dan kelebihannya berikut ini!

Baca juga:

Apa Itu iPhone Ex Inter?

iphone ex inter
(Forbes)

Produk iPhone yang dijual di pasaran selain bisa dibeli melalui distributor resmi, Pins juga bisa membelinya dengan kondisi bekas pakai. Mengingat bahwa HP Android ataupun iPhone dengan kondisi bekas, tentu memiliki harga yang lebih murah. Seperti iPhone bekas internasional ini yang memiliki harga jauh lebih murah dibandingkan dari distributor resminya.

Istilah iPhone ex inter adalah jenis HP bekas yang berasal dari luar negeri. Biasanya, iPhone jenis ini berasal dari negara Amerika, Inggris, Korea Selatan, Singapura, dan Jepang. Dibawa langsung dari luar negeri dan dijual kembali di Indonesia dengan harga yang sangat murah. Intinya, jenis garansi yang dimilikinya juga tidak jelas dan merupakan iPhone dari black market.

Kerugian yang dimiliki dari membeli HP ini adalah Pins sama saja seperti memiliki iPhone HDC yang tidak bisa diklaim garansinya. Pasalnya, kamu hanya akan menerima produk secara batangan saja tanpa memiliki kelengkapan lainnya. Selain itu, akan sangat sulit juga untuk melakukan klaim garansi saat ada kerusakan.

Baca juga: 7 Rekomendasi Aplikasi Detak Jantung Janin Terbaik dan Terakurat

Harga iPhone Ex Inter

iphone ex inter
(iPhoned)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, iPhone ex inter artinya produk yang tidak memiliki garansi resmi di Indonesia. Berbicara mengenai harga yang dijual dari jenis iPhone ini tentu jauh lebih murah dari harga iPhone bekas dengan garansi resmi. Pins bahkan bisa membelinya dengan harga 4-8 jutaan saja bergantung pada speknya.

Sebagai saran, alangkah lebih baik jika Pins memilih untuk membeli iPhone dengan garansi resmi seperti iBox. iPhone ex iBox artinya produk second tersebut masih memiliki garansi resmi di Indonesia, dan dapat diklaim garansinya jika sesuatu terjadi pada HP. Bahkan, saat melakukan cek seri, IMEI iPhone, bahkan fitur iPhone di dalamnya akan berbeda dengan bekas internasional.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone Ex Inter

iphone ex inter
(MacWorld)

Pins mungkin sudah paham kan apa itu iPhone ex internasional? Kamu akan lebih memahami perbedaan antara iPhone garansi iBox dengan ex internasional berdasarkan kekurangan dan kelebihannya berikut ini:

Kelebihan iPhone ex internasional:

  • Harga yang murah.
  • Kesehatan baterai cenderung masih cukup baik bergantung pemakaian.
  • Kondisi fisik yang masih baik.
  • Banyak dijual di pasaran dan mudah ditemukan.
  • Cocok untuk pembeli yang sedang membutuhkan barang urgent.

Kekurangan iPhone ex Internasional:

  • Tidak mendapatkan garansi resmi Apple.
  • Tidak akan mendapatkan support langsung dari pihak Apple.
  • Menggunakan nomor seri dan IMEI luar negeri.
  • Menggunakan garansi luar negeri/internasional jadi sangat susah untuk melakukan klaim.
  • iPhone telah bekas digunakan.
  • Perangkat yang telah usang, karna merupakan ponsel bekas.
  • Sangat sulit untuk menjual ulang.

Baca juga:

Perbedaan iPhone iBox dan Ex Internasional

(CNBC Indonesia)

Smartphone iPhone ex inter memang memiliki banyak sekali kekurangan karena merupakan jenis HP bekas yang dijual dari luar negeri. Sebenarnya, kekurangan yang paling signifikan terdapat pada garansinya, sama seperti ketika Pins ingin cek IMEI Android atau klaim garansinya maka perlu memiliki bukti. Hal inilah yang tidak bisa dibuktikan oleh iPhone internasional. Berikut beberapa perbedaanya:

Perbedaan Garansi

Garansi yang didapatkan ketika Pins akan membeli iPhone dari ex internasional adalah garansi yang tidak resmi. iPhone jenis ini memang dijual secara illegal atau black market, yang membuatnya memiliki harga murah. Itulah mengapa pengguna iPhone ex internasional tidak akan bisa melakukan klaim garansi di Indonesia.

Penggunaan SIM Card

Berbeda dengan garansi resmi dari iBox, iPhone ex internasional bisa saja tidak memungkinkan penggunanya untuk menggunakan kartu SIM secara sembarang. iPhone dengan garansi resmi tentu lebih memudahkan penggunanya karena bisa memakai berbagai jenis kartu SIM yang dijual di Indonesia. Maka dari itu, alangkah lebih baik jika Pins memilih untuk membeli iPhone dengan garansi resmi.

Perbedaan Harga

Aspek harga merupakan salah satu perbedaan yang sangat signifikan antara iPhone ori dengan yang palsu. Harga dari iPhone ex inter akan dua atau tiga kali lipat lebih murah jika dibandingkan dengan HP ori. Pins bisa melakukan pengecekan pada nomor seri iPhone bahwa HP tersebut memang tidak memiliki garansi resmi Support Apple di Indonesia. Hal ini tentu menjadi kerugian tersendiri bagi pengguna meskipun harganya murah.

Perbedaan Kode atau Nomor Model iPhone

Nomor model iPhone merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan untuk memastikan originalitas ponsel. Pada smartphone iPhone dari iBox akan memiliki setidaknya 4 variasi kode yaitu PA/A, ID/A, SA/A, dan juga FE/A. Berbeda dengan iPhone ex internasional dengan kode LL/A, X/A, ZP/A, ZA/A dan kode lain diluar dari iBox tadi. Hal ini tentu akan menyulitkan Pins ketika akan melakukan klaim garansi.

Keamanan iOS

Perbedaan yang terakhir ada pada keamanan iOS-nya Pins! Banyak pengguna dari iPhone ex internasional ini yang mengeluh terkait update iOS pada ponselnya. Sering kali, ketika mereka melakukan update HP tiba-tiba saja kehilangan sinyal, hal itu bisa saja terjadi karena IMEI yang sangat rentan dan tidak resmi.

Itulah beberapa penjelasan tentang apa itu iPhone ex internasional yang banyak dijual di pasaran. Sebagai saran, sebaiknya Pins usahakan untuk membeli iPhone ori dari iBox saja dibandingkan dengan membeli iPhone ex inter dengan garansi yang tidak resmi. Apalagi jika Pins membutuhkan ponsel tersebut untuk penggunaan sehari-hari.

Baca juga: 

Featured image source: The Indian Express


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Samesta Haluoleo dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget 8 Cara Screenshot HP Xiaomi, Tangkap Momen Penting Kamu!

Aktivitas mengambil tangkapan layar atau screenshot dari layar HP yang sedang Pins lihat entah itu

Finansial
Finansial Apa Itu Sideways? Tips untuk Meminimalisir Risiko dalam Kondisi Ini

Trading menjadi salah satu cara yang dilakukan banyak orang untuk mendapatkan keuntungan dalam wakt

Finansial
Finansial CAPM adalah Sebuah Indikator dalam Investasi, Ini Manfaatnya!

Penanaman modal atau aset dengan tujuan memperoleh keuntungan, atau yang kita kenal dengan nama inv

Finansial
Finansial Apa itu Rarity Tools NFT? Begini Cara Cek Kelangkaan NFT!

Sama dengan mata uang crypto atau cryptocurrency, nilai NFT secara garis besar terpengaruh oleh rar

Gadget
Gadget 8 Cara Cek IMEI HP Xiaomi, Mudah Tanpa Ribet!

Walaupun jarang dilirik, namun IMEI merupakan salah satu komponen penting pada smartphone android.

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia