BlogLifestyleGadgetPanduan Cara Daftar IMEI iPhone Tanpa Ribet
0
0

Panduan Cara Daftar IMEI iPhone Tanpa Ribet

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Apr 10, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
cara daftar imei iphonetop-right-banner

Sudah bukan rahasia lagi bila banyak produk iPhone yang diperjualbelikan di pasar gelap, alias black market. Oleh sebab itu, pemerintah resmi memblokir IMEI iPhone yang tidak dibeli di Indonesia per tanggal 18 April 2020. Jika IMEI diblokir, maka iPhone yang kamu beli tidak bisa digunakan untuk menggunakan aplikasi yang membutuhkan internet.

Padahal saat ini banyak aplikasi di iPhone yang bisa memudahkan aktivitas kamu. Misalnya saja aplikasi Pinhome yang memiliki fitur PinValue. Disini kamu bisa membeli rumah bahkan mengajukan KPR hanya dengan iPhone kamu. Misalnya kamu ingin membeli rumah di daerah Kota Bogor sprite perumahan Puri Tenjo. Hanya dengan satu genggaman, Pins sudah bisa memilikinya.

Maka dari itu, pengguna iPhone yang baru saja membeli produk dari luar negeri wajib memeriksa terlebih dulu, apakah nomor IMEI sudah terdaftar atau belum. Untungnya, pengecekan bisa dilakukan melalui laman imei.kemenperin.go.id. Jika belum, kamu bisa mencoba daftar IMEI iPhone di Kemenperin secara gratis! 

Syarat Pendaftaran IMEI iPhone

Sebelu memahami bagaimana cara daftar IMEI iPhone, ada sederet persyaratan penting yang patut Pins perhatikan. Berikut syarat pendaftaran IMEI iPhone yang perlu dipenuhi.

  • Registrasi IMEI gratis.
  • Barang bawaan akan berlaku ketentuan impor sesuai peraturan undang-undang.
  • Setiap orang maksmial hanya dapat membawa barang (hand carry) 2 perangkat gadget yang akan didaftarkan IMEI-nya.
  • Barang penumpan yang diberikan pembebasan pajak maksimal $500 untuk setiap masing-masing penumpang.
  • Pengisian data dilakukan melalui laman IMEI Registration Form sebelum keberangkatan ke Indonesia agar mendapatkan QR Code dan Registeration ID.

Baca juga:

Cara Daftar IMEI iPhone dari Luar Negeri

Jika sudah memenuhi persyaratan di atas, kamu bisa mencoba mulai cara daftar IMEI iPhone melalui salah satu dari kedua metode ini. Simak info lengkapnya di sini!

Cara Mendaftarkan IMEI iPhone via Situs Bea Cukai

Source : Kemenperin

Proses registrasi IMEI untuk iPhone yang dibeli dari luar negeri bisa dilakukan via laman IMEI Registration Form milik Bea Cukai. Begini langkah-langkahnya.

  1. Buka laman IMEI Registration dari Bea Cukai.
  2. Isi beberapa formulir yang tersedia, mulai dari data diri pengguna, daftar data barang, hingga konfirmasi pengiriman.
  3. Pastikan data sesuai dan tunggu sampai mendapatkan QR Code dan Registration ID untuk proses verifikasi atau pendaftaran di Bea Cukai.
  4. Jika barang sudah sampai di Indonesia, pergi ke pemeriksaan Bea Cukai.
  5. Tunjukkan QR Code dan Registration ID yang didapatkan sebelumnya.
  6. Selesai.

Cara Registrasi IMEI iPhone via Aplikasi Bea Cukai

Selain via laman resmi Bea Cukai, Pins bisa mencoba mendaftarkan IMEI iPhone melalui aplikasi resmi Bea Cukai. Penggunaan aplikasi ini biasanya memudahkan para pengguna yang kesulitan mengakses laman resmi Bea Cukai. Sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia di ponsel Android. Ini cara daftar IMEI iPhone via aplikasi.

  1. Unduh aplikasi Mobile Bea Cukai di Google Play Store.
  2. Buka aplikasi Bea Cukai.
  3. Pilih IMEI.
  4. Masukkan data diri dan data penerbangan.
  5. Isi detail barang yang akan didaftarkan, seperti merk, tipe, dan nomor IMEI.
  6. Pastikan data yang dimasukkan sudah benar.
  7. Bila sudah, ketuk “Complete” dan tunggu hingga QR Code dan Registration ID muncul.

Proses daftar IMEI iPhone memang tidak begitu sulit. Namun, Pins tetap harus mendatangi kantor Bea Cukai untuk melakukan scanning QR Code dan menyelesaikan semua urusan agar perpajakan ponsel tidak diblokir pemerintah.

Baca juga:

Serba-serbi Masalah IMEI iPhone

Walau proses pendaftaran IMEI iPhone terdengar mudah, ada saja masalah yang bisa Pins hadapi ketika melalui proses tersebut. Hal ini terutama berlaku bagi para turis mancanegara, solusi IMEI tidak terdaftar, hingga membeli iPhone dalam bentuk paket. Begini solusinya!

Registrasi IMEI iPhone Turis Mancanegara

Source : Apple Support

Bagi para turis asing yang datang ke Indonesia mungkin merasa cemas karena khawatir iPhone mereka tidak dapat berfungsi normal. Faktanya, para turis yang menggunakan sim card negara asing tidak perlu melakukan proses registrasi IMEI iPhone.

Walau begitu, pendaftaran IMEI akan berlaku ketika mereka menggunakan sim card dari Indonesia. Jadi, para turis perlu melakukan pendaftaran melalui gerai operator telekomunikasi untuk mendapatkan akses layanan selama 90 hari.

Cara Mendaftarkan IMEI iPhone dalam Bentuk Paket

Jika baru saja membeli ponsel iPhone dalam bentuk paket, Pins mungkin tidak perlu mengikuti deretan cara daftar IMEI iPhone di atas. Pasalnya, ponsel iPhone yang dikirim dari luar negeri biasanya menggunakan jasa pengiriman. Oleh sebab itu, proses pendaftaran IMEI umumnya dilakukan oleh perusahaan jasa pengiriman tersebut.

Solusi IMEI Tidak Terdaftar

cara daftar imei iphone
Source : MakeMac

Bagi kamu yang memiliki IMEI ponsel iPhone yang tidak terdaftar melalui situs kemenperin tapi sudah aktif dan bisa menggunakan jaringan seluluer Indonesia sebelum tanggal 18 April 2020, tidak perlu khawatir.

Begini, ponsel iPhone yang Pins miliki tersebut masih aman dan tidak membutuhkan registrasi IMEI iPhone. Hal ini karena ponsel iPhone tersebut tidak akan terblokir maupun terpengaruh dengan adanya aturan baru ini. Aturan baru ini hanya berlaku untuk ponsel iPhone yang dibeli dari luar negeri setelah tanggal 18 April 2020, ya!

Nah, itu tadi sederet cara daftar IMEI iPhone yang bisa Pins coba ketika baru saja membeli ponsel dari luar negeri tanpa ribet. Jika masih ada pertanyaan, sebaiknya cek laman resmi Bea Cukai untuk mencari solusi dari pertanyaan tadi. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Gryia Cibinong Asri dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download