BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Daftar Jenis Bahan Bangunan yang Tahan Api
0
0

10 Daftar Jenis Bahan Bangunan yang Tahan Api

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Sep 24, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ingin membangun rumah, namun masih bingung bahan-bahan bangunan berkualitas yang harus dipilih seperti apa? Ini sudah menjadi langkah yang benar agar Kamu menentukan bahan bangunan terbaik yang akan bermanfaat jangka panjang terhadap kekokohan berdirinya rumah Kamu. Salah satu bahaya yang paling dekat, adalah api, api dapat dengan mudah melahap banguan Kamu. Oleh karena itu gunakanlah bahan bangunan yang tahan api agar mencegah rumah Kamu dari kebakaran. Simak artikel ini untuk mengetahui bahan bangunan apa saja yang tahan api!

Setelah membaca artikel ini, Kamu dapat mengetahui bahan bangunan apa saja yang tahan dengan api, bahan bangunan tersebut dapat Kamu cari pada rumah yang telah jadi di jual perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung. Jika Kamu ingin membangun rumah baru Kamu dapat mempertimbangkan penggunaan bahan bangunan yang tahan api dan ketahui estimasinya di PinValue.

10 Daftar Jenis Bahan Bangunan yang Tahan Api

Mendesain rumah hingga menjadi sebuah hunian yang mewah dan elegan telah menjadi tren yang banyak disukai masyarakat. Hal ini dikarenakan, penciptaan desain rumah akan memberikan kenyamanan dan kegembiraan kepada pemilik rumah. Hal ini juga didukung dengan berkembangnya teknologi, semakin memudahkan kita mendapat berbagai informasi dan inspirasi desain rumah yang menarik. Bahkan tidak hanya sekedar foto-foto rumah, tetapi terdapat juga informasi mengenai bahan bangunan apa saja yang digunakan.

Informasi mengenai bahan bangunan yang digunakan dapat menjadi referensi pengetahuan dalam pembuatan rumah berkualitas dan kokoh untuk kekokohan jangka panjang. Jika kita tidak memiliki pengetahuan dalam memilih bahan bangunan yang tepat, maka memungkinkan bahan bangunan yang kita pilih kurang tepat dan dapat menyebabkan arsitektur rumah menjadi cepat mengalami kerusakan dan bisa menyebabkan suatu hal yang fatal bagi pemilik rumah.

Banyak sekali bermunculan berbagai kasus kerusakan bangunan setelah rumah telah usai dikonstruksi, seperti dinding yang rembes, bangunan keropos, terjadinya keretakan bangunan, bahkan hingga terjadi kebakaran. Pemilihan bahan bangunan yang tepat dan berkualitas dapat diwujudkan dengan memilih bahan bangunan yang ramah lingkungan dan tahan akan panasnya pembakaran. Saat ini banyak sekali jenis pengembangam-pengembangan bahan bangunan dengan salah satu kelebihannya yaitu tidak bisa terbakar. Kamu bisa menerapkan bahan bangunan jenis ini untuk menjaga rumah Kamu dari lahapan si jago merah.

Berikut ini beberapa jenis bahan bangunan yang tahan akan api:

1. Baja Ringan

Source : iStock

Bahan bangunan tahan api yang pertama adalah baja ringan. Baja ringan dapat Kamu gunakan pada rumah Kamu agar terhindar dari bahayanya jago merah, karena baja ringan memiliki kandungan alumuniun zinc berkualitas tinggi. Biasanya baja ringan digunakan arsitek untuk menjadi rangka atap rumah yang tahan akan api. Penggunaan baja ringan menggantikan atap rumah yang terbuat dari kayu, yang lebih berisiko merambatnya kebakaran.

Baca juga: 10 Tips Memilih Bahan Bangunan yang Baik dan Benar

2. Batu Bata Merah

Source : iStock

Bahan bangunan tahan api kedua yang dapat Pins terapkan di hunian milik sendiri adalah batu bata merah. Batu bata merah berkualitas dapat menjadi pencegah sekaligus penghambat hantaran panas yang menghampiri bangunan rumah Kamu. Batu bata jenis ini juga dapat menjaga suhu yang baik dan termasuk bahan bangunan yang tidak mudah terpapar api.

Kopi dapat menjadi bahan bangunan loh Pins, ketahui manfaat kopi sebagai bahan dasar bangunan!

3. Bata Ringan atau Hebel

Source : iStock

Bahan bangunan tahan api selanjutnya yang dapat meminimalisir resiko terjadinya kebakaran di rumah Kamu adalah penggunaan jenis material berupa bata ringan atau yang biasa disebut hebel. Hebel ini terbuat dari campuran semen dan beton, sehingga dapat dipastikan memiliki kekuatan yang kokoh sebagai bahan bangunan anti api dan dapat mencegah rambatan api yang lebih luas.

4. Gypsum Anti Api

Source : iStock

Bahan bangunan tahan api keempat yang dapat menjaga konstruksi rumah Kamu dari lonjakan api adalah gypsum. Apakah benar gypsum mampu menahan api? Gypsum sering sekali dianggap sebagai bahan yang rapuh, karena mudah sekali hancur. Walaupun begitu penempatan gypsum berada di tempat yang tidak mudah untuk dijangkau manusia, seperti di bagian plafon, jadi tidak akan mudah tersenggol hingga hancur.

Di dalam gypsum mengandung cairan kimia atau air, yang ketika terdapat indikasi api yang mendekat, maka kandungan air di dalamnya akan menguap karena hawa panas yang dihasilkan. Kemudian, kandungan tersebut akan menjadi pelindung lapisan gypsum dari terpaparnya api.

5. Batako

Source : iStock

Bahan bangunan tahan api kelima yang dapat Kamu manfaatkan menjadi bangunan pembuatan rumah Pins adalah batako. Batako dibuat dari campuran bahan yang bernama kapur dan trass. Bahan trass terbuat dari alumunium dan silika, dari bahan inilah batako memiliki kemampuan yang besar untuk menahan perubahan temperatur tinggi. Selain dapat mencegah terjadinya kebakaran, batako juga dapat kedap terhadap air.

Kamu dapat mengetahui juga bahan bangunan kualitas bagus untuk membangun rumah.

6. Batu Alam

Source : iStock

Bahan bangunan tahan api berikut ini berasal dari batu alam yang dapat menjaga hunian Pins agar terhindar dari kebakaran. Batu alam memiliki ketahanan yang sangat baik, seperti tahan retak, dan pori-pori yang sedikit dapat mencegah perambatan api. Batu alam yang biasa digunakan dalam tahap pencampuran bahan bangunan adalah batu kali dan batu sungai. 

Ternyata ada loh nama batu alam sebagai bahan bangunan.

7. Kaca Anti Api

Source : iStock

Bahan bangunan tahan api ketujuh yang dapat Kamu gunakan di rumah Kamu adalah kaca anti pembakaran atau disebut dengan fireproof glass. Kaca ini dapat menahan rambatan api karena dirancang memiliki dua lapisan kuat yang terbuat dari tempered glass. Cara kerjanya, yaitu proteksi kaca akan semakin kuat saat terjadi kebakaran, jika mengalami pecah kaca yang paling luarlah yang pecah terlebih dahulu. Penggunaan bahan ini dianggap menambah ketahanan kaca menjadi 4x lebih kuat yang mampu menahan penyebaran api di rumah Kamu. 

8. Kayu Anti Api

Source : iStock

Penggunaan bahan bangunan tahan api selanjutnya adalah kayu anti api. Bagaimana mungkin bahan kayu dapat menahan api? Jangan anggap remeh, kayu khusus anti api memang ada loh Pins! Kayu satu ini berbeda, dari penggunaan kayu pada umumnya. Hal ini disebabkan karena kayu khusus anti api telah dilapisi dengan lapisan kimia berupa sulfat atau amonium fosfat. Lapisan inilah yang membuat kayu khusus satu ini menjadi kuat saat terpapar suhu api yang panas.

9. Beton

Source : iStock

Bahan bangunan tahan api kesembilan yang dapat Kamu terapkan di hunian Kamu adalah beton. Beton dapat mencegah rumah Kamu dari penyebaran api penyebab kebakaran. Beton terbuat dari campuran semen, agregat, dan air. Agregat ini berupa kerikil kasar dan juga pasir beton. Saat dicampurkan bahan-bahan tersebut akan tercampur hingga menutupi rongga beton. Dari campuran bahan itulah yang membuat beton menjadi sangat kuat terhadap api. Selain itu, beton juga tahan dari air dan sulit hancur dari perubahan kondisi lingkungan.

Baca juga: 19 Jenis Batu Alam untuk Bahan Bangunan untuk Percantik Rumah

10. GRC (Glass Reinforced Concrete)

Bahan bangunan terakhir yang dapat Kamu gunakan untuk menjaga rumah dari lahapan api yang ganas adalah material Glass Reinforced Concrete (GRC). Bahan satu ini terbuat dari campuran serat glass fiber dan semen. Bahan-bahan tersebut hampir sama dengan bahan pembuatan semen, tetapi GRC versi ringannya. Dari pencampuran tersebutlah yang membuat Glass Reinforced Concrete kuat dari pembakaran dan rambatan api, bahan bangunan jenis ini juga tahan akan air.

Itulah dia beberapa jenis bahan bangunan yang tahan api untuk meminimalisir kebakaran di hunian Kamu. Semoga artikel ini dapat memberikan bermanfaat!

Baca jugaInilah 20 Jenis Bahan Bangunan Uuntuk Membangun Rumah!

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami The Agathis dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download