BlogLifestyleEdukasiDoa Mandi Wajib dan Tata Cara yang Benar
0
0

Doa Mandi Wajib dan Tata Cara yang Benar

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 13, 2023

13 menit membaca

Copied to clipboard
doa mandi wajibtop-right-banner

Setiap umat muslim, tentu Pins sudah mengetahui apa itu mandi wajib atau mandi junub. Mandi wajib merupakan mandi besar yang umum dilakukan pada waktu tertentu karena suatu kondisi. Selain harus dilakukan dengan tata cara yang benar, ada doa mandi wajib yang harus Pins ucapkan dengan benar.

Saat ini, ada banyak sekali manusia yang lalai dengan tata cara mandi wajib yang benar karena terlalu banyak aktivitas yang dilakukan. Supaya tata cara mandi wajib dan niat mandi wajib kamu tepat, maka setidaknya luangkanlah waktu untuk mempelajari tata cara dan doa mandi wajib yang benar pada ulasan berikut ini.

Pengertian Mandi Wajib

Dalam bahasa arab, mandi adalah الْغُسْل (ghusl), artinya menurut bahasa adalah \\\\\\\”Pengaliran.\\\\\\\” Mandi wajib mempunyai istilah lain yakni mandi junub, mandi junub akan dilakukan saat dalam keadaan junub.

Sedangkan menurut istilah mandi wajib atau mandi junub adalah mengalirkan air hingga ke seluruh tubuh, dari ujung kepala sampai ujung kaki yang diawali dengan membaca niat mensucikan diri dari hadast besar.

Melakukan mandi wajib akan membuat perasaan menjadi lebih nyaman serta memiliki kepercayaan diri. Baik itu saat melakukan kegiatan atau aktivitas ataupun saat melaksanakan ibadah. Untuk melakukan mandi wajib berpedoman pada tata cara mandi wajib dari Nabu Muhammad SAW.

Ada 3 hukum mandi yang sesuai dengan syariat islam, yakni adalah mandi wajib, mandi haram, dan mandi sunnah. Tapi pada kesempatan kali ini, Pinhome akan membahas mengenai mandi wajib saja. Penasaran bagaimana tata cara dan doa mandi wajib yang sesuai dengan syariat islam? Simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Ini Dia, Doa Masuk Kamar Mandi dan Artinya!

Niat dan Doa Mandi Wajib

doa mandi wajib
Source : Shutterstock

Setiap akan melakukan mandi wajib, maka harus diawali dengan niat yang baik dan benar supaya mandi wajib tersebut bisa bernilai ibadah di hadapan Allah SWT, dan supaya Allah SWT menerima segala macam amalan yang akan dilakukan setelah melakukan mandi wajib.

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, jika niat mandi wajib tidak harus diucapkan secara lantang. Tapi kamu juga bisa membaca niat mandi wajib di dalam hati, berikut ini adalah niat mandi wajib:

Doa Mandi Wajib Secara Umum

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitul Ghusla Lifraf il Hadatsil Akbarii FardhalLillahi Ta’aala”

Artinya: \\\\\\\”Saya niat mandi wajib untuk mensucikan hadast besar fardhu karena Allah ta’aala.\\\\\\\”

Doa Mandi Wajib Setelah Haid

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitul Ghusla Lifraf il Hadatsil Akbari minal Haidil Lillahi Ta’ala”

Artinya: \\\\\\\”Saya niat mandi wajib untuk mensucikann hadast besar dari haid karena Allah Ta’ala.\\\\\\\”

Doa Mandi Wajib Setelah Nifas

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ النِّفَاسِ ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitul Ghusla Liraf il Hadatsil Akbari Minal Nifasi Fardhlon Lillahi Ta’ala.”

Artinya: \\\\\\\”Aku niat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari nifas karena Allah Ta\\\\\\\’ala.\\\\\\\”

Doa Mandi Wajib Setelah Berhubungan Intim atau Mimpi Basah

“Nawaitu Ghusla Lirafil Hadatsil Akbari AnJami il Badaanii Likhuruu ji Mani yyi Minal Innaabati Fardhan Lillahi Ta’aala”.

Artinya: \\\\\\\”Aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari badan ini karena keluarnya mani dari janabah fardhu karena Allah taala.\\\\\\\”

Baca juga: Catat! Doa di Pagi Hari Islami untuk Memulai Aktivitas

Tata Cara Mandi Wajib dalam Islam

doa mandi wajib
Source : Shutterstock

Bagi kamu yang saat ini lupa atau bahkan belum mengetahu tata cara mandi wajib, berikut ini adalah langkah-lankah yang harus kamu lakukan untuk mandi wajib dengan benar:

Baca Niat Mandi Wajib

Membaca niat di awal hukumnya adalah wajib dan harus dilakukan sebelum melakukan mandi wajib. Niat tersebut merupakan hal yang membedakan antara mandi biasa dan mandi wajib. Untuk pembacaan niat boleh di dalam hati atau bersuara.

Cuci Kedua Tangan

Tata Cara Mandi Wajib Sesudah Haid
Source : Penn Medicine

Selanjutnya langkah kedua adalah mencuci kedua tangan kita. Sunnahnya maka kita mencuci kedua tangan yang dapat dilakukan sebanyak tiga kali, ini dilakukan tentu saja supaya tangan yang sebelumnya tidak suci dapat menjadi bersih dan terhindar dari najis yang menempel.

Bersihkan Bagian Tubuh yang Dianggap Kotor

Bagian tubuh yang umumnya kotor adalah bagian kemaluan, dubur, ketiak dan lain sebagainya. Bersihkan bagian tubuh tersebut dengan menggunakan tangan kiri sesuai dengan syariat agama islam.

Cuci Tangan Kembali

Kemudian langkah yang keempat silakan kalian mencuci ulang tangan yang telah digunakan untuk membersihkan bagian pada tahap nomor tiga, kalian dapat melakukan tahap ini dengan cara mengusapkan – usapkan tanah. Lalu setelah itu bilas bagian yang sudah terkena tanah dengan air, tidak lupa juga untuk menyabun bagian tersebut.

Mulailah Berwudhu

Source : iNews

Lalu selanjutnya langkah kelima silakan untuk berwudhu. Pins bisa melakukan wudhu seperti yang biasa Pins lakukan saat akan melaksanakan ibadah sholat wajib.

Basahi Kepala dan Pisahkan Helaian Rambut

Membasahi kepala dengan cara mengguyur 3 (tiga) kali sehingga seluruh permukaan pada kulit dan rambut basah karena air. Selain itu, pisahkan helaian rambutmu. Caranya adalah dengan menyela-nyela rambu dengan menyilangkan jari – jari tangan.

Basahi Seluruh Tubuh

Membasahi tubuh secara merata dengan cara mengguyur dari ujung rambut sampai ujung kaki. Pada tahap ini guyur badan bagian kanan terlebih dahulu, setelah itu guyur badan bagian kiri.

Gunakan Sabun dan Sampo

Sesudah tata cara di atas sudah dilakukan semua, maka langkah selanjutnya adalah mencuci ulang tubuh menggunakan sabun, serta memberi shampo pada rambut. Kewajiban seseorang untuk melakukan mandi wajib dilakukan saat kondisi sedang normal.

Langkah – langkah di atas juga boleh diganti menggunakan tayamum dengan debu. Hal itu bisa dilakukan jika tidak ada air atau bahkan apabila ada mudhorot yang kemungkinan terjadi jika melakukan mandi wajib, contohnya saja adalah jika pada keadaan sakit.

Baca juga: 30 Ucapan Selamat untuk Bayi Baru Lahir, Penuh Doa dan Harapan!

Tata Cara Mandi Wajib Sesudah Haid

Tata Cara Mandi Wajib Sesudah Haid
Source : Folkq

Haid merupakan darah yang dikeluarkan oleh rahim seorang wanita ketika sudah menginjak masa baligh. Saat berakhirnya menstruasi bagi seorang wanita, maka wajib hukumnya membersihkan diri atau mensucikan diri dengan melakukan mandi wajib setelah menstruasi.

Berikut ini cara mandi wajib bagi wanita yang sudah selesai haid atau menstruasi:

Bersihkan Area Intim

Jika kita ingin membersihkan diri dari najis atau mandi wajib selain bacaan niat yaitu dengan membersihkan seluruh tubuh dengan menggunakan air, dengan membersihkan kemaluan dari kotoran hingga bersih dengan sabun.

Siram Air Bersih dari Atas Kepala

Untuk mengembalikan kesucian diri dari najis setelah haid dengan membilaskan air ke atas kepala hingga masuk ke dalam pori-pori kulit kepala sembari malukan pijatan dikepala agar meresap kedalam pori-pori kulit. Sehingga dapat membasuh dan membersihkan rambut yang kotor setelah haid, lakukan dengan pelan-pelan.

Siram Air ke Seluruh Tubuh

Tata Cara Mandi Wajib Sesudah Haid
Source : The Healty

Setelah melakukan pembersihan dengan menyiram air ke atas kepala, lanjutkan degan menyiram air ke keseluruh tubuh seperti pada saat kamu melakukan mandi biasa.

Mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki harus benar benar terbasahi dengan air dan menggosok gosokan bagian tubuh agar lebih bersih, terutama pada sela-sela bagian tubuh yang sulit di dibersihkan. Seperti ketiak, sela-sela jari kaki dan tangan, sela-sela kuku dan lainya.

Lanjutkan dengan Berwudhu

Wudhu merupakan salah satu sunnah yang biasanya dilakukan pada saat kita melaksakan mandi wajib. Meskipun hukumnya sunnah, langkah ini juga sangat penting untuk membersihkan diri kita dari kotoran ataupun najis yang menempel pada diri kita.

Gunakan Wewangian

Mandi wajib yang diperintahkan Rasulullah SAW yaitu degan menggunakan wewangian setelah melakukan urutan langkah di atas. Gunakanlah wewangian pada area intim dan daerah lainnya yang pada saat haid ikut terkena darah menstruasi.

Baca juga: Mimpi Hamil? Ini Dia Arti Dari Mimpi Hamil menurut Islam

Kapan Harus Mandi Wajib atau Mandi Junub?

anjuran perintah mandi wajib
Source : Pinterest

Agar pengetahuanmu lebih dalam mengenai mandi wajib atau mandi junub, Pins juga perlu mengetahui kapan kamu harus melakukan mandi wajib. Nah, berikut ini adalah beberapa kondisi yang mengharuskanmu untuk melakukan mandi wajib:

1. Mandi Wajib Setelah Wanita Haid

Ketika wanita sudah berhenti keluar darah haid disebutkan dalam hadis bahwa, Aisyah ra, Nabi Muhammad saw berkata kepada Fathimah binti Abi Hubaisy. jika haid datang kepadamu maka hendaknya kamu untuk tidak melaksanakan shalat.

Ketika darah haid sudah berhenti maka hendaklah kamu melakukan mandi wajib serta mendirikan shalat. (HR. Bukhari no. 320 dan Muslim no. 333). Menstruasi atau yang sering disebut juga haid adalah proses keluarnya suatu darah melalui vagina wanita yang terjadi karena siklus bulanan alami di tubuh manusia (wanita).

Siklus ini adalah proses organ reproduksi milik wanita untuk bisa bersiap jika akan terjadi kehamilan. Persiapan tersebut ditandai dengan penebalan pada dinding rahim (penebalan endometrium) yang di dalamnya berisi pembuluh darah.

2. Mandi Besar Setelah Berhenti Darah Nifas Wanita

Source : Women Health

Mandi besar wajib dilakukan oleh wanita setelah keluar darah nifas misalnya karena melahirkan. Hukum melakukan mandi besar setelah keluar darah nifas ini dijelaskan pada hadis yang sama dengan mandi besar setelah haid, bisa teman teman lihat hadisnya di atas tadi.

Pengertian nifas adalah suatu darah yang keluar melalui rahim karenan sebab melahirkan atau bisa juga setelah melahirkan. Darah nifas biasanya keluar selama 40 hari sesudah wanita melahirkan. Selama masa nifas, seorang wanita tidak diperbolehkan untuk beribadah tertentu seperti salat, berhubungan intim dengan suaminya, dan berpuasa.

Masa nifas biasanya yang paling sedikit yaitu beberapa saat sesudah proses wanita bersalin. Sedangkan untuk masa nifas paling lama yaitu empat puluh hari. Ketika masa nifas sudah lebih dari empat puluh hari di sisi lain juga bertepatan dengan datang haid ketika sebelum hamil.

Dengan begitu, maka hari yang lebih setelah empat puluh hari tersebut merupakan masa haid. Tetapi, jika suatu darah yang keluar bukan pada waktu masa haid, maka darah itu adalah penyakit atau istihadhah.

Hukum untuk wanita yang mengalami nifas sama juga hukumnya dengan wanita yang sedang mengalami masa haid. Umumnya batas waktu nifas adalah 40 hari dimulai dari sebelum melahirkan ataupun sesudah melahirkan yang disertai tanda kelahiran bayi.

Baca juga: Begini Hukum Ziarah Kubur Bagi Wanita Haid

3. Mandi Junub Saat Keluar Air Mani Pria dengan Syahwat

doa mandi wajib
Source : Shutterstock

Bagi pria, mandi wajib juga harus dilakukan ketika mereka mengeluarkan air mani dengan diiringi rasa syahwat. Namun perlu kalian ketahui bahwa ada cairan lain yang juga mirip seperti mani, yaitu madzi dan wadhi.

Air Mani adalah cairan yang keluar lewat alat kelamin pria saat sedang mengalami orgasme, entah itu ketika mereka sedang bersetubuh atau karena disebabkan mereka mengalami mimpi basah. Cairan air mani keluar dari alat kelamin prima dengan deras, serta disertai adanya syahwat yang besar sehingga memuncak.

Saat air mani keluar dari alat kelamin pria, mereka biasanya akan mendapati badan terasa lemas. Ciri-ciri air mani ini memiliki warna putih (bukan bening) dengan memiliki bau layaknya seperti telur yang sudah kering.

Apabila pria mendapati ciri di atas bisa kita simpulkan jika cairan itu merupakan cairan air mani. Air mani mempunyai hukum tidak najis, namun hal ini tetap membuat pria harus melakukan mandi wajib saat mengalami hal tersebut.

Baca juga: Ucapan Selamat Menikah Islami Untuk Keluarga, Teman, dan Sahabat

4. Mandi Wajib Setelah Berhubungan Intim

Lalu mandi wajib selanjutnya adalah setelah melakukan hubungan intim, meskipun dalam hal tersebut tidak mengeluarkan cairan air mani (bagi pria). Meskipun air mani tidak keluar dari alat kelamin si pria, maka hukum hal tersebut tetap harus mandi besar.

Hadist dari ‘Aisyah ra juga, Ia menjelaskan bahwa, ada seorang pria yang mengajukan pertanyaan kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam tentang Pria yang hendak mau bersetubuh kepada istrinya tetapi tidak sampai mengeluarkan air dari alat kelaminnya.

Apakah sepasang suami istri itu wajib untuk melaksanakan mandi junub? Sedangkan di saat itu Aisyah duduk ada disamping, maka Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Akupun demikian pernah menyetubuhi wanita ini (Aisyah) akan tetapi tidak mengeluarkan air mani, lantas kami kemudian mandi.” (HR. Muslim no. 350).

Baca juga: Adab Malam Pertama Pernikahan dalam Islam

5. Mandi Wajib Ketika Mualaf

Source : Dream.co.id

Mandi wajib atau mandi besar juga diperuntukan bagi orang kafir yang baru masuk Islam sehingga menjadi seorang mualaf. Ada hadist yang diriwayatkan oleh Qois bin Ashim ra. Ia telah masuk islam, setelah itu nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam memerintahkan Ia untuk mandi yaitu dengan air serta daun bidara. (HR. An Nasai no. 188, At Tirmidzi no. 605, Ahmad 5/61. Syaikh Al Albani berkata jika hadits ini shahih).

Pengertian Mualaf sendiri adalah sebutan untuk seorang non-muslim yang memiliki harapan untuk masuk ke dalam agama Islam ataupun orang yang baru saja masuk ke dalam agama Islam. Dijelaskan juga pada surah At – Taubah Ayat ke 60 bahwa para mualaf adalah termasuk orang yang berhak uuntuk menerima zakat.

إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ ۖ فَرِيضَةً مِنَ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

Innamaṣ-ṣadaqātu lil-fuqarā`i wal-masākīni wal-\\\\\\\’āmilīna alaihā wal-mu`allafati qulụbuhum wa fir-riqābi wal-gārimīna wa fī sabīlillāhi wabnis-sabīl, farīḍatam minallāh, wallāhu \\\\\\\’alīmun ḥakīm.

Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu\\\\\\\’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Baca juga: Apa Saja Jenis Zakat yang Wajib Dibayar Seorang Muslim?

6. Mandi Wajib Ketika Seorang Meninggal Dunia

doa mandi wajib
Source : Pinterest

Kemudian penyebab seseorang harus melakukan mandi wajib adalah ketika seseorang sudah dijemput ajalnya dan meninggal dunia. Ketika hal tersebut terjadi, orang tersebut harus melakukan mandi wajib dengan bantuan dimandikan oleh orang lain yang ada disekitarnya.

Hukum memandikan mayat adalah fardlu kifayah, jadi meskipun hal tersebut hanya dilaksanakan oleh sedikit orang saja, maka kewajiban orang lain yang tidak melaksanakan (memandikan mayat tersebut) sudah gugur dan tidak perlu melaksanakannya lagi.

Bagi seluruh muslim, ketika ia sudah menemui ajalnya atau meninggal dunia, maka wajib hukumnya Ia untuk dimandikan. Baik ia adalah seorang wanita, pria, tua, muda, atau dewasa. Ini berlaku bagi siapapun, namun ada pengecualian khusus bagi seorang muslim yang gugur dalam keadaan perang dengan kondisi mati syahid, maka Ia tidak wajib untuk dimandikan.

Baca juga: Bacaan Doa Untuk Mayit Perempuan Sesuai Sunnah

Hal yang Tidak Diperbolehkan Sebelum Mandi Wajib

Ketika Pins melakukan sesuatu kondisi yang mengharuskanmu untuk melakukan mandi wajib, ada hal tertentu yang perlu Pins hindari sebelum melakukan mandi wajib atau mandi besar. Berikut ini beberapa hal yang tidak boleh Pins lakukan saat belum melakukan mandi wajib:

  • Sebelum melakukan mandi wajib, seseorang tidak diperbolehkan untuk menyentuh mushaf al-quran dan membacanya.
  • Sebelum melakukan mandi bersuci dari najis besar, seseorang tidak diperbolehkan untuk melakukan Thawaf saat melakukan ibadah haji atau umroh.
  • Sebelum melakukan mandi wajib menghilangkan najis besar, seseorang tidak diperbolehkan untuk dicerai ataupun memberikan talak sampai kedalam keadaan suci.
  • Sebelum melakukan mandi menghilangkan najis besar, seseorang tidak diperbolehkan untuk melakukan puasa, baik puasa wajib ataupun puasa sunnah.
  • Sebelum melakukan mandi besar, seseorang tidak diperbolehkan untuk melaksanakan sholat, entah itu sholat wajib ataupun sholat sunnah.
  • Sebelum melakukan mandi menghilangkan hadast besar, seseorang tidak diperbolehkan untuk melakukan I’tikaf atau berdiam diri di masjid.

Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Mandi Wajib

Berikut ini adalah beberapa hal wajib diperhatikan saat melakukan mandi wajib, di antaranya adalah:

  • Menutupi aurat karena hukumnya wajib.
  • Tidak menggunakan penutup kepala.
  • Seluruh tubuh tanpa terkecuali harus terkena air secara merata.
  • Menggunakan air yang suci, bersih serta tanpa ada campuran apapun, tidak terkena kotoran yang bisa merubah sifatnya.
  • Mandi wajib dihukumi sebagai pengganti wudlu.

Nah, itulah pembahasan mengenai mandi wajib mulai dari doa niat mandi junub atau mandi wajib dan cara melakukan mandi junub. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan membantu Pins dalam melaksanakan mandi wajib, ya!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download