BlogLifestyleEdukasiCatat! Doa di Pagi Hari Islami untuk Memulai Aktivitas
0
0

Catat! Doa di Pagi Hari Islami untuk Memulai Aktivitas

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Bryan Dharmanta

Apr 13, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Doa merupakan sebuah kegiatan yang sering kita lakukan baik ketika sedang beribadah maupun jika hendak melakukan sesuatu. Dalam mengawali hari yaitu pada saat pagi hari hendaklah kita untuk berdoa.

Doa di waktu pagi sangatlah baik, untuk awal yang baik membuka hari pada waktu pagi hari. Dengan harapan semoga hari ini akan lebih baik dari hari – hari sebelumnya dan hari esok akan lebih baik dari hari sekarang

Memanjatkan doa kepada Allah SWT merupakan inti dari sebuah ibadah yang kita lakukan. Karena bagaimana Allah SWT akan mengabulkan keinginan kita jika kita tidak berdoa dan menyampaikan keinginan kita kepada Allah SWT. Oleh sebab itu, maka marilah sampaikan semua keinginan yang ingin kita capai kepada Allah SWT salah satunya dengan cara berdoa kepada-Nya. Karena dengan berdoa maka efeknya akan sangat luar biasa untuk kita.

Allah SWT juga akan mengabulkan semua keinginan hambanya dan tidak memandang kedudukan mereka di dunia misalnya pangkat ataupun status sosial karena pada dasarnya semua sama di hadapan Allah SWT, dan yang membedakannya hanyalah keimanan dari setiap makhluk – makhluk ciptaan-Nya.

Pada saat memanjatkan doa jangan lupa kita juga harus brmunajat kepada Allah SWT, dan seakan – akan kita sedang berbisik kepada-Nya. Dalam memanjatkan doa hendaklah kita menggunakan kata – kata yang sopan sebagai perwujudan kerendahan diri kita di hadapan Allah SWT.

Baca juga : Doa Naik Kendaraan

Doa Pagi Hari

Jika kamu menginginkan badan yang segar pada saat bangun tidur dan mempunyai pikiran yang jernih, maka kamu dapat memanjatkan doa bangun tidur sebagai salah satu rasa syukur kepada Allah SWT karena masih bisa bangun dipagi hari.

Selain membaca doa di pagi hari, hendaklah kita juga di anjurkan untuk membaca bacaan zikir supaya kita senantiasa teringat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Terdapat beberapa doa yang dapat kita panjatkan atau kita baca pada pagi hari untuk memulai hari yang lebih baik :

Doa Pagi Hari Pendek

Doa pagi hari menurut Imam An-Nawawi, Al-Adzkar yang mereka baca dari Damaskus : Darul Mallah, 1971 M/1391 H halaman 63 adalah :

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allahumma bika ashbahna, wa bika amsaina, wa bika nahya, wa bika namutu, wa ilaikan nusyuru.

Artinya :

“Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dan dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu kami akan kembali.” (HR Abu Dawud, At – Turmudzi, Ibnu Majah, dan yang lainnya).

Doa Pagi Hari Panjang

Imam An – Nawawi juga mengutip doa di pagi hari dari Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Sahabat Ibnu Mas‘ud dalam Sahih Muslim berikut ini :

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الملْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الملْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ

Ashbahna wa ashbahal mulku lillahi wal hamdu lillahi, la ilaha illallahu wahdahu la syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai‘in qadir.

Rabbi, as’aluka khaira ma fi hadzihil lailata wa khaira ma ba‘daha, wa a‘udzu bika min syarri ma fi hadzihil lailata wa khaira ma ba‘daha.

Rabbi, a‘udzu bika minal kasli wa su’il kibari. A‘udzu bika min ‘adzabin fin nari wa ‘adzabin dil qabri.

Artinya :

“Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang Maha Esa, dan tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia berkuasa atas segala sesuatu.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya.

Ya Allah, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa api neraka dan siksa kubur.” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus : Darul Mallah, 1971 M/1391 H] halaman 64).

Doa Pagi Hari Setelah Sholat Subuh

Rasulullah SAW selalu mengajarkan kepada kita untuk senantiasa berdoa setelah melaksanakan sholat subuh atau pagi hari, berikut adalah doanya :

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as aluka ‘ilman naafi’aa wa rizqan toyyibaa wa ‘amalan mutaqabbalaa.

Artinya :

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang manfaat, rejeki yang baik dan amal yang diterima.” (HR Ibnu As – Sunni dan Ibnu Majah)

Baca juga: Doa Selamat Dunia dan Akhirat.

Doa Pagi Hari Lainnya

ayat kursi

Selain ketiga doa pagi hari yang dapat kamu baca di atas, kita juga bisa membaca doa pagi hari lainnya yaitu membaca Ayat Kursi.

Ayat Kursi merupakan sebuah potongan ayat dari surat Al – Baqarah ayat 255 yang mempunyai keutamaan serta keajaiban tersendiri yang sangat luar biasa. Adapun potongan suratnya adalah sebagai berikut.

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Allaahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.

Artinya :

“Ya Allah, tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah SWT yang hidup kekal lagi terus – menerus mengurus seluruh makhluk-Nya. Allah tidak mengantuk dan Allah tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi.

Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa – apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa – apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya.

Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Keutamaan dan Keajaiban Membaca Ayat Kursi

Adapun keutamaan dan keajaiban yang bisa kita dapatkan ketika membaca Ayat Kursi ini yaitu sebagai berikut :

  • Ayat Kursi adalah pimpinan ayat dari ayat – ayat yang ada di dalam Al – Qur’an.
  • Ayat Kursi adalah sebuah ayat Al – Qur’an yang paling agung.
  • Ayat Kursi adalah kunci untuk masuk ke dalam surga, kunci mendapatkan rezeki yang berlimpah dan berkah, serta kunci dalam mendapatkan jodoh.
  • Barang siapa yang membaca Ayat Kursi sebelum memanjatkan doa, maka doa yang ia panjatkan akan segera terkabul.
  • Apabila kita membaca Ayat Kursi di pagi hari, maka kita akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT dari pagi hingga sore hari. Dan jika kita membaca Ayat Kursi di sore hari maka kita akan di lindungi hingga pagi hari.

Membaca Surah Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas

Selain membaca Ayat Kursi, kita juga di anjurkan untuk membaca beberapa surat pendek (Surah Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas) berikut ini sebanyak beberapa kali.

Bacaan Surah Al Ikhlas Sebanyak 3 Kali

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ . اللَّهُ الصَّمَدُ . لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ . وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ

“Qul huwallahu ahad, allahu somad, lam yalid wa lam yụlad, wa lam yakul lahụ kufuwan ahad.”

Artinya :

Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa, Allah tempat meminta segala sesuatu, (Allah) tidak beranak dan tidak juga diperanakkan, Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan-Nya.”

Bacaan Surah Al Falaq Sebanyak 3 Kali

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ . مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ . وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ . وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ . وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

“Qul auudzu birobbil falaq. Min syarri maa kholaq. Wa min syarri ghoosiqin idzaa waqob. Wa min syarrin naffaatsaati fil ‘uqod. Wa min syarri haasidin idzaa hasad.”

Artinya :

Aku berlindung kepada Allah Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.”

Bacaan Surah An Naas Sebanyak 3 Kali

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ . مَلِكِ النَّاسِ . إِلَهِ النَّاسِ . مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ . الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ . مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

“Qul auudzu birobbinnaas. Malikin naas. Ilaahin naas. Min syarril waswaasil khonnaas. Alladzii yuwaswisu fii shuduurin naas, minal jinnati wan naas.”

Artinya :

Aku berlindung kepada Allah (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.

Hadits Berdoa di Waktu Pagi

Berdasarkan hadis, terdapat beberpa hadis yang menyarankan kepada kita untuk membaca doa di pagi hari. Adapun beberapa hadis tersebut adalah sebagai berikut.

Allah SWT berfirman dalam QS Ali Imron ayat 121 :

وَإِذْ غَدَوْتَ مِنْ أَهْلِكَ تُبَوِّئُ الْمُؤْمِنِينَ مَقَاعِدَ لِلْقِتَالِ وَاللّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

“Dan ingatlah, ketika kamu berangkat pada pagi hari dari rumah keluargamu akan menempatkan para mukmin pada beberapa tempat untuk berperang.” (QS Ali Imron : 121)

Rasulullah SAW bersabda :

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.”

Ibnul Qayyim, ia berkata :

“Pagi hari bagi seseorang itu seperti waktu muda dan akhir harinya itu seperti waktu tuanya.”

Allah SWT berfirman dalam QS Al – Baqarah ayat 186 :

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

“Dan apabila hamba – hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku akan mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi segala perintah – perintah-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS Al Baqarah : 186)

Jadi demikianlah pembahasan ringkas mengenai Doa Pagi Islam Arab, Latin, beserta arti terjemahan yang bisa kamu baca setiap pagi. Dengan membaca doa tersebut maka kamu akan siap menyambut pagi untuk menjalankan aktivitas dan mencari rezeki yang berkah.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download