Desain Septic Tank Anti Penuh Beserta Contoh dan Tipsnya

Pinhome

Tips dan Contoh Desain Septic Tank Anti Penuh

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 17 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Tempat penampungan limbah harian yang berasal dari hunian disebut juga dengan septic tank. Fungsinya adalah untuk menampung limbah kotoran yang berasal dari toilet. Pengelolaan limbah rumah tangga ini dibuat karena limbah tidak bisa dibuang secara langsung. Inilah mengapa sebaiknya dibersihkan secara berkala agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Tips dan desain septic tank anti penuh di bawah ini bisa menjadi solusi.

Pinhome – Desain septic tank anti penuh bisa diwujudkan dengan pembuatannya yang telah sesuai dengan standar SNI. Tempat yang umum menampung limbah dalam perumahan ini dapat bertahan lama bila Pins mengerti cara merawatnya dengan benar. Berikut Pinhome sajikan tips sederhana untuk menghindari peluapan yang berasal dari septic tank. Simak yuk!

Baca Juga: Cara Mengatasi WC Mampet Tanpa Jasa Penyedot

Tips Menarik Septic Tank Anti Penuh

desain septic tank anti penuh
(Norwey Septic)

Pipa Menjadi Unsur Utama yang Harus Diperhatikan

Tips pertama adalah Pins harus memperhatikan pipa yang menjadi saluran utama antara rumah ke bak penampungan. Pemilihan bahan pipa yang tepat mempengaruhi pula kinerja pengaliran di dalamnya. Cobalah material berbahan PVC yang memang cenderung kuat dan perhatikan ukuran dari pipa. Sebaiknya, semakin banyak anggota keluarga yang tinggal, semakin besar pula pipa yang digunakan.

Selain itu, jangan lupa pula untuk memperhatikan sudut kemiringan atau jalur pipa. Usahakan ditempatkan pada sudut kemiringan yang tepat dengan posisi lurus tanpa adanya sudut-sudut yang mengakibatkan aliran mampet. Usahakn pula untuk mengetahui selisih ketinggian kloset dengan bak septic tank dalam pemasangan pipa.

Mengetahui Letak Dari Septic Tank

Jangan salah Pins, beberapa penghuni rumah ada yang tidak mengetahui letak dari tempat septic tank. Hal ini akan berakibat fatal di kemudian hari. Bila tidak sering dipantau ataupun di cek, bak penampungan bisa meledak lho Pins! Volume limbah yang semakin penuh tanpa pengecekan dapat berakibat toilet mampet. Lebih fatalnya lagi bisa meledak. Ini bisa terjadi juga dikarenakan saluran gas buang tertutup.

Pemilihan Material Bak atau Tempat Tampung

Selanjutnya adalah pemilihan material tempat penampungan. Desain septic tank anti penuh menjadi hal yang harus pula kamu perhitungkan. Bak penampungan limbah harus kuat dan tentunya tahan lama. Material kedap air ini, diusahakan kuat menahan tekanan agar tidak gampang bocor. Bak bocor juga berakibat pencemaran lingkungan nih Pins! Limbah akan mencemari tanah dan berakibat tidak baik pada keadaan tanah di lingkungan sekitar.

Pentingnya Mengetahui Kapasitas Pembuangan

Volume jumlah limbah yang mengalir ke septic tank dapat diperhitungkan dari jumlah penghuni di dalamnya. Semakin banyak jumlah penghuni, tentu ukuran septic tank akan semakin besar. Desain septic tank anti penuh bisa diwujudkan dengan mengetahui perhitungan tepatnya. Hal tersebut untuk menghindari kelebihan muatan karena ukuran septic tank dengan penghuni tidak sama besar. Keadaan ini Pun juga berpengaruh terhadap proses dekomposisi pada limbah pada saat masuk dan keluar.

Penambahan Septic Tank Cadangan

Bila Pins sudah terlanjur mempunyai septic tank namun anggot keluarga di rumah semakin bertambah, Pins bisa menambahkan septic tank cadangan. Desain septic tank anti penuh dalam bentuk yang lain ini dapat membantu fungsi dari bak penampungan utama. Pins bisa menambahkan kalur baru untuk septic tank cadangan, agar limbah tidak mengalir hanya ke satu tempat. Namun, Pins tetap harus melihat lahan yang tersedia di rumah. Bila tidak memungkinkan adanya penambahan, itu berarti Pins harus menukar ukuran septic tank utama.

Merawat Ikan Lele Di Dalamnya

Cara selanjutnya ini memang tidak banyak yang melakukan tetapi juga bisa menjadi alternatif. Ikan lele yang memang hidup dari mengkonsumsi kotoran, bisa Pins tempatkan pada bak penampungan. Bila dirasa ikan sudah cukup besar, kamu bisa menukarnya kembali dengan ikan lele lainnya. Ikan lele dapat membantu bak penampungan agar tidak cepat penuh tetapi tidak berfungsi seperti jasa sedot wc ya Pins!

Sewa Jasa Sedot WC Berkala

Untuk tips satu ini merupakan tips termudah. Dengan menjadwalkan pengecekan oleh jasa sedot wc secara berkala, kejadian-kejadian yang tidak diinginkan terjadi pasti dapat diminimalisir. Namun, bila Pins terbatas akan biaya, cara-cara sebelumnya bisa menjadi alternatif agar tidak terjadi bak penuh yang berakibat tidak baik dan membuat jangka waktu penyedotan semakin pendek. 

Contoh Desain Septic Tank Anti Penuh

desain septic tank anti penuh
(suryautamafibertek.weebly)

Di dalam desain septic tank anti penuh, Pins perlu menggaris bawahi bahwa teknik utama dari proses limbah ini bukan terdapat pada bak penampungan saja namun proses pengurainnya pula. Sistem pengolahan limbah yang tepat akan berakibat baik pada kondisi dari tangki septik. Secara sederhana, ukuran kemiringan berbanding dengan ukuran bak harus diperhitungkan secara benar. Hal tersebut juga termasuk di dalamnya mekanisme panjang dari pipa dan filtrasi.

Cobalah menggunakan material dinding bata merah pada area septic tank yang telah diplester. Selain itu, pembuatannya Pun tidak lupa untuk mengacu pada standar SNI. Berikut langkah sederhananya:

  • Gali tanah sesuai dengan ukuran septic tank yang akan dibuat.
  • Buatlah dua bagian pada septic tank yang berguna untuk memisahkan limbah padat dan cair.
  • Selanjutnya beri penghubung antar sekat dengan peralon yang kira-kira berukuran diameter 4 inch.
  • Usahakan pula menaruh pipa dalam keadaan miring sejajar dari WC menuju septic tank tanpa adanya sudut yang menghalangi.
  • Jangan lupa pula membuat tembok alas pada septic tank dan penutup dengan papan.
  • Terakhir adalah tambahkan lubang angin yang berfungsi untuk pembuangan gas dan juga sekaligus sebagai tempat penyedotan.

Itulah salah satu contoh desain septic tank anti penuh sederhana. Namun perlu diingat pula ya Pins untuk memberikan jarak antara tangki septik dengan sumur resapan atau sumber air. Selain itu pula pastikan jalur pembuangannya sudah mengarah dengan benar.

Mengenal lebih dalam mengenai informasi septic tank memang cenderung di nomer duakan. Namun, sebaiknya Pins mengetahui sebelum terlambat. Pastikan kamu dan anggota keluarga tidak membuang benda-benda ke dalam kloset dan cek penampungan secara terjadwal ya!

Baca Juga: Drainase Adalah Hal Penting Dalam Membangun Rumah, Ini Detailnya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel