BlogPemilik PropertiDesain Hunian6 Tips Desain Septic Tank Anti Penuh Plus Contohnya
0
0

6 Tips Desain Septic Tank Anti Penuh Plus Contohnya

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 7, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
desain septic tank anti penuhtop-right-banner

Sebagai tempat penampungan limbah, septic tank berfungsi untuk menampung kotoran yang berasal dari toilet. Nantinya, septic tank akan menyalurkan limbah atau kotoran dari toilet ke pembuangan besar. Oleh karenanya, penting untuk membersihkannya secara rutin agar septic tank tidak penuh. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan desain septic tank anti penuh yang akan dijelaskan lebih dalam.

Desain septic tank anti penuh bisa diterapkan di rumah eksklusif Pins, misalnya di Taman Palem Lestari dengan pembuatan yang telah sesuai dengan standar SNI. Tempat yang umum menampung limbah dalam perumahan ini dapat bertahan lama bila Pins mengerti cara merawatnya dengan benar. Yuk intip desain septic tank anti penuh agar hunian kamu bisa lebih nyaman seperti Mutiara Gading City ataupun rumah bekas di Bekasi.

Baca juga: Cara Mengatasi WC Mampet Tanpa Jasa Penyedot

Tips Membuat Septic Tank Anti Penuh

desain septic tank anti penuh
Source : Norwey Septic

Berikut Pinhome sajikan tips sederhana untuk menghindari peluapan yang berasal dari septic tank:

1. Perhatikan Pipa Septic Tank

Source : Freepik

Tips pertama adalah Pins harus memperhatikan pipa yang menjadi saluran utama antara rumah ke bak penampungan. Pemilihan bahan pipa yang tepat mempengaruhi pula kinerja pengaliran di dalamnya. Cobalah material berbahan PVC yang memang cenderung kuat dan perhatikan ukuran dari pipa galvanis yang dipakai.

Sebaiknya, semakin banyak anggota keluarga yang tinggal, semakin besar pula pipa yang digunakan. Selain itu, jangan lupa pula untuk memperhatikan sudut kemiringan atau jalur pipa.

Usahakan ditempatkan pada sudut kemiringan yang tepat dengan posisi lurus tanpa adanya sudut-sudut yang mengakibatkan aliran mampet. Usahakn pula untuk mengetahui selisih ketinggian kloset dengan bak septic tank dalam pemasangan pipa.

Baca juga: Biaya Membuat Septic Tank Batu Bata

2. Ketahui Posisi Septic Tank

Source : Freepik

Jangan salah Pins, beberapa penghuni rumah ada yang tidak mengetahui letak dari tempat septic tank. Hal ini akan berakibat fatal di kemudian hari. Bila tidak sering dipantau ataupun di cek, bak penampungan bisa meledak lho Pins!

Volume limbah yang semakin penuh tanpa pengecekan dapat berakibat toilet mampet. Lebih fatalnya lagi bisa meledak. Ini bisa terjadi juga dikarenakan saluran gas buang tertutup.

3. Pilih Material Bak atau Tempat Tampung

desain septic tank anti penuh
Source : iStock

Selanjutnya adalah pemilihan material tempat penampungan. Desain septic tank anti penuh menjadi hal yang harus pula kamu perhitungkan. Bak penampungan limbah harus kuat dan tentunya tahan lama.

Material kedap air ini, diusahakan kuat menahan tekanan agar tidak gampang bocor. Bak bocor juga berakibat pencemaran lingkungan nih Pins! Limbah akan mencemari tanah dan berakibat tidak baik pada keadaan tanah di lingkungan sekitar.

4. Ketahui Kapasitas Pembuangan

Source : Freepik

Volume jumlah limbah yang mengalir ke septic tank dapat diperhitungkan dari jumlah penghuni di dalamnya. Semakin banyak jumlah penghuni, tentu ukuran septic tank akan semakin besar. Desain septic tank anti penuh bisa diwujudkan dengan mengetahui perhitungan tepatnya.

Hal tersebut untuk menghindari kelebihan muatan karena ukuran septic tank dengan penghuni tidak sama besar. Keadaan ini Pun juga berpengaruh terhadap proses dekomposisi pada limbah pada saat masuk dan keluar.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau WC dengan Bahan Alami

5. Tambahkan Septic Tank Cadangan

desain septic tank anti penuh
Source : iStock

Bila Pins sudah terlanjur mempunyai septic tank namun anggot keluarga di rumah semakin bertambah, Pins bisa menambahkan septic tank cadangan. Desain septic tank anti penuh dalam bentuk yang lain ini dapat membantu fungsi dari bak penampungan utama.

Pins bisa menambahkan kalur baru untuk septic tank cadangan, agar limbah tidak mengalir hanya ke satu tempat. Namun, Pins tetap harus melihat lahan yang tersedia di rumah. Bila tidak memungkinkan adanya penambahan, itu berarti Pins harus menukar ukuran septic tank utama.

6. Sewa Jasa Sedot WC Berkala

Source : Pinterest

Untuk tips satu ini merupakan tips termudah. Dengan menjadwalkan pengecekan oleh jasa sedot wc secara berkala, kejadian-kejadian yang tidak diinginkan terjadi pasti dapat diminimalisir.

Namun, bila Pins terbatas akan biaya, cara-cara sebelumnya bisa menjadi alternatif agar tidak terjadi bak penuh yang berakibat tidak baik dan membuat jangka waktu penyedotan semakin pendek. 

Baca juga: Drainase Adalah Hal Penting Dalam Membangun Rumah, Ini Detailnya!

Desain Septic Tank Anti Penuh

desain septic tank anti penuh
Source : suryautamafibertek.weebly

Di dalam desain septic tank anti penuh, Pins perlu menggaris bawahi bahwa teknik utama dari proses limbah ini bukan terdapat pada bak penampungan saja namun proses pengurainnya pula. Sistem pengolahan limbah yang tepat akan berakibat baik pada kondisi dari tangki septik.

Secara sederhana, ukuran kemiringan berbanding dengan ukuran bak harus diperhitungkan secara benar. Hal tersebut juga termasuk di dalamnya mekanisme panjang dari pipa dan filtrasi.

Cobalah menggunakan material dinding bata merah pada area septic tank yang telah diplester. Selain itu, pembuatannya Pun tidak lupa untuk mengacu pada standar SNI. Berikut langkah sederhananya:

  • Gali tanah sesuai dengan ukuran septic tank yang akan dibuat.
  • Buatlah dua bagian pada septic tank yang berguna untuk memisahkan limbah padat dan cair.
  • Selanjutnya beri penghubung antar sekat dengan peralon yang kira-kira berukuran diameter 4 inch.
  • Usahakan pula menaruh pipa dalam keadaan miring sejajar dari WC menuju septic tank tanpa adanya sudut yang menghalangi.
  • Jangan lupa pula membuat tembok alas pada septic tank dan penutup dengan papan.
  • Terakhir adalah tambahkan lubang angin yang berfungsi untuk pembuangan gas dan juga sekaligus sebagai tempat penyedotan.

Penyebab Septic Tank Cepat Penuh

desain septic tank anti penuh
Source : Pinhome

Ada beberapa hal yang jika Pins lakukan bisa membuat septic tank cepat penuh. Yuk intip apa saja agar kamu bisa mengindarinya.

1. Kesalahan dalam Pembuatan Septic Tank

Septic tank lebih dari sekedar tempat penampungan tinja. Fungsi utamanya adalah mengurai limbah agar aman bagi lingkungan. Namun, kesalahan dalam pembuatan dapat mengurangi efektivitasnya. Ada tiga aspek penting yang perlu diperhatikan:

  1. Penyesuaian Volume: Volume septic tank harus disesuaikan dengan jumlah pengguna. Ukuran septic tank untuk 5 orang akan berbeda dengan ukuran untuk 20 orang.
  2. Pemisahan Ruang: Septic tank harus memiliki minimal dua ruangan terpisah untuk tempat penampungan dan penguraian oleh bakteri.
  3. Standar Pembuatan: Pembuatan septic tank sebaiknya mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI) 2398:2017 untuk memastikan ukuran dan desain yang tepat.

2. Membuang Sampah ke Dalam Kloset

Membuang tisu, pembalut, atau benda lain ke dalam kloset adalah tabu. Ini akan menyebabkan tumpukan sampah di septic tank yang sulit diurai oleh bakteri. Akibatnya, septic tank bisa cepat penuh, tersumbat, dan bahkan rusak.

3. Penggunaan Cairan Kimia atau Disinfektan

Cairan kimia atau disinfektan untuk membersihkan kloset dapat membunuh bakteri pengurai di septic tank. Tanpa bakteri ini, proses penguraian tinja dan kotoran menjadi lebih lambat, menyebabkan penumpukan dan membuat septic tank cepat penuh.

Cara Perawatan Septic Tank Anti Penuh Tanpa Sedot

desain septic tank anti penuh
Source : Pinhome

Jika Pins sudah menerapkan desain septic tank anti penuh, selanjutnya kamu bisa melakukan perawatan berkala. Begini perawatan septic tank agar tidak mampet dan cepat penuh.

1. Masukkan Ikan Lele

Ikan lele memiliki kemampuan untuk memakan limbah manusia dalam septic tank. Keberadaan ikan lele, bersama dengan bakteri pengurai, akan membantu mengurangi kotoran di septic tank.

2. Jangan Membuang Sampah atau Benda ke Dalam Kloset

Untuk mencegah penumpukan sampah yang bisa menyebabkan septic tank cepat penuh, hindari membuang benda apapun ke dalam kloset. Pasang papan peringatan di kamar mandi sebagai pengingat.

3. Hindari Penggunaan Bahan Kimia Pembunuh Bakteri

Bakteri pengurai dalam septic tank esensial untuk mendekomposisi limbah. Hindari penggunaan disinfektan, deterjen, sabun, atau cairan pemutih yang bisa membunuh bakteri ini. Gunakan alternatif pembersih yang lebih aman seperti cuka, asam sitrat, pasir laut, atau baking soda.

4. Jangan Terlalu Sering Menyedot Septic Tank

Menyedot septic tank terlalu sering dapat mengurangi jumlah bakteri pengurai secara signifikan. Jika septic tank terlanjur penuh, coba metode tradisional berikut:

  • Metode Baking Soda dan Cuka: Tuangkan baking soda ke dalam kloset dan tunggu 2 jam, lalu tuang 2 gelas cuka putih dengan gerakan memutar.
  • Metode Garam dan Soda Kue: Tuang 2 gelas garam ke dalam kloset, tambahkan segelas soda kue, dan siram dengan 2 liter air mendidih. Tunggu selama 7 jam tanpa menggunakan kloset.

Itulah salah satu contoh desain septic tank anti penuh sederhana beserta tips perawatannya. Namun perlu diingat pula ya Pins untuk memberikan jarak antara tangki septik dengan sumur resapan atau sumber air. Selain itu pula pastikan jalur pembuangannya sudah mengarah dengan benar.

Mengenal lebih dalam mengenai informasi septic tank memang cenderung di nomer duakan. Namun, sebaiknya Pins mengetahui sebelum terlambat. Pastikan kamu dan anggota keluarga tidak membuang benda-benda ke dalam kloset dan cek penampungan secara terjadwal ya!

Baca juga:

Source Feature Image: Pinhome


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download