BlogPemilik PropertiDesain HunianCara Menambal Bak Mandi Bocor dengan Tepat dan Cepat
0
0

Cara Menambal Bak Mandi Bocor dengan Tepat dan Cepat

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Des 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bak kamar mandi yang menggunakan material keramik memanglah sangat mudah bocor. Pada artikel ini, Pinhome akan menjelaskan cara menambal bak mandi bocor dengan tepat dan cepat. Bak kamar mandi yang jarang Kamu rawat, yang usianya sudah tua, atau yang justru terlalu sering untuk dibersihkan menggunakan cairan pembersih dengan bahan kimia keras memang kerap kali mengalami kebocoran.

Hal tersebut tentunya dapat sangat menyebalkan karena akan banyak air yang terbuang hingga membuat tagihan air PDAM dapat menjadi sangat mahal. Bak kamar mandi keramik yang berlubang juga dapat menjadi tempat persembunyian Binatang-binatang kecil. Oleh sebab itu, bak mandi bocor harus secepatnya diperbaiki agar risiko-risiko di atas tidak terjadi. Untuk menambal bak mandi yangb bocor Kamu tidak harus memanggil jasa tukang, Kamu dapat memperbaikinya sendiri dengan mengikuti Langkah-langkah di bawah ini.

Pins bisa memilih unit-unit di Pinhome seperti rumah di Pesona Ciputih atau rumah di Bogor lainnya. Tidak hanya rumah baru, Pins juga bisa mempertimbagkan rumah bekas seperti rumah second di Jakarta Pusat. Inspirasi rumah nyaman dan cantik lainnya juga dapat Pins temukan di Rumah Ekslusif, kumpulan rumah pilihan untuk kamu dari Pinhome.

Baca juga: 

Cara Menambal Bak Mandi Bocor dengan Tepat dan Cepat

Source : Pixabay

Seperti yang telah dijelaskan di atas, jika Kamu memiliki bak mandi yang bocor, Kamu harus secepatnya menambalnya. Hal tersebut dikarenakan, jika bak mandi dibiarkan bocor, air yang ditampung juga akan terbuang sia-sia. Untuk menambal bak mandi juga dapat dikatakan cukup mudah. Berikut ini beberapa cara menambal bak mandi bocor dengan tepat dan cepat.

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Source : Pixabay

Cara menambal bak mandi bocor dengan tepat dan cepat yang pertama harus dilakukan yaitu dengan mempersiapkan alat dan bahan. Sebenarnya, Ketika menambal bak mandi tidak butuh banyak alat dan bahan yang rumit. Kamu hanya perlu menyediakan lem epoksi pengeras, lem epoksi resin, dan kuas.

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan peralatan tambahan seperti cutter untuk membokar nat keramik, dan juga kain lap yang berguna untuk membersihkan permukaan keramik.

2. Mencari Titik Bocornya

Berikutnya yang harus Kamu lakukan yaitu menemukan titik bocor pada bak mandi keramik. Langkah yang satu ini harus dilakukan Ketika tambalan benar-benar presisi. Ketika tambalan presisi, maka kebocoran pun tidak akan terjadi lagi. Untuk mengetahui titik bocor, Kamu harus teliti. Biasanya titik bocor dapat terlihat Ketika retakan. Kamu bisa meraba seluruh permukaan bak mandi agar lebih pasti.

Bagian yang bocor akan terasa kasar dan bercelah. Setelah titik kebocoran diketahui, Kamu bisa segera untuk memberikan tanda dengan spidol ataupun lakban pada area yang bocor tersebut.

3. Membersihkan Bak Kamar Mandi

Source : Pixabay

Agar tambalan dapat lebih kuat dan tahan lama, permukaan bak harus bersih dari kotoran. Permukaan bak yang bersih dapat membantu lapisan tambalan menempel dengan sempurna. Kamu bisa menguras bak mandi terlebih dahulu.

Kemudian, Kamu juga harus memastikan tidak terdapat retak, lumut, ataupun lapisan minyak pada bak. Kamu dapat menggunakan zat pembersih tambahan seperti karbol agar kotoran pada permukaan bak dapat terangkat dengan maksimal. Permukaan yang bocor juga harus dalam keadaan kering untuk memudahkan proses penambalan yang akan Kamu lakukan. Sehingga, setelah bak mandi bersih, keringkan air yang tersisa dengan menggunakan lap.

4. Bongkar Nat Keramik

Nat adalah semen instan yang dipakai untuk mengisi celah antar keramik. Terkadang, nat yang telah retak menjadi penyeban kebocoran pada bak mandi. Nah, guna mengatasi hal tersebut maka nat keramik harus dibongkar. Tidak harus semua nat dibongkar, cukup pada area yang menjadi titik kebocorannya saja.

Kamu dapat menggunakan cutter untuk mengangkat nat. Korek nat yang tersisa sampai celah antar keramik dapat terlihat.

5. Tambal Titik Bocor

Source : Pixabay

Langkah berikutnya sudah mulai masuk ke tahap penambalan. Untuk menambal lubang yang menjadi penyebab kebocoran, isi dengan campuran lem epoksi pengeras dan resin. Campur kedua bahan dengan perbandingan 1:1 sampai merata. Aplikasikan campran tersebut pada celah yang telah terbuka dengan menggunakan kuas.

Harus diingar, campuran lem epoksi akan cepat mongering. Sehingga, lakukan penambalan secepatnya setelah Kamu mencampurkan epoksi pengeras dan resin. Melebihi satu jam, lem epoksi akan mongering dan efektivitasnya menurun.

6. Beri Pelapis Anti Bocor

Agar kebocoran tidak terjadi Kembali, ada baiknya Kamu memberikan tambahan lapisan anti bocor. Lapisan tersebut digunakan pada permukaan yang telah selesai Kamu tambal. Kamu dapat menggunakan pelapis anti bocor pada seluruh area dari bak mandi, agar kebocoran bisa terhidarkan dari seluruh areanya.

Itu dia cara menambal bak mandi bocor dengan tepat dan cepat. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Crown Regency dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download