Pilih Apartemen 2 Lantai Tipe Loft Atau Duplex ?

Diperbarui oleh Nur Dwi Ratnasari ∙ October 11, 2022 ∙ 5 menit membaca

Jenis apartemen sangat beragam misalnya jenis classix six, studio, garden, hingga convertible. Namun model apartemen 2 lantai di pasaran umumnya tipe loft atau duplex.

Dua model apartemen ini memiliki plafon tinggi sehingga bisa dibagi dua lantai. Kedua apartemen tersebut sering ditemukan di kota besar seperti ibukota Jakarta. Adapun plus minus diantara keduanya bisa Pins simak sebagai berikut :

Apa Itu Apartemen Loft ?

(Shutterstock)

Apartemen tipe loft dikenal sebagai apartemen berloteng. Bagian tinggi ruang lotengnya memiliki setengah tinggi ruang bawah. Sebenarnya bukan apartemen dua lantai namun terlihat seakan-akan memiliki lantai bertingkat.

Ciri dari hunian loft bisa dilihat dari ventilasinya. Umumnya memiliki jendela besar yang setinggi langit-langitnya. Dari jendela besar ini maka sinar matahari dapat masuk secara optimal sehingga ruangan tidak lembab.

Pins mampu menghemat energi listrik karena pemanfaatan cahaya alami dari matahari. Jarak lantai dengan plafon lebih tinggi sekitar 4-7 meter. Langit-langit yang tinggi mengesankan ruangan terasa luas.

Beberapa area dibuat tanpa sekat agar terkesan luas dan terbuka. Beberapa ruangan menyatu satu dengan lainnya seperti dapur dan ruang makan.

Plus Minus Apartemen Loft

(Shutterstock)

Ada beberapa keunggulan dan kekurangan dari tipe apartemen ini. Selain dari segi visual juga memberi dampak pada budget serta struktur bangunan.

Kelebihan Apartemen Loft

Apartemen loft cocok sekali untuk pekerja lepas karena bisa menggunakan ruang vertikal sebagai ruang kerjanya sendiri. Ruang kerja dapat di desain dengan selera serta mampu menyatukan kamar tidur dan ruang kantor.

Keunggulan lainnya adalah lebih ramah lingkungan. Desain interior umumnya memakai barang bekas dengan fungsi yang berbeda. Sirkulasi udara sangat dipertimbangkan dengan baik sehingga jauh dari kesan sumpek.

Tak jarang dikombinasikan dengan tanaman untuk membuat apartemen lebih hidup. Apartemen loft terkenal bebas pengap dan segar.  Apartemen yang dilengkapi plafon tinggi mencegah kelembaban. Apalagi jika ada jendela besar di setiap sudut ruangan.

Baca juga : Trik Akali Ruang Tamu Apartemen Kecil Agar Lebih Lapang

Kekurangan Apartemen Loft

Walaupun memiliki banyak keunggulan namun apartemen loft juga mempunyai beberapa kekurangan. Diantaranya dalam hal tempat penyimpanannya yang cenderung terbatas.

Jika Pins memilih apartemen tipe loft maka harus cerdas dan cermat mengatur dan memilih furniturw. Lahannya yang terbatas membuat Pins perlu memilih perabotan multifungsi seperti sofa bed.

Karakteristik ruangan apartemen unik sehingga perabotan sering dibuat custom. Biaya untuk membeli furniture seperti ini tidaklah murah sehingga perlu dompet lebih tebal.

Ruangannya yang tanpa sekat membuat peningkatan polusi suara dari dalam rumah. Suara bahkan bisa menggema dan terdengar di ruangan lainnya. Untuk mengakalinya Pins bisa menggunakan bahan peredam.

Mengenal Apartemen Duplex

(Shutterstock)

Apartemen tipe duplex dibangun dua lantai dan lumayan langka di Indonesia. Jika dilihat sekilas akan mirip dengan rumah tapak bertingkat pada umumnya. 

Perbedaannya hanya pada akses masuknya saja dimana pintu masuk untuk apartemen duplex berbeda di setiap lantainya. Apartemen duplex dapat ditempati dua keluarga yang berbeda.

Bagian bawahnya dapat disewakan ke orang lain. Sementara induk semang dapat tinggal di lantai atasnya. Ciri khas dari tipe duplex adalah luasnya lebih dari 100 meter persegi.

Dua lantainya dihubungkan dengan tangga maupun lift. Unit dapat saling bertumpuk keatas maupun berdampingan. Kedua lantainya mempunyai ketinggian plafon minimal 2.5 meter.

Tipe duplex umumnya terletak di lantai paling atas sebuah bangunan apartemen. Kedua unitnya baik lantai atas dan bawah memiliki ukuran yang sama.

Plus Minus Apartemen Duplex

(Shutterstock)

Keunggulan dari apartemen duplex ialah akses tangga yang lebih dekat. Privasi masing-masing lantai sangat terjaga dan adapun plus minus lainnya dapat Pins simak dibawah ini :

Kelebihan Apartemen Duplex

Apartemen duplex terkesan mewah dan eksklusif. Di dalamnya memiliki berbagai fasilitas pribadi lebih banyak. Tidak sembarangan orang dapat masuk ke dalam apartemen sehingga keamanan tinggi.

Langit-langitnya tinggi dan memiliki sudut pandang yang luas. Bagian ventilasi memakai kaca termasuk adanya pintu geser. Pins dapat tinggal di lantai paling atas apartemen dan mempunyai ruang terbuka yang menyatu dengan alam.

Baca juga :

Kekurangan Apartemen Duplex

Apartemen duplex juga memiliki kelemahan layaknya apartemen loft. Beberapa kekurangan dari tipe duplex adalah :

  • Harga dari apartemen duplex lebih mahal dibandingkan tipe studio maupun apartemen dua kamar tidur
  • Area cukup luas sehingga tanggung jawabnya ikut meningkat. Khususnya dalam hal menjaga kerapian dan kebersihan area luar apartemen
  • Dibangun di  bangunan yang tinggi dan lantai teratas. Jika terjadi pemadaman listrik maka Pins harus siap-siap menaiki tangga menuju ke tempat tinggal

Sebaiknya Apartemen Loft Atau Duplex ?

(Shutterstock)

Jika Pins memiliki budget terbatas dan tinggal sendiri maka apartemen loft bisa menjadi pilihan utama. Apartemen loft cocok untuk Pins yang suka dengan konsep minimalis.

Sementara Pins yang berkeluarga dapat memilih apartemen duplex. Ukurannya lumayan luas dan mengedepankan privasi antara lantai satu dan dua. Desain interior dapat dibedakan antara dua lantai.

apartemen 2 lantai baik loft atau duplex memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Karakteristik keduanya dapat dilihat dari ukuran apartemen. 

Apartemen 2 lantai ini cenderung ditemukan di kota-kota besar. Apartemen loft cenderung tidak memiliki sekat antar ruangan sementara duplex kebalikannya.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Finansial
Finansial 7 Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham, Wajib Tahu!

Dalam berinvestasi saham selalu ada risiko yang mengikuti. Hal ini dikarenakan saham termasuk jenis

Finansial
Finansial 5 Cara Mendapatkan Uang 100 Juta Pertama di Usia 25 Tahun

#WaktunyaBeliRumah -Memiliki aset berupa tabungan atau barang bernilai ratusan juta di usia muda pa

Finansial
Finansial Mengenal Apa itu Metaverse Crypto serta Resiko yang Ada di Dalamnya

Metaverse crypto adalah cara pembayaran di ruang virtual yang diciptakan untuk versi digital dari b

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia