BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Inspirasi Desain Dapur Tradisional Jawa yang Menarik
0
0

10 Inspirasi Desain Dapur Tradisional Jawa yang Menarik

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Nov 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Jika Kamu ingin menerapkan desain dapur tradisional jawa yang menarik pada rumah Kamu. Kamu dapat menerapkan beberapa inspirasi desain dapur tradisional jawa yang menarik yang sudah Pinhome rangkum pada artikel ini. Arsitektur rumah tradisional tentunya memiliki kearifan lokalnya tersendiri, dengan beraneka ragam nilai filosofisnya.

Kamu dapat menerapkan beberapa unsur tradisional pada rancangan rumah modern Kamu. Tidak perlu mengikuti semua detail yang ada, setidaknya Kamu dapat menerapkan ciri khas dan filosofi yang terdapat pada dapur tradisional Jawa tetap ada.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca juga: 

Inspirasi Desain Dapur Tradisional Jawa yang Menarik

Masih banyak orang yang berfikir menerapkan gaya tradisional Jawa di rumah dapat membuat hunian terlihat kuno. Padahal, gaya yang satu ini juga sangatlah cocok untuk dipadukan dengan desain modern. Salah satu contohnya, dapur modern yang mempunyai ciri khas Jawa menjadi terlihat lebih unik dan menarik, beda dari dapur umumnya.

Berikut ini beberapa inspirasi desain dapur tradisional Jawa yang sudah Pinhome rangkum. Berikut ini daftar inspirasinya.

1. Desain Kitchen Set Kayu yang Hangat

Source : Architectural Digest

Desain dapur tradisional Jawa yang pertama yaitu dapur yang menerapkan kitchen set dengan material kayu yang hangat. Jika Kamu memiliki ruangan dapur dengan ukuran yang kecil di rumah, desain satu ini sangat cocok untuk Kamu terapkan. Ruangan yang satu ini terlihat sederhana dengan kitchen set dari kayu yang berwarna gelap yang unik.

Hal yang membuat dapur satu ini mempunyai gaya Jawa yaitu backsplash dari keramik warna-warni berukura kotak kecil dan jendelannya. Tidak lupa juga, kusen jendela kayu yang sudah usang dan beberapa tanaman hijau yang memberikan kesan alami pada area tersebut.

2. Dapur Terbuka di Jawa

Source : Lion Brand

Desain dapur tradisional Jawa yang satu ini cukup berbeda dari dapur lainnya karena tidak mempunyai kesan modern sama sekali. Walaupun demikian, dapur terbuka yang satu ini terlihat sangat indah dan menarik dipandang. Dapur satu ini mempunyai meja dapur sama sekali dan hampir semua barangnya diletakkan dengan cara digantung di atas kompornya. Perabotan yang dipakai juga identic dengan perabotan lawas seperti kompor kayu bakar dan keranjang rotan.

3. Desain Dapur Jawa dengan Gaya Etnik

Source : Backsplash

Desain dapur tradisional Jawa berikutnya yaitu yang mempunyai gaya etnik. Desain dapur yang satu ini mempunyai peralatan modern seperti kompor dan kulkas yang canggih. Keberadaan beberapa peralatan tersebut terlihat masih cocok dengan perabotan lain di dapur satu ini yang justru menggunakan gaya tradisional.

Bukannya aneh, perpaduan dua hal ini justru terlihat sangat serasi dan malah memberikan kesan dapur yang indah.

4. Perpaduan Dapur Modern Terbuka dengan Ruang Makan

Source : Art Fasad

Desain dapur tradisional Jawa selanjutnya yang dapat Kamu tiru dengan mudah di rumah. Kitchen set pada dapur satu ini terbuat dari perpaduan kayu dan beton yang tidak dipoles, sehingga terlihat seperti unfinished. Dekorasi yang dipakai di dapur ini juga kebanyakan bergaya lawas. Untuk membuat dapur terlihat lebih hidup, Kamu dapat menyimpan beberapa tanaman hias berwarna hijau di rumah.

5. Dapur Minimalis di Jawa

Source : Bobedre

Desain dapur tradisional Jawa selajutnya yaitu dapur kampung tanpa kehadiran kitchen set. Meja dapur pada ruangan ini hanya terbentuk dari beton dan tidak dilengkapi dengan pintu cabinet. Dapur yang satu ini juga dibuat terbuka dengan dinding yang terbuat dari lempengan kayu yang mempunyai jarak antara satu dengan lainnya. Hal tersebut akan membuat udara segar dapat terasa hingga ke dapur dan membuatnya bersih dari bebauan yang kurang sedap.

6. Desain Dapur Bergaya Jawa dengan Dinding Aksen Lukisan

Source : Instaloverz

Desain berikutnya terlihat cukup sederhana dengan kitchen set dari kayu dan cabinet dapur atas yang adalah barang vintage. Keunikan dari dapur yang satu ini yaitu dindingnya yang dibuat dengan aksen yang cukup berbeda-beda. Hal ini membuat dapur bergaya Jawa satu ini terlihat sangat menarik dan menjadi pusat perhatian di hunianmu.

7. Dapur Terbuka dengan Tirai Bambu

Source : Design Boom

Desain dapur tradisional Jawa berikutnya menggunakan konsep terbuka lagi. Akan tetapi, kali ini terdapat tambahan tirai bambu, yang selain memberikan nuansa tradisional akan tetapi juga fungsional. Desain dapur yang satu ini sangat cocok untuk Kamu yang memiliki rumah dengan ukuran kecil.

8. Dapur Modern Tradisional

Source : Dezeen

Inspirasi berikutnya sangat cocok dalam memasukan perpaduan tradisional dan modern. Dapur mengaplikasikan beraneka ragam material kayu warna coklat alami, ditambah dengan keramik lantai bermotif. Langit-langitnya juga sengaja dibuat tinggi, dan jendela lebat yang akan mempermudah sirkulasi udara dan cahaya.

9. Dapur Sederhana Rumah Joglo

Source : Nadine Stay

Inspirasi desain yang terakhir sangat kental dengan nuansa dapur tradisional Jawa. Untuk bagian kitchen setnya memang  menggunakan keramik modern, akan tetapi dindingnya sangat tradisional yang terbuat dari material kayu. Selain itu, pemakaian pintu cabinet dari pintu jendela bekas juga membuat kesan jadul dan unik.

10. Dapur Tradisional Jawa dengan Tegel Lantai Monokrom

Source : Rated People

Inspirasi yang terakhir yaitu dapur yang cantik satu ini. Dapur yang satu ini mempunyai tampilan modern, dengan kitchen set yang clean dan dinding putih. Walaupun seperti itu, kesan Jawanya masih dapat Kamu temuka karena lantai dapur yang dilapisi oleh lantai tegel. Dengan motif yang indah pada lantai ini membuat ruangan terlihat lebih unik dan tidak membosankan.

Itu dia beberapa inspirasi desain dapur tradisional Jawa yang menarik. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download