Pinhome

Cara Pasang Saklar Ganda dengan Aman dan Mudah

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 23 February 2022 ∙ 5 menit membaca

Saklar merupakan salah satu elemen penting dalam unsur terciptanya listrik yang aman di rumah. Saklar berfungsi untuk menyambung dan memutuskan aliran listrik yang mengalir dari sumber listrik kepada alat elektronik maupun instalasi listrik yang ada di rumah. Namun, apa Pins pernah mendengar mengenai saklar ganda? Cara pasang saklar ganda yang biasanya berdampingan ini perlu teknik yang tepat agar aman.

Dilihat dari tampilannya, Pins bisa mengenali saklar ganda secara mudah. Saklar tersebut biasanya terdiri dari dua tombol yang bersebelahan atau sering disebut juga sebagai saklar seri. Fungsinya sebenarnya sama, namun biasanya menjadi pemutus dan penghubung aliran listrik pada ruang yang berbeda. Seperti menyalakan lampu yang terletak pada ruang tamu dan teras rumah yang ditempatkan dalam satu rangka.

Namun, Pins juga perlu mengetahui perbedaannya antara saklar dan stop kontak yang merupakan elemen listrik yang berbeda. Beberapa orang masih menganggap dua benda ini sebagai hal yang sama. Mari kita permudah dengan pemaparan mengenai cara pasang saklar ganda dan stop kontak di bawah ini.

Baca juga: 12 Merk Kabel Listrik yang Bagus untuk Instalasi Rumah

Mengenal Apa Itu Saklar Ganda

Saklar ganda atau yang biasa disebut dengan saklar seri merupakan jenis saklar yang memiliki dua kontak penghubung. Kontak tersebut dapat bekerja bersamaan maupun satu persatu yang biasa kita temukan di rumah. Misalnya, satu penghubung untuk menyalakan lampu kamar mandi dalam, satu lagi untuk menyalakan lampu kamar mandi di sisi luar.

Fungsi saklar yang satu ini adalah mempermudah pemakai untuk menyalakan lampu atau alat-alat elektronik yang ditempatkan dalam ruang berbeda namun dapat disambung dan putuskan alirannya pada satu tempat yang sama. Itulah mengapa penggunaannya terkesan praktis dan mempermudah.

Perbedaan Saklar dan Stop Kontak

(Bukalapak)

Siapa di antara Pins yang masih saja menyebut keduanya terbalik ataupun memahaminya dengan cara yang sama? Perlu Pins ketahui bahwa fungsi saklar merupakan pemutus dan penghubung aliran listrik sedangkan stop kontak merupakan alat listrik yang berfungsi sebagai penyedia arus listrik untuk dialirkan. 

Cara pengenalan termudahnya adalah saklar berbentuk tombol yang penggunaannya dengan cara ditekan sedangkan stop kontak biasanya terdapat lubang yang digunakan untuk colokan. Apa sampai sini Pins sudah bisa membedakannya? Keduanya sama-sama merupakan bagian dari peralatan instalasi listrik tetapi memiliki fungsi yang berbeda, bagaimana dengan cara pasangnya?

Baca juga: Mengenal Nama Peralatan Untuk Instalasi Listrik dan Fungsinya yang Wajib Kalian Ketahui

Cara Pasang Saklar Ganda dan Stop Kontak

Faktanya, cara memasang saklar ganda dan stop kontak terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Pasang Saklar Ganda

cara pasang saklar ganda
(The Spruce)

Pertama, Pins perlu menyiapkan alat dan bahan pemasangan yaitu, tang kombinasi, saklar ganda, obeng, kabel NYM, fitting lampu, box saklar, klem pipa, tespen, isolasi dan pipa instalasi. Selanjutnya, tentukan letak pasang dari saklar ganda. Lubangi dinding yang akan ditempatkan aliran listrik, setelahnya pasang tiga buah kabel yang Pins sambungkan ke tempat lampu.

Namun tetap perhatikan rangkaian listrik yang ada di dalam rumah ya, Pins! Bila Pins sudah mengetahui seluk beluk aliran listrik di dalam rumah, kini saatnya untuk mengetahui bahwa induk kabel merupakan bagian yang terhubung dengan saklar sedangkan kabel lainnya akan terhubung kepada fitting lampu, termasuk di dalamnya adalah kabel ground.

Pins bisa memahaminya bahwa ada arus yang akan diputus yaitu arus listrik yang terjadi karena saat tespen ditempelkan dalam keadaan menyala. Sebab, apabila jalur fuse atu sekring dimatikan maka berpotensi lampu mengalami mati sebelah. Setelah itu saatnya untuk masuk dalam tahap finishing dengan membereskan kabel dan menutup.

Pins bisa melakukan tahap penyambungan lampu dengan kabel yang tidak akan keluar dan rapi untuk menghindari adanya korsleting. Bila semua sudah rapi, Pins bisa menutup dengan saklar ganda dan pasang sekrup pada bagian dua sisi yang telah disediakan. Untuk merapikan bagian tampilan luar, Pins bisa menggunakan semen dan campuran pasir.

Cara Pasang Stop Kontak

cara pasang saklar ganda
(PXfuel)

Siapkan Alat

Untuk pemasangan stop kontak di dinding, Pins pun harus menyiapakan peralatannya antara lain stop kontak itu sendiri, tespen, dan kabel listrik. Selanjutnya adalah pemeriksaan keamanan, sebaiknya saat sedang melakukan pembenaran aliran listrik MCB dimatikan. Hal tersebut akan menutup semua aliran listrik yang masuk.

Pengecekan Aliran Listrik

Setelahnya Pins bisa melakukan pengecekan ganda dengan menggunakan tespen, bila tespen menyala berarti masih ada aliran listrik, namun bila mati itu artinya sudah tidak ada lagi aliran listrik yang menyala.

Kini saatnya melakukan pembongkaran, buka sekrup pada kedua sisi stop kontak. Di dalam, Pins akan menemukan 3 kabel, yaitu kabel grounding, kabel netral dan kabel fuse. Cara membuka kabel adalah dengan menekan tombol kecil yang mengikatnya, maka kabel akan terlepas.

Proses Pemasangan

Selanjutnya membuka lempengan atau biasa disebut dengan sasi stop kontak untuk dipisahkan dari tubuhnya. Bila sudah terlepas, Pins bisa menghubungkan kabel dengan stop kontak baru. Di bagian dalam stop kontak terdapat tiga slot yang telah disesuaikan dengan tiga kabel yang disebutkan sebelumnya.

Untuk slot paling kiri digunakan untuk kabel fuse, slot tengah kabel grounding dan slot kanan merupakan kabel netral. Setelah selesai, Pins hanya perlu menghubungkan kepada kotak stop kontak yang ada pada dinding. Tutup kembali dengan sekrup.

Cara pasang saklar ganda dan stop kontak memang dapat dikatakan tidak mudah, apalagi untuk Pins yang benar-benar awam akan hal tersebut. Bila Pins kurang yakin, sebaiknya menggunakan jasa ahli dalam pemasangan instalasi listrik yang benar. Hal tersebut untuk mengurangi resiko bahaya yang terjadi setelahnya bila ada kesalahan pemasangan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Properti
Properti Yuk Intip Kisaran Biaya Tambah Daya Listrik

Apakah Pins sering mengalami listrik mati dan anjlok saat sedang dipakai? Ini merupakan salah satu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 16 Merk Kasur Springbed Terbaik Nyaman untuk Tidur

Tidur merupakan kegiatan penting yang harus dicukupi oleh setiap individu setiap harinya. Dengan ti

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia