BlogPemilik PropertiDesain HunianHarga, Cara Pasang dan Tips Memilih Atap Baja Ringan yang Tepat
0
0

Harga, Cara Pasang dan Tips Memilih Atap Baja Ringan yang Tepat

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mar 15, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
cara pemasangan atap baja ringantop-right-banner

Saat membangun rumah, banyak sekali orang yang memilih rangka atap baja ringan sebagai materialnya. Karena terbuat dari campuran seng dan alumunium, rangka atap baja ringan biasanya lebih ringan dibandingkan jenis rangka atap lainnya.

Bobot yang ringan ini membuat instalasi rangka atap menjadi lebih mudah dan prosesnya jauh lebih cepat. Selain itu, rangka atap dari material baja ini juga tidak mudah berkarat dan sangat awet serta tahan lama.

Dengan Program KPR Bank, Kamu bisa memperoleh hunian impian dimanapun. Misalnya sekitar Tiptop Bogor, rumah di Benjeng, perumahan baru di Kabupaten Bekasi seperti Panorama Bekasi Residence.

Jenis Rangka Atap Baja Ringan

Ada 2 jenis rangka atap baja ringan yang dijual di pasaran, yaitu baja ringan Galvanis dan baja ringan Zincalume. Untuk kedua jenis baja ringan ini memiliki kualitas yang sama bagusnya.

Baja ringan Galvanis terbuat dari komposisi 98% Zinc (Zn) dan 2% Aluminium (Al). Jenis baja ringan ini tidak tahan oleh air garam walaupun sangat tahan terhadap korosi oleh air semen.

Sementara baja ringan Zincalume terbuat dari komposisi 55% Aluminium (Al), 43,5% (Zinc) dan 1,5% Silikon. Walaupun baja ringan Zincalume sedikit lebih lemah bila terkena air adukan semen, namun baja ringan jenis ini memiliki ketahanan terhadap korosi air garam.   

Tidak heran rangka atap dari baja ini sangat diminati di pasaran. Hal ini karena keunggulannya yang sangat menguntungkan.  Namun tentu banyak dari Pins yang penasaran berapa harga, jenis-jenisnya dan bagaimana cara memilih rangka atap baja ringan yang benar untuk hunian Pins.

Harga Rangka Atap Baja Ringan

Saat ini ada 5 jenis merk atap baja ringan yang sering ditemukan di pasaran. Setiap jenisnya memiliki harga dan keunggulan yang berbeda-beda. Dengan begitu Pins bisa menyesuaikan jenis mana yang sesuai dengan hunian Pins.

1. Baja Ringan Taso

Baja Ringan Taso
Source : Bukalapak

Baja ringan taso adalah produk baja ringan yang dibuat dengan teknologi terbaru. Teknologi ini membantu menciptakan konstruksi atap baja dengan bobot yang sangat ringan namun dengan kekuatan yang sangat baik.

Baja ringan ini diproduksi oleh PT. Tatalogam Lestari sejak tahun 1994. Berikut ini daftar harga rangka atap baja ringan taso beserta ukurannya.

Jenis BajaPanjangHarga Per Batang
Kaso baja ringan6 meterRp95.000-Rp150.000
Reng baja ringan6 meterRp55.000-Rp60.000

Baja ringan taso ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah bobotnya yang sangat ringan sehingga proses pemasangannya sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Tidak hanya itu, baja ringan yang satu ini juga tahan terhadap karat, jadi baja taso ini sangat awet. 

Hal ini karena galvalum yang menjadi pelapis anti karat pada baja ringan yang satu ini. Selain itu, baja taso ini juga dijual dengan harga yang terjangkau.

Namun perlu diketahui, bahwa baja taso ini cepat panas. Hal ini tentu dapat mempengaruhi suhu di dalam ruangan rumah.

Baca juga: Membuat Gambar Rangka Atap Rumah

2. BlueScope Sacs

Rangka atap baja ringan
Source : Bluescopezacs

Merk baja ringan yang satu ini memang cukup populer dan telah memproduksi banyak sekali jenis baja ringan termasuk untuk rangka atap. Ini dia daftar harga baja ringan dari BlueScope Sacs.

Jenis BajaPanjangHarga Per Batang
BlueScope – BS Zacs – Kanal C75 0,75 TCT6 meterRp137.500
BlueScope – BS Zacs – Reng6 meterRp50.000 – Rp60.000

BlueScope Zacs ini adalah produk retail baja ringan yang telah bersertifikat SNI (Sertifikat Nasional Indonesia) dan Australian Standard AS 1397 serta AS1365. Tidak hanya itu, banyak sekali produk dari BlueScope Zacs ini yang disertai dengan garansi hingga 10 tahun sehingga kualitas dan ketahanannya tidak perlu diragukan lagi.

Selain itu, produk-produknya juga dilengkapi dengan teknologi cool yang dapat membuat suhu permukaan atap lebih rendah dibandingkan dengan jenis metal lainnya. Tentu hal ini dapat membantu menahan panas matahari sehingga suhu di dalam rumah tetap sejuk.

3. Prima Truss

Rangka atap baja ringan
Source : Primatrust

Prima Truss adalah merk dari rangka atap rumah baja ringan yang cukup banyak diminati. Produk-produk baja ringan dari Prima Truss ini telah bersertifikat SNI dan telah banyak terbukti memiliki kualitas yang sangat baik.

Tidak hanya itu, baja ringan yang diproduksi oleh Prima Truss juga sangat kuat dan tahan lama.  Berikut harga dari rangka baja ringan Prima Truss.

Jenis BajaPanjangHarga Per Batang
Kaso baja6 meterRp40.000-Rp105.000
Reng baja6 meterRp40.000-Rp50.000

4. Baja Kencana Truss

Rangka atap baja ringan
Source : Bukalapak

Merk dari baja ringan lainnya adalah Kencana Truss. Merk yang satu ini dikenal dengan produk baja ringan berjenis galvalum.

Baja ringan yang diproduksi oleh Kencana Truss ini telah memperoleh standar ISO dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Tidak hanya itu, kualitas dari baja ringan yang diproduksi Kencana Truss ini juga telah mendapatkan sertifikat SNI sehingga sangat aman.

Jenis BajaPanjangHarga Per Batang
Kaso baja6 meterRp60.000-Rp120.000
Reng baja6 meterRp40.000

5. Baja Ringan BMT Truss

Baja ringan BMT
Source : Kepuh Kencana Arum

Merk baja ringan selanjutnya adalah BMT Truss. Baja ringan yang diproduksi oleh BMT Truss ini memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi dengan standar SNI.

Tidak hanya itu, baja ringan dari BMT Truss juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Ini dia daftar harga baja ringan dari BMT Truss.

Jenis BajaPanjangHarga Per Batang
Kaso baja6 meterRp60.000-Rp100.000
Reng baja6 meterRp29.000

Itulah daftar harga rangka atap baja ringan yang bisa menjadi referensi kamu dalam memilih rangka atap. Selanjutnya Pins beralih ke bagaimana cara memasangnya.

Baca juga: 7 Jenis Genteng Baja Ringan Beserta Nilai Plusnya

Cara Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Cara memasang
Source : Rumahminimalishunian

Meskipun rangka atap jenis ini tergolong ringan dan cepat ketika proses pemasangan. Pins tetap harus memahami teknik yang benar agar rangka atap kokoh dan aman.

Karena jika pemasangan kurang bagus, misalnya siku yang tidak merata ataupun posisi yang kurang lurus. Rangka atap justru menjadi rapuh dan tidak awet. Berikut ini langkah-langkah memasang rangka atap baja ringan.

  • Pastikan keadaan siku pada permukaan atas ring balok sudah rata.
  • Pastikan juga kuda-kuda baja ringan tidak terbalik posisi kiri dan kanannya (L-R).
  • Baut paling tepi dengan batang yang disambung harus memiliki jarak minimal dua kali diameter baut.
  • Buat jarak antar baut minimal tiga kali diameter baut.
  • Saat memasang baut, pastikan posisi alat tegak lurus dengan bidang dan pergunakan alat dengan kecepatan 200 rpm – 250 rpm. Kemudian ketika baut sudah tertancap penuh atau kencang, segera hentikan alat.
  • Pemasangan baut pada bagian tepi diusahakan posisinya simetris terutama pada sudut pertemuan antar batang. Baut juga tidak boleh dipasang pada titik berat batang.
  • Setelah baut terpasang, lanjutkan dengan memasang balok nok. Pasang bracing (pengikat) di atas top-chord dan di bawah reng agar lebih kuat.
  • Jangan lupa untuk memperhatikan kembali jenis penutup atap yang digunakan untuk menyesuaikan jarak pemasangan reng (roof battens).
  • Tahap terakhir, pasang gording tambahan atau outrigger, setelah kuda-kuda terakhir yang bertumpu pada ringbalk.
  • Jika sudah, Pins bisa memasang atap sesuai dengan desain yang sudah dipilih.

Baca juga: Intip Ini Dia Contoh Potongan Atap Baja Ringan

Tips Memilih Rangka Atap Baja Ringan

Tpis memilih rangka atap baja ringan
Source : Rumahminimalishunian

Rangka atap baja ringan dinilai lebih awet karena tidak berkarat dan tahan terhadap cuaca ekstrem. Itulah kenapa baja ringan lebih banyak dipilih oleh masyarakat dibandingkan rangka kayu atau baja konvensional yang dinilai lebih mudah keropos.

Namun dengan banyaknya merk baja ringan yang dijual dipasaran. Tentu Pins akan kebingungan bagaimana memilih rangka atap baja ringan yang tepat. Ikuti tips berikut ini:

1. Sesuaikan dengan Jenis Atap yang Ingin Digunakan

Saat ingin membeli rangka atap baja ringan. Pins harus sesuaikan dengan jenis atap apa yang Pins ingin pakai pada hunian Pins. Sesuaikanlah ketebalan rangka atap dengan beban yang yang ingin di pasang diatasnya.

Misalnya genteng, keramik, rumah atap asbes, kaca ataupun beton. Semakin berat jenis atap yang digunakan, Pilihlah baja ringan yang kualitasnya paling bagus.

2. Pilihlah Kualitas yang Sesuai Standar

Salah satu kualitas dari baja ringan dapat dilihat dari standar nilai tegangan. Nilai tegangan yang dimiliki baja ringan yang baik ialah setidaknya 550 Mpa.

Pins boleh memilih nilai tegangan yang jauh lebih besar jika perlu. Namun tidak boleh memiliki baja ringan yang nilai tarikannya dibawah 550 Mpa. Karena semakin rendah nilai tegangan, maka semakin kecil juga tarikan dari baja ringannya.

3. Pilihlah Rangka Atap yang Sudah Bergaransi

Salah satu faktor penentu apakah baja ringan tersebut memiliki kualitas yang baik atau tidak adalah dengan adanya garansi. Produk yang memiliki garansi biasanya sudah lulus uji coba nilai tegangan tarikan yang sesuai standar. Jadi pastikan Pins memilih baja ringan yang sudah ada garansi untuk meningkatkan keamanan hunian Pins.

Nah, itulah beberapa tips dalam memilih baja ringan beserta harga yang umumnya ada di pasaran. Semoga dengan ini Pins bisa memilih rangka atap baja ringan mana yang ingin Pins beli dan gunakan untuk hunian Pins.

Baca juga: 9 Contoh Konstruksi Atap Miring Satu Sisi yang Benar dan Menarik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Grand Madison dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download