Pinhome

Ini Dia Cara Pasang Baja Ringan Atap Miring dengan Aman

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 18 February 2022 ∙ 6 menit membaca

Atap dengan rangka baja ringan kini banyak digunakan untuk konstruksi bangunan rumah. Karena itu pengetahuan mengenai cara pasang baja ringan atap miring perlu dipahami dengan baik. Rangka baja ringan yang umum digunakan adalah dengan model rangka miring ataupun dengan model datar. 

Bila dibandingkan dengan atap datar, memasang rangka baja ringan pada atap miring cukup memiliki keunggulan. Namun cara pasang baja ringan atap miring perlu dipahami dengan baik agar fungsinya menjadi lebih maksimal. Cara pasang baja ringan atap miring harus sesuai dengan rangka baja ringan pada atap tersebut agar bisa selalu awet.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak informasi cara pasang baja ringan atap miring dari Pinhome berikut ini.

Baca Juga: 7 Jenis Genteng Baja Ringan Beserta Nilai Plusnya

Desain Atap Miring dan Kelebihannya

cara pasang baja ringan atap miring
(Kepuhkencanaarum)

Model Fleksibel

Pemasangan rangka atap tentunya tergantung pada desain bangunan atau desain rumah kamu ya Pins. Rangka atap miring memiliki 2 model yaitu atap miring yang memiliki 2 sudut yang akan bertemu di tengah atau pitched roof, dan juga model rangka atap miring tunggal.

Biasanya  pada bangunan komersial dan industri model rangka pitched roof menjadi model yang paling ideal karena melindungi bangunan dari elemen alami dan memungkinkan air mengalir dengan mudah dari permukaan atap. Sementara model rangka atap miring tunggal seringkali diaplikasikan pada bangunan rumah dengan desain modern minimalis.

Memiliki Nilai Estetika Tinggi

Pilihan atap landai atau flat mungkin akan jadi pilihan yang cocok untuk menambah estetika rumah jika kamu menginginkan desain rumah minimalis modern. Selain dari segi estetika, pemilihan model atap untuk rumah juga harus memikirkan karakter bangunan dari segi fungsinya. 

Pada rumah di iklim tropis seperti di Indonesia, desain atap miring menjadi pilihan yang lebih ideal, karena desain atap miring memiliki daya tangkal terhadap sinar matahari yang relatif lebih bagus ketimbang jenis atap rumah lainnnya, sehingga dapat menghindari adanya terik matahari yang dapat menyinari rumah kamu secara terus menerus. 

Tahan Terhadap Tampias Hujan

Atap miring juga dapat mencegah tampias air hujan, karena kemiringan atap akan membuat air hujan yang turun tidak akan masuk ke rumah secara langsung. Untuk membuat rumah kamu semakin aman dari genangan air yang timbul akibat hujan, Pins juga bisa menambahkan kanopi baja ringan dengan atap miring.

Pada dasarnya model atap miring juga memiliki keberagaman bahan dasar mulai dari atap miring metal, tanah liat, kayu, hingga material baja ringan. Masing-masing material tersebut selain fungsinya juga menghasilkan estetika tersendiri karena tiap material juga menawarkan jenis-jenis kemiringan masing-masing. Dengan mengetahui cara pasang baja ringan atap miring, rangka atap baja ringan dengan model miring dapat menghasilkan kelebihan estetika tersendiri.

Baca juga: Pilih Pakai Kayu atau Baja Ringan Saat Membangun Rumah?

Mengenal Jenis dan Material Atap Baja Miring

cara pasang baja ringan atap miring
(Rumahminimalishunian)

Komposisi Bahan

Baja ringan terbuat dari logam campuran yang dibentuk setelah dingin, baja ringan cenderung tipis, sehingga cocok sebagai material rangka atap miring yang kokoh. Sifat baja ringan dengan bobot yang ringan dan fleksibel ini dihasilkan dari pemrosesan kembali komposisi atom dan molekulnya logam campuran.

Jenis Baja Ringan

Ada 2 jenis baja ringan yang dijual di pasaran, yaitu baja ringan Galvanis dan baja ringan Zincalume. Untuk kedua jenis baja ringan ini memiliki kualitas yang sama bagusnya. Baja ringan Galvanis terbuat dari komposisi 98% Zinc (Zn) dan 2% Aluminium (Al). Jenis baja ringan ini tidak tahan oleh air garam walaupun sangat tahan terhadap korosi oleh air semen.

Sementara baja ringan Zincalume terbuat dari komposisi 55% Aluminium (Al), 43,5% (Zinc) dan 1,5% Silikon. Walaupun baja ringan Zincalume sedikit lebih lemah bila terkena air adukan semen, namun baja ringan jenis ini memiliki ketahanan terhadap korosi air garam.   

Baca juga: Intip Ini Dia Contoh Potongan Atap Baja Ringan

Rangka Atap dengan Material Baja Ringan

Dalam proses pemasangan di lapangan, rangka atap yang dibuat menggunakan baja ringan akan lebih mudah dirakit dan dipasang. Baja ini memiliki derajat kekuatan tarik 550 MPa, sementara baja biasa sekitar 300 MPa, untuk digunakan sebagai bahan rangka atap, ketebalan baja ringan 0,4 mm – 1 mm sudah sangat memadai.

Rangka atap terdiri dari 2 bagian umum yang akan memikul beban aksial, yaitu batang dalam (webs) dan batang luar (chord). Rangka atap yang dibuat dari baja ringan berbentuk truss, yaitu terdiri dari banyak batang untuk mendukung beban, hal ini yang menjadi pembeda baja ringan dari struktur baja biasa yang berbentuk mono frame atau terdiri dari sedikit batang untuk mendukung beban. 

Profil Baja Ringan

Baja ringan memiliki banyak profil, profil yang sering digunakan adalah profil C, profil UK dan profil A untuk reng. Setiap masing-masing profil tersebut memiliki kekuatan dan fungsi yang berbeda. Profil A untuk reng memiliki ketebalan 0,45-0,55 mm sebagai tumpuan penutup atap, sedangkan Profil C dan UK memiliki tipe-tipe dengan ketebalan antara 0,55–1 mm. Penggunaan baut dan tata letaknya baja ringan adalah salah satu hal yang penting diketahui dalam tata cara pasang baja ringan atap miring.

Baca juga: Ukuran dan Harga Rangka Atap Baja Ringan Terlengkap!

Cara Pasang Baja Ringan Atap Miring

cara pasang baja ringan atap miring
(Rumahminimalishunian)
  • Permukaan atas ring balok dipastikan dahulu apakah sudah dalam keadaan siku dan rata.
  • Setelahnya pastikan lagi kuda-kuda tidak terbalik posisi kiri dan kanannya (L-R).
  • Baut paling tepi dengan batang yang disambung harus memiliki jarak minimal dua kali diameter baut.
  • Sedangkan, jarak antar baut dianjurkan sekitar minimal tiga kali diameter baut.
  • Dalam memasang baut, pastikan posisi alat tegak lurus dengan bidang dan pergunakan alat dengan kecepatan 200 rpm – 250 rpm. Kemudian ketika baut sudah tertancap penuh atau kencang, segera hentikan alat.
  • Pemasangan baut pada bagian tepi diusahakan pada posisi simetris dan membagi sama besar pada sudut-sudut pertemuan antar batang, dan baut tidak boleh dipasang pada titik berat batang.
  • Tahap setelah memasang baut adalah dengan memasang balok nok. Kemudian untuk penguat, pasanglah bracing (pengikat) di atas top-chord dan di bawah reng.
  • Perhatikan kembali jenis penutup atap yang digunakan untuk menyesuaikan jarak pemasangan reng (roof battens).
  • Tahap terakhir, pemasangan gording tambahan atau outrigger, setelah kuda-kuda terakhir yang menumpu ringbalk.
  • Kini Pins bisa memasang atap sesuai dengan desain yang sudah dipilih.

Kira-kira seperti itulah cara pasang baja ringan pada atap miring dengan aman. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu ya, Pins!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Properti
Properti Yuk Intip Kisaran Biaya Tambah Daya Listrik

Apakah Pins sering mengalami listrik mati dan anjlok saat sedang dipakai? Ini merupakan salah satu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 16 Merk Kasur Springbed Terbaik Nyaman untuk Tidur

Tidur merupakan kegiatan penting yang harus dicukupi oleh setiap individu setiap harinya. Dengan ti

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia