BlogPemilik PropertiDesain HunianIni Contoh Potongan Atap Baja Ringan untuk Rumah yang Tepat
0
0

Ini Contoh Potongan Atap Baja Ringan untuk Rumah yang Tepat

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Apr 17, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
potongan-atap-baja-ringantop-right-banner

Baja ringan adalah salah satu material konstruksi yang digunakan hingga saat ini. Material yang satu ini biasa digunakan sebagai konstruksi baik pada rumah, pabrik maupun bangunan lainnya. Baja ringan ini terbentuk dari campuran antara seng dan alumunium. Penggunaan baja ringan sebagai contoh potongan atap baja ringan memiliki banyak kelebihan seperti bobotnya yang ringan dan pemasangannya yang mudah. Baja ringan juga kuat dan awet.

Pins tidak perlu meragukan kekuatan baja ringan sebagai konstruksi bangunan. Dalam proses pemasangan, atap yang terbuat dari baja ringan ini harus dipotong-potong untuk membuat kerangka atap. Namun mungkin banyak dari Pins yang belum tahu bagaimana potongan atap baja ringan dan caranya. Simak artikel ini untuk mengetahui contoh potongan atap baja ringan!

Pins juga bisa menemukan rumah dengan halaman yang cukup besar di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Kamu dapat membeli rumah KPR incaran kamu yang belum selesai pembayarana angsuran oleh pemiliknya menggunakan Take Over KPR.

Baca juga:

Apa Itu Baja Ringan?

Source : Pinterest

Baja ringan adalah material konstruksi yang terbuat dari bahan dasar baja dengan sifat yang sangat kaku. Baja ringan mampu menopang beban berat sehingga bisa digunakan sebagai material konstruksi. 

Peran baja ringan ini bahkan mampu menggantikan kayu dan baja ringan. Baja ringan memiliki tekstur yang lebih lentur dan mudah dibentuk serta lebih mudah disambung. Sebagai material konstruksi, baja ringan ini tersedia dalam beberapa jenis yang tentunya memiliki ukuran dan fungsi yang berbeda-beda. Ini dia jenis-jenis baja ringan yang perlu kamu ketahui:

  1. Baja Ringan Kaso (Truss): Jenis baja ringan yang sangat cocok untuk menjadi kaki utama pada konstruksi. Baja ringan jenis ini memiliki 2 profil, yaitu W dan C dengan pembeda hanya dari ukuran. Umumnya pada baja ringan W lebih besar dari C.
  2. Baja Ringan Reng (Profil B): Pada baja ringan ini biasanya digunakan sebagai bahan baku penahan genteng. Dengan adanya baja ringan reng atau profil B ini membuat proses pembuatan konstruksi lebih cepat dengan daya tahan yang sangat lama.
  3. Baja Ringan Taso: Jenis baja ringan yang menyerupai huruf A dan tampilan luarnya mirip balok berukuran kecil yang berguna untuk mengikat profil B. Biasa digunakan untuk menyusun rangkaian atau menjadi kokoh. Taso digunakan untuk mengikat kuda-kuda dan memperkuat gording agar bisa meletakkan permukaan atap dengan mulus.

Baca juga:

Potongan Atap Baja Ringan

Source : Pinterest

Susunan potongan atap baja ringan harus dirancang dengan sangat teliti dan presisi. Karena susunan in akan membentuk kontur atap sesuai dengan yang telah dirancang sebelumnya. Berikut potongan atap baja ringan untuk bentuk-bentuk atap tertentu:

1. Atap Pelana

Source : iStock

Pada bentuk atap pelana, rangka baja ringan akan memiliki kemiringan yang saling bertolak belakang karena akan membentuk segitiga. Kemudian, pada sisi tegaknya dibuat lurus. Jika dilihat secara keseluruhan, nantinya atap struktur kerangka baja ini akan membentuk prisma segitiga. 

Umumnya pada rangka atap pelana, hanya  memiliki satu jenis bentuk kuda-kuda, yaitu kuda-kuda standar. Namun kerangka ini juga dapat berupa kuda-kuda scissors dengan bottom chord memiliki kemiringan yang sejajar atau lebih landai daripada top chord dari rangka baja.

Atap pelana dikenal sebagai atap yang mudah dipasang, dapat membuat sirkulasi udara di rumah menjadi sejuk, dan minim terjadinya kebocoran.

Baca juga:

2. Atap Perisai

Source : ArchDaily

Pada bentuk atap perisai, rangka baja ringan ini memiliki kemiringan di empat sisi sekaligus. Seluruh kemiringan ini bertolak belakang, kemiringan didapatkan dengan mengatur sudut dari top chord dengan potongan atap baja ringan yang saling berlawanan. 

Sementara kemiringan dalam arah tegak akan dilakukan dengan mengatur tinggi kuda-kuda terpancung dengan menambah susunan rafter. Atap jenis ini sangat cocok di Indonesia yang memiliki musim penghujan, karena memiliki sistem jalur pembuangan air yang baik untuk mencegah bocor.

Pemasangan Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan

Source : Pinterest

Kuda-kuda baja ringan adalah salah satu baja dengan kualitas tinggi yang dijadikan struktur atap rumah. Kuda-kuda baja ringan ini memiliki bobot yang ringan dan kekuatan yang tidak perlu diragukan lagi. Ketebalan dari baja ringan umumnya mencapai 0,20-2,00 mm. 

Dalam menentukan ketebalan baja ringan itu sendiri harus ditentukan berdasarkan fungsi dan kecocokan terhadap beban yang akan dilimpah ke kuda-kuda ini.

Kuda-kuda baja ringan ini berfungsi sebagai penyalur gaya tekanan. Kemudian ander atau tiang tengah kuda-kuda baja ringan berperan sebagai pendukung balok bubungan. Kuda-kuda ini juga berperan dalam menahan gaya tarik pada balok dasar.

Pemasangan kuda-kuda baja ringan ini diletakkan di atas dua tumpuan. Umumnya perletakan kuda-kuda baja ringan ini dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan memasang langsung di atas ring balk dan dengan memasang di atas ring balk dengan perantara wall plate

Namun penggunaan sistem wall plate ini dapat berakibat kedalaman dynabolt yang tertanam di dalam ring balk menjadi berkurang.Hal ini akan menimbulkan ruang kosong di dalam wall plate yang dapat menyebabkan perletakkan kuda-kuda menjadi tidak stabil.

Itulah informasi mengenai apa itu baja ringan, potongan atap baja ringan, serta cara pemasangan rangka atap baja ringan. Semoga dengan ulasan di atas bisa menambah pengetahuan Pins mengenai atap baja ringan serta pengaplikasian baja ringan secara tepat untuk atap di rumah.

Baca juga:

Feature Source Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Nismara Harapan Indah dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download