BlogPemilik PropertiDesain Hunian11 Cara Menjadikan Rumah Ramah Lingkungan
0
0

11 Cara Menjadikan Rumah Ramah Lingkungan

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 4, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
rumah ramah lingkungantop-right-banner

Membangun rumah eksklusif yang ramah lingkungan tentu memberikan banyak keuntungan dan dampak yang positif. Selain cukup baik untuk penghematan energi, rumah dengan konsep ramah lingkungan juga dapat membantu mengurangi pemanasan global. Pemanasan global merupakan salah satu masalah yang sangat umum dihadapi sekarang ini.

Semakin meningkatnya pemicu pemanasan global, maka dapat menyebabkan kerusakan yang cukup berarti bagi alam semesta ini. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh setiap manusia untuk bisa membantu menyelamatkan bumi dari kehancuran. Melakukan penyelamatan pada bumi dapat dimulai dari hal kecil termasuk di dalam rumah yang ramah lingkungan. Berikut beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menjadikan rumah ramah lingkungan, antara lain.

Baca juga:

Tips Membuat Rumah Ramah Lingkungan

Membuat rumah yang ramah lingkungan adalah langkah penting dalam mendukung keberlanjutan lingkungan. Berikut beberapa tips untuk membuat rumah menjadi lebih ramah lingkungan agar hunian kamu tampak keren seperti Vasa Jagakarsa ataupun perumahan di Jagakarsa lainnya.

1. Mengganti Bola Lampu dengan CFL

rumah ramah lingkunagn
Source : Pixabay

Compact Fluorescent Lamp atu CFL yang lebih dikenal dengan lampu neon, dapat digunakan menjadi salah satu cara untuk menghemat energi. CFL ini dapat menyimpan lebih banyak energi dibandingkan dengan bola lampu yang biasanya.

2. Menggunakan Bambu

rumah ramah lingkunagn
Source : Pixabay

Pins dapat menggunakan bambu sebagai lantai rumah, karena pohon bambu dapat tumbuh dengan cepat sehingga memanfaatkannya menjadi furniture rumah akan menjadi lebih ramah lingkungan.

3. Menyembunyikan Kulkas

rumah ramah lingkungan
Source : Pixabay

Jangan menyimpan kulkas Pins di tempat yang mudah terjangkau oleh sinar matahari, karena hal itu akan membuat kulkas membutuhkan lebih banyak energi untuk menjaganya supaya tetap dingin.

4. Memperbanyak Ventilasi Dirumah

rumah ramah lingkungan
Source : Pixabay

Desainlah rumah dengan memperbanyak bukaan seperti ventilasi jendela, sehingga sinar matahari dapat masuk ke ruangan dan juga ventilasi akan dapat berjalan dengan baik. Kedua hal ini tentu jasa bisa menjadikan rumah terasa lebih segar. Pins juga dapat mengurangi penggunaan Air Conditioner sehingga menghemat biaya listrik.

5. Berkebun Dirumah

rumah ramah lingkungan
Source : Pixabay

Menanam tanaman di dalam pot dan meletakkannya di sudut ruangan akan membuat suasana rumah menjadi lebih sejuk dan juga nyaman. Ada beberapa tanaman yang mudah untuk Pins rawat dan dapat langsung dikonsumsi seperti bayam, kol, dan lain sebagainya.

6. Menggunakan Material Organik

rumah ramah lingkungan
Source : Pixabay

Material yang biasa digunakan dalam pembangunan ternyata juga mempunyai pengaruh pada ketahanan hunian. Menggunakan material yang berbahan organik atau berasal dari alam biasanya dapat membuat bangunan tahan lebih lama. Pins juga bisa menggunakan bahan bekas selama bahan tersebut masih layak untuk digunakan.

7. Gunakan Filter Air dan Hindari Pembuangan Limbah

rumah ramah lingkungan
Source : Pixabay

Salah satu cara untuk mempertahankan air yang bersih adalah dengan menginstal filter air di rumah. Filter air dapat menyaring partikel-partikel yang tidak diinginkan, seperti besi, seng, dan logam berat, serta membunuh bakteri dan virus yang ada dalam air. Beberapa filter air yang populer di pasaran diantaranya adalah filter karbon aktif, filter keramik, dan filter reverse osmosis.

Selain menginstal filter air, cara lain untuk memastikan kualitas air yang baik adalah dengan menghindari pembuangan limbah yang tidak sesuai. Limbah yang tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan pencemaran lingkungan dan air. Hal ini dapat dihindari dengan membuang limbah sesuai dengan regulasi yang berlaku dan menghindari penggunaan bahan kimia yang merugikan lingkungan.

8. Hindari Menggunakan Produk Kimia Berbahaya

rumah ramah lingkungan
Source : Pixabay

Produk kimia berbahaya seperti pestisida, pembersih lantai, dan obat-obatan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti masalah pernapasan, iritasi kulit, dan bahkan kanker. Untuk menghindari masalah ini, gunakan produk-produk yang aman dan ramah lingkungan, atau produk yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

9. Buat Taman dan Halaman Rumah Tetap Indah

rumah ramah lingkungan
Source : Pixabay

Salah satu cara membuat rumah ramah lingkungan adalah dengan menjaga rumah dari kerusakan lingkungan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menerapkan praktik lingkungan yang baik di rumah seperti penggunaan energi dan air yang efisien, menghindari pembuangan sampah yang tidak sesuai, dan menghindari pemakaian bahan kimia yang merugikan lingkungan.

Selain itu, cara lain untuk mempertahankan keindahan lingkungan adalah dengan menjaga taman dan halaman tetap indah. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membersihkan taman dan halaman secara teratur, memberikan perawatan yang cukup pada tanaman dan bunga, serta menambahkan elemen-elemen seperti air, batu, atau kayu untuk menambah keindahan taman.

10. Manfaatkan Sumber Daya Alam dengan Optimal

rumah ramah lingkungan
Source : Pixabay

Mengurangi pemakaian listrik, air, dan bahan bakar, dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia, kita dapat menjaga keseimbangan lingkungan dan memastikan sumber daya alam yang terbatas dapat digunakan oleh generasi yang akan datang.

Selain itu, Pins juga dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia dengan cara melakukan penelitian dan pengembangan teknologi baru yang dapat membantu kita dalam mengelola sumber daya dengan lebih efisien.

11. Menghindari Bahan Berkarbon Tinggi

rumah ramah lingkungan
Source : Pixabay

Jangan sembarangan dalam menggunakan material untuk membangun rumah. Material yang belum berstandar green material biasanya akan mempunyai karbon yang tinggi dan berdampak buruk bagi lingkungan sekitar.

Membiasakan diri untuk memulai hidup yang ramah lingkungan. Hal ini bisa dilakukan contohnya seperti menanam sendiri sayuran dan buah di halaman rumah untuk konsumsi sendiri, memasang biopori, mengumpulkan sampah organik rumah tangga dan mengolahnya menjadi pupuk kompos. Beberapa hal di atas dapat diterapkan untuk menciptakan suasana rumah yang ramah lingkungan.

Baca Juga :

Source Feature Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Ayalis Residence Soreang dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download